home -> Lainnya -> 10 Makanan Yang Dilarang Edar Di Sejumlah Negara
18 Januari 2018 07:05

10 Makanan Yang Dilarang Edar Di Sejumlah Negara

Oleh reagan dalam Lainnya pada December 15, 2017

Makanan ada untuk dimakan, tapi tidak semua makanan itu legal atau boleh dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang dilarang untuk dimakan di beberapa negara. Entah itu karena berbahaya atau melanggar suatu peraturan sehingga memakannya bisa berakibat hukuman atau membahayakan diri sendiri. Penasaran makanan apa saja yang ilegal untuk dikonsumsi? Inilah dia daftarnya.

10. Haggis, Amerika

Haggis

Mungkin kalian berpikir, makanan apa ini? Kenapa bentuknya terlihat jijik dan menyeramkan? Makanan yang bagi kalian terlihat jijik dan menyeramkan ini sebenarnya adalah makanan terkenal di negara Skotlandia. Berbeda negara, berbeda juga peraturan. Di Skotlandia hagis dijual bebas, di Amerika tidak.

Di negara asalnya, Skotlandia, haggis dibuat dari bahan yang tidak biasa seperti hati jantung, hati, dan paru-paru domba. Semua bahan tersebut dikombinasi dengan beberapa bumbu pedas sebelum dihidangkan. Mengetahui bahan pembuat haggis yang tidak normal, Amerika menyatakan makanan tersebut sebagai makanan ilegal.

9. Foie Gras, Amerika

Foie Gras

Foie gras termasuk dalam makanan yang sangat langka. Jikalau ada yang jual, makanan satu ini harganya bisa cukup menguras dompet. Di Indonesia memang jarang bisa menemukan foie gras. Tapi, ada satu negara di Eropa yang menjadi produsen foie gras. Negara tersebut adalah Perancis. Menjadi makanan terkenal dan langka, ternyata foie gras dilarang di Amerika.

Sebelum tahu apa alasan pelarangan foie gras di Amerika, kalian perlu tahu dulu apa itu foie gras. Foie gras berarti lemak hati. Cara mendapatkannya adalah dengan memberi makan bebek atau unggas dalam jumlah banyak sehingga terjadi penumpukan lemak di bagian hati. Tentu ini adalah hal yang keji. Oleh karena proses pembuatannya yang cukup keji tersebut, Amerika besera Inggris dan India melarang penjualan foie gras.

8. Ortolan, Perancis

Ortolan

Di saat populasinya yang masih banyak, Burung Ortolan menjadi santapan lezat bagi penduduk Perancis. Burung Ortolan merupakan burung kecil bersuara merdua yang berukuran sekitar 16 cm. Rasanya yang lezat membuat Burung Ortolan dijadikan hidangan spesial. Namun, semenjak populasinya menurun drastis, Perancis akhirnya membuat larangan untuk mengkonsumsi Burung Ortolan.

Cara penghidangannya adalah, Burung Ortolan yang telah ditangkap akan dimasukkan ke dalam sangkar kecil dan gelap. Matanya dicabut sehingga membuat Burung Ortolan terus menerus makan. Burung Ortolan yang sudah bertambah gemuk akan ditenggelamkan di dalam brandy dan digoreng secara utuh. Meski sudah dibuat larangan, sejumlah pasar gelap tetap melakukan perburuan Burung Ortolan.

7. Samosa, Somalia

Samosa

Jika kalian berkunjung ke India, ada kemungkinan kalian berjumpa dengan samosa. Di India, samosa dijadikan snack atau makanan ringan. Soal rasa tak perlu ditanya lagi, samosa merupakan snack lezat bagi penduduk sana. Sayang, orang yang tinggal di Somalia tidak akan bisa merasakan lezatnya samosa.

Somalia dengan keras melarang samosa dijual dan juga dimakan disana. Somalia melarang samosa sejak tahun 2011. Snack ini dilarang karena bentuknya melambangkan Holy Trinity di agama Kristen. Samosa terbuat dari tepung terigu dan di dalamnya diisi dengan daging atau berbagai macam sayur-sayuran.

6. Susu Sapi Mentah, Amerika

raw milk

Susu, oleh banyak orang dianjurkan untuk sering diminum karena manfaat yang diberikan sangatlah besar. Namun, tidak semua negara mengijinkan untuk mengkonsumsi susu. Beberapa wilayah di Amerika dan Kanada memiliki larangan ketat untuk penjualan susu. Hanya susu yang telah dipasteurisasi yang boleh dikonsumsi.

Ada alasan jelas kenapa Amerika Dan Kanada melarang peredaran susu non-pasteurisasi. Susu non-pasteurisasi mengandung bakteri berbahaya yang bisa mempengaruhi kesehatan. Contohnya seperti listeriosis, salmonella, e-coli, dan campylobacter. Beberapa spesialis di negara lain juga mulai mempertimbangkan apakah susu non-pasteurisasi aman dikonsumsi atau tidak.

5. Daging Kuda, Amerika dan Inggris

horse meat

Kami tidak tahu apakah di antara kalian ada yang sudah pernah mencoba daging kuda atau belum. Seperti apakah rasanya? Enak? Di Indonesia sendiri, daging kuda masih jarang terdengar. Memang Indonesia sendiri masih memperbolehkan daging kuda untuk dikonsumsi, namun ada beberapa negara yang melarang mengkonsumsi daging kuda.

Dua negara besaryakni Amerika dan Inggris adalah negara yang memiliki larangan keras atas konsumsi daging kuda. Jangankan untuk memakan, membunuh dan mengambil daging kuda saja sudah merupakan pelanggaran berat di Amerika dan Inggris. Italia, Perancis dan beberapa negara Eropa memperbolehkan konsumsi daging kuda karena rasanya yang lezat.

4. Coklat Kinder, Amerika

kinder egg

Kinder Egg, Kinder Surprise atau Coklat Kinder di Indonesia, kalian pasti ada pernah melihat makanan satu ini di supermarket. Dengan membeli satu coklat kinder, kalian bisa mendapatkan satu mainan kejutan di dalamnya. Enak ya, selain bisa makan coklat, bisa dapat mainan gratis yang lucu dan keren.

Di Amerika, coklat kinder dilarang untuk dijual. Pelarangan coklat kinder mengacu pada aturan yang sudah ada sejak tahun 1938 tentang makanan, obat, dan kosmetik. Pelarangan coklat kinder disebabkan karena adanya bahan lain yang berupa non-makanan (mainan) di dalam produk. Ini bisa menyebabkan anak-anak yang tidak paham malah menelan mainan tersebut.

3. Permen Karet, Singapura

chewy gum

Jangan heran bila kalian pergi ke Singapura dan melihat betapa bersihnya negeri kecil tersebut. Singapura termasuk negara yang sangat mendukung kebersihan. Buang sampah sembarangan, sekecil apapun itu, kalian bisa ditangkap dan didenda. Dendanya juga tak main-main. Peraturan di Singapura memang sangat ketat, termasuk tentang makanan.

Sudah dari tahun 1992, negara ini melarang penjualan permen karet. Segala macam permen karet dari berbagai merk dilarang dijual. Hal ini disebabkan karena sulitnya menangani sampah dari sisa permen karet. Di tahun 2004, Singapura mulai melunak dengan mengijinkan permen karet untuk dijual. Itupun hanya permen karet yang bertujuan untuk mendukung kesehatan gigi.

2. Jelly Cups, Inggris

jelly cups

Masa kecil kalian masih belum bisa dikatakan bahagia apabila belum makan agar-agar kotak atau jelly dalam kotak. Dulu, anak kecil generasi 90an, sangat menggemari snack satu ini. Meski kecil, namun rasanya sangat lezat. Namun bila kalian pergi berkunjung ke negara di Eropa termasuk Inggris, jangan berharap bisa menemukan makanan satu ini.

Di Inggris dan sejumlah negara di Eropa, agar-agar atau jelly dilarang untuk dijual. Para ahli beralasan, di dalam agar-agar terkandung zat adiktif E425 yang dikenal dengan sebutan konjac atau konjac gum. Zat ini digunakan sebagai bahan pengental yang menurut mereka bisa membuat orang tersedak.

1. Tomat, Perancis

ketchup

Ingin mencicipi kuliner mewah dan lezat? Pergilah ke Perancis. Negara tempat Menara Eiffel tersebut kalian bisa menemukan dan makan semua makanan lezat yang kalian impikan. Dari segala makanan yang ada di Perancis, ada satu yang tidak akan kalian temukan. Makanan tersebut adalah saus tomat.

Di tahun 2011, Perancis telah melarang peredaran saus tomat. Peraturan ini sudah berlaku bagi anak-anak di sekolah dasar. Oleh pemerintah Perancis, saus tomat dianggap sebagai bahaya besar bagi kuliner Perancis. Saus tomat dianggap bisa merusak dan mengalahkan rasa dari makanan Perancis.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas