home -> Lifestyle -> 10 Danau Indah Di Indonesia
22 Juni 2018 23:47

10 Danau Indah Di Indonesia

Oleh reagan dalam Lifestyle pada April 16, 2018

Indonesia memiliki banyak sekali keindahan alam yang sudah dan belum dijelajahi. Sebagai contohnya adalah danau. Ada banyak sekali danau yang tersebang di berbagai pulau di Indonesia. Sepuluh di antaranya begitu indah dan menjadi magnet bagi para turis lokal maupun asing. Kita seharusnya bangga tinggal di Indonesia. Inilah 10 danau terindah yang ada di Indonesia.

10. Danau Singkarak, Sumatra

Singkarak

Sebagai permulaan, inilah Danau Singkarak, salah satu danau terindah yang ada di Indonesia. Dalam daftar ini, Sumatra bisa cukup berbangga karena ada 3 danau di pulau tersebut yang berhasil menembus daftar ini. Ketiga danau tersebut yakni Toba, Maninjau, dan Singkarak ini. Namun yang akan dibahas terlebih dahulu adalah Danau Singkarak.

Danau Singkarak berlokasi di Sumatra Barat. Dihitung dari luasnya, Danau Singkarak merupakan danau terbesar kedua yang ada di Sumatra setelah Danau Toba. Danau ini memiliki luas sekitar 107,8 km, panjang 20 km, lebar 6,5 km, dan kedalaman 286 km. Air dari Danau Singkarak mengaliriri sejumlah sungai besar yang ada di Sumatra.

9. Danau Tempe, Sulawesi

Tempe

Tempe bukan hanya nama makanan khas Indonesia saja, tapi juga nama sebuah danau yang berada di pulau Sulawesi, Indonesia. Danau ini berlokasi teoat di Kota Tempe. Bersama dengan Danau Tondano, dan Poso, ketiga danau ini menjadi salah satu daya tarik dari pariwisata yang ada di Sulawesi.

Setiap danau adalah unik, sama seperti Danau Tempe ini. Danau Tempe memiliki keunikan di sisi ikan. Ikan yang menghuni Danau Tempe adalah ikan yang cukup langka, jarang ditemukan di danau lain. Tidak heran kenapa banyak orang mampir ke Danau Tempe. Jika turis asing saja tertarik dengan Danau Tempe, kenapa kita yang orang Indonesia tidak?

8. Danau Toba, Sumatra

Danau-Toba

Bukan suatu hal yang mengejutkan apabila Danau Toba masuk dalam daftar ini. Memang sudah sejak dari dulu, Danau Toba sudah populer di kalangan para turis lokal dan juga mancanegara. Danau Toba terkenal karena keindahannya yang sungguh mempesona. Danau ini berlokasi di Sumatra Utara.

Oleh pemerintah kota Sumatra, Danau Toba dijadikan salah satu objek pariwisata yang diunggulkan. Danau ini memiliki panjang sekitar 100 km dan lebar mencapai 30 km. Di danau yang sangat luas ini, di tengahnya terdapat sebuah pulau yang luasnya setara dengan Singapura, bernama Pulau Samosir. Pulau Samosir sendiri masih sangat asri dan memiliki kebudayaan serta pemandangan natural yang masih alami.

7. Danau Tondano, Sulawesi

Tondano

Setelah Danau Tempe, berikutnya adalah Danau Tondano yang sama-sama berada di Sulawesi. Danau Tondano ini lokasinya berada di Sulawesi Utara. Danau ini menjadi danau terbesar yang ada di Sulawesi Utara. Untuk menjangkau Danau Tondano, kalian bisa mulai dari Kota Manado. Dari Manado ke Tondano, jaraknya hanya sekitar 36 km.

Danau Tondano berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan air laut. Danau Tondana memiliki penghuni yakni Ikan Halfbeak atau Ikan Julung-Julung, salah satu ikan hias yang banyak dijual di Sulawesi. Kepopuleran Danau Tondano semakin meningkat ketika danau ini dijadikan tempat perayaan Natal pada tahun 2016 oleh presiden Indonesia, Jokowi.

6. Danau Kelimutu, Flores

Kelimutu

Pulau Flores adalah salah satu pulau indah yang ada di Indonesia. Sangat disayangkan apabila kalian belum pernah sekalipun berkunjung ke Pulau Flores. Di Flores, kalian bisa melihat satu danau indah yang bernama Danau Kelimutu. Keindahan Danau Kelimutu ini pun sampai terdengar ke luar negeri.

Tidak seperti danau lain di Indonesia bahkan dunia, Danau Kelimutu sangat unik karena ada 3 danau yang berlokasi pas di puncak Gunung Kelimutu. Ketiga danau ini memiliki warna air yang berbeda satu dengan yang lain. Oleh karena itu, Danau Kelimutu dijuluki Danau Tiga Warna. Ketiga danau tersebut adalah Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan Tiwu Ata Polo.

5. Danau Poso, Sulawesi

Poso

Bergeser ke Pulau Sulawesi, di pulau ini, kalian bisa menjumpai sebuah danau indah yang sekaligus termasuk salah satu danau terbesar di Indonesia. Danau tersebut adalah Danau Poso. Danau indah ini berlokasi Sulawesi Tengah. Di dekat danau, lebih tepatnya di Selatan Danau Poso, terdapat sebuah kota Pendolo.

Oleh pemerintah Sulawesi, Danau Poso dimanfaatkan sebagai penarik turis baik lokal dan asing. Tentu Danau Poso memiliki keindahan tersendiri yang membuatnya menarik di mata orang. Danau Poso memiliki pasir putih yang indah di ujung danau. Pasir putih ini persis seperti pasir putih yang ada di pantai. Setelah puas menikmati pemandangan di Danau Poso, kalian bisa pergi ke Bancea, tempat konservasi anggrek terbesar di dunia.

4. Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat

Segara Anak

Letak Danau Segara Anak berlokasi di dekat gunung, Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Tak akan menyesal apabila kalian pergi ke Nusa Tenggara Barat dan mampir sejenak ke Danau Segara Anak. Danau ini biasa dijadikan tempat istirahat para pendaki gunung yang sedang kelelahan.

Dinamakan Segara Anak karena airnya yang terlihat mirip seperti air laut. Para pendaki gunung yang tengah mendaki Gunung Rinjani, bisa beristirahat sejenak mengecas tenaga mereka sebelum melanjutkan perjalan menuju puncak Gunung Rinjani. Ada satu hal menarik lagi yang ada di Danau Segara Anak yakni, di danau tersebut ada mata air panas yang dipercaya oleh masyarakat lokal dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dan lagi sebuah pohon tua yang dipercaya bisa mengabulkan semua permintaan.

3. Danau Sentani, Papua

Sentani

Ketika menyebut Papua, yang terlintas di pikiran banyak orang adalah Raja Ampat. Memang Raja Ampat adalah salah satu pariwisata yang sangat populer dan indah yang dimiliki oleh Papua. Tapi, perlu diketahui, Papua tidak hanya sekedar Raja Ampat saja. Masih ada satu objek pariwasata lain yang tak kalah indahnya yakni Danau Sentani.

Danau Sentani ini adalah salah satu danau yang dianggap sebagai salah satu danau terindah yang ada di Indonesia. Danau Sentani dirawat oleh suku Sentani yang tinggal di sekitar danau. Danau Sentani ini sangat kaya akan biota airnya, memiliki pemdangan indah, dan kaya akan budaya lokal. Jangan sampai kalian melewatkan danau satu ini ketika berkunjung ke Indonesia, terutama Papua.

2. Danau Maninjau, Sumatra

Maninjau

Satu lagi danau indah yang ada di Pulau Sumatra selain Danau Toba, inilah Danau Maninjau. Bila Danau Toba terletak di Sumatra Utara, kalian harus berpindah ke Sumatra Barat untuk bisa melihat keindahan yang ada di Danau Maninjau. Lokasi Danau Maninjau ini masih dekat dengan kota Padang.

Danau Maninjau adalah danau alami yang terbentuk karena faktor alam. Adalah erupsi Gunung Sitinjau yang mengakibatkan terbentuknya danau ini. Danau Maninjau bersituasi di ketinggian 460 meter di atas permukaan air laut, cukup tinggi untuk ukuran sebuah danau. Ketika sampai, kalian bisa menikmati pemandangan hijau di sekitar Danau Maninjau yang tak bisa kalian jumpai di danau lain.

1. Danau Labuan Cermin, Kalimantan

Labuan Cermin

Dan inilah dia danau terindah yang ada di negeri tercinta kita, Indonesia. Danau cantik ini bernama Danau Labuan Cermin, berlokasi di Biduk-Biduk, Kalimantan Timur. Danau Labuan Cermin dinamakan seperti demikian bukan tanpa alasan. Dikatakan seperti cermin dikarenakan air danaunya yang super jernih sehingga membuat bayangan apapun terpantul disana.

Tak hanya unik karena bisa memantulkan bayangan, Danau Labuan Cermin juga memiliki satu keunikan lain yakni airnya. Air di Danau Labuan Cermin adalah perpaduan antara air asin dan air tawar. Akibat perpaduan air tawar dan air asin, warna di Danau Labuan Cermin juga menjadi berbeda dari danau lainnya. Labuan Cermin memiliki warna biru gelap, biru terang, biru kehijauan, dan putih.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas