home -> Unik -> 10 Tempat Di Dunia Yang Tidak Bebas Dikunjungi
27 Mei 2018 23:00

10 Tempat Di Dunia Yang Tidak Bebas Dikunjungi

Oleh reagan dalam Unik pada April 30, 2018

Bumi tempat kita berpijak memiliki banyak sekali tempat menarik untuk dikunjungi. Namun, tak semua tempat bisa kita kunjungi secara bebas. Ada banyak tempat yang ternyata terlarang untuk dikunjungi oleh turis. Ada pun jika boleh, diperlukan izin khusus dari yang berwenang untuk bisa mengakses tempat tersebut. Berikut ini TahuPedia merangkum berbagai tempat menarik untuk dikunjungi namun turis tak boleh datang dengan bebas.

10. Club 33, Amerika

club 33

Liburan tiba, paling asyik mengajak keluarga untuk liburan ke taman hiburan. Disneyland adalah salah satu taman hiburan menarik yang cocok dijadikan tempat liburan keluarga. Taman hiburan ini terletak di jantung New Orleans Square, Amerika. Semua tempat hiburan di dalamnya bisa kalian kunjungi, tapi hanya satu yang tidak. Tempat tersebut adalah Clun 33.

Club 33 adalah sebuah klub rahasia yang berada dalam taman Disneyland. Tempat ini sebenarnya adalah tempat yang rahasia dan diragukan keberadaannya dalam Disneyland. Diketahui, daftar waiting list di Club 33 saja bisa mencapai 14 tahun lamanya. Apabila nama kalian ingin dimasukkan dalam daftar, kalian memerlukan uang sebesar 40.000 USD. Belum ditambah 27.000 USD bila ingin berkunjung tiap tahunnya.

9. Diego Garcia, British Indian Ocean Territory

diego garcia

Larangan keras bagi siapapun yang ingin berkunjung ke Diego Garcia. Meski pulau tersebut memiliki pantai indah dan batuan koral yang banyak, pulau yang tampak seperti tempat sempurna untuk menghabiskan liburan musim panas ini tak bisa dikunjungi secara bebas. Larangan tersebut sudah dikeluarkan sejak tahun 1973.

Pemerintah Inggris membangun markas militer di tahun 1973 di Pulau Diego Garcia. Hanya orang-orang tertentu yang diizinkan masuk. Sejumlah teori konspirasi merebak karena betapa tertutupnya pulau tersebut. Yang teranyar, pulau ini digunakan oleh CIA untuk melakukan sejumlah penyiksaan terhadap tahanan.

8. Area 51, Nevada

area 51

Jika ada satu tempat yang tak bebas untuk dimasuki, sudah pasti itu adalah Area 51. Area 51 adalah area terpencil di Nevada yang dijadikan markas dari pasukan udara Amerika Serikat. Fasilitas ini sangat-sangat tertutup bagi siapapun yang tak berkepentingan. Saking tertutupnya, banyak konspirasi yang beredar seputar Area 51.

Salah satu konspirasi yang beredar adalah, Area 51 dijadikan tempat eksperimen dari pesawat terbang dan senjata. Ada pula yang beranggapan bahwa tempat ini dijadikan tempat penyembunyian pesawat luar angkasa atau UFO. Salah satunya adalah pesawat yang diduga UFO yang mengalami kecelakaan di Roswell pada tahun 1947.

7. Goa Lascaux, Perancis

lascaux caves

Tak ada hal lain yang lebih menarik ketimbang mempelajari lukisan jaman dulu yang berada di dalam goa, apalagi jika kalian adalah seorang peneliti. Goa Lascaux adalah rangkaian goa yang terletak di Barat Laut dari Perancis. Di dinding dalam goa tersebut banyak sekali terdapat lukisan yang diperkirakan telah ada dari jaman Paleolithic.

Lukisan yang telah berumur lebih dari  17.000 tahun ini terdiri dari berbagai macam gambar dari hewan raksasa yang hidup di jaman tersebut. Oleh karenanya, UNESCO menjadikan goa ini sebagai salah satu situs warisan dunia yang harus dijaga. Di tahun 2008, goa ini resmi ditutup karena merebaknya wabah jamur. Sekarang, hanya beberapa ilmuwan yang diperbolehkan masuk ke dalam.

6. North Sentinel Island, Andaman Islands

north sentinel island

Memiliki batuan koral yang indah, sayangnya kalian tidak menikmati pemandangan bawah laut yang berada di North Sentinel Island atau Andaman Island. Pulau kecil dengan hutan hujan yang besar ini benar-benar pulau terpencil yang dikelilingi oleh batuan koral. Tapi, apakah hanya itukah yang menjadi alasan kenapa pulau ini dilarang untuk dikunjungi?

Andaman Islands menjadi salah satu pulau terlarang untuk dikunjungi karena pulau ini menjadi pulau tempat tinggal dari Suku Sentinelese. Suku ini terkenal sebagai suku yang paling menolak akan kehadiran orang dari luar pulau. Bukan hanya itu, mereka juga sangat sadis. Pernah ada 2 nelayan yang terdampar di pulau tersebut, dan nelayan tersebut dibunuh oleh Suku Sentinelese.

5. Ilha da Queimada Grande, Brazil

ilha da queimada grande

Berbicara tentang tempat yang tidak bisa dikunjungi dengan bebas, maka sudah pasti Pulau Ilha da Quaimeda Grande harus dimasukkan dalam daftar ini. Dalam bahasa Inggris, Ilha da Queimada Grande adalah Snake Island atau Pulau Ular. Pulau ini adalah pulau terpencil terkenal yang berada sekitar 20 mil dari kota Sao Paulo, Brazil.

Diberi nama Snake Island atau Pulau Ular karena memang sebagian besar penghuni pulau ini adalah ular. Yang terkenal salah satunya adalah ular berbisa jenis GOlden Lancehead Viper. Selain itu, terdapat 4.000 jenis ular lagi yang tinggal di pulau tersebut. Pemerintah Brazil telah mengeluarkan larangan resmi untuk mengunjungi pulau tersebut. Hanya para peneliti dengan izin khusus saja yang diperbolehkan mengunjungi pulau tersebut.

4. Surtsey Island, Islandia

surtsey island

Surtsey adalah sebuah daratan vulkanis yang terletak di Selatan Islandia. Tempat ini adalah salah satu tempat termuda yang ada di dunia. Kenapa? Pulau Surtsey muncul di Samudra Atlantik setelah terjadi letusan gunung berapi yang terjadi pada tahun 1960. Tak semua orang diizinkan untuk menginjakan kakinya di pulau ini.

Hanya beberapa peneliti saja yang diperbolehkan untuk mengunjungi Pulau Surtsey. Hal ini dilakukan agar ilmuwan bisa mempelajari lebih jauh tentang Pulau Surtsey. Ilmuwan memiliki ketertarikan tinggi untuk mempelajari lingkungan alam Pulau Surtsey yang masih sangat murni. Beberapa kemah dibangun disana, namun setelah selesai, para peneliti harus membereskannya kembali.

3. Poveglia, Itali

Poveglia

Melihat gambar, kalian pasti membayangkan suatu hari nanti bisa berlibur ke tempat tersebut bukan? Gambar di atas merupakan sebuah pulau kecil yang berada di antara Venice dan Lido, bernama Poveglia. Mengaca dari sejarah yang ada, Poveglia dulunya merupakan pulau pelabuhan yang dijadikan tempat check point dari berbagai kapal.

Pulau ini pernah menjadi pulau karantina dari Wabah Bubonic yang terjadi di tahun 1900an. Di tahun 1968, sebuah rumah sakit jiwa dibangun di atas pulau tersebut. Sekarang, Poveglia telah ditinggalkan oleh banyak orang. Alasannya adalah, pulau ini dianggap sebagai salah satu tempat paling berhantu yang ada di Itali. Rumornya hantu dari wabah Bubonic, perang, dan pasien rumah sakit jiwa, menghantui Poveglia.

2. Bohemian Grove, California

bohemian grove

Ingin berkunjung ke Bohemian Grove? Lebih baik kalian urungkan niat tersebut sejak sekarang. Kenapa? Karena semua orang yang mencoba masuk ke dalam Bohemian Grove, berujung dengan masuk jeruji besi. Tentunya ada alasan kenapa pihak kepolisian melarang siapapun masuk ke dalam tempat tersebut.

Bohemian Grove adalah sebuah hutan kecil yang berada di California. Dulunya, tempat ini selalu dijadikan tempat berkemah dan menjadi tempat kumpul beberapa orang kuat di dunia. Bukan kuat secara fisik, melainkan posisinya. Presiden Richard Nixon dan Herbert Hoover pernah masuk ke dalam hutan kecil ini. Meeting penting dan tertutup diadakan di tempat ini, entah untuk membahas apa.

1. Heard Island Volcano, Australia

heard island volcano

Pernah mendengar nama Heard Island Volcano? Pulau yang berada di Selatan Australia ini menjadi pulau urutan teratas dalam pulau yang tak bebas untuk dikunjungi. Berada di di antara Madagaskar dan Antartika, letak Heard Island Volcano atau Pulau Big Ben sangat terpencil. Selain terpencil, ada beberapa alasan lain kenapa pulau ini tak bebas untuk dikunjungi.

Pertama yakni, Heard Island Volcano memiliki satu gunung berapi yang masih aktif, Mawson's Peak. Tak hanya gunung berapi yang masih aktif, perjalanan menuju pulau terpencil ini juga sangat sulit. Butuh setidaknya 2 minggu naik kapal. Pulau ini menjadi surganya para hewan seperti pinguin, anjing laut, dan burung laut.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas