home -> Lainnya -> 10 Orang Terkaya Dunia 2018
19 Desember 2018 16:23

10 Orang Terkaya Dunia 2018

Oleh reagan dalam Lainnya pada February 28, 2018

TahuPedia selalu rutin menampilkan 10 orang terkaya dunia setiap tahunnya. Setelah lama memegang posisi 1 selama beberapa tahun, pendiri Microsoft, Bill Gates, tahun 2018 ini harus puas posisinya digeser oleh pemilik Amazon, Jeff Bezos. Lalu bagaimana dengan posisi selanjutnya? Apakah ada perubahan? Simak saja daftar lengkapnya di bawah ini.

10. David dan Charles Koch - 48,3 Miliar USD

David Koch

Dikarenakan mereka berdua adalah kakak beradik dan memiliki angka kekayaan yang sama, maka diputuskan untuk menganggap mereka berdua adalah orang terkaya dunia urutan 10. Charles Koch, bersama dengan adiknya David Koch, mereka berdua adalah CEO dan Co-CEO dari perusahaan Koch Industries.

Koch Industries sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam banyak bidang, beberapa di antaranya adalah manufacturing, refining, dan distribusi petroleum. Dengan kekuatan uang yang dimiliki Koch Industries, Charles dan David bisa memberikan pengaruh yang besar dalam dunia politik. Koch bersekutu dengan pemerintah Amerika dan membantu pergerakan politik dari libertarian.

9. Bernard Arnault - 53 Miliar USD

Bernard Arnault

Kalian tahu siapa orang yang paling bertanggung jawab atas sejumlah brand fashion terkenal dunia seperti Bulgari, Louis Vuitton, Dom Perignon, dan Sephora? Orang itu adalah Bernard Arnault. Pria ini adalah orang terkaya Perancis yang menjadi chairman dan CEO dari LVMH. DImana LVMH adalah perusahaan barang mewah terbesar di dunia.

DI usianya yang menginjak 68 tahun, total kekayaan Bernard Arnault diperkirakan mencapai 53 triliun USD. Membuat dirinya menjadi orang terkaya dunia ke-9. Ketika kuliah, Arnault mengambil mata kuliah teknik sipil, dirinya kemudian mengambil alih perusahaan milik orang tuanya, Groupe Arnault. Di tahun 1980an, Arnault membeli brand fashion Christian Dior. Aksinya ini menyelamatkan Dior dari kebangkrutan.

8. Michael Bloomberg - 52 Miliar USD

Michael Bloomberg

Michael Bloomberg adalah miliner luar biasa. Tak hanya kaya, punya perusahaan, Bloomberg juga merupakan seorang politikus. Di tahun 1981, Bloomberg meluncurkan Bloomberg L. P. Bloomberg L. P adalah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang informasi  dan media. Perusahaan tersebut telah bertumbuh hingga sekarang memiliki nilai 45 miliar USD dengan lebih dari 100 kantor tersebar di seluruh dunia.

Bloomberg aktif mendonasikan sebagian kekayaannya untuk membantu mengurangi masalah yang ada di dunia yang bersentuhan dengan tujuan politiknya. Termasuk di dalamnya adalah kontrol senjata dan perubahan iklim. Pengalamannya di dunia politik juga sudah banyak. Sudah 3 kali Bloomberg menjadi walikota New York dari tahun 2002 sampai 2013.

7. Larry Ellison - 60 Miliar USD

Larry Ellison

Ketika sebuah perusahaan besar ingin mencari software database untuk menyimpan data-data perusahaan, kemungkinan terbesar aplikasi yang dipilih adalah Oracle. Oracle Corporation adalah perusahaan multinasional asal Amerika yang bergerak dalam bidang software database. Perusahan ini didirikan oleh miliuner Amerika, Larry Ellison.

Larry Ellison adalah pendiri, chairman, sekaligus mantan CEO dari Oracle. Pria asal Amerika ini jugalah salah satu orang terkaya dunia saat ini. Total kekayaan sebesar 60 triliun USD mengukuhkan Ellison di posisi 7 orang terkaya dunia.Pernah drop out dari kuliah sebanyak 2 kali, kini aplikasi Oracle buatan Ellison telah membantu membangun database untuk CIA.

6. Carlos Slim Helu - 68 Miliar USD

Carlos Slim Helu

Orang terkaya Meksiko ini telah lama berada di dalam daftar orang terkaya dunia, Carlos Slim Helu. Helu diketahui memiliki lebih dari 200 perusahaan di dunia. Mulai dari banking, retail, sampai telekomunikasi, Helu menguasainya. Helu diketahui juga sebagai pemilik perusahaan handphone terbesar di Amerika Latin, America Movil.

Tak hanya itu saja yang membuat Helu sukses. Helu tergabung dengan Grupo Carso, sebuah perusahaan yang didirikan oleh para konglomerat. Di dalamnya terdapat sejumlah perusahaan retail, restoran, dan beberapa perusahaan besar lainnya. Meski dirinya adalah seorang dermawan, Helu malah mengkritik kebiasaan miliarder lain dalam hal menyumbangkan uang dalam aksi amal.

5. Mark Zuckerberg - 73 Miliar USD

Mark Zuckerberg

Melihat betapa besar dan banyaknya pengguna Facebook sekarang ini, mustahil rasanya bila sang pemilik Facebook, Mark Zuckerberg tak mendapatkan apa-apa darinya. Ya, Facebook adalah sosial media ciptaan Mark Zuckerberg yang didirikan pertama kali pada tahun 2004. Sekarang, lihat saja sudah berapa miliar pengguna Facebook di seluruh dunia.

Facebook tak lain adalah jejaring sosial yang paling besar dan terkenal saat ini. Perusahaan tersebut ditaksir bernilai 400 miliar USD. Sang CEO Facebook, Zuckerberg, berhasil mencatatkan namanya sebagai miliuner termuda pada usia 33 tahun. Layaknya miliuner lainnya di dunia, Zuckerberg sering memberikan sumbangan pada mereka yang membutuhkan. Jutaan dolar telah ia sumbangkan untuk sejumlah aksi amal.

4. Amancio Ortega - 78 Miliar USD

Amancio Ortega

Amancio Ortega sangat dikenal sebagai pendiri toko pakaian, Zara. Bukan hanya Zara, masih ada beberapa merk fashion lain yang didirakan oleh Ortega, bersama dengan Zara, mereka semua tergabung dalam Inditex Fashion Group. Inditex Fahsion Group tersebut dibangun dari nol oleh Ortega bersama dengan mantan istrinya, Rosalia Mera yang sudah meninggal dunia tahun 2013.

Orang terkaya di Spanyol ini sudah mengoperasikan sebanyak lebih dari 7.000 toko di seluruh dunia. Dalam menjalankan perusahaannya, Ortega berpegang teguh pada filosofi, apa yang konsumen inginkan. Ortega tidak mau mengikuti apa yang ada di fashion show, dirinya justru lebih mengikuti saran blogger dan keinginan konsumen. Oleh karena itu, stok di Zara selalu diperbaharui setiap 2 kali dalam seminggu.

3. Warren Buffet - 85 Miliar USD

Warren Buffett

Di dunia bisnis dan investasi, tak ada yang bisa menandingi kejeniusan dari Warren Buffet. Coba bayangkan saja sendiri, di umur 11 tahun, Buffet sanggup membeli saham untuk kali pertama. Dan ketika umurnya 13 tahun, dirinya mengajukan pajaknya untuk pertama kali. Kini, Buffet sudah memiliki lebih dari 60 perusahaan.

Dari sekian banyak saham perusahaan yang ia miliki, yang paling utama adalah Bekshire Hathaway, dimana dirinya menjadi CEO di perusahaan tersebut. Miliader berumur 87 tahun ini dikenal memiliki kebiasaan yang hemat. Ia tidak mau menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tak jelas. Jika kalian pikir bahwa orang kaya adalah orang yang sombong, Buffet tidak. Dirinya adalah seorang dermawan yang berjanji untuk memberikan 99% kekayaannya pada mereka yang membutuhkan.

2. Bill Gates - 92 Miliar USD

Bill Gates

Sudah bertahun-tahun lamanya Bill Gates berkuasa di puncak daftar orang terkaya dunia. Sayang, tahun ini bukanlah tahun bagus untuknya. Posisinya harus tergeser oleh Jeff Bezos dan menjadi posisi 2. Seperti yang kita semua sudah tahu, Bill Gates adalah orang yang menciptakan perusahaan teknologi, Microsoft.

Gates pertama kali menggunakan komputer pada tahun 1967 ketika dirinya masih bersekolah. Satu dekade berikutnya, Gates bersama dengan temannya, Paul Allen, yang sama-sama memiliki ketertarikan pada komputer, mendirikan Microsoft pada tahun 1975. Microsoft berkembang sampai sebesar sekarang, membuat Gates menjadi salah satu orang terkaya dunia. Kini, kekayaan yang dimiliki Gates diperkirakan mencapai 92 miliar USD.

1. Jeff Bezos - 120 Miliar USD

Jeff Bezos

Jeff Bezos sebelumnya pernah sebentar menggeser posisi Bill Gates sebagai orang terkaya pertama di dunia. Setelah itu, dirinya kembali turun ke posisi 2. Namun untuk kali ini, Bezos benar-benar telah menggeser posisi pemiik sekaligus pendiri perusahaan Microsoft tersebut. Di tahun 2018 ini, Bezos selaku pemilik Amazon menjadi orang terkaya dunia 2018.

Total kekayaan Bezos ditaksir mencapai 120 miliar USD. Semua itu diperoleh berkat e-commercenya, Amazon. Bezos mendirikan Amazon pada tahun 1994. Bermula di garasi rumahnya di Seattle, Amazon.com kemudian berkembang menjadi online shop terbesar di dunia. Bezos diketahui memiliki perusahaan luar angkasa Blue Origin dan The Washington Post.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas