home -> Lifestyle -> 10 Manfaat Dari Rutin Joging
19 Oktober 2018 02:18

10 Manfaat Dari Rutin Joging

Oleh reagan dalam Lifestyle pada June 05, 2018

Sibuk, tak punya waktu, dan uang adalah beberapa alasan yang digunakan orang untuk menghindar dari olahraga. Mau mencari olahraga yang simple, mudah, murah tapi memiliki manfaat yang segudang adalah dengan joging. Rutin dilakukan tiap hari, joging bisa membantu untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih sehat. Masih mau malas joging setelah mengetahui manfaatnya di bawah ini?

10. Melawan Diabetes

diabetes

Dulu, diabetes lebih sering dialami oleh mereka yang sudah berumur. Sekarang, banyak anak muda yang terkena diabetes. Diabetes melitus adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah/glukosa yang tinggi. Dalam batas normal, glukosa bisa menjadi sumber energi bagi otak dan juga sel-sel yang membentuk otot serta jaringan tubuh.

Diabetes pada anak muda biasanya disebabkan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Makan sembarangan, jarang berolahraga, dan jam tidur yang berantakan. Salah satu cara untuk mencegahnya yakni dengan joging. Tak hanya bisa mencegah diabetes, mereka yang sudah terlanjur terkena diabetes juga bisa menjaga tingkat gula darah mereka agar tidak tinggi dengan rutin joging.

9. Kekebalan Tubuh Meningkat

immune system

Kekebalan tubuh setiap orang itu berbeda. Ada yang rentan terserang penyakit, ada juga yang tahan terhadap penyakit. Mungkin kalian sulit terserang flu, tapi orang lain ada yang mudah terserang flu. Bila kekebalan tubuh seseorang rendah, maka ia bisa dengan sangat mudah terserang penyakit. Meski itu hanya penyakit yang ringan seperti pilek atau batuk.

Dengan rutin joging, kalian bisa lebih sulit terserang penyakit. Itu karena joging bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika kalian joging, sel darah putih dan anti bodi yang berfungsi melawan bakteri, memiliki sirkulasi yang lebih baik dan cepat. Ini bisa membantu lebih cepat dalam mendeteksi penyakit.

8. Memperkuat Tulang dan Sendi

bone

Perlu disadari, semakin bertambahnya usia seseorang, maka kekuatan tulang dan sendinya semakin berkurang. Ini membuat tulang menjadi lebih rapuh dan persendian tak lagi sebebas dulu ketka masih muda. Mereka para orang tua yang sadar akan hal ini, mencari cara untuk memperkuat tulang dan sendi, salah satunya adalah dengan joging.

Joging bisa meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga persendian agar tetap sehat. Rutin joging, kecil kemungkinan juga mengalami masalah pada lutut. Joging dengan intensitas yang lebih tinggi, dapat meningkatkan fungsi persendian dan memperbaiki komposisi lutut. Tentu akan lebih bagus juga bila ditambah dengan rajing mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium.

7. Pernafasan Semakin Bagus

respiratory system

Karena termasuk aktivitas aerobik, yang membutuhkan oksigen dalam jumlah yang cukup besar, joging juga memberikan kontribusi terhadap sistem pernafasan. Berbeda dengan anaerobik yang tidak membutuhkan oksigen, contohnya berlari sprint. Dimana pelari sprint menahan nafas untuk berlari dalam jarak tertentu.

Dengan melakukan joging, pertukaran udara yang terjadi di dalam paru-paru menjadi lebih cepat dan efisien. Volume paru-paru otomatis juga semakin bertambah karena oksigen yang dibutuhkan ketika melakukan joging juga bertambah. Paru-paru juga menumbuhkan lebih banyak alveolus dimana alveolus menjadi tempat pertukaran gas.

6. Fisik Lebih Fit dan Segar

fit and fresh

Sudah jelas bahwa aktif berolahraga, maka tubuh akan terasa lebih fit dan segar. Coba saja kalian lihat mereka yang rajin olahraga. Apakah tampak fisik mereka terlihat lemas, tak bertenaga? Tentu tidak ada. Tak perlu olahraga yang berat-berat seperti mengangkat di gym, olahraga simpel seperti joging saja dapat memberikan manfaat yang sama.

Ingin mendapatkan fisik yang lebih fit dan segar? Jangan malas berolahraga, terutama joging. Joging mudah dilakukan dan murah, tak ada alasan untuk malas berolahraga lagi. Dengan tubuh yang lebih fit dan segar, beraktivitas jadi lebih mudah, ringan, dan berasa tanpa beban. Tentu tubuh juga jadi sulit terserang penyakit.

5. Stres Hilang

stress less

Kesibukan sehari-hari yang super padat membuat orang mudah sekali mengalami stres. Jika sudah stres dan masih memaksakan diri untuk bekerja, mood pasti berantakan. Ada yang buat salah sedikit, pasti bawaannya langsung emosi. Istlahanya, senggol dikit bacok. Tentu stres ini segera dibereskan.

Tak mau mood terus-terusan dirusak oleh stres, maka lakukan joging. Ya, joging adalah salah satu cara efektif untuk mengusir rasa stres. Entah itu stres di kantor atau stres di kuliah. Ini merupakan salah satu cara efektif selain beryoga. Bila stres sudah menyerang, joginglah di pagi hari. Setelahnya, kalian bisa merasa lebih relax dan berenergi.

4. Meningkatkan Stamina

stamina

Baru sebentar berolahraga seperti futsal, basket atau berenang tapi sudah capek? Itu karena stamina kalian yang lemah. Tak hanya itu, coba menaiki beberapa anak tangga saja sudah ngos-ngosan, itu juga karena stamina yang lemah. Ada beberapa cara untuk meningkatkan stamina, salah satunya ya dengan joging.

Kalian yang rutin melakukan joging, pasti ada merasakan perbedaan ketika kalian beraktivitas atau berolahraga. Tubuh jadi tidak mudah lelah dan daya tahan meningkat. Kalian yang memiliki masalah dengan stamina, bisa diselesaikan dengan melakukan joging. Memang dibutuhkan niat untuk joging bagi mereka yang malas, tapi keuntungan yang diperoleh sangat sebanding.

3. Menurunkan Tekanan Darah

blood pressure

Tekanan darah tinggi memiliki nama lain hipertensi. Ketika tekanan darah lebih tinggi dari 180/90, biasanya itu sudah tergolong tinggi. Dan kalian sudah harus mulai berhati-hati. Hipertensi disebut juga sebagai "Silent Killer", ini disebabkan karena hipertensi tidak memunculkan gejala jangka panjang. Tapi hipertensi bisa berujung pada masalah yang lebih serius, contohnya penyakit jantung.

Untuk menjaga tekanan darah dalam angka normal, berolahraga adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan. Sebuah studi yang dilakukan pada sekelompok pria berumur, mereka yang sering berjalan atau jogging setiap harinya, bisa menjaga tekanan darah mereka. Sekarang ini, hipertensi sudah tak lagi dialami oleh yang berumur saja, tapi yang muda juga. Jadi, rajin-rajinlah berolahraga.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

heart

Banyak orang yang mempertanyakan bagaimana cara menjaga kesehatan jantung. Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting. Berkat organ inilah, darah yang berisikan oksigen bisa mengalir ke seluruh tubuh. Bila ada masalah pada jantung, maka aliran darah menjadi terganggu dan bisa membuat tubuh mengalami masalah. Misalnya, bila otak tak mendapat cukup oksigen dari darah, maka orang bisa mengalami sakit kepala.

Nah, salah satu olahraga yang bisa meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan joging. Dari hasil studi yang dilakukan, orang yang rajin olahraga dan joging, memiliki kondisi jantung yang lebih sehat. Oleh American Heart Association, disarankan untuk melakukan joging secara rutin setiap hari selama 150 menit. Dengan melakukan joging, resiko terkena penyakit jantung semakin kecil.

1. Membakar Kalori

burn calories

Olahraga itu menyehatkan dan bisa membantu membakar kalori, begitu juga dengan joging. Tentu ini kabar gembira bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Ternyata hanya lari pagi dalam waktu sebentar saja, kalori bisa terbakar. Bila dilakukan secara rutin, lama kelamaan pasti ada perubahan pada tubuh.

Joging dalam kecepatan sekitar 10 km/jam dalam waktu 30 menit, kalori yang terbakar kira-kira 290 sampai 365. Bila melakukan joging ditambah dengan diet yang tepat, berat badan pasti bisa turun. Tak hanya joging, melakukan aktivitas aerobik lainnya, kemungkinan mengalami obesitas semakin kecil.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas