home -> Lainnya -> 10 Orang Kaya Dunia Yang Dulunya Miskin
16 November 2018 22:35

10 Orang Kaya Dunia Yang Dulunya Miskin

Oleh reagan dalam Lainnya pada May 18, 2018

Melihat begitu banyak orang kaya atau sukses di dunia membuat kita berpikir, mungkin dari awalnya mereka memang sudah kaya raya. Memang banyak orang lebih sering melihat apa yang sudah tampak ketimbang perjuangan yang mereka lakukan untuk bisa menjadi kaya seperti sekarang. Perlu diketahui bahwa tak semua orang kaya itu terlahir dalam kondisi bergelimang harta, ada yang mengawalinya tanpa punya apa-apa alias miskin. Inilah mereka para orang kaya yang mengawali hidupnya tanpa apa-apa.

10. Jan Koum

Jan Koum

Orang Indonesia sangat gemar chatting. Aplikasi chatting atau sosial media yang paling populer di Indonesia adalah WhatsApp. Tentunya aplikasi tersebut ada yang membuatnya, siapakah pembuat sekaligus pendiri WhatsApp? Dialah Jan Koum. Seorang pria yang lahir di Kurainan, lalu pindah dan menetap di California.

Begitu banyak orang yang menggunakan aplikasi buatannya, tentu dirinya mendapatkan banyak uang. Berbeda sekarang, berbeda dulu. Kehidupan Jan Koum dulu begitu sulit. Pertama, kita tahu bahwa Jan Koum adalah seorang imigran dari Ukraina. Sebelum menciptakan WhatApp, dirinya belajar tentang ilmu komputer lebih dahulu. Baru di tahun 2009, dirinya menciptakan aplikasi chatting, WhatsApp. Tahun 2014, Facebook membeli aplikasinya tersebut dengan harga 22 miliar USD.

9. Ken Langone

Ken Langone

Memiliki nama lengkap Kenneth Gerard Langone Sr., pria ini adalah pebisnis sekaligus investor terkenal asal Amerika. Kalian tahu dengan The Home Depot? Sebuah perusahaan ritel yang menjual alat perlengkapan rumah dan konstruksi, Ken Langone ini adalah pendiri dari perusahaan retail tersebut.

Sebelum mendirikan The Home Depot, dulu, orang tua Ken Langone adalah keluarga yang sangat miskin. Orang tuanya bekerja sebagai tukang ledeng dan pelayan kafetaria. Untuk mendukung pendidikan Langone, Langone sampai harus bekerja paruh waktu dan orang tunya menggadaikan rumah mereka.

8. Li Ka-shing

li ka-shing

Jika sang ayah dari Li Ka-shing masih hidup, mungkin hidup Li Ka-shing tidak akan sesulit yang dibayangkan. Li Ka-shing kehilangan sosok ayahnya ketika dirinya menginjak usia 15 tahun. Sepeninggal ayahnya, Li Ka-shing menjadi sosok yang bertanggung jawab untuk menghidupi keluarganya.

Tahun 1940, Li Ka-shing melarikan dari daratan Cina ke Hong kong. Di tahun 1950, Li Ka-shing mendirikan perusahaannya sendiri bernama Cheung Kong Industries. Perusahaan tersebut awalnya merupakan perusahaan yang memproduksi plastik. Lama kelamaan, Cheung Kong Industries berkembang semakin besar dan berubah menjadi real estate.

7. J.K. Rowling

J.K. Rowling

Terima kasih sebesar-besarnya pada J.K. Rowling. Berkat dirinya, kita bisa dibawa masuk menuju dunia sihi Harry Potter. Ya, J.K. Rowling adalah penulis novel yang menulis Harry Potter. Berkat novelnya, dirinya bisa menjadi penulis kaya raya. Jika melihat masa lalunya, kalian bisa melihat betapa kerasnya perjuangan J.K. Rowling untuk bisa menjadi dirinya yang sekarang.

Melalui sebuah interview, J.K. Rowling mengaku bahwa hidupnya dulu sangat sulit sebagai single parent. Dulu, ia rela tidak makan supaya putrinya bisa makan. Saat itu, J.K. Rowling benar-benar kesulitan keuangan. Kini, J.K. Rowling meraih pendapatan sebesar 95 juta USD antara Juni 2016 dan Juni 2017. Sebagai penulis sukses, sekarang J.K. Rowling bisa hidup enak dengan pendapatan yang bisa mencapai miliaran dolar. Sadar hidup sulit itu tak enak, tak lupa J.K. Rowling memberikan sebagian dari pendapatannya tersebut pada mereka yang membutuhkan.

6. Do Won Chang

do won chang

Ngaku suka belanja tapi tidak tahu toko fashion Forever 21? Forever 21 adalah toko fashion terkenal yang didirikan di Amerika pada tahun 1984. Adalah pasangan suami istri Do Won Chang dan Jin Sook yang menjadi pendiri dari toko baju Fashion 21. Dari toko baju Forever 21, kini Do Won Chang dan Jin Sook bisa hidup tenang.

Sama seperti orang kaya yang ada pada daftar ini, Do Won Chang bersama istrinya membangun Forever 21 benar-benar dari 0. Hidup Do Won Chang tidak bisa dibilang mudah, dirinya pernah bekerja sebagai tukang bersih-bersih, petugas pom bensin, dan menjadi pelayan di sebuah toko kopi. Di tahun 1981, Do Won Chang pindah dari Korea ke Amerika. Di tahun 1984, barulah Do Won Chang bersama istrinya, mendirikan gerai fashion Forever 21.

5. Roman Abramovich

Roman Abramovich

Beralih ke dunia sepakbola, Roman Abramovich yang menjadi pemilik utama raksasa Inggris, Chelsea, memulai hidupnya dari bawah. Perlu kalian tahu, Roman Abramovich, taipan minyak asal Rusia ini lahir dalam kemiskinan dan sudah menjadi yatim piatu sejak usia 2 tahun. Sungguh kehidupan yang sangat sulit dialami oleh Abramovich.

Sete;ah menjadi yatim piatu pada usia 2 tahun, Abramovich dibesarkan oleh keluarga pamannya di Utara Rusia. Tahun 1987, Abramovich belajar di Moscow Auto Transport Institute. Abramovich memulai perusahaan kecil yang memproduksi mainan plastik. Dari perusahaan kecil inilah, Abramovich kemudian menemukan bisnis minyak.

4. Ralph Lauren

ralph lauren

Perjalanan Ralph Lauren hingga bisa membesarkan nama Polo, tidaklah semudah yang orang bayangkan. Yang kita lihat, Ralph Lauren Corporation adalah sebuah perusahaan yang menjual pakaian, berbasis di Amerika. Orang yang mengatur perusahaan tersebut, tak lain adalah Ralph Lauren.

Ketika lulus sekolah di Bronx, New York, Lauren sempat melanjutkan pendidikan di sebuah universitas di Amerika. Tak lama, Lauren memutuskan keluar untuk bergabung dengan tentara. Saat itu, Lauren bekerja sebagai pegawai toko di Brooks Brothers. Tugas Lauren kurang lebih adalah sebagai orang yang menilai dasi seperti apa yang cocok dikenakan oleh pria. Tahun 1968, Lauren memulai karirnya di Polo.

3. Larry Ellison

larry ellison

Tahun 2018, Larry Ellison dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya dunia. Tercatat, kekayaan yang dimiliki oleh Ellison mencapai 80 miliar USD. Uang yang dimiliki Ellison sekarang memang terbilang sangat besar, tapi, dulu, Larry Ellison hidup miskin. Saking miskinnya, dirinya harus rela bekerja selama bertahun-tahun.

Lawrence Joseph Ellison, pendiri Oracle, pernah drop out dari universitar setelah ibu angkatnya meninggal dunia. Kepergian ibu angkatnya ini membuat Ellison harus bekerja keras selama 8 tahun. Di tahun 1977, Ellison berhasil mendirikan perusahaan software, Oracle. Sekarang, perusahaannya tersebut menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia.

2. Howard Schultz

howard schultz

Pecinta kopi masa iya tak kenal dengan perusahaan kopi asal Amerika, Starbucks. Sekarang, kemanapun kita pergi, kita selalu melihat gerai Starbucks. Tidak hanya ramai oleh remaja tapi juga orang tua. Tak hanya menyajikan kopi, Starbucks juga menyediakan tempat yang asyik untuk nongkrong-nongkrong cantik.

Sosok dibalik kesuksesan Starbucks adalah Howard Schultz. Dirinya merupakan pebisnis asal Amerika yang menjadi chairman Starbucks. Sebelum sukses seperti sekarang, Schultz menjalani hidup yang sulit. Setelah lulus kuliah, dirinya bekerja di Xerox sebelum akhirnya mengambil alih toko kopi yang bernama Starbucks yang saat itu baru berjumlah 60 toko. Schultz menjadi CEO Starbucks pada tahun 1987 dan sukses membesarkan Starbucks hingga gerai Starbucks mencapai puluhan ribu yang tersebar di berbagai negara.

1. Oprah Winfrey

oprah winfrey

Oprah Winfrey yang kita kenal ceria dan kaya raya, ternyata memiliki cerita masa lalu yang sangat kelam. Lahir dalam keluarga miskin di Mississippi, Oprah Winfrey selalu mendapatkan pelecehan seksual dari beberapa pria. Namun, Oprah Winfrey pantang menyerah, ia tetap bertahan dan bekerja keras hingga sukses seperti sekarang.

Kesuksesan yang diraih Oprah Winfrey ini menjadi motivasi bagi semua orang untuk selalu bekerja keras dan tak menyerah dalam menghadapi masalah hidup, terutama wanita. Mengingat peran wanita masih dipandang sebelah mata oleh dunia dan banyak wanita yang mendapat perlakuan tak sopan seperti yang yang pernah dialami oleh Oprah Winfrey.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas