home -> Entertainment -> 10 Adegan Keren Dalam Film Yang Dikira CGI
23 Oktober 2018 09:41

10 Adegan Keren Dalam Film Yang Dikira CGI

Oleh reagan dalam Entertainment pada May 04, 2018

Untuk membuat sebuah adegan yang sulit atau membuat adegan menjadi terlihat lebih keren, maka digunakanlah yang namanya Computer-generated imagery atau yang biasa disebut dengan CGI. Dengan bantuan CGI, film yang ditampilkan jadi memiliki latar yang lebih menarik. Di jaman sekarang, sudah banyak film-film yang memanfaatkan komputer dan CGI. Tapi, ada beberapa film yang lebih memilih melakukan adegan seperti biasa. Inilah 10 adegan keren dalam film yang sebenarnya tidak menggunakan efek CGI.

10. 127 hours

Film 127 Hours yang tayang di Indonesia pada tahun 2011 mengisahkan seorang penjelajah yang diperankan oleh James Franco, mencoba untuk melakukan petualangan dengan mendaki tebing di Utah. Nasib sial menghampiri ketika Aron Ralston, peran yang dimainkan oleh James Franco, jatuh di sebuah celah tebing dan harus mengamputasi salah satu tangannya.

Di film tersebut, ada sebuah adegan penuh darah dimana Aron Ralston memotong tangan kanannya. Jika tidak mau repot, lengan tersebut bisa saja dibuat dengan bantuan efek komputer. Tapi, sang sutradara, Danny Boyle memiliki pendapat lain. Ia memilih untuk membuat replika tangan James Franco yang nantinya harus dipotong. Replikas tersebut dibuat semirip mungkin mulai dari kulit, serat otot, dan tulang. Membuat Franco seolah-olah memotong lengannya sendiri, padahal itu adalah lengan buatan.

9. Berkelahi Di Lorong - Inception

Trilogi Batman bukanlah satu-satunya film buatan Christopher Nolan yang terkenal. Ada satu lagi film karya Nolan yang terkenal yakni Inception. Film ini diisi oleh sejumlah aktor terkenal seperti Leonardo DiCaprio dan Joseph Gordon-Levitt. Inception sendiri, meski menarik, film ini membutuhkan pemikiran yang keras untuk bisa dimengerti.

Sebuah adegan perkelahian dimana bertempatkan di sebuah lorong panjang, banyak yang menduga bahwa adegan tersebut dibantu dengan efek CGI, padahal tidak. Sebuah lorong khusus yang besar disiapkan secara khusus di sebuah hangar di London. Hangar tersebut diatur sedemikian rupa sehingga dapat berputar 3600. Dibutuhkan 500 kru film dan waktu 3 minggu untuk membuat adegan perkelahian seru di lorong berputar.

8. Berkelahi Di Atas Kereta - Skyfall

Film tentang agen rahasia Inggris, 007 James Bond tidak perlu yang namanya efek CGI. Sungguh tidak keren apabila untuk menampilkan adegan seru harus dibantu dengan green screen CGI. Apalagi jika kalian menggunakan aktor sekelas Daniel Craig yang terkenal akan badassnya. Dan benar saja, salah satu film James Bond yang tak menggunakan CGI adalah Skyfall.

Ada adegan dimana Craig sebagai James Bond, melakukan adegan perkelahian di atas kereta yang sedang bergerak. Adegan memukul, menendang, dan semua adegan berbahaya di adegan tersebut, dilakukan sendiri oleh Craig. Dan yang lebih penting lagi, ia sama sekali tak menggunakan bantuan efek CGI. Adegan kereta menabrak dinding juga dilakukan tanpa menggunakan CGI.

7. Raptor Di Dapur - Jurassic Park

Di era 90an, ada satu film bertemakan dinosaurus yang sangat populer berjudul Jurassic Park. Dari film yang tayang di tahun 1993, kemudian dibuat kelanjutannya di tahun 1997, 2001, dan 2015. Film yang pertama yakni tahun 1993, disutradarai oleh sutradara terkenal, Stephen Spielberg. Tak sepenuhnya menggunakan sentuhan CGI, masih ada beberapa scene dimana Spielberg tak menggunakan efek CGI sama sekali.

Adalah adegan dimana Lex dan Tim Murphy dikejar-kejar oleh salah satu predator mematikan, Raptor. Lex dan Tim dikejar oleh Raptor sampai ke dapur. Beberapa dinosaurus memang ada yang menggunakan CGI dan boneka dummy, tapi untuk adegan satu ini, Spielberg menginginkan ketakutan yang lebih nyata. Untuk itu, diciptakan sebuah boneka Raptor yang bisa dimasuki oleh manusia. Seorang aktor mendapatkan peran khusus untuk menjadi Raptor dan mengejar Lex dan Tim.

6. Penangkapan Joker - The Dark Knight

Ketika banyak sutradara banyak menggunakan efek CGI dalam film, ada satu sutradara yang masih lebih memilih cara yang lebih "old school" atau lebih memercayakan dengan cara biasa. Sutradara tersebut adalah Christopher Nolan. Salah satu karya Christopher Nolan yang sangat diakui adalah film The Dark Knight. The Dark Knight mengisahkan cerita superhero DC Comics, Batman, membasmi kejahatan, dalam film ini yang menjadi lawannya adalah Joker.

Dalam film tersebut, ada banyak sekali adegan kejar-kejaran dan ledakan yang sangat besar. Untuk menciptakan adegan tersebut, Nolan lebih memilih untuk melakukannya secara murni tanpa menggunakan efek komputer sama sekali. Ketika Batmobile hancur, truk sampah diledakan, dan truk polisi dibalik, semua dilakukan tanpa efek komputer sama sekali.

5. New York Terbakar - Independence Day

Apa kalian sudah menonton film Independence Day? Jika sudah, masihkah kalian ingat adegan dimana para alien membuat sejumlah kota di Amerika menjadi terbakar? New York, Los Angeles, serta Washington D.C. berubah menjadi horror ketika ledakan dan api besar melalap kota tersebut. Percaya atau tidak, semua itu dilakukan tanpa CGI.

Untuk bisa menciptakan efek tersebut, sebuah model kota dibuat semirip mungkin dengan yang aslinya. Untuk api, para kru film meletakkan bahan pyrotechnics atau kembang api di sejumlah titik kota. Ketika semua set sudah selesai diatur, maka ledakan pun mulai dinyalakan. Kabarnya, untuk membuat miniatur kota tersebut dibutuhkan dana yang sangat besar.

4. The Lord Of the Rings: The Fellowship of the Ring

Penggila film trilogi? Kalian harus coba nonton film The Lord of The Rings. Atau jangan-jangan kalian sudah menonton film tersebut? Di The Lord of The Rings, terlihat perbedaan yang sangat jelas antara karakter Gandalf dengan para hobbit. Gandalf yang tinggi dan para hobbit yang kecil. Mungkinkah ini dibuat menggunakan efek CGI?

Jawabannya adalah tidak. Sebenarnya, penampakan Gandalf yang tinggi dan hobbit yang pendek, itu hanyalah tipuan mata. Untuk menciptakan ilusi perbedaan tinggi badan, yang diperlukan adalah penempatan sudut kamera yang pas. Ketika adegan Gandalf naik kuda bersama Frodo, Gandalf diposisikan sedikit lebih maju dari Frodo. Kemudian kameramen mencari posisi yang pas agar karakter Frodo bisa terlihat lebih kecil.

3. Bram Stoker's Dracula

bram stoker's dracula

Tahun 1992 adalah masa-masa dimana efek digital mulai muncul. Setelah kemunculan efek CGI, sejumlah film mulai menggunakan efek ini untuk membuat adegan lebih menarik. Tapi, ada satu film yang lebih memilih jalannya sendiri dengan tidak menggunakan efek CGi, dan film tersebut adalah Bram Stoker's Drakula. Film ini disutradarai oleh Francis Ford Coppola.

Ingin tahu adegan mana saja dalam Bram Stoker's Dracula yang tidak menggunakan efek digital? Jawabannya adalah semuanya. Semua adegan dalam film karya Coppola ini sama sekali tak menggunakan efek digital. Salah satu adegannya adalah ketika Keanu Reeves naik kereta dan membaca buku, lalu muncul bayangan mata. Lagi, buku yang di atasnya ada kereta yang berjalan juga merupakan adegan asli dimana kamera mengambil gambar kereta berjalan dan mengambil gambar buku, lalu disatukan.

2. Astronot Melayang - Apollo 13

Lagi-lagi nama Christopher Nolan disebut dalam daftar ini. Apollo 13 yang tayang pada tahun 1995 menjadi salah satu film buatan Nolan yang tak menggunakan bantuan CGI. Sebuah adegan di dalam pesawat luar angkasa, dimana kru pesawatnya bisa melayang bagaikan di luar angkasa sungguhan membuat penonton berpikir bahwa ini adalah adegan CGI.

Untuk menciptakan efek 0 gravitasi, Nolan sampai meminjam sebuah pesawat luar angkasa milik NASA, KC-135. Pesawat ini memang sengaja diciptakan untuk simulasi astronot. Pesawat buatan NASA tersebut bisa menciptakan 0 gravitasi yang bisa membuat orang melayang. Sejumlah artis seperti Tom Hanks, Bill Paxton, dan Kevin Bacon mengatakan bahwa mereka sangat beruntung bisa merasakan pengalaman layaknya di luar angkasa, menggunakan pesawat buatan NASA.

1. Pesawat Jatuh - The Dark Knight Rises

Dan satu lagi film karya Christopher Nolan yang tak menggunakan CGI dan juga termasuk dalam trilogi Batman yakni The Dark Knight Rises. Di awal film dibuka dengan adegan pesawat jatuh dari angkasa. Banyak orang menebak bahwa adegan gila dan ekstrim tersebut dilakukan dengan bantuan CGI, padahal tidak sama sekali.

Nolan berhasil mendapatkan pesawat jenis C-130 dan melakukan syuting di dalamnya. Kemudian, pesawat C-130 diangkat menggunakan kabel dengan helikopter di atas tanah Skotlandia. Untuk adegan sayap pesawat jatuh, Nolan menggunakan model pesawat, dan ketika pesawat jatuh, yang dijatuhkan adalah model pesawat, bukan C-130. Sungguh keren dan niat bukan si Nolan ini?

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh raza dalam Entertainment
  4. 4
    oleh reagan dalam Entertainment
  5. 5
    oleh raza dalam Entertainment
  6. 6
    oleh reagan dalam Entertainment
  7. 7
    oleh reagan dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh reagan dalam Entertainment
  1. 1
    oleh raza dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh admin dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh admin dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh admin dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh raza dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas