home -> Lainnya -> Mitos atau Fakta: Jatuh Cinta Pada Pandangan Perta...
16 November 2018 05:42

Mitos atau Fakta: Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama

Oleh admin dalam Lainnya pada May 21, 2013

Anda melihat seorang pria atau wanita, lalu Anda merasakan bahwa ia merupakan pasangan yang tepat untuk Anda. Itulah yang disebut dengan jatuh cinta pada pandangan pertama. Tapi apakah jatuh cinta pada pandangan pertama benar-benar ada? Mitos atau Fakta?

Sebelum kita membahas mengenai apakah cinta pada pandangan pertama benar-benar ada, lebih baik kita membahas mengenai alasan mengapa Anda bisa jatuh cinta terlebih dahulu.

MENGAPA KITA JATUH CINTA?

Masing-masing dari kita jika ditanya mengenai: "Kriteria pria atau wanita seperti apa yang Anda inginkan?" Maka kemungkinan besar Anda akan dapat menjabarkan kriteria yang begitu jelas, tetapi beberapa dari Anda juga mungkin mendeskripsikan kriteria umum saja dan tidak begitu jelas.

mengapa kita jatuh cinta

Terlepas dari itu, apapun kriteria yang telah dideskripsikan oleh Anda, terkadang Anda akan jatuh cinta dengan orang yang kriterianya tidak sesuai atau tidak memenuhi kriteria yang telah Anda sebutkan. Mengapa? 

Hal ini karena sebenarnya kita jatuh cinta untuk memenuhi kebutuhan kita yang belum terpenuhi, baik itu saat kita menemukan orang yang serupa dengan kita, saat kita menemukan orang yang mengingatkan kita dengan orang tersayang kita (seperti orang tua contohnya) atau saat seseorang memenuhi kriteria yang tanpa Anda sadari telah Anda buat.

Nah, Alasan dari mengapa Anda bisa jatuh cinta dengan orang yang tidak sesuai dengan kriteria Anda baik itu semuanya atau sedikit adalah karena Anda memiliki kriteria yang tanpa Anda sadari telah Anda miliki berdasarkan pengalaman, kepercayaan dan keinginan bawah sadar Anda. Orang-orang biasanya tidak sadar akan kriteria tersembunyi mereka, oleh karena itu mereka mendeskripsikan cinta sebagai sesuatu yang misterius.

JATUH CINTA PADA PANDANGAN PERTAMA, BENARKAH?

jatuh cinta di pandangan pertama

Hal ini telah menjadi perdebatan tiada akhir akan kebenaran dari cinta pada pandangan pertama. Ini disebabkan karena setiap orang memiliki arti yang berbeda dari kata 'cinta'. Arti kata cinta ini sendiri dapat diartikan menjadi 2 versi yang berbeda.

  1. Jika menurut penjelasan di atas, cinta adalah saat dimana seseorang sudah memenuhi kriteria yang telah Anda buat secara sadar maupun tidak Anda sadari dan membuat Anda merasakan bahwa Anda memiliki keterikatan yang kuat dengan orang tersebut.
     
  2. Tetapi beberapa orang mempercayai bahwa itu hanyalah cinta 'palsu'. Cinta yang nyata sebenarnya merupakan ikatan kuat yang dibangun seiring dengan berjalannya waktu dengan mengatahui sifat dan kepribadian dari pasangan Anda maupun hubungan Anda.

Berdasarkan definisi cinta ini, maka Anda dapat mengetahui mengapa ada orang yang percaya dengan cinta pada pandangan pertama dan ada yang tidak. Walaupun begitu, peneliti membuktikan bahwa cinta pada pandangan pertama memang benar-benar ada. Mereka melakukan penelitian terhadap sekelompok hewan dan menemukan bahwa hewan cenderung mencari pasangan yang memiliki keserupaan genetik yang sama. Memang, hal ini masih tidak jelas apakah dapat diaplikasikan ke manusia atau tidak, tetapi beberapa peneliti mempercayai bahwa manusia di-program untuk menemukan "si dia" (pasangan sebenarnya diri kita).

Penelitian lain membuktikan bahwa pria lebih memiliki kemungkinan besar dalam mengalami 'jatuh cinta pada pandangan pertama' dibandingkan wanita dan hal ini lebih mungkin terjadi di saat mereka muda. Jadi sebagai pria, jangan sampai Anda mengumbar cinta pandangan pertama Anda dengan sebegitu seringnya dan menyebabkan keefektifan itu hilang.

KESIMPULAN

cinta pada pandangan pertama memang nyata

Jadi apakah cinta pada pandangan pertama benar-benar ada? Jawabannya adalah ya. Kalaupun definisi Anda dari cinta adalah definisi yang kedua dimana cinta dibangun seiring waktu, untuk memilih pasangan Anda pertama kali, tentu Anda membutuhkan sebuah ketertarikan dan Anda dapat menyebut ketertarikan Anda sebagai cinta pada pandangan pertama. Jadi, ya, memang cinta pada pandangan pertama itu benar-benar ada.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas