home -> Lainnya -> 10 Rivalitas Sepakbola Yang Tak Akan Pernah Usai
19 Oktober 2018 02:18

10 Rivalitas Sepakbola Yang Tak Akan Pernah Usai

Oleh reagan dalam Lainnya pada April 12, 2018

Di setiap turnamen atau liga yang diadakan oleh suatu negara, diikuti dengan banyak sekali klub atau tim sepakbola. Untuk menjadi juara, tim tersebut harus mengalahkan semua tim lawan dan meraih poin terbanyak untuk bisa keluar sebagai juara. Di dunia sepakbola, ada yang dinamakan derby match atau rivalry match, derby match ini jauh lebih seru ketimbang big match. Disebut derby match atau rivarly match karena kedua tim tersebut memang sudah bersaing dan bermusuhan sudah sejak lama. Permusuhan ini pun sudah mengakar, dari pelatih, pemain, dan bahkan fans satu tim, membenci rivalnya. Seperti contoh Barcelona dengan Real Madrid. Berikut adalah 10 rival sepakbola yang tak akan usai sampai kapanpun.

10. Palmeiras dan Corinthians

Palmeiras and Corinthians

Sebagai permulaan, mari kita bahas betapa serunya pertandingan antara Palmeiras dan Corinthians. Dua tim tersebut adalah 2 tim sepakbola yang terkenal di Negeri Samba. Bukan pertandingan biasa, pertandingan antara Corinthians adalah pertandingan derbi paling seru di daratan Brazil. Sengitnya pertandingan Palmeiras dan Corinthians sudah terjadi sejak tahun 1917.

Tahun 1917 ada momen dimana kedua tim asal kota Sao Paulo tersebut bertemu. Sejak saat itu sampai sekarang, api persaingan antara mereka terus berkobar. Oleh karenanya, pertandingan mereka mendapat julukan The Paulista Derbies. Saking serunya, persaingan antara Palmeiras dan Corinthians sampai masuk dalam film O Casamento de Romeu e Julieta tahun 2005.

9. Boca Juniors dan River Plate

Boca Juniors and River Plate

Tim-tim yang berlaga di Argentine Primera Division memang jarang diliput. Cukup wajar memang, apalagi tak ada pemain bintang yang berlaga di liga tersebut. Tapi, derbi yang terjadi antara Boca Juniors dan River Plate tak bisa dilupakan begitu saja. Persaingan mereka berdua untuk menjadi penguasa sekaligus tim paling populer di Argentina, sangat menyita perhatian.

Pertandingan antara Boca Juniors dan River Plate dikenal dengan sebutan Superclasicos. Kedua tim tersebut adalah dua tim paling terkenal dan sukses di sepakbola Argentina. Oleh beberapa media ternama di luar Argentina, pertandingan Boca Juniors dan River Plate sangat keras dan intens, sangat direkomendasi untuk menonton pertandingan mereka meski hanya sekali.

8. AS Roma dan Lazio

AS Roma and Lazio

Tak ada yang bisa menutup mata dan tak merasakan panasnya persaingan yang terjadi antara AS Roma dan Lazio. Pertandingan antara AS Roma dengan Lazio termasuk dalam salah satu rivaitas sepakbola terpanas yang tak akan usai. Mau bagaimana lagi, mereka bermarkas di kota yang sama, Roma.

Belum cukup berada di satu kota, AS Roma dan Lazio bahkan sampai berbagi stadion juga, Stadio Olimpico. Jadi, ketika bertanding, mereka berdua sama-sama bermain dalam status tuan rumah. Derbi keduanya dinamakan Derbu della Capitalle. Pertandingan mereka berdua tak hanya keras di atas lapangan, tapi juga di luar lapangan. Di masa lalu, tak sedikit ada fans yang terlibat pertikaian bahkan sampai meninggal dunia.

7. Olympiacos dan Panathinaikos

Olympiacos and Panathinaikos

Tidak begitu populer bukan berarti TahuPedia tidak akan membahas liga yang dilangsungkan di negari para dewa, Yunani. Meski tak populer, Superleague Greece, nama liga di Yunani, menyimpan satu derbi panas yang melibatkan dua klub raksasa yakni Olympiacos dan Panathinaikos. Pertandingan Olympiacos dan Panathinaiko dijuluki Grek Derby, The Derby of The Eternal Adversaries, dan The Mother of All Battles.

Pertandingan antara kedua tim tersebut selalu berlangsung seru, panas, dan intens. Rivalitas antara Olympiacos dan Panathinaikos bukan hanya terjadi di sepakbola saja tapi di cabang olahraga lain juga, seperti basket dan voli. Masing-masing tim juga memiliki fans yang fanatik, tak jarang terjadi keributan ketika mereka berdua bertanding.

6. PSG dan Marseille

PSG and Marseille

Paris Saint-Germain atau PSG merupakan tim raksasa asal Perancis yang sangat kaya raya. Dengan uang yang mereka miliki, PSG dapat dengan mudah membeli pemain bintang dari tim lain. Contohnya saja Neymar Jr. PSG sanggup membajak Neymar Jr. dari klubnya, Barcelona, dengan membayar buyout clausenya yang senilai 222 juta Euro.

Bermain di France League 1, PSG bisa dibilang seperti berlari sendirian, sulit bagi tim lain untuk mengejar gelar juara liga dikarenakan PSG bisa membeli pemain bintang dan menyewa pelatih bagus. Tapi, satu tim sepertinya tidak mau membiarkan PSG melenggang sendirian. Marseille adalah satu tim yang selalu menyulitkan langkah PSG meraih gelar juara. Derbi PSG dan Marseille dijuluki sebagai Le Classique dan The Derby de France. Rivalitas keduanya sudah berlangsung sejak lama dan sepertinya tak ada tanda untuk berakhir.

5. Bayern Munich dan Borussia Dortmund

Bayern Munich and Borussia Dortmund

Bundesliga atau Liga Jerman sekarang sudah mulai diperhitungkan sebagai salah satu liga favorit di dunia. Meskipun klub yang difavoritkan yang menang hanya satu yakni Bayern Munich. Bayern Munich begitu superior di Bundesliga, hampir tak ada rintangan berarti dari klub lain yang ada di Jerman.

Meski demikian, bukan berarti pertandingan Liga Jerman membosankan, masih ada beberapa tim di Bundesliga yang menyimpan asa sendiri untuk mengalahkan rivalnya, termasuk Bayern Munich. Meski hampir 100% dipastikan keluar sebagi juara liga, Bayern Munich masih memiliki rival abadi yakni Borossia Dortmund. Bayern Munich yang diisi sejumlah pemain terkenal, masih kesulitan menang menghadapi Borussia Dortmund yang timnya diisi dengan pemain-pemain yang tingkat kepopulerannya tak seperti Bayern.

4. Manchester United dan Manchester City

Manchester United and Manchester City

Tak jauh berbeda dengan AS Roma dan Lazio, kota Manchester menjadi saksi antara rivalitas antara Manchester United dan Manchester City. Kedua tim tersebut merupakan klub yang sama-sama bermarkas di kota yang sama, hanya saja, MU dan City memiliki stadion yang terpisah, tak seperti AS Roma dan Lazio yang saling berbagi stadion.

Persaingan antara MU dan Citu sudah berlangsung sejak lama. Pertandingan mereka pun langsung menarik perhatian publik di Inggris dan juga dunia. Di liga apapun yang mereka ikuti, pertandingan antara MU dan City selalu dipenuhi oleh penonton. Seperti derbi kebanyakan, MU vs City selalu terjadi drama. Masing-masing penggemar tim pun tak ayal saling berselisih ketika laga usai.

3. Liverpool dan Manchester United

Liverpool and Manchester United

Tak hanya bersaing dengan tim satu kotanya. Manchester United masih memiliki musuh bebuyutan lain yang juga sama-sama bersaing di Premiere League. Manchester United tak hanya bersaing dengan Manchester City sebagai tim paling kuat di kota Manchester, MU juga memiliki rival lain yakni Liverpool.

Rivalitas antara kedua tim sudah berlangsung sangat lama, kira-kira sejak abad 19. Tak hanya di Premiere League, rivalitas kedua tim turut dibawa ke liga lain seperti FA Cup dan Carling Cup. Pertandingan keduanya selalu berlangsung panas dan diwarnai dengan beberapa pertikaian yang berujung dengan kartu.

2. AC Milan dan Inter Milan

AC Milan and Inter Milan

Bila di Inggris ada pertarungan antar saudara di satu kota yang sama yaitu Manchester City dan Manchester United, di tanah Itali pun juga ada. Pertarungan saudara dari satu kota yang sama, Milan. Pertarungan tersebut adalah pertarungan antara AC Milan dan Inter Milan. Baik AC Milan dan Inter Milan, dua-duanya bersaing untuk menjadi yang terbaik di kota Milan.

Pertandingan antar kedua tim tersebut disebut Derbu della Madonnina atau Derby di Milano. Setiap kali mereka bertanding, baik AC Milan dan Inter Milan selalu menampilkan pertandingan yang seru, intens, dan emosional. Rivalitas antar dua tim tersebut bahkan meluas sampai ke penggemarnya. Rivalitas antara Inter Mulan dan AC Milan sudah terjadi dari tahun 1908.

1. Barcelona dan Real Madrid

Barcelona and Real Madrid

Mari lupakan rivalitas antar tim yang sudah dibahas di atas, semua rivalitas mereka tak sebanding dengan rivalitas yang terjadi antara Barcelona dan Real Madrid. Kedua tim tersebut adalah 2 tim raksasa Spanyol yang paling terkenal dan sukses. Sudah sejak lama, Barcelona dan Real Madrid bersaing untuk menjadi yang terbaik di Spanyol.

Pertandingan yang dilakoni oleh Barcelona dan Real Madrid, selalu menyita perhatian publik, tak hanya di Spanyol, tapi juga di luar Spanyol. El Clasicos, begitulah julukan derbi terpanas di Negeri Matador ini. Persaingan yang terjadi di lapangan pun sampai merambah ke para penggemarnya. Baik itu Barcelona dan Real Madrid, dua-duanya akan merasa sangat malu apabila sampai kalah dari rivalnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas