home -> Top -> 10 Kode Rahasia yang Mereka tidak ingin Anda Tahu
29 Agustus 2014 19:14

10 Kode Rahasia yang Mereka tidak ingin Anda Tahu

Oleh admin dalam Top pada January 21, 2013

banyak organisasi-organisasi yang menggunakan kode-kode rahasia untuk komunikasi dalam mereka. Hal ini terkadang digunakan untuk mencegah terjadinya kepanikan bila ada situasia di mana mereka harus menggunakan kode ini untuk hal-hal mendesak, tetapi kode ini juga terkadang digunakan untuk menertawakan seseorang. Berikut 10 kode rahasianya.

10. Polisi "Ten Code"

police or cop car

Kode ini dapat Anda cari di Internet, karena banyak sekali web-web yang membagikan definsi untuk kode-kode ini. Kode yang digunakan polisi ini dikenal dengan nama Ten-code, untuk menggambarkan suatu kejadian. yang paling umum diketahui adalah sebagai berikut:

187 : pembunuhan
211 : pencurian bersenjata
415 : gangguan, kekacauan atau kerusuhan
417 : pria atau wanita bersenjata
502 : pengemudi yang keracunan
5150 : seseorang dengan gangguan mental

Anda dapat melihatnya lebih jelas di wikipedia

9. Dukungan Teknikal Komputer

computer screen crack

Dalam dukungan teknikal komputer, ada berbagai kode yang merujuk ke customernya. Berharaplah Anda tidak pernah mendengar kode-kode ini pada saat Anda sedang berhadapan dengan teknisi komputer.

PICNIC : Problem In Chair, Not In Computer
PEBKAC : Problem Exists Between Keyboard And Chair
ID 10 T : "ID IO T"

Kode PICNIC menandakan bahwa masalah telah diperbaiki atau tidak ada masalah.

8. Toko-toko "Time Check"

time check with time bomb picture

Istilah "Time Check" digunakan oleh kebanyakan toko yang menandakan bahwa ada bom di dalam toko, dan istilah ini digunakan untuk memberitahukan para pegawainya atas kemungkinan keberadaan bom. Toko-toko ini mengharapkan para pegawai untuk mencari keberadaan bom atau bungkusan yang mencurigakan.

Istilah penggunaan Time Check tergantung pada jam saat itu, contoh

"Time Check: the time is 12:00"
"Pengecekan waktu: waktu sekarang menandakan pukul 12:00"

7. Code 10

code 10 merchant sales

Code 10 ini dapat digunakan di berbagai tempat, contohnya pada rumah sakit yang menandakan adanya bom. Tetapi kebanyakan orang menggunakannya untuk alasan yang lebih umum.

Contohnya seorang penjual akan menggunakan "code 10 authorization". Hal ini menandakan bahwa ada kecurigaan terhadap kartu kredit Anda, dan kartu kredit ini harus dicek dengan menghubungi pihak kartu kredit yang diman pihak kartu kredit akan memberikan pertanyaan ya atau tidak yang harus dijawab penjual. Hal ini bertujuan agar Anda tidak tahu.

6. Rumah Sakit "Dokter"

code doctor in hospital

Rumah sakit menggunakan nama-nama dokter yang tidak ada melalui sistem speaker umum untuk memberitahukan para pegawainya bahwa ada masalah. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kepanikan dari para pasien. Sebagai contoh "Memanggil Dokter Allcome ke Pediatri."

Dr. Allcome : Keadaan yang darurat, dimana semua dokter yang tersedia harus datang
Dr. Firestone/Pyro : Ada kebakaran yang terjadi atau ada api
Dr. Brown : Memberitahukan pihak keamanan ada ancaman terhadap pegawai rumah sakit

5. Kapal "Code"

kode di kapal

Di sebuah kapal, ada berbagai kode yang digunakan dengan tujuan yang sama untuk mencegah kepanikan dari penumpang. Tapi kode-kode ini bukanlah kode yang telah di-internasionalisasi dan dapat berbeda tergantung pada tempatnya. Berikut kode-kode umum yang ada di kapal:

Code Oscar : seseorang telah ke luar kapal
Code Delta : ada bencana atau ancaman biologikal
Code Alpha : keadaan medis darurat

4. Bandara dan Kapal "Code Bravo"

airport code

Pada bandara ada sebuah istilah kode untuk keamanan yaitu Kode Bravo. Tidak seperti kode umumnya, kode ini memang untuk meningkatkan kewaspadaan, tapi tidak dengan mengetahui apa arti sebenarnya dari kode ini. Pada saat kode ini disiarkan, maka seluruh keamanan akan meneriakkan "Kode Bravo" untuk menakutkan para penumpang dengan tujuan memudahkan mengetahui lokasi sumber masalah tanpa ada gangguan publik.

Arti sebenarnya dari kode bravo adalah adanya api, kode ini juga dapat digunakan oleh kapal yang menandakan tingkat bahaya paling tinggi. Tapi terkadang juga menggunakan sinyal suara, 7x pendek dan 1x panjang yang berarti "penuhi dan turunkan lifeboat"

3. Militer

kegiatan militer dari helipkoter

Grup-grup militer berbeda dari penjuru dunia menggunakan kode yang berbeda untuk memberitahukan situasi dan respon taktik apa yang harus digunakan oleh prajurit mereka. Sebagai contoh kode-kode di Australia sebagai berikut:

Code Black : adanya penyerangan atau ancaman personal seperti tawanan
Code Gray : ada orang yang berbahaya walaupun tidak bersenjata
Code Silver : ada orang berbahaya dengan senjata mematikan

2. WalMart

walmart code

Walmart mempunyai banyak sekali kode, beberapa ada yang dapat membahayakan Anda dan beberapa hanya untuk memberitahukan pegawai untuk membersihkan sesuatu, atau dipanggil ke suatu tempat.

Code 10 : tumpahan kering
Code 20 : tumpahan basah
Code 300 : panggilan untuk keamanan bahwa ada tumpahan kimia
Code Red : ada api di dalam gedung
Code Blue : ada bom di dalam gedung
Code Green : ada peristiwa di mana tawanan dipergunakan oleh penjahat
Code White : ada kecelakaan
Code C : panggilan untuk customer service

yang paling sering akan Anda dengar mungkin adalah code C, karena hanya panggilan ke customer service bahwa ada kekurangan kasir.

1. Internasional "Code Adam"

code adam walmart for international

Code Adam aslinya diciptakan oleh Walmart tetapi sekarang disetujui sebagai pemberitahuan kewaspadaan internasional, yang berarti ada "anak hilang". Kode ini diawali pada tahun 1994 dimana Adam Walsh, anak berumur 6 tahun hilang di toko serba ada Sears, Florida 1981. Adam kemudian ditemukan telah terbunuh. Pada tahun 2003, kongres US menyetujui "Code Adam" sebagai program uatam dalam bangunan-bangunan pemerintah.

Orang yang memberitahukan "we have a code Adam," harus diikuti oleh deskripsi anak hilang terkait. Sesegera hal ini disiarkan, keamanan akan mulai memonitor pintu dan tempat keluar lain. Jika anak tidak ditemukan 10 menit kemudian, polisi harus diberitahukan dan toko terkait memulai pencarian. Juga jika anak ditemukan dalam waktu 10 menit tadi, dan anak kecil ini bersama dengan orang dewasa tidak dikenal, polis harus diberitahukan.

Kode serupa adalah kode AMBER yang berarti "America's Missing: Broadcasting Emergency Response", yang dinamai berdasar pada Amber Hagerman, anak perempuan berumur 9 tahun yang juga diculik dan dibunuh.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas