home -> Unik -> 10 Hewan Peliharaan Yang Baik Untuk Anak-Anak
27 Mei 2018 23:00

10 Hewan Peliharaan Yang Baik Untuk Anak-Anak

Oleh reagan dalam Unik pada April 23, 2018

Memiliki hewan peliharaan adalah hal yang sangat menyenangkan. Bukan cuma orang dewasa, anak-anak pun juga bisa bermain dengan hewan peliharaan. Daripada bermain sendiri, lebih baik anak ditemani dengan hewan peliharaan yang bisa diajak bermain. Dengan demikian, anak bisa dilatih untuk bisa menghargai hewan dan merawatnya. Ada setidaknya 10 hewan peliharaan yang bisa dijadikan teman bermain anak. Apa saja?

10. Musang

Ferrets

Di antara hewan lainnya, butuh waktu extra untuk bisa membuat musang bisa dekat dengan anak-anak. Musang tergolong hewan yang diam, bersahabat, dan pintar. Tapi jangan sampai hewan satu ini bisa memperdaya kalian karena kepintaran yang mereka miliki. Dijamin anak-anak bisa betah bermain dengan musang.

Merawat musang pun tak sulit. Ketika kalian tak ada, musang bisa menghibur diri mereka sendiri. Hanya saja, kalian dijamin akan kerepotan membereskan barang-barang yang berantakan akibat tingkah musang. Musang memiliki insting alami sebagai hewan pemburu. Jika ingin musang menjalin hubungan dengan hewan lain, kalian perlu melatih mereka terlebih dahulu/

9. Landak Mini

landak

Ingin mencari hewan peliharaan untuk si kecil? Kenapa tidak pilih landak saja? Landak mini atau hedgehog merupakan landak yang berukuran lebih kecil daripada landak biasa yang ada di alam liar. Sama-sama memiliki duri, hanya saja landak mini memiiki duri yang lebih kecil dan tidak begitu tajam. Tetap saja kalian musti hati-hati.

Sudah banyak orang yang memilih landak mini sebagai peliharaan. Landak mini lucu, bersahabat, dan lagi memiliki umur yang lumayan panjang. Kira-kira landak mini bisa bertahan hidup 5 sampai 7 tahun. Saran untuk para orang tua, sebaiknya pelihara landak mini sejak mereka kecil. Ini akan membuat mereka bisa lebih akrab dengan anak-anak.

8. Tupai

squirrel

Begitu mendengar hewan pengerat, yang terlintas di kepala adalah tikus. Tikus memang termasuk hewan pengerat yang termasuk dalam kategori hama. Tak ada yang mau mendapatkan masalah dengan memelihara tikus di rumah. Tapi, masih ada hewan pengerat lain yang bisa kalian jadikan peliharaan yakni tupai.

Tupai adalah hewan pengerat berkantung yang biasa hidup berkelompok. Hewan ini cukup populer di luar negeri seperti di Amerika. Bila dipelihara sejak kecil, tupai bisa menjalin hubungan yang sangat dekat dengan pemiliknya. Sifat mereka yang aktif membuat hewan berkantung ini cocok untuk menemani anak.

7. Kelinci

rabbits

Banyak orang yang mengatakan bahwa kelinci adalah hewan yang aktif dan sosial. Ini membuat hewan kecil ini bisa dijadikan peliharaan yang pas untuk anak kesayangan kita. Kalian bisa coba untuk melepas kelinci dari kandangnya. Tapi hati-hatilah, mereka memang kecil, tapi kelinci bisa mengakibatkan kerusakan parah bila tak diperhatikan dengan baik.

Memelihara kelinci tentu harus memperhatikan juga kebersihan dari kandangnya. Kandang yang kotor bisa membuat kelinci menjadi bau dan mudah sakit. Kalian perlu menjaga kebersihan kandang kelinci secara rutin. Perlu dicatat, kelinci tak begitu suka digendong terlalu lama, kalian perlu memberikan pengarahan terhadap anak kalian agar paham hal tersebut.

6. Kura-Kura

turtles

Kura-kura yang kecil memang baik untuk anak-anak. Sayangnya, memelihara kura-kura tak semudah yang kita pikir. Kura-kura memerlukan lingkungan yang sesuai agar mereka bisa nyaman dan bertahan hidup panjang. Semua hal perlu diperhatikan dari suhu hingga cahaya. Jadi, kalian harus menyiapkan segalanya sebelum membawa pulang kura-kura.

Kura-kura bisa bertahan lama tergantung dari seberapa perduli kalian dalam merawatnya. Bisa saja kura-kura bertahan lama sampai anak kalian masuk kuliah. Satu hal yang perlu kalian waspadai, kalian sebaiknya tidak memelihara kura-kura apabila memiliki anak kecil yang berusia belum sampai 5 tahun. Menurut Centers for Disease Control and Prevention-CDC, kura-kura bisa menyebarkan salmonella, bakteri yang menyebabkan masalah pencernaan.

5. Burung

bird

Memilih burung sebagai hewan peliharaan bisa cukup tricky. Ini mengingat kalian akan membiarkan burung peliharaan ini akan menjadi teman bermain anak. Perlu diingat bahwa sejumlah burung memiliki paruh yang tajam. Tentu anak-anak harus diajarkan untuk lebih hati-hati dan menghormati hewan bersayap tersebut.

Meski ada sedikit bahaya, memelihara burung sebagai teman bermain anak tidaklah salah. Ada beberapa jenis burung yang sangat pintar dan bisa diajak bersosialisasi, baik itu dengan hewan lain dan juga manusia. Beberapa jenis burung yang pas dipelihara seperti burung parkit, cockatiels, kenari, dan kakatua.

4. Ikan

Tak ada hewan yang lebih aman dijadikan hewan peliharaan daripada ikan. Merawat ikan juga tak sulit. Cukup sediakan akuarium yang cukup besar, disertai dengan gelembung udara untuk menyuplai udara di dalam akuarium. Dan terakhir adalah rutin menguras air akuarium agar akuarium tetap bersih.

Yang perlu dipikirkan adalah, ikan jenis apa yang bisa dipelihara di dalam akuarium. Pilihan yang cukup sering adalah ikan mas. Ada juga satu jenis ikan yang bisa dipelihara yakni ikan Siamese atau yang bisa disebut ikan cupang. Tapi, memelihara ikan cupang bisa cukup menyulitkan karena ikan ini tak bisa disatukan dengan ikan lain karena sifatnya yang agresif.

3. Hamster

hamsters

Selain tupai, hamster juga termasuk hewan dalam jenis rodent yang artinya hewan pengerat. Berbeda dengan tikus, hamster memiliki bentuk tubuh yang kecil dan gemuk. Bentuknya yang kecil dan imut-imut ini yang membuat hamster baik dan aman untuk dibiarkan bermain dengan buah hati kalian.

Perawatan mereka sangat mudah dan murah. Cukup membersihkan kebersihan kandang dan pastikan mereka mendapat olahraga yang cukup. Hamster memiliki kesehatan yang sangat sensitif. Apabila mereka salah diberi makan, mereka bisa mudah sakit dan mati. Umur mereka juga termasuk pendek, rata-rata hanya bertahan 3 sampai 4 tahun.

2. Kucing

cats

Tak ada siapapun yang bisa tahan dengan tingkah lucu dari kucing. Kucing bisa menjadi pilihan terbaik kedua untuk dijadikan peliharaan yang aman untuk anak-anak. Ini mengingat kucing dan anjing adalah 2 hewan yang memang sejak lama sudah dikembangbiakan untuk menjadi hewan peliharaan.

Kucing adalah hewan yang independen, tapi hewan kecil berbulu ini masih tetap butuh perhatian. Dibutuhkan perhatian khusus apabila kalian ingin membiarkan kucing kalian berada dekat dengan anak-anak. Kucing rutin melakukan check up dan dilakukan imunisasi. Cakarnya juga harus rutin dipotong serta membersihkan bulunya yang rontok.

1. Anjing

dog

Selain kucing, tak ada hewan lain lagi yang pas untuk dijadikan teman bermain anak selain anjing. Sudah lama juga anjing dijuluki sahabat terbaik manusia. Julukan ini tentunya bukan sembarangan. Banyaknya jenis anjing yang ada di pasaran, bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menjadi peliharaan.

Adalah tugas orang tua untuk membantu anak dalam memilih jenis anjing mana yang akan dipelihara. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis anjing yang memang tidak pas untuk anak-anak. Sebelum membeli, ada baiknya untuk mengetes apakah anjing tersebut bisa bersosiali dan nyaman berada dekat dengan anak kecil. Golden retriever, labrador retriever, boxer, dan beagle adalah jenis anjing yang mudah dilatih dan dikenal bersahabat dengan anak-anak.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas