home -> Unik -> 10 Hal Aneh Yang Ada Di Luar Angkasa
18 Desember 2018 00:17

10 Hal Aneh Yang Ada Di Luar Angkasa

Oleh reagan dalam Unik pada March 29, 2018

Luar angkasa adalah tempat yang sangat luas dan penuh misteri. Karena itulah para ilmuwan berusaha untuk membongkar tabir misteri yang menyelimuti luar angkasa. Sejumlah astronot dikirim ke luar angkasa untuk mengamati apa saja yang ada di luar angkasa. Hari, bulan, dan tahun mereka lalui di luar angkasa. Apa saja kira-kira yang mereka temukan di luar angkasa? Berikut 10 diantaranya.

10. Arus Listrik

Electrical Current

Beberapa tahun lalu, para ilmuwan dikejutkan dengan penemuan hal aneh berupa arus listrik di luar angkasa. Arus listrik tersebut berkisar 10^18 amps atau setara dengan 1 triliun petir. Dengan arus listrik sebesar itu, ada banyak hal yang bisa kalian lakukan, contohnya mengecas baterai handphone sampai penuh.

Para ilmuwan berasumsi bahwa arus listrik tersebut berasal dari lubang hitam yang sangat besar yang berada di tengah galaksi. Medan listrik dari lubang hitamg tersebut mampi menciptakan arus listrik yang sangat besar, dengan bermodalkan gas dan debu hingga jarak melebihi 150.000 tahun cahaya. 

9. Black Widow Pulsar

Black Widow Pulsar

Sebelum membahas lebih jauh apa itu Black Widor Pulsar, mari kita bahas lebih dahulu mengenai pulsar. Pulsar adalah bintang neutro yang memiliki rotasi sangat cepat. Pulsar ini merupakan sisa-sisa yang tertinggal dari bintang yang telah mati. Nah, salah satu pulsar, Pulsar J1311-3430 atau Black Widow Pulsar adalah pulsar yang sangat berbahaya.

Kenapa ia berbahaya? Pulsar ini terus bertambah besar dengan cara memakan partnernya sendiri yang merupakan bintang normal. Tak hanya bertambah besar, Black Widow Pulsar juga semakin bertambah energinya setiap mengkanibal bintang baru. Pulsar J1311-3430 memiliki berat 2 kali dari Matahari, dengan lebar sebesar Washington, DC.

8. White Hole

White Hole

Bila ada yang namanya black hole/lubang hitam, para peneliti memperkirakan bahwa ada juga yang namanya white hole/lubang putih. Sama seperti Yin dan Yang, lubang hitam dan lubang putih adalah 2 hal yang saling kontradiksi. Jika lubang hitam akan menghisap apapun ke dalam, maka lubang putih akan memuntahkan sesuatu dari dalam, ke luar angkasa.

Para peneliti hingga saat ini hanya baru berspekulasi tentang keberadaan lubang putih. Tak ada tanda sedikit pun tentang keberadaan lubang putih. Ketiadaan tanda-tanda akan lubang putih dikarenakan juga tak ada benda yang dimuntahkan oleh lubang putih. Para peneliti masih berusaha mendeteksi ledakan radiasi yang tak biasa yang nantinya akan dikembangkan hipotesis mengenai lubang putih.

7. Black Hole

Black Hole

Sudah dijelaskan bahwa lubang hitam adalah kebalikan dari lubang putih. Jika lubang putih akan memuntahkan sesuatu ke luar, maka lubang hitam justru akan menghisap apapun ke dalamnya. Albert Einstein adalah ilmuwan yang berhasil menemukan keberadaan lubang hitam ini dengan menggunakan ilmu matematika yang ia miliki.

Tidak ada yang bisa membuktikan apa yang ada di dalam lubang hitam. Mereka hanya bisa memastikan bahwa apapun yang tersedot ke dalam lubang hitam, tidak akan bisa keluar. Teori gila yang beredar, lubang hitam bisa menghubungkan dengan misteri lain yang berusaha dipecahkan oleh ilmuwan yakni perjalanan menembus ruang dan waktu atau time travel.

6. Cosmic Microwave Background

Cosmic Microwave Background

Terbentuknya suatu semesta adalah karena ledakan big bang. Tapi, benarkah hanya itu? Hanya itukah yang muncul dari ledakan big bang? Ternyata tidak. Selain sebagai awal muncul terciptanya semesta, ledakan big bang memunculkan hal lain yang dinamakan Cosmic Microwave Background, disingkat menjadi CMB.

CMB adalah radasi yang tercipta setelah terjadinya big bang yang menjadi awal mula terciptanya alam semesta. CMB pertama kali terdeteksi di tahun 1960an, saat itu, CMB terdengar seperti suara gelombang radio yang muncul dimana-mana di luar angkasa. Penemuan ini dianggap sebagai penemuan aneh sekaligus besar selain big bang.

5. Antimatter

Antimatter

Ada yang namanya matter atau materi, ada juga yang namanya antimatter atau anti materi. Perbedaan antimatter-matter, kurang lebih sama seperti Superman-Bizzaro. Keduanya memiliki sifat yang berkebalikan. Jika matter memiliki massa atau berat, antimatter tidak memiliki massa atau berat sama sekali.

Para peneliti yang menemukan antimatter, berusaha mencari tahu lebih dalam tentang keberadaan antimatter. Misalnya, dari mana antimatter ini terbentuk? Menurut perkiraan, antimatter bisa terbentuk dari ledakan big bang. Ledakan big bang sendiri, seperti yang kita tahu adalah awal terbentuknya dari alam semesta.

4. Large Quasar Group

Large Quasar Group

Large Quasar Group atau LQG adalah koleksi quasar yang terbentuk dari lubang hitam raksasa. Quasar ini sangat terang, sangat energetik, dan sangat kuat. Jika dilihat dari teleskop, quasar tampak seperti titik yang mirip dengan bintang. LQG ini memiliki jarak yang sangat jauh, sekitar 4 miliar tahun cahaya dari Bumi.

LQG membuat ilmuwan heran karena ukurannya yang sangat besar, dimana ukuran maksimum struktur kosmik harusnya hanya 1,2 miliar tahun cahaya. Bagaimana LQG ini bisa terbentuk? Padahal ilmuwan cukup sadar dengan segala hal yang berjarak 100 juta tahun cahaya dari planet Bumi.

3. Planet Gliese 581 c

Gliese 581 c

Banyak ramalan yang mengatakan bahwa Bumi akan kiamat pada tanggal ini, ini, dan ini. Meski sampai saat ini belum ada ramalan tersebut yang terjadi, banyak ilmuwan yang mulai mencari keberadaan planet lain yang sekiranya bisa dijadikan planet tempat tinggal baru. Dan, akhirnya ditemukanlah Planet Gliese 581 c.

Para ilmuwan beranggapan, Gliese 581 c ini bisa menjadi tempat tinggal baru bagi manusia. Terlepas dari kenyataan bahwa planet ini bisa membunuh manusia. Termausk dalam orbit Red Dwarf Star, Gliese 581 c memiliki ukuran yang jauh lebih kecil daripada Matahari, dengan tingkat keterangan cahaya 1,3% dari Matahari. Singkat kata, Gliese 581 lebih cocok dianggap sebagai bintang daripada planet. Pasang surut adalah hal yang wajar di Gliese 581 c. Satu sisi planet selalu menghadap bintang, satu lagi tidak, kurang lebih sama seperti Bumi dan Bulan. Tinggal di bagian yang menghadap bintang bisa melelehkan wajah, tinggal di bagian lainnya bisa membuat kalian membeku.

2. Penampakan UFO Yang Dipotong NASA

UFO

Luar angkasa sangatlah luas. Luasnya tersebut menjadi sellimut tebal dari segala misteri yang ada di baliknya. Salah satu misteri yang sampai saat ini dipertanyakan orang-orang adalah, apakah di luar sana ada kehidupan layaknya di Bumi? Atau singkatnya, apakah ada alien di luar sana? Kalian mungkin juga memiliki pertanyaan yang sama akan keberadaan alien.

Jawaban tentang keberadaan alien tersebut mungkin ada pada tayangan video live yang terjadi pada 15 Januari 2015. Saat itu, NASA sedang melakukaan live video tentang International Space Station yang ada di luar angkasa. Tanpa disengaja, ada sosok UFO yang lewat dan muncul di live video tersebut. Menyadari itu, NASA langsung memotong live video. Benarkan objek yang muncul dalam video tersebut adalah UFO? Kenapa NASA ingin menyembunyikannya?

1. Bakteri Hidup

living bacteria

Luar angkasa memiliki kondisi yang sangat ekstrim dimana ruang hampa udara membuat manusia, atau lebih tepatnya makhluk hidup tidak bisa bertahan lama berada di dalamnya. Ya, terkecuali Tardigrade, mikro organisme yang diketahui memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di situasi yang ekstrim. Selain Tardigrade, tak ada makhluk hidup lain yang bisa bertahan hidup di luar angkasa.

Namun, belum lama, para astronot berhasil menemukan makhluk hidup berupa bakteri yang berhasil hidup di luar angkasa, di luar International Space Station. Oleh mereka, bakteri tersebut diambil menggunakan kain pel untuk diteliti. Inikah bukti akan adanya alien? Para astronot yang tidak percaya begitu saja akan alien, mencoba mencari alasan yang paling masuk akal akan keberadaan bakteri hidup di luar angkasa. Mereka beralasan, bakteri tersebut awalnya berasal dari Bumi. Tekanan udara mendorong bakteri tersebut ke atmosfir Bumi dan terbawa hingga ke luar angkasa.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas