home -> Lifestyle -> 10 Taman Botanical Terindah Yang Ada Di Dunia
10 Desember 2018 07:11

10 Taman Botanical Terindah Yang Ada Di Dunia

Oleh reagan dalam Lifestyle pada December 18, 2017

Tidak hanya menyegarkan pikiran, kehadiran taman botanical bisa membuat orang selangkah lebih dekat dengan tumbuhan. Layaknya taman atau tempat hiburan lainnya, taman botanical sengaja dirancang untuk membuat orang datang dan enjoy dengan pemandangan yang dihadirkan. Di dunia, ada ribuan taman botanical, dan TahuPedia merangkum 10 di antaranya yang benar-benar indah untuk kalian.

10. Kew Royal Botanic Gardens, Inggris

Kew Royal Botanic Gardens

Sebuah taman indah di Inggris akan mengawali daftar taman botanical terindah di dunia ini. Taman indah ini merupakan taman yang terbuka untuk umum dan disponsori oleh Department for Environment, Food, and Rural Affairs. Taman besar di Inggris ini membutuhkan pengurus sebanyak 723 staff.

Kew Royal Botanic Garden memiliki luas hingga 300 acre. Taman ini disebut-sebut sebagai taman dengan koleksi tanaman terbesar di dunia. Untuk menikmati keindahan di Kew Royal Botanic Garden, pengunjung disediakan Kew Explorer Train. Rumah yang ramah lingkungan, Davies Alpine House ada di dalam taman ini. Oleh UNESCO, taman ini dijadikan situs warisan dunia yang sangat dijaga keasriannya.

9. Exotic Garden of Monaco, Monaco

Exotic Garden of Monaco

Taman botanikal milik Monaco tidak bisa dipandang sebelah mata. Terletak di garis pantai, taman botanikal yang bernama Exotic Garden of Monaco ini menjadi surga bagi para pecinta flora dan juga mata para burung. Tidak hanya bisa melihat berbagai macam flora, pengunjung dapat bonus melihat beberapa jenis burung yang ada di Monaco.

Pertama kali Exotic Garden of Monaco dibuka pada tahun 1933. Bagaikan sebuah labirin raksasa, Exotic Garden of Monaco menyimpan sejumlah tanaman seperti kaktus, succulent, bugenvil. Di bangun tepat di lereng, semakin berjalan ke bawah, kalian bisa mendapatkan perspektif yang berbeda. Di ujung, terdapat sebuah goa kapur kuno yang menurun hingga permukaan laut.

8. Lautaret Alpine Botanical Garden, Perancis

Lautaret Alpine Botanical Garden

Memilih Perancis sebagai destinasi wisata dijamin kalian tidak akan menyesal. Bukan Menara Eiffel atau The Louvre yang akan dibahas, melainkan satu taman indah yang tak banyak orang tahu, Lautaret Alpine Botanical Garden. Taman ini dijamin bisa memberikan kalian memberikan hiburan lain yang tak akan terlupakan.

Lautaret Alpine Botanical Garden merupakan taman indah yang berada di ketinggian hampir 2.133 meter. Iklim Perancis yang kering namun cerah menjadikan taman ini sebagai surga tanaman. Karena alasan itulah, University of Grenoble mencoba membangun sebuah taman botanikal di area tersebut di tahun 1800an. Hingga sekarang, taman botanikal tersebut menjadi incaran para traveler mancanegara untuk melihat keindahan Alpine Botanical Garden.

7. Miracle Garden, Dubai

Miracle Garden

Sekitar 4 tahun yang lalu, tepatnya pada 14 Februari 2013, Dubai mengejutkan dunia dengan membangun sebuah taman botanikal raksasa, dinamakan Miracle Garden. Taman ini berada di Barsha, Dubailand Area, Dengan keberadaan Miracle Garden, menambah deretan taman botanikal terindah di dunia.

Miracle Garden memiliki luas 7 hektar, dipenuhi dengan lebih dari 45 juta bunga berbagai macam warna dan jenis. Miracle Garden dinamai demikian karena Dubai sendiri merupakan sebuah negara yang memiliki basik padang pasir. Tak ada yang menyangka bahwa negeri padang pasir seperti itu bisa diciptakan sebuah taman botanikal.

6. New York Botanical Gardens, Amerika

New York Botanical Gardens

Tidak mungkin negara superpower seperti Amerika Serikat tidak memiliki taman botanikal. Dan ternyata memang benar, Negeri Paman Sam ada memiliki sebuah taman botanikal yang sangat terkenal yaitu New York Botanical Gardens. Lokasinya? terletak di Bronx, New York. Taman botanikal ini sekaligus menjadi National Historic Landmark.

Memiliki luas mencapai 250 acre, New York Botanical Garden menyimpan 1 juta tanaman eksotis di dalamnya. Segitu banyak koleksi tanaman dari New York Botanical Garden, dibagi lagi menjadi 50 taman dan tumbuhan. Termasuk yang menjadi koleksi disana adalah tanaman tua, greenhouse, Peggy Rockefeller Rose Garden, rdan rock garden.

5. Nong Nooch Tropical Botanical Garden, Thailand

Nong Nooch Tropical Botanical Garden

Selain Singapura yang memiliki taman botanical indah, Thailand juga memiliki sebuah taman botanik yang tak kalah indahnya dengan yang ada di Singapura. Taman bernama Nong Nooch Tropical Botanical Garden, berlokasi provinsi Chonburi, taman ini bebas dikunjungi antara jam 6 pagi sampai 6 sore, setiap harinya.

Nong Nooch Tropical Botanical Garden memiliki luas 500 acre dan mulai dibuka untuk publik pada tahun 1980. Apa saja yang ada di taman tersebut? Nong Nooch Tropical Botanical Garden meliputi Taman Perancis, Taman Eropa, kaktus dan taman succulent, menara semut, bukit hupu-kupu, lembah bunga, taman anggrek, dan masih banyak lagi lainnya. Tertarik mengunjunginya?

4. Botanischer Garten München-Nymphenburg, Jerman

Botanischer Garten M√ľnchen-Nymphenburg

Salah satu negara dengan paspor terkuat, Jerman, menyimpan satu taman botanik yang tidak pernah sepi wisatawan. Botanischer Garten München-Nymphenburg, taman botanik dan arboretum yang berlokasi di Menzinger, Munich. Taman botanical ini bebas untuk dikunjungi, kecuali pada tanggal 24 dan 31 Desember

Botanischer Garten München-Nymphenburg memiliki luas 21,20 hektar dan menjadi satu taman botanikal indah sekaligus penting di dunia. Setiap tahunnya, taman ini selalu dikunjungi sekitar 350.000 pengunjung. Botanischer Garten München-Nymphenburg menjadi rumah bagi 16.000 tanaman. Kalian bisa melihat hutan tropis, anggrek, kaktus, tanaman padang pasir, tanaman air, dan tanaman karnivora.

3. Adelaide Botanic Garden, Australia

Adelaide Botanic Garden

Bergerak ke arah Selatan dari Indonesia, Australia memiliki sebuah taman indah yang digunakan untuk membudidayakan tanaman asli Australia dan beberapa jenis tanaman yang langka dan mulai terancam kepunahan. Berada di Adelaide, taman ini dibangun dan diberi nama Adelaide Botanic Garden.

Adelaide Botanic Garden dibuka untuk umum pada tahun 1857. Taman seluas 51 hektar ini selalu dipenuhi pengunjung. Setidaknya sebanyak 1,5 juta pengunjung setiap tahunnya. Adelaide Botanic Garden menghadirkan berbagai tanaman, ada taman mawar, hutan hujan mini, dan sebuah rumah koservasi.

2. Singapore Botanical Gardens, Singapura

Singapore Botanical Gardens

Tetangga kita, Singapura, menjadi sasaran destinasi para traveler Indonesia. Alasannya? Karena di Singapura banyak sekali tempat shopping yang menjual berbagai macam brand fashion, tentunya dengan harga yang miring. Selain tempat belanja, ada banyak tempat menarik lain di Singapura yang patut dikunjungi, salah satunya adalah sebuah taman raksasa, Singapore Botanical Garden.

Singapore Botanical Garden adalah taman botanical terbesar milik Singapura yang memiliki luas mencapai 74 hektar. Di taman tersebut terdapat ribuan tanaman, hutan hujan, kera liar, dan kura-kura terrapin. Taman botanical tersebut pertama kali dibuat pada tahun 1859 dan kini telah menjadi salah satu taman botanical terbaik di dunia.

1. Kirstenbosch Botanical Gardens, Cape Town

Kirstenbosch Botanical Gardens

Sebuah taman botanik indah yang berada tepat di kaki Table Mountain, Cape Town, Afrika Selatan. Taman kebanggaan Afrika ini dinamakan Kirstenbosch Botanical Garden. Karena terdapat banyak flora indah dan langka, maka diciptakanlah Kirstenbosch Botanical Gardens untuk menjaga keanekaragaman flora di Afrika.

Diciptakan pada tahun 1913 dengan luas 89 acre. Taman ini menjadi salah satu dari sedikit taman di dunia yang memiliki spesialisasi mengembangkan tanaman asli di Afrika. Pada tahun 2004, Cape Floristic Region dinyatakan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia yang harus dijaga. Dan termasuk di dalamnya adalah Kirstenbosch.

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas