home -> Entertainment -> 10 Sutradara Film Hollywood Yang Belum Pernah Mena...
19 Desember 2018 16:41

10 Sutradara Film Hollywood Yang Belum Pernah Menang Academy Award

Oleh reagan dalam Entertainment pada March 13, 2018

Apa kalian tahu? Ada banyak sutradara film terkenal yang belum pernah memenangkan Academy Award? Di industri perfilman Hollywood, Academy Award adalah penghargaan bergengsi dari semua penghargaan yang ada. Di ajang inilah semua orang berkumpul dan berdebat mengenai film. Di ajang ini juga, banyak sutradara yang berharap bisa membawa pulang piala Academy Award untuk kategori Sutradara Terbaik. inilah mereka 10 sutrada terkenal yang belum pernah memenangkan Academy Award.

10. Akira Kurosawa

Akira Kurosawa

Mengawali daftar sutradara yang belum pernah memenangkan Academy Award dalam kategori sutradara terbaik adalah sutradara Akira Kurosawa. Kurosawa adalah sutradara yang bisa dimasukan dalam kategori legenda. Bagaimana tidak, dirinyalah yang menjadi sosok penginspirasi sutradara seperti Steven Spielberg.

Sutradara yang berasal dari Jepang ini telah menghasilkan lebih dari 30 film sepanjang 57 karirnya sebagai sutradara. Dialah yang mengarahkan film klasik seperti Yojimbo tahun 1961 dan The Seven Samurai tahun 1954. Pada tahun 1986, Kurosawa berhasil masuk nominasi sutradara terbaik. Tapi dirinya kalah oleh Sydney Pollack.

9. David Fincher

David Fincher

Kurosawa bukanlah satu-satunya sutradara yang belum pernah membawa pulang piala sutradara terbaik. David Fincher juga belum berhasil meraih penghargaan bergengsi tersebut hingga hari ini. Padahal, film-film yang Fincher arahakan, semuanya berhasil mendapat kritik bagus dan meraih sukses besar.

Sebut saja Seven tahun1995 dan Fight Club tahun 1999. Kedua film tersebut berhasil meraih popularitas tinggi baik itu oleh para kritikus dan juga penonton. Tak lama, ia mendapatkan 2 nominasi sutradara terbaik untuk The Social Network dan The Curious Case of Benhamin Button. Popularitas Fincher kini memang sedang meredup, tapi mungkin saja nanti dirinya akan comeback dengan film yang fantastis.

8. David O. Russell

David O. Russell

Banyak sutradara kondang yang belum pernah menyandang penghargaan sutradara terbaik, salah satunya adalah David O. Russell. Mungkin satu-satunya gelar yang bisa ia raih adalah sutradara dengan nominasi terbanyak. Russell lebih banyak masuk nominasi daripada memenangkan penghargaan itu sendiri.

Di tahun 2011, setelah dirinya menyelesaikan film The Fighter, Russell berhasil masuk sejumlah nominasi dalam Academy Award. Total ada 5 nominasi Oscar, 3 untuk sutradara dan 2 untuk penulis. Melihat peluang menang yang besar, seharusnya Russell bisa membawa pulang minimal 1, ternyata tidak.

7. Jean-Luc Godard

Jean-Luc Godard

Berbicara tentang sutradara yang belum pernah menang, rasanya tak ada yang lebih menyedihkan daripada Jean-Luc Godard. Bahkan untuk masuk nominasi Oscar sekalipun, Godard tidak pernah masuk. Padahal jika dilihat, beberapa film yang ia sutradarai patut diacungi jempol dan setidaknya pantas untuk mendapat penghargaan.

Jean-Luc Godard sendiri adalah sutradara berdarah Perancis-Swiss. Film arahan Godard yang menjadi trademarknya adalah Breathless, Contempt, Alphaville, Pierrot Le Fou, dan Band of Outsiders. Dinilai oleh beberapa orang, film Breathless arahannya semestinya berhasil membuat ia memenangkan penghargaan sutradara terbaik. Sekarang, di usianya yang sudah tua, Godard sudah meninggalkan gaya film konvensial. Dirinya lebih fokus pada bagaimana cara penyampaian cerita yang lebih original.

6. Charlie Chaplin

Charlie Chaplin

Charlie Chaplin sepanjang hidupnya bukan hanya dikenal sebagai pelawak saja. Dirinya juga pernah menjadi sutradara. Hanya saja, karirnya sebagai sutradara tak berbanding lurus dengan karirnya sebagai aktor. Sebagai aktor, Chaplin sudah berhasil membawa pulang 3 Piala Oscar. Untuk sutradara belum sama sekali.

Ketika Piala Oscar yang Chaplin menangi adalah, 1 untuk skor dan 2 untuk penghormatan. Penghormatan kedua adalah penghargaan lifetime. Sayang, karir sebagai sutradara tak begitu cemerlang. Setidaknya ada 5 film arahan Chaplin yang berkesan. Mereka adalah The Kid, The Gold Rush, Modern Times, The Great Ditactor, dan City Lights.

5. Ridley Scott

Ridley Scott

Adalah Ridley Scott yang merupakan sutradara film asal Inggris yang visinya berhasil mengubah dunia industri perfilman Hollywood. Ia paling dikenal atas film arahannya berjudul Alien yang bergenre science-fiction. Film horror tersebut tayang di tahun 1979 dan franchisenya terus berkembang hingga Alien: Covenant tahun 2017.

Selain Alien, beberapa film yang disutradarai oleh Scott seperti Blade Runner, Gladiator, Thelma & Louise, dan Black Hawk Down. Tiga film srahannya berhasil membuatnya masuk nominasi Best Director, mereka adalah Thelma & Louise, Gladiator, dan Black Hawk Down. Tapi sayang, Scott masih belum beruntung.

4. David Lynch

David Lynch

Bila sedang bosan atau sedang tidak mengarahkan film, David Lynch bisa melakukan kebiasaan lain seperti melukis, bermain musik, fotografer. Memiliki banyak kemampuan dan hobi membuat ide-ide mengagumkan lahir dari kepalanya. Sejumlah film yang ia buat dikatakan aneh, eksperimental, dan memiliki konflik yang rumit.

Banyak orang yang mengatakan bahwa film ciptaan Lynch itu sangat aneh dan sulit dimengerti, seperti Mulholland Drive dan Eraserhead. Meski film-film yang ia sutradarai aneh, karyanya mendapat pengakuan dari sesama sutradara seperti Ridley Scott. Sudah sebanyak 3 kali Lynch masuk nominasi sutradara terbaik. Nominasi terakhir terjadi di 2002 untuk film Mulholland Drive.

3. Stanley Kubrick

Stanley Kubrick

Banyaknya sutradara papan atas yang berkarya di industri perfilman Hollywood membuat persaingan untuk mendapatkan penghargaan sutradara terbaik jadi semakin sulit. Masih banyak sutradara dengan film mereka yang sebenarnya bagus, tapi masih belum berhasil juara. Salah satunya adalah sutradara Stanley Kubrick.

Kubrick pernah masuk nominasi sutradara terbaik dengan film Dr. Strangelove tahun 1964, 2001: A Space Odyssey tahun 1968, A Clockwork Orange tahun 1971, dan Barry Lundon tahun 1975. Dan ya, tak satu kali pun Kubrick berhasil keluar sebagai sutradara terbaik. Mungkin di film berikutnya, Kubrick berkesempatan menang, kita tunggu saja.

2. Christopher Nolan

Christopher Nolan

Menyebut nama Christopher Nolan, sudah tak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mengarahkan sebuah film. Hanya dalam waktu yang singkat, trilogi Batman arahannya langsung menjadi bahan pembicaraan dan berhasil masuk dalam box office. Tak hanya Trilogi Batman yang menjadi film arahan Nolan, masih ada banyak lagi film karya Nolan yang juga berhasil masuk box office.

Nolan memang dikenal sebagai sutradara yang sangat misterius, misterius dalam hal penyampaian pesan dalam suatu film. Sudah begitu banyak karya yang ia buat, Nolan masih belum berhasil masuk nominasi Best Director. Para pengamat film berpendapat, jika Nolan terus sukses membuat film, hanya butuh bersabar sedikit lagi hingga dirinya berhasil menang penghargaan.

1. Alfred Hitchcock

Alfred Hitchcock

Kids jaman now mungkin tak semuanya kenal dengan sosok Alfred Joseph Hitchcock atau yang biasa disebut Alfred Hitchcook. Cukup dimaklumi, Hitchcook merupakan sutrada sekaligus produser di Inggris yang terkenal di era 1960an. Sang sutradara kini memang sudah tiada, tapi karya filmnya tetap abadi.

Hitchcook memiliki ego dan karisma yang luar biasa, Hitchcook telah berhasil menghasilkan film bergenre thriller seperti Vertigo, Rear Window, dan Psycho. Sejak tahun 1941, Hitchcook berhasil masuk nominasi Best Director sebanyak 5 kali. Dan lima kali kesempatan tersebut, ia selalu kalah. Harapan terakhir Hitchcook diperoleh di tahun 1961 melalui film Psycho. Dan ternyata ia kembali kalah.

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh raza dalam Entertainment
  4. 4
    oleh reagan dalam Entertainment
  5. 5
    oleh raza dalam Entertainment
  6. 6
    oleh reagan dalam Entertainment
  7. 7
    oleh reagan dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh reagan dalam Entertainment
  1. 1
    oleh raza dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh admin dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh admin dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh admin dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh raza dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas