home -> Lifestyle -> 10 Snack Sehat Yang Harus Kalian Makan
22 September 2018 06:55

10 Snack Sehat Yang Harus Kalian Makan

Oleh reagan dalam Lifestyle pada March 05, 2018

Membiarkan perut lapar sampai jam makan selanjutnya adalah kesalahan besar. Bila memang ingin ngemil, ngemil saja. Yang jadi masalah, orang tak tahu snack apa yang harus dikonsumsi. Memilih snack memang tak mudah, ada snack yang berbahaya, ada pula juga snack yang sehat. Snack sehat inilah yang aman dan harus kalian konsumsi. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

10. Popcorn

popcorn

Ada yang bilang bahwa popcorn tidak bagus dikonsumsi karena bisa membuat gendut. Sebenarnya anggapan ini tidak salah, dan tidak sepenuhnya benar. Jika kalian membeli popcorn yang ada di bioskop, boleh saja kalian takut karena popcorn yang dijual, sudah diberi berbagai macam bumbu agar rasanya lebih menarik. Tapi tidak dengan popcorn yang kalian buat sendiri.

Popcorn sebenarnya salah satu snack yang sehat, tergantung bagaimana cara kalian membuat atau membelinya. Popcorn sangat kaya akan serat, rendah lemak, dan mengandung protein. Satu porsi popcorn atau 3 cangkir popcorn, mengandung 4 gram seram, hampir 4 gram protein, dan 1 gram lemak. Total kalori kira-kira 110, cukup untuk membuat perut sedikit terisi.

9. Dark Coklat

chocolate

Coklat termasuk dalam snack sehat? Apa ini tidak salah? Tidak, ini tidak salah. Harus kalian ketahui bahwa ada banyak jenis coklat yang ada di pasaran. Beberapa di antara mereka ada yang menyehatkan, ada juga yang merugikan. Kuncinya adalah mengetahui jenis coklat apa yang aman untuk dimakan.

Dark coklat adalah jenis coklat yang paling direkomendasi dan aman untuk dikonsumsi. Berbeda dengan coklat biasa, dark coklat memiliki kadar kepahitan yang tinggi, tergantung dari persen yang ada di bungkusnya. Dark coklat telah lama menjadi salah satu solusi untuk menurunkan berat badan. Semakin tinggi persen, maka semakin pahit coklat tersebut.

8. Salad

salad

Tidak ada alasan untuk membenci makanan berwarna hijau, apalagi jika itu adalah sayur-sayuran. Memakan sayur-sayuran sangatlah menyehatkan. Ada banyak variasi dalam menghidangkan sayuran, salah satunya adalah salad. Kunci dari salad adalah warna-warni, ini dilakukan agar sayuran lebih terlihat menarik dan menggoda.

Jika makan makanan yang serba hijau tentu membosankan, untungnya salad tidak monoton. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kunci dari salad adalah warna. Warna yang menjadi dasar salad adalah kombinasi warna putih, hijau, jingga, kuning, merah, dan ungu. Percayalah, salad sangat menyehatkan, cocok juga bagi kalian yang menjalankan diet.

7. Protein Bar

Protein Bar

Jaman dulu, ketika masih belum ada yang namanya protein bar, untuk mendapatkan asupan protein, kira harus mengkonsumsi kacang-kacangan dan telur. Tentunya akan sangat merepotkan apabila kita harus memasak kacang atau mengolah telur. Untungnya sekarang jaman sudah semakin enak, sudah ada yang namanya protein bar.

Protein bar, merupakan snack sehat yang mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah protein. Mereka yang terlalu sibuk untuk menyiapkan makanan, bisa mengkonsumsi protein bar sebagai camilan sementara. Kalian bisa membelinya dimana saja, dimakan kapan saja, dimana saja, dan pastinya murah.

6. Madu

honey

Ketika mulut berasa pahit dan ingin mencari makanan yang manis-manis seperti permen atau coklat biasa, konsumsilah madu. Madu memiliki rasa yang tak kalah manis, dan lagi madu sangat bergizi. Segudang manfaat bisa kalian peroleh dari makanan yang dihasilkan dari lebah ini. Salah satunya adalah anti oksidan.

Madu bisa meningkatkan daya tahan darah sehingga memperkecil kemungkinan seseorang terserang penyakit. Daripada menggunakan gula dan bahan pemanis buatan, menggunakan madu jauh lebih sehat. Madu juga aman dikonsmsi bagi mereka yang menderita kolesterol tinggi. Terbukti madu bisa mengurangi kolesterol dan meninggakatkan HDL.

5. Yogurt

yogurt

Ingin mencari snack yang sehat? Tak perlu bingung cari kemana, sekarang sudah banyak yang menjual makanan namanya yogurt. Snack ini sangat sehat, rendah gula, dan tinggi kalsium. Seperti yang sudah kalian tahu, yogurt adalah salah satu produk lain yang merupakan makanan olahan susu.

Susu mengandung kalsium tinggi, bagus untuk kesehatan tulang. Mengkonsumsi yogurt yang merupakan produk olahan susu berarti sama saja seperti kita mengkonsumsi susu. Yogurt kaya akan kalsium, magnesium, dan fosfor. Ketika nutrisi tersebut adalah mineral penting bagi tulang. Bagi yang sedang diet inign menurunkan berat badan, ada yogurt yang rendah gula atau rendah lemak.

4. Apel

apple

Semua buah bagus untuk dikonsumsi. Di saat kalian lapar dan tidak menemukan makanan sehat yang bisa dimakan, buah bisa menjadi solusi. Dari sekian banyak buah, apel adalah salah satu yang sangat bagus. Oleh pakar kesehatan, kita dianjurkan untuk makan buah apel setidaknya satu dalam sehari.

Satu buah apel yang bila dikonsumsi, bisa langsung membuat perut kalian kenyang. Ini disebabkan karena apel memiliki serat yang tinggi. Mereka yang ingin menurunkan berat badan, kadang menyelipkan apel dalam menu snack mereka. Memakannya juga simpel, tak perlu membuang kulitnya, cukup dicuci bersih, kalian bisa menikmati apel.

3. Alpukat

avocado

Penampilannya memang tidak menarik, tapi manfaat yang ada pada alpukat tidak bisa dikesampingkan. Alpukat adalah buah super yang mengandung lemak baik. Lemak yang terkandung dalam buah alpukat tak seperti lemak yang ada di makanan lain. Lemak baik ini bagus dan dibutuhkan oleh tubuh.

Alpukat bisa dimakan bersama dengan salad, bisa juga secara langsung. Satu buah alpukat ukuran kecil saja, mengandung banyak manfaat. Satu buah alpukat kecil memiliki kalori sebesar 220, 9 gram serat, potassium, vitamin B6, dan C. Apa masih ada alasan lain untuk tidak mengkonsumsi buah alpukat?

2. Almond

almond

Mencari sumber protein terbaik selain susu adalah dari kacang. Ada banyak jenis kacang yang dijual, dan semuanya memang bagus. Apalagi almond, kacang satu ini sangat sering direkomendasikan untuk dikonsumsi. Almond sangat cocok dijadikan makanan ringan, kalian juga tak perlu takut gendut memakannya.

Dari hasil studi yang dilakukan, orang-orang yang mengkonsumsi 40 kacang almond dalam sehari, bisa merasa lebih kenyang daripada mengkonsumsi kacang jenis lain. Kenapa kacang almond bagus untuk dikonsumsi? Kacang almond mengandung serat tinggi, protein, dan lemak sehat. Cocok juga dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

1. Oatmeal

oatmeal

Mencari snack sehat? Tidak mungkin rasanya tidak memasukan oatmeal ke dalam daftar. Oatmeal atau sereal gandum merupakan pilihan terbaik untuk mengisi kekosongan perut. Enaknya oatmeal adalah, kalian bisa berkreasi dengan berbagai macam bahan makanan lain yang juga menyehatkan. Membuat oatmeal menjadi lebih menarik.

Oatmeal adalah snack yang sehat, makanan ini bisa memberikan banyak manfaat. Contohnya seperti protein, vitamin, serat, dan mineral. Cocok untuk dikonsumsi oleh berbagai macam usia. Tidak suka dengan rasanya yang aneh? Kombinasikan dengan buah, susu, yogurt, atau selai kacang agar oatmeal terasa lebih enak.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas