home -> Lainnya -> 10 Aksi Mengerikan Teroris Sepanjang Sejarah
16 November 2018 06:53

10 Aksi Mengerikan Teroris Sepanjang Sejarah

Oleh reagan dalam Lainnya pada February 13, 2018

Aksi terorisme belakangan ini sangat marak diberitakan di media massa. Beberapa orang di dunia ada yang pro, kontra, dan ada yang menolak berkomentar tentang aksi teroris yang pernah terjadi di sejumlah negara di dunia. Setiap aksi teroris pasti memiliki tujuan, entah apa tujuan yang dimaksud. Mari kita simak lebih dalam mengenai sejumlah serangan mengerikan teroris yang pernah terjadi di dunia berikut ini.

10. Bom Kota Madrid - 11 Maret 2004

madrid bombing

Di pagi hari, ketika orang-orang ingin melakukan aktivitas hariannya dengan normal, tak ada yang menduga bahwa hari mereka akan diwarnai dengan ledakan bom. Ledakan bom terjadi di kereta commuter Cercanias, Madrid, Spanyol. Ledakan ini terjadi pada 11 Maret 2004, 3 hari sebelum dilaksanakan pemilu Spanyol.

Ledakan bom ini merupakan aksi terencana dari kelompok ektrimis, Al-Qaeda. Bom yang meledak nyaris bersamaan ini membunuh 192 orang. Yang berhasil selamat dan mengalami luka sekitar 2.000 orang. Ledakan bom ini termasuk ledakan bom terparah yang pernah terjadi di sepanjang sejarah Spanyol.

9. Beirut Barracks Bombing - 23 Oktober 1989

Beirut Barracks Bombing

Sebuah aksi teroris terjadi pada tanggal 23 Oktober 1989. Aksi tersebut terjadi di Barak Beirut, tepatnya terjadi pada saat terjadi Perang Saudara Lebanon. Dimana sejumlah barak hancur akibat bom yang dibawa dengan menggunakan 2 truk. Dua truk bermuatan bom, menabrak sejumlah bangunan yang berisikan perlengkapan perang Amerika dan Perancis.

Aksi bom bunuh diri yang dilakukan oleh kelompok teroris ini mengakibatkan banyaknya jatuh korban jiwa. Sebanyak lebih dari 299 nyawa melayang. Sebanyak 220 pasukan laut, 18 pelaut Amerika, meninggal dunia. Korban yang mengalami luka serius diperkirakan sebanyak 60 orang. Ini menjadi aksi teroris paling mematikan dalam sehari, dalam rekor angkatan laut Amerika Serikat.

8. Serangan Peshawar School - 16 Desember 2014

peshawar school attack

Serangan teroris berikut ini masuk dalam salah satu serangan teroris dengan korban jiwa terbanyak yang dilakukan di sekolahan. Sejumlah orang tak berdosa di Army Public School Peshawar menjadi sasaran serangan teroris. Peshawar sendiri adalah sebuah sekolah militer yang berlokasi di kota Peshawar, Pakistan.

Teroris yang menyerang sekolah Peshawar dilakukan pada 16 Desember 2014. Sebanyak 6 orang bersenjata api, berafiliasi dengan Tehrik-i-Taliban, menyerang Army Public School Peshawar. Sebanyak 148 nyawa melayang, termasuk dalam korban meninggal adalah 7 teroris tersebut. Aksi teroris tersebut berakhir setelah pasukan pemerintah bertindak.

7. Bom Oklahoma City Federal Building - 19 April 1995

oklahoma city federal building bombing

Tidak semua aksi teror dilakukan di benua Eropa, Asia juga tak luput dari aksi terorisme. Jepang menjadi salah satu di Asia yang cukup merasakan dampak dari serangan teroris. Serangan dilakukan pada 19 April 1995. Serangan teroris yang berupa bom, menghancurkan gedung Oklahoma City Federal.

Bom dibawa oleh ekstrimis agama. Bom dibawa menggunakan truk yang dikendarai oleh Timothy McVeigh. Bom tersebut kemudian meledak tepat di depan gedung Alfred P. Murrah yang berada di Oklahoma. Total kerusakan akibat ledakan bom tersebut mencapai 652 juta USD. Sebanyak 169 nyawa melayang dan 675 orang mengalami luka-luka.

6. Dubrovka Theater Siege - 23 Oktober 2002

Dubrovka Theater Siege

Pemerintah serta penduduk kota Moskow tidak akan pernah lupa dengan apa yang terjadi pada tanggal 23 Oktober 2002. Tanggal tersebut terjadi sebuah serangan teroris yang membuat warga sekitar lokasi ketakutan. Aksi teroris tersebut dilakukan di Dubrovka Theater Siege, sebuah teater besar yang ada di kota Moskow.

Aksi ini dikenal juga dengan 2002 Nord-Ost Siege. Pelaku penyerangan diperkirakan sebanyak 40 sampai 50 orang Chechen. Chechecn adalah kelompok Muslim yang tinggal di kota Ceko. Sebanyak 850 orang disandera dalam aksi ini. Para teroris memaksa pemerintah Rusia untuk menarik mundur pasukan dari Ceko, menghentikan Perang Kedua Ceko.

5. Teror Di Kota Mumbai - 26-29 November 2008

mumbai terror attack

Masa-masa kelam juga dialami oleh India. Bukan hanya sehari, melainkan 3 hari India mendapat ancaman teroris. Serangan teroris terjadi di kota Mumbai selama 3 hari berturut-turut, mulai dari tanggal 26 sampai 29 November 2008. Serangan ini didalangi oleh orang Pakistan, bergabung dengan grup yang menamakan diri mereka Lashkar-e-Tayyiba.

Sepuluh orang Pakistan dan Lashkar-e-Tayyiba melakukan serangan di beberapa tempat di Mumbai yakni, Stasiun Chhatrapati Shivaji Terminus, Leopold Cafe, Hotel Taj Mahal Palace & Tower, Hotel Oberoi Trident, Rumah Sakit cama dan Albless, dan terakhir adalah di Nariman House. Atas aksi mereka, sebanyak 164 orang mati terbunuh. Sembilan orang bersenjata api terbunuh dalam aksi tersebut, hanya 1 yang selamat, Mohammed Ajmal Kasab. Teroris yang selamat tersebut dieksekusi mati pada November 2012.

4. Serangan Gedung Word Trade Center - 26 Februari 1993

world trade center

Serangan teroris yang mengarah pada gedung World Trade Center pada 11 September 2001 bukanlah pertama kalinya gedung tersebut. Sebelumnya, pada tanggal 26 Februari 1993, gedung WTC pernah diserang juga oleh sekelompok teroris. Bila serangan yang dilakukan pada 11 September 2001 menggunakan pesawat, serangan pertama ini dilakukan menggunakan bom.

Serangan teroris didanai oleh Khalid Sheikh Mohammed. Orang ini juga yang menjadi otak perencana serangan yang terjadi pada 11 September 2001. Sebuah bom dibawa menggunakan sebuah mobil yang kemudian diparkir di area parkir gedung WTC. Sebuah bom berisi 680 kg nitrat-hidrogen meledak, membuat lubang selebar hampir 30 meter. Aksi ini bertujuan untuk menghancurkan menara Utara dan Selatan. Enam orang ditahan dan dihukum atas tindakan mereka.

3. Bom Piazza Fontana - 12 Desember 1969

piazza fontana bombing

Kota Milan dilanda suasana mencekam pada tanggal 12 Desember 1969. Tanggal itu menjadi momen dimana terjadi serangan teroris paling mematikan sepanjang sejarah Itali. Sebuah aksi pengeboman terjadi dan menyebabkan banyak orang mati dan luka parah. Lokasi pengeboman di Banca Nazionale dell'Agricoltura, Piazza Fontana, Milan.

Lokasi pengeboman yang terletak di Piazza Fontana tersebut mengakibatkan 17 orang meninggal dunia. Sebanyak 88 orang masih beruntung dengan mengalami luka-luka. Pengeboman terjadi pada pukul 16:30. Di sore hari yang sama, ada 3 bom yang sudah diletakkan di kota yang berbeda di Itali. Dua di antaranya meledak di kota Roma dan Milan. Satu bom gagal meledak karena berhasil dijinakan.

2. Beslan School Siege - 1 September 2004

Beslan School Siege

Yang namanya teroris, mereka tidak akan kenal yang namanya belas kasihan. Tidak percaya? Mari kita simak apa yang terjadi pada tanggal 1 September 2004. Di tanggal tersebut, terjadi sebuah aksi teroris, dimana para teroris tersebut menyandera sejumlah wanita dan anak-anak yang bersekolah di Beslan, Rusia.

Aksi keji tersebut dilakukan oleh orang Ingush dan Chechen. Dengan dilengkapi dengan senjata yang lengkap, mereka menyandera 1.100 orang, termasuk di dalamnya adalah 777 anak kecil. Mereka menuntut agar pemerintah Rusia menghentikan perselisihan yang terjadi antara Ceko dengan Rusia.

1. Serangan 9/11 - 11 September 2001

911

Serangan teroris yang mengarah pada gedung World Trade Center yang ada di  New York membuat gedung tersebut hancur dan menghabisi banyak nyawa manusia di dalamnya. Aksi mengerikan tersebut terjadi pada 9 September 2001. Hingga sekarang, setiap tanggal 9 September dijadikan hari berkabung bagi rakyat Amerika.

Pada tanggal 9 September 2001, jaringan kelompok teroris yang menamakan diri mereka Al-Qaeda, dipimpin oleh Osama bin Laden, membajar sebuah pesawat terbang Amerika. Pesawat tersebut kemudian diterbangkan mengarah ke gedung WTC. Total, sebanyak 3.000 orang tewas dalam serangan tersebut. Termasuk di dalamnya 227 warga sipil dan 19 pembajak.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas