home -> Lainnya -> 10 Senjata Terkenal Dalam Mitologi
20 September 2018 17:42

10 Senjata Terkenal Dalam Mitologi

Oleh reagan dalam Lainnya pada April 05, 2018

Membahas dunia mitologi tak selalu soal monster dan dewa-dewi saja. Ada pula senjata berkekuatan sihir, kuat, dan juga terkenal dalam mitologi. Contohnya seperti Mjolnir, Trident, Excalibur, dan lain-lain. Senjata-senjata tersebut sangat kuat dan memiliki kekuatan mistis yang membuat siapapun penggunanya menjadi sulit untuk dikalahkan. Jika kalian diberi kesempatan, manakah senjata mitologi yang bakal kalian pilih? Berikut daftarnya.

10. Gan Jiang & Mo Ye

Gan Jiang and Mo Ye

Senjata mitologi berikut ini memiliki sejarah yang panjang dan rumit, layaknya sinetron. Gan Jiang dan Mo Ye adalah pembuat senjata yang diberi perintah oleh raja untuk menciptakan pedang kembar dalam waktu 3 bulan. Karena berbagai masalah, pedang tersebut baru rampung 3 tahun kemudian. Pedang tersebut diberi nama sesuai dengan nama penciptanya, Gan Jiang.

Salah satu pedang disimpang oleh Gan Jiang dan yang satunya diberikan pada kaisar. Kaisar yang kecewa karena waktu pembuatan tidak sesuai dengan target, memenggal kepala Gan Jiang dengan pedang buatannya sendiri. Sang istri, Mo Ye, melahirkan seorang anak yang dinamakan Chi. Chi kemudian ingin membalas dendam atas kematian ayahnya dengan membunuh sang kaisar dengan pedang ciptaan ayahnya yang telah disembunyikan. Sang kaisar yang mengetahui hal tersebut, menyewa seorang pembunuh untuk membunuh Chi. Mendengar kisah Chi, sang pemunuh tersentuh dan memutuskan untuk membantunya balas dendam tapi dengan syarat Chi harus memenggal kepalanya. Kepala Chi kemudian dibawa ke kaisar. Kaisar ingin memasak kepala Chi di panci, melihat kesempatan ini, sang pembunuh akhirnya memenggal kepala kaisar. Setelahnya, pembunuh tersebut memenggal kepalanya sendiri.

Ketiga kepala tersebut masuk ke dalam panci dan meleleh bersama. Para penjaga tak bisa menebak kepala siapa milik siapa karena sudah sangat rusak.

9. Green Dragon Crescent Blade

Green Dragon Crescent Blade

Guan Yu adalah seorang jenderal dari Cina yang begitu terkenal. Ia terkenal sejak jaman Samkok. Memiliki nama lain Kwan Kong, Guan Gong atau Kwan Le. Sebagai seorang jenderal, tentu ia memiliki senjata andalan yang digunakan untuk mengalahkan musuhnya. Ya, senjata itu adalah Green Dragon Crescent Blade.

Senjata ini berupa gandao atau tonggak pedang yang sangat panjang, besar, dan berat. Senjata andalan Jenderal Guan Yu ini sering disebut juga dengan nama Frost Fair Blade. Green Dragon Crescent Blade dibuat di abad ke-14 oleh seorang ahli senjata, menggunakan baja khusus yang diberikan oleh seorang pedagang. Senjata ini kemudian diberikan secara turun temurun di Keluarga Guan.

8. Sharur

Sharur

Dalam bahasa Inggris, Sharur memiliki arti, smasher of thousands. Mendengar artinya saja sudah membuat bulu roma bergidik. Sharur merupakan salah satu senjata mitologi yang sangat terkenal bagi bangsa Sumeria. Bukan senjata sembarangan, Sharur adalah senjata khusus yang digunakan oleh dewa Mesopotamia, Dewa Ninurta.

Sharur dipercaya sebagai senjata yang digunakan oleh Dewa Ninurta untuk mengalahkan iblis raksasa bernama Asag. Dengan Sharur, Dewa Ninurta memiliki kemampuan untuk terbang menuju tempat yang diinginkan dengan cepat. Dikatakan pula bahwa Sharur bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan Dewa Enlil.

7. Thunderbolt

Thunderbolt

Orang Yunani kuno memiliki kepercayaan terhadap dewa-dewa seperti Ares, Poseidon, Hades, Hera, dan lain-lain. Semua dewa-dewi tersebut, dipimpin oleh satu dewa yang paling kuat yakni Zeus. Zeus merupakan dewa penguasa yang tinggal di Gunung Olympus, ia memiliki kekuatan sekaligus senjata andalan berupa petir.

Seorang dewa sekuat Zeus memiliki sebuah senjata petir yang juga tak kalah kuat. Petir ini ia terima dari penguasa petir, Cyclops. Ketika memegang senjata petirnya, Zeus digambarkan seperti sedang memegang senjata api. Nantinya, petir itu akan ia lempar ke arah musuh. Kisah Zeus dan senjata petirnya ini pernah dikisahkah di film Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief.

6. Tongkat Musa

moses staff

Umat Kristiani ingat dengan kisah Nabi Musa membelah Laut Merah menjadi 2 bagian? Ketika itu, Nabi Musa membelah Laut Merah menjadi 2 untuk membebaskan Bangsa Israel dari tangan Firaun. Untuk membelah Laut Merah, Nabi Musa menggunakan sebuah tongkat khusus yang diberikan langsung oleh Tuhan.

Tongkat Musa ini pun dianggap sebagai salah satu senjata mitologi yang terkenal. Musa memperoleh tongkat ini ketika Tuhan menampakan diri di semak yang terbakar. Tongkat ini diberikan Tuhan pada Musa dengan tujuan untuk menuntun Bangsa Israel menuju kebebasan. Selain bisa membelah laut, tongkat ini bisa menghasilkan air dari batu dan berubah menjadi ular.

5. Ruyi Jingu Bang

Ruyi Jingu Bang

Masyarakat Cina memiliki banyak sekali cerita tentang dewa-dewi. Salah satu dewa yang terkenal adalah The Monkey King atau Raja Kera, Sun Wukong. Sun Wukong adalah raja kera sakti mandraguna yang tidak bisa mati. Ia memiliki sebuah senjata tongkat sakti yang bernama Ruyi Jingu Bang.

Tongkat sakti ini bisa membesar, mengecil, memanjang, dan memendek sesuai keinginannya. Tongkat ini ia peroleh ketika berkelana ke kerajaan bawah air. Oleh Raja Naga, ia diberikan sebuah senjata tongkat Ruyi Jingu Bang. Tongkat ini sangat berat, beratnya mencapai 7.960 kg, namun Sun Wukong bisa mengangkatnya dengan mudah. Senjata ini selalu ia kecilkan dan sembunyikan di belakang telinganya.

4. Pashupatastra

Pashupatastra

Di dalam mitologi kepercayaan Hindu, ada sebuah senjata mitologi terkenal yang dinamakan Pashupatastra. Kalian yang memegang kepercayaan Hindu, mungkin ada yang tahu sejarah dari senjata ini. Bagaimana mungkin tidak tahu, senjata ini adalah senjata sakti yang biasa dibawa oleh Dewa Siwa.

Dewa Siwa adalah salah satu dari trimurti, 3 dewa suci yang ada dalam kepercayaan Hindu. Dewa Siwa sebagai dewa penghancur, Dewa Brahma sebagai dewa pencipta, dan Dewa Wisnu sebagai dewa pemelihara. Pashupatastra memiliki kemampuan merusak yang sangat dahsyat. Senjata ini bisa menghancurkan dan melenyapkan semua makhluk.

3. Trident

Trident

Seperti yang sudah disebut di atas, Poseidon, Hades, dan Zeus adalah 3 dewa kuat menurut mitologi Yunani. Jika Zeus memiliki senjata pamungkas berupa petir, Poseidon juga tak mau kalah. Sang penguasa lautan ini memiliki sebuah senjata berupa trident yang juga tak kalah kuat dengan petir Zeus.

Baik petir Zeus dan trident milik Poseidon, keduanya dibuat oleh orang yang sama, Cyclops. Cyclops adalah raksasa yang sangat handal menciptakan barang. Menurut cerita, Poseidon beserta senjata tridentnya bisa menciptakan badai, gempa bumi, menenggelamkan daratan, dan menghancurkan batu. Trident atau trisula ini juga ada di kepercayaan orang Hindu, disebut dengan trisula. Merupakan senjata dari Dewa Siwa.

2. Excalibur

Excalibur

Tak ada yang tidak kenal dengan pedang legendaris, Pedang Excalibur. Pedang ini memiliki cerita yang begitu populer. Konon katanya, siapapun yang memegang pedang ini, maka orang tersebut berhak memimpin dan menjadi Raja Inggris. King Arthur adalah pemilik dari pedang Excalibur ini dan menjadi Raja Inggris di akhir abad 5 setelha Masehi.

Menurut cerita, Pedang Excalibur ini dulunya tertancap di sebuah batu besar. Saat itu, diciptakan sayembara, siapapun yang bisa mencabut pedang ini dari batu, maka ia berhak menjadi raja. Dari banyak orang yang mencoba, hanyalah Arthur yang sanggup mencabutnya. Otomatis, Arthur menjadi Raja Inggris saat itu. Menurut cerita, Pedang Excalibur memiliki kekuatan untuk membutakan mata lawan.

1. Mjolnir

Mjolnir

Siapa yang tidak kenal dengan senjata palu Mjolnir? Palu Mjolnir sudah sering kita dengar dan ditampilkan pula di film superhero Marvel, Thor. Palu ini adalah senjata utama Thor untuk mengalahkan lawan-lawannya. Bukan hanya sekedar cerita, Thor dan Mjolnir ini memang benar-benar dipercaya sebagai dewa dan senjata terkenal di mitologi Norse.

Di tangan Thor, Mjolnir bisa menghancurkan apapun dan mengeluarkan petir yang bisa menyambar musuhnya. Bila Thor melempar Mjolnir, palu ini bisa kembali ke tangannya kembali. Palu ini juga bisa membuat Thor terbang, persis seperti yang ada pada film Thor. Mjolnir diciptakan ketika Loki menantang 2 kurcaci, Brokkr dan Eitri.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas