home -> Unik -> 10 Pekerjaan Paling Berbahaya Di Dunia
21 Agustus 2018 02:15

10 Pekerjaan Paling Berbahaya Di Dunia

Oleh reagan dalam Unik pada May 15, 2018

Mencari pekerjaan itu tidaklah mudah. Jadi, hargai dan nikmatilah pekerjaan yang kalian kerjakan saat ini. Kenapa? Karena di dunia dunia tidak semua pekerjaan itu aman, ada pula yang berbahaya. Saking berbahayanya, nyawa menjadi taruhannya. Tak percaya? Silahkan saja, tapi berikut ini TahuPedia akan menampilkan 10 pekerjaan paling berbahaya di dunia. Mungkinkah pekerjaan kalian salah satunya?

10. Penambang Minyak

oil rig miner

Mari kita awali dengan penambang minyak. Meski kelihatannya keren dan gengsi, bekerja sebagai penambang minyak tak berarti kalian bisa lolos dari bahaya. Banyak orang tak tahu bahwa bekerja sebagai penambang minyak, mereka harus bekerja di tengah lautan lepas, di kelilingi oleh alat-alat berat untuk memompa minyak keluar.

Pekerjaan ini sangat sulit, tak hanya menguras fisik tapi juga mental seseorang. Bekerja sebagai penambang minyak, kalian harus terus bekerja setiap saat. Minimal mereka memiliki jam kerja 16 jam sehari. Sedikit saja kesalahan terjadi, bisa berakibat fatal yang berujung meledaknya tambang minyak. Ingin tahu betapa horrornya bekerja sebagai penambang minyak, tonton saja film Deepwater Horizon tahun 2016. Film tersebut diambil dari kisah nyata meledaknya tambang minyak di Teluk Meksiko pada tahun 2010.

9. Petani

Ketika seseorang bingung mau mencari pekerjaan apa yang aman, mungkin mereka mengira menjadi petani adalah jawabannya. Kenyataannya, menjadi petani adalah salah satu pekerjaan yang bisa membuat kalian meninggal lebih cepat. Kalaupun tidak meninggal, mengalami cidera adalah hal yang wajar.

Menjadi petani bukanlah perkara mudah. Pekerjaan ini mengharuskan untuk berhubungan dengan alat-alat berat dan hewan ternak. Alat berat seperti traktor dan lain-lain yang berguna untuk mempermudah pekerjaan, malah bisa mendatangkan petaka bila tak hati-hati. Hewan ternak juga demikian. Apabila salah merawat dan mereka menjadi liar dan tiba-tiba berontak, itu bisa membahayakan.

8. Tim SAR

search and rescue

Pekerjaan sebagai tim SAR atau tim pencari adalah pekerjaan yang mulia. Mereka membantu orang yang sedang tenggelam atau mengalami bencana alam lainnya. Atau juga membantu mencari orang yang hilang. Kesampingkan pekerjaan mereka yang mulia, pekerjaan sebagai tim pencari adalah pekerjaan yang berbahaya.

Bila kalian bekerja sebagai tim SAR, tak perduli medan apa yang harus dihadapi, kalian harus selalu siap terjun. Mencari orang yang tersesat di gunung, mencari korban reruntuhan longsor atau menolong orang yang tenggelam. Karena tingginya tingkat bahayanya, para tim SAR adalah orang-orang yang secara khusus sudah dilatih untuk menghadapi rintangan yang sulit.

7. Pembersih Ranjau

land miner remover

Ranjau digunakan oleh anggota militer untuk menjaga wilayah suatu daerah agar tidak disusupi oleh penyusup. Ketika terinjak, maka otomatis ranjau akan meledak dan menghabisi segala sesuatu yang ada dalam radius ledakannya. Sekarang, penggunaan ranjau sudah semakin dibatasi. Jika terlalu banyak, maka ranjau harus disingkarkan.

Orang yang bertugas menyingkirkan ranjau adalah para pembersih ranjau. Seharusnya pekerjaan ini adalah tugas dari anggota militer, tapi sekarang banyak juga orang biasa yang berani mengambil resiko dengan bekerja sebagai pembersih ranjau. Para pembersih ranjau akan ditempatkan di wilayan yang telah ditanam oleh sejumlah ranjau. Salah sedikit saja, nyawa melayang.

6. Tukang Sampah

Garbage Collector

Banyak orang yang meremehkan pekerjaan tukang sampah. Padahal, berkat mereka lah, jalanan ibukota menjadi bersih, tempat sampah di rumah selalu kosong. Tak seharusnya kita menghina orang yang bekerja sebagai tukang bersih-besih. Apalagi setelah tahu bahwa mereka mempertaruhkan kesehatan mereka sendiri dengan bekerja sebagai pembersih sampah.

Namanya juga pembersih sampah, maka keseharian mereka pasti akan berurusan dengan sampah. Berurusan dengan sampah, maka mereka pasti berurusan juga dengan kuman yang berbahaya bagi kesehatan. Sampah perusahaan kimia apalagi, pastinya memiliki tingkat racun yang tinggi pula. Jauh lebih tinggi dari sampah rumah tangga.

5. Pilot Bush

Bush Pilot

Ketika masih kecil, banyak anak berandai-andai untuk menjadi orang sukses kelak. Salah satunya adalah pilot. Siapa sih yang tak ingin menjadi pilot? Bisa pergi ke negeri yang kita suka. Masih berhubungan dengan pilot, ada satu jenis pekerjaan yang disebut dengan pilot bush. Pilot bush ini memiliki tingkat kesulitan dan bahaya yang jauh lebih tinggi daripada pilot biasa.

Pilot bush adalah profesi berbahaya dimana pilot diharuskan menerbangkan pesawat, entah kecil atau besar, ke daerah yang terpencil. Akan ada banyak hambatan yang harus dilalui oleh pilot bush untuk bisa mencapai suatu daerah. Pohon tinggi, gunung, cuaca tak menentu, kabut, dan bukit. Kemungkinan mengalami kecelakaan lebih besar pilot bush ketimbang pilot biasa.

4. Penambang

miner

Di antara sekian banyak pekerjaan, pekerjaan berupa penambang merupakan salah satu pekerjaan yang sangat berisiko. Perusahaan penambang mungkin mendapat untung yang besar apabila berhasil mendapatkan bahan yang diinginkan. Tapi tidak demikian yang dirasakan oleh para penambangnya.

Mengambil pekerjaan sebagai penambang, mengharuskan kalian masuk ke dalam suatu tempat yang gelap, lembap, panas, dan lain sebagainya yang membahayakan kesehatan. Banyak resiko yang bisa dialami oleh penambang, antara lainnya seperti paru-paru hitam, ledakan gas, dan terpapar bahan kimia yang berbahaya.

3. Nelayan Laut Lepas

fisherman

Kita harus memberikan terima kasih yang sebesar-besarnya pada nelayan. Berkat mereka, kita jadi bisa menikmati manfaat dan gizi dari ikan. Pekerjaan nelayan bukanlah pekerjaan yang mudah. Mereka harus mempertaruhkan nyawa mereka tiap kali harus pergi melaut. Apalagi jika mereka nelayan di lautan lepas.

Demi mendapatkan ikan dan makhluk laut lainnya yang bisa dimakan, para nelayan harus pergi pagi-pagi ke lautan lepas. Salah satu makhluk laut yang cukup banyak peminatnya adalah Kepiting Alaska. Para nelayan yang memburu kepiting ini harus mengarungi lautan seharian penuh, melawan dinginnya udara, dan pastinya ombak tinggi.

2. Tukang Las Bawah Laut

Underwater Welder

Mau tahu pekerjaan berbahaya nomor dua di dunia apa? Inilah dia, tukang las bawah laut. Pekerjaan satu ini biasanya berhubungan dengan perusahaan-perusahaan pertambangan lepas pantai. Tugas tukang las bawah laut adalah menjaga pipa minyak yang ada di bawah laut agar tidak mengalami kebocoran.

Pekerjaan sebagai tukang las bawah laut ini sangat berbahaya. Setiap saat, mereka menghadapi bahaya yang siap menghantui. Goncangan di bawah air, ledakan, perasaan dekompresi, serta mereka harus selalu mengenakan tambalan gigi khusus. Menurut beberapa sumber, potensi bahaya dari tukang las bawah laut malah sedikit lebih besar daripada menjadi polisi.

1. Penebang Pohon

lumberjack

Meski sekarang sudah digalakan go green dengan mengurangi penggunaan kertas agar pohon tidak semakin habis, tetap saja kita manusia masih membutuhkan pohon untuk diolah menjadi bahan lain. Furniture misalnya. Untuk itulah dibutuhkan orang yang bekerja sebagai penebang pohon atau penebang kayu.

Penebang kayu atau penebang pohon dianggap sebagai salah satu pekerjaan yang paling berbahaya di dunia. Ada banyak hal yang bisa mengancam jiwa orang yang berprofesi sebagai penebang kayu. Mulai dari pohon besar, gergaji super tajam, dan lamanya waktu kerja dari si penebang kayu tersebut.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas