home -> Lainnya -> 10 Cara Meningkatkan IQ
21 Agustus 2018 02:14

10 Cara Meningkatkan IQ

Oleh reagan dalam Lainnya pada January 25, 2018

Setiap orang terlahir dengan kepintaran yang berbeda. Namun, tidak menutup kemungkinan, orang yang sudah pintar ingin menjadi lebih pintar lagi. Apakah mungkin kita bisa meningkatkan kepintaran otak atau IQ? Tentu saja mungkin. Ada banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak. Sepuluh diantaranya akan dibahas di bawah ini.

10. Bergaul Dengan Orang Pintar

smart people

Dengan siapa kalian bergaul, bisa menentukan karakter kalian nanti. Bahkan tidak hanya karakter, kemampuan pikir kita juga bisa terpengaruh karenanya. Tidak percaya? Coba saja kalian bandingkan orang yang bergaul dengan mereka yang nakal, dengan mereka yang bergaul dengan mereka yang pintar. Akan terlihat bedanya.

Yang bergaul dengan anak-anak nakal, cepat atau lambat bisa terpengaruh dan mengikut menjadi anak nakal. Dan mereka yang bergaul dengan mereka yang pintar, perlahan-lahan akan berubah menjadi pintar. Kalian yang ingin meningkatkan IQ kalian, ada baiknya mulai berpikir untuk memilih untuk menghabiskan waktu dengan yang mana.

9. Mengikuti Kuis

quis

Otak bisa dilatih jika kalian mau. Semakin sering otak dilatih, maka makin terasah kemampuan berpikirnya. Ada beberapa cara untuk melatih dan meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir. Salah satunya adalah dengan rajin mengikuti kuis. Bukan kuis abal-abal, tapi kuis yang memang bertemakan pengetahuan.

Dengan mengikuti kuis, otak akan semakin terlatih untuk berpikir dan mencocokan jawaban dengan pertayanyaan yang diajukan. Di internet, kalian bisa mencari banyak trivia quis. Ikuti beberapa di antaranya dan latih otak Anda. Semakin sering mengikuti kuis, tidak hanya otak semakin terlatih, tapi pengetahuan Anda juga akan semakin bertambah.

8. Hindari Alkohol

alcohol

Minum minuman alkohol tidak masalah asal tidak terlalu banyak. Jika diminum terlalu banyak, alkohol bisa membuat sistem kerja tubuh menjadi terganggu. Mulai dari otak, jantung, pencernaan, dan lainnya. Tapi jika dikonsumsi sesuai batas, alkohol bisa bermanfaat untuk menurunkan kejadian serangan jantung, stroke, batu empedu, alzhaimer, dan menurunkan fungsi otak.

Mengkonsumsi alkohol terlalu banyak, kandungannya bisa menganggu sususan saraf pusat. Jika kalian tanya pada mereka yang sering minum alkohol, pasti mereka pernah mengalami yang namanya kehilangan memori sementara. Kesadaran dan kemampuan untuk mengambil keputusan juga bisa terpengaruh.

7. Makan Makanan Sehat

good food

Memilih menu makanan yang tepat bisa membantu seseorang untuk mendapatkan berat badan yang diimpikan, entah itu turun atau naik. Selain itu, menu makanan yang tepat juga bisa memberikan sejumlah manfaat pada bagian tubuh tertentu. Dan yang menjadi target adalah otak. Perlu makanan tertentu untuk bisa membuat otak sehat.

Otak yang sehat bisa membantu untuk berpikir lebih maksimal. Seberapa banyak di antara kalian yang tahu makanan apa saja yang harus dikonsumsi agar otak bisa bekerja dengan maksimal? Makanan seperti daging salmon, kuning telur, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan dark chocolate adalah beberapa jenis makanan yang bagus untuk daya kerja otak.

6. Istirahat

rest

Tidak hanya robot, manusia juga butuh yang namanya istirahat. Ketika istirahat, sel-sel yang rusak pada tubuh akan diganti dengan yang baru. Otak, butuh juga yang namanya istirahat. Setelah beraktivitas seharian, malam hari adalah waktunya otak untuk beristirahat. Jika tidak istirahat, keesokannya bukan hanya tubuh yang lelah, kepala juga akan sakit.

Beberapa studi yang sudah dilakukan, kurang istirahat bisa mempengaruhi kesehatan mental, konsentrasi, daya ingat, reaksi, visual, dan banyak lagi lainnya. Penting bagi kalian bila ingin meningkatkan IQ untuk memenuhi kebutuhan tubuh untuk tidur. Terutama otak yang seharian sudah bekerja.

5. Suplemen

brain supplements

Bila dijelaskan, mungkin lebih tepatnya adalah, obat dikonsumsi untuk menyembuhkan suatu penyakit, sedangkan suplemen dikonsumsi untuk melengkapi apa yang kurang dari makanan sehari-hari. Contohnya adalah suplemen untuk otak. Suplemen untuk otak digunakan untuk meningkatkan fungsi otak.

Jaman sekarang, sudah banyak suplemen yang diproduksi dan dijual. Beda tujuan, beda juga suplemen yang harus dikonsumsi. Bila kalian olahraga, konsumsi suplemen untuk olahraga. Untuk otak, suplemen apa yang harus dikonsumsi? Pastikan suplemen yang dikonsumsi memang mengandung nutrisi yang dibutuhkan otak seperti citicoline, curcumin, ginkgo, dan lain-lain.

4. Olahraga

exercise

Rajin olahraga bisa memberikan segudang manfaat bagi tubuh. Yang dimaksud dengan tubuh adalah semua bagian tubuh, termasuk di dalamnya adalah otak. Jadi, siapa bilang olahraga tak memberikan manfaat bagi otak? Otak, butuh yang namanya olahraga. Dengan olahraga yang tepat, bisa meningkatkan daya pikir otak.

Dengan olahraga, aliran darah dan oksigen ke otak akan meningkat. Malas berolahraga? Mulai sekarang rajinlah kalian berolahraga demi IQ yang lebih tinggi. Tubuh akan lebih bertenaga, produktivitas meningkat, kecerdasan juga akan bertambah. Ingat, dengan berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endophin yang bisa meningkatkan mood.

3. Membaca Buku

reading book

Baguslah kalian yang memang sudah menyukai atau memang hobi membaca buku. Kalian yang hobi membaca buku, wajib mempertahankan hobi tersebut. Kalau bisa, coba sekali-kali membaca buku yang lumayan berat. Berat yang dimaksud disini adalah buku tentang ilmu pengetahuan serta buku yang memang bisa menambah pengetahuan.

Ada banyak jenis buku, kalian yang baru pertama kali ingin memulai hobi membaca, awali dengan bacaan yang ringan. Entah ringan disini bisa berbeda-beda tiap orang. Seperti baca kamus bahasa asing. Kalian bisa mulai mempelajari bahasa asing sedikit demi sedikit. Lama kelamaan, kamus kata-kata kalian pasti akan bertambah.

2. Bermain Alat Musik

music instruments

Pernah ada yang bilang bahwa kalian para pria ingin ditaksir oleh wanita, maka harus bisa bermain alat musik. Alat musik seperti gitar, drum, keyboard atau alat musik lainnya, ya instumen yang biasa digunakan oleh anak band seperti itulah. Tapi yang diinginkan disini bukan untuk menarik hati kaum hawa, tapi untuk melatih otak.

Memainkan instrumen musik seperti gitar dan kawan-kawannya, sama seperti kalian melakukan olahraga. Jika olahraga lebih berasa ke fisik, bermain istrumen musik lebih berasa pada otak. Hal ini sudah dibuktikan dengan scan MRI. Singkatnya, bermain alat musik bisa meningkatkan kecerdasan otak sama seperti berlatih matematika.

1. Bermain Permainan Otak

brain games

Siapa disini yang tidak suka bermain? Ketika sudah lelah dengan pekerjaan kantor atau pelajaran di sekolah, ada kalanya kita rehat sejenak dan melakukan apa yang kita suka, contohnya bermain. Bukan bermain asal bermain, tapi usahakan untuk memainkan sesuatu yang bermanfaat. Bukannya banyak permainan yang bermanfaat? Permainan otak misalnya.

Ada banyak permainan yang mengasah kemampuan otak. Puzzle, catur, bahkan monopoli juga bisa dimainkan untuk mengasah kemampuan otak. Permainan semacam ini yang membuat otak untuk berpikir yang bisa mendongkrat kepintaran seseorang. Kapan lagi bisa meningkatkan kemampuan otak dengan cara yang menyenangkan seperti bermain ini?

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas