home -> Lainnya -> 10 Penemuan Mengejutkan Dari Bawah Laut
16 Oktober 2018 04:43

10 Penemuan Mengejutkan Dari Bawah Laut

Oleh reagan dalam Lainnya pada January 11, 2018

Lebih dari 71% Bumi tempat kita tinggal, diselimuti oleh air. Ada banyak rahasia yang menanti di dalam laut yang menanti untuk ditemukan oleh manusia. Dari artifak, kapal karam, bahkan sampai kota kuno, tersembunyi di bawah laut. Bebepara ada yang berhasil ditemukam, beberapa lainnya masih menunggu waktu. Berikut adalah 10 hal mengejutkan yang berhasil ditemukan di bawah laut.

10. Sungai Bawah Laut Di Laut Hitam

underwater river

Biasanya orang tahunya sungai itu ada di permukaan tanah, tidak ada yang mengira bahwa ada sungai di bawah laut. Pikirnya, mana mungkin bisa ada air di bawah air. Tapi ternyata memang benar ada. Sejumlah ilmuwan menemukan sebuah sungai di bawah laut, ini tentunya menjadi salah satu penemuan bawah laut yang sangat mengejutkan.

Letaknya ada di Laut Hitam, sebuah sungai panjang bersembunyi sekitar 35 meter di bawah permukaan air Laut Hitam. Penemuan mengejutkan ini terjadi pada tahun 2010, dan menjadikannya sebagai sungai bawah air pertama di dunia. Sungai bawah laut tersebut berasal dari air asin yang melalui Selat Bosphorus yang berasal dari Laut Mediterania ke Laut Hitam.

9. Lingkaran Misterius Di Dasar Laut

mysterious circle

Sebuah peninggalan atau buatan dari alien, begitulah yang orang pikir ketika menemukan sebuah lingkaran misterius di bawah laut seperti tampak pada foto. Lingkarang yang bentuknya sangat unik tersebut ternyata bukanlah buatan alien seperti orang bicarakan, melainkan buatan dari penghuni dasar laut.

Pertama kali ditemukan di tahun 1995 oleh seorang penyelam di Jepang. Sebuah lingkaran unik menjadi topik perbincangan oleh para ilmuwan selama bertahun-tahun. Bagaimana mungkin bisa sebuah lingkaran bisa terbentuk di dasar laut. Sampai akhirnya, misteri tersebut terpecahkan. Lingkaran tersebut adalah hasil buatan ikan puffer. Ikan piffer jantan membuat lingkaran tersebut untuk menarik perhatian ikan puffer betina.

8. Kota Heracleion

heracleion

Arkeolog bernama Frank Goddia menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menemukan Kota Heracleion. Heracleion adalah kota hilang yang menjadi mitos bagi orang Yunani atau Thonis. Hasil jerih payahnya terbayar, Kota Heraleion berhasil ditemukan. Berada sekitar 46 meter di bawah permukaan air, di Aboukir Bay, Mesir.

Penemuan tersebut langsung membuat gempar dunia. Tidak ada yang menyangka mitos Kota Heracleion adalah kenyataan. Setidaknya sudah 1.200 tahun Kota Heracleion tersembunyi di bawah air. Ketika ditemukan, di reruntuhan Kota Heracleion ditemukan juga sejumlah bangkai kapal, jangkar, koin emas, dan sejumlah patung raksasa.

7. Kapal RMS Titanic

rms titanic

Cerita tentang tenggelamnya kapal RMS Titanic begitu heboh. Saking hebohnya, cerita tenggelamnya kapal pesiar besar tersebut diangkat ke layar lebar dengan judul Titanic. Dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet, film yang tayang pada tahun 1997 tersebut berhasil mendapatkan rating yang tinggi.

Kapal RMS Titanic sendiri, tenggelam pada April 1912. Baru pada tahun 1985, seorang mantan kapten Navy sekaligus ahli kelautan, Robert Ballard, berhasil menemukan bangkai kapal tersebut. Penemuan besar tersebut menjadi penemuan paling bersejarah dan menjadi gerbang pembuka atas apa yang terjadi dengan kapal tersebut.

6. Antikythera Mechanism

Antikythera Mechanism

Sebuah penemuan mengejutkan terjadi di tahun 1901. Beberapa arkeolog, menemukan sebuah bangkai kapal di bawah air, dekat Pulau Antikythera. Dari bangkai kapal itulah ditemukan sejumlah benda, salah satunya adalah benda antik berumur 2.000 tahun, dinamakan Antikythera Mechanism. Sebuah benda yang sampai sekarang masih belum diketahui jelas asal usulnya.

Antikythera Mechanism adalah sebuah kalender dan komputer berusia 2.000 tahun yang diperkirakan dibuat oleh orang Yunani kuno. Dari ditemukan sampai sekarang, ilmuwan masih bingung menjelaskan teka-teki yang ada pada benda itu. Yang baru dipecahkan, Antikythera Mechanism adalah sebuah kalender matahari dan bulan. Benda ini juga digunakan untuk menghitung mundur Olimpiade berikutnya.

5. Obat Kuno Romawi

ancient pill

Bila kalian sakit, pastinya kalian akan pergi memeriksakan diri ke dokter. Dari dokter, barulah diketahui kita sakit apa. Setelah itu, dokter akan menuliskan resep obat yang harus kita tebus di apotek. Masih seputar obat, sejumlah ilmuwan asal Italia berhasil membuat kejutan dengan berhasil menemukan obat yang tua, sangat-sangat tua.

Beberapa ilmuwan asal Italia tersebut berhasil menemukan sebuah pil yang tersimpan di dalam kotak yang ditemukan dalam bangkai kapal. Pil beserta bangkai kapal tersebut ditemukan di lepas pantai Tuscany. Karena tersimpan dengan rapat, pil tersebut masih dalam kondisi bagus dan tersegel. Diperkirakan pil tersebut sudah berusia 2.000 tahun dan digunakan untuk pengobatan mata.

4. Palung Mariana

mariana trench

Sekitar 71% bagian dari Bumi kita yang tertutup oleh air. Dan, belum seluruhnya berhasil kita jelajahi. Masih banyak misteri dalam laut yang belum terpecahkan. Salah satu misteri terbesar di bawah laut yang hingga sekarang masih terus digali adalah Palung Mariana. Dimana yang kita ketahui, Palung Mariana merupakan bagian terdalam dari laut, dalamnya sekitar 10.994 meter di bawah permukaan laut.

Kapan Palung Mariana ini temukan pertama kali? Palung Mariana pertama kali ditemukan oleh HMS Challenger pada 23 Maret 1875. Palung terdalam di Bumi tersebut, kala itu, hanya beberapa yang mampu mencapai dasar paling. Tanggal 26 Maret 2012, James Cameron dengan alat Deepsea Challengernya, berhasil turun hingga 10.898 meter.

3. Silfra Crack

silfra crack

Sebuah lempengan tektonik yang menjadi pemisah antara Amerika Utara dan Eurasia, lempengan pemisah ini dinamakan Silfra Crack. Lokasinya terletak di Danau Thingvallavatn yang berada di Taman Nasional Thingvellir di Islandia. Karena pemandangannya yang menakjubkan, Silfra Crack dijadikan tempat scuba diving.

Bila kalian menyelam di Danau Thingvallavatn, kalian bisa lihat sendiri yang dinamakan Silfra Crack tersebut. Airnya sangat jernih dan dingin, perlu peralatan lengkap untuk bisa menyelam ke bawah. Semenjak ditemukannya Silfa Crack, jarak antar benua, Amerika Utara dan Eurasia ini terus bertambah 2 cm tiap tahunnya.

2. Mesin Pesawat Apollo 11

apollo 11 engine

Saturn V merupakan nama roket yang digunakan oleh Amerika untuk mengirim astronot terbang ke luar angkasa. Roket tersebut diciptakan oleh NASA antara tahun 1967 sampai 1973. Dari sekian banyak roket, salah satunya Apollo 11, digunakan oleh Neil Armstrong, Michael Collins, dan Edwin E. Aldrin untuk terbang ke Bulan.

Beberapa mesin dari Apollo 11, lepas, dan tenggelam di lautan. Di tahun 2012, CEO dari Amazon, Jeff Bezos, melakukan sebuah ekspedisi untuk mencari mesin Apollo 11 yang hilang di lautan. Di tahun 2013, ekspedisi tersebut berhasil. Mesin yang diduga dari pesawat Apollo 11 berhasil ditemukan di lepas pantai Florida, 4.267 meter di bawah permukaan laut.

1. Kota Pavlopetri

pavlopetri

Kota Heracleion bukanlah satu-satunya Kota Hilang yang selalu menjadi perbincangan orang, khususnya di Yunani. Masih ada 1 Kota Hilang yang menjadi perbincangan yaitu Kota Pavlopetri. Andaikan bukan karena satu musibah, ada kemungkinan Kota Pavlopetri masih ada sampai sekarang.

Konon katanya, penduduk Kota Pavlopetri adalah penduduk yang sangat maju. Sampai suatu ketika, sebuah gempa bumi dahsyat mengakibatkan Pavlopetri hilang dan ditelan oleh lautan. Ketika ditemukan, Kota Pavlopetri berada di kedalaman 4 meter di bawah permukaan laut. Diperkirakan usia kota ini mencapai 5.000 tahun.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas