home -> Lifestyle -> 10 Bahan Alami dan Cara Menghilangkan Ketombe Untu...
17 Desember 2017 07:18

10 Bahan Alami dan Cara Menghilangkan Ketombe Untuk Selamanya

Oleh reagan dalam Lifestyle pada November 23, 2017

Kalian memiliki masalah dengan ketombe? Ketombe adalah kulit kepala yang telah mati, mengering, dan mengelupas. Ketombe bisa membuat orang jadi minder karena adanyua kotoran putih yang ada di kepala maupun baju. Penyebab ketombe sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk shampoo yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kepala. Sudah muak dengan ketombe, berikut ada 10 cara alami yang bisa kalian gunakan untuk mengusir ketombe, tanpa efek samping!

10. Biji Fenugreek/Kelabat

fenugreek seeds

Sebagai permulaan dalam daftar ini, mendengar biji fenugreek pasti sangatlah asing di telinga. Bagi kalian yang penasaran, biji fenugreek itu adalah biji kelabat. Biji kelabat ini yang merupakan bahan alami yang bagus untuk mengatasi kepala yang berketombe dan juga kerontokan rambut. Biji kelabat ini memiliki fungsi sebagai anti jamur.

Kira-kira, ambil biji kelabat sebanyak 2 sampai 3 sendok makan, lalu rendam dalam air selama 1 malam. Di pagi hari, hancurkan atau giling biji kelabat hingga berubah menjadi seperti pasta. Usapkan pasta tersebut ke seluruh kulit kepala dan biarkan selama beberap ajam. Bersihkan rambut dengan shampoo. Lakukan ini secara rutin 2 atau 3 kali dalam seminggu.

9. Lemon

lemon

Tidak perlu sampai ke dokter atau apalah untuk mengusir ketombe yang mengganggu. Kalian cukup cari sekitaran kalian, mungkin kalian akan bisa menemukan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir ketombe. Bahan alami itu selain bisa mengusir ketombe, juga aman karena tidak memberikan efek samping.

Lemon salah satunya. Lemon dikatakan sebagai buah yang ampuh untuk mengusir ketombe yang mengganggu. Gunakan 2 sendok makan air perasan lemon, kemudian bilas dengan air hangar.  Belum selesai, aduk 1 sendok teh lemon ke 1 cup air, dan bilas lagi dengan air. Lakukan secara rutin hingga ketombe tidak muncul lagi.

8. Omega 3

Omega 3

Diet sehat bisa memberikan banyak hal positif. Diet sehat bukan hanya bagus untuk menjaga kinerja tubuh tetap baik, diet sehat ternyata bisa membantu untuk mengusir ketombe. Tidak percaya? Silahkan buktikan sendiri, cobalah konsumsi makanan yang mengandung omega 3 dan rasakan efeknya.

Kenapa omega 3? Itu karena omega 3 mengandung lemak sehat yang bisa membantu untuk mengatasi masalah ketombe. Pastikan untuk selalu menyelipkan beberapa makanan yang mengandung omega 3 setiap harinya agar ketombe bisa pergi. Beberapa makanan yang mengandung omega 3 seperti salmon, alpukat, dan kacang-kacangan.

7. Baking Soda

baking soda

Tidak perlu jauh-jauh, di dapur kalian pasti ada yang namanya baking soda. Baking soda yang biasa digunakan untuk mengembangkan kue, bisa kalian manfaatkan untuk mengusir ketombe dari kepala. Aneh? Jijik? Apapun yang kalian katakan, baking soda terbukti ampuh untuk menghilangkan ketombe.

Bagaimana cara menggunakannya? Coba larutkan 1/2 sendok teh baking soda dengan air hangan. Tunggu sampai mengental, lalu oleskan pada kulit kepala secara merata. Baking soda bisa mengurangi jamur yang menjadi penyebab ketombe. Rambut kalian mungkin akan terasa kering ketika pertama kali, setelah beberapa minggu, kulit kepala akan memproduksi minyak, membuat rambut lebih lembut dan jauh dari ketombe.

6. Olive Oil

olive oil

Banyak ahli mengatakan bahwa lebih baik menggunakan olive oil untuk memasak, ketimbang menggunakan minyak goreng biasa. Olive oil merupakan minyak yang dihasilkan dan diolah dari tumbuhan olive atau zaitun. Baik untuk tubuh, olive oil bagus juga untuk menghilangkan masalah ketombe.

Bagi kalian yang ingin menghilangkan ketombe dan menggunakan olive oil sebagai bahannya, mungkin akan terasa risih mendengar cara berikut ini. Siapkan 10 tetes olive oil, lalu pijat secara merata di kulit kepala. Jangan lupa tutup kepala dengan shower cap dan biarkan selama semalaman. Paginya, cuci bersih kepala dengan shampoo.

5. Gel Lidah Buaya

aloe vera gel

Semua orang sudah tahu betapa bagusnya lidah buaya bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Oleh karena itu, banyak produk perawatan rambut yang menyelipkan bahan lidah buaya dalam pembuatan produk mereka. Lidah buaya ini juga ampuh untuk mengatasai salah satu masalah yang ada di kulit kepala yakni ketombe.

Dalam lidah buaya, terkandung banyak vitamin seperti protein lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Semua vitamin tersebut berguna untuk menyehatkan rambut dan kulit rambut. Ambil lidah buaya, gosokkan lidah buaya tersebut ke kepala sebelum membersihkannya dengan shampoo. Lidah buaya bisa memberikan efek dingin pada kulit kepala yang gatal akibat ketombe.

4. Minyak Esensial

essential oils

Minyak esensial bisa memberikan efek yang bagus bagi kulit kepala, salah satunya adalah dengan mengatasi ketombe. Itu dikarenakan minyak esensial mengandung anti virus, anti bakteri, dan anti jamur. Minyak esensial sangat ampuh untuk meredakan inflamasi dan infeksi. Yang kalian butuhkan adalah minyak esensial yang 100% murni.

Kalian bisa menemukan minyak esensial dari lavender, wintergreen, thyme, sereh, cemara, oregano, dan pohon teh. Semua tanaman tersebut sangat ampuh melawan jamur dan ragi penyebab ketombe. Ambil contohnya saja minyak daro oregano. Satu sampai dua tetes minyak oregano, campur dengan 118 sampai 177 ml air untuk menciptakan tonik yang bisa kalian minum, ya minum.

3. Minyak Kelapa

coconut oil

Tidak ada yang menyangka bahwa minyak kelapa yang biasa digunakan untuk memasak makanan, bisa digunakan juga untuk mengusir ketombe. Karena minyak kelapa adalah bahan alami, tidak akan ada efek samping yang akan menimpa Anda. Tidak hanya itu, minyak kelapa mengeluarkan aroma yang harum.

Sebelum kalian mandi, siapkan minyak kelapa sebanyak 3 sampai 5 sendok makan. Lakukan pijatan secara merata di kepala dan biarkan minyak kelapa selama 1 jam. Setelah itu, bilas dengan air atau shampoo secara baisa. Sekarang ini, sudah banyak pula produk shampoo yang menggunakan bahan minyak kelapa dalam produknya, ini juga bisa menjadi solusi lain bagi kalian.

2. Telur

eggs

Telur adalah sumber protein sekaligus biotin yang bagus untuk mengatasi ketombe di kulit kepala. Biotin atau vitamin B kompleks bisa menjadi jawaban dari masalah ketombe yang mengganggu dan membuat kalian minder bila bertemu dengan orang-orang. Tidak ada salahnya menggunakan telur untuk mengatasi ketombe kalau begitu.

Untuk mengusir ketombe, ambil kuning telur dan kocok di sebuah wadah. Pastikan rambut dalam kondisi kering, dan tuang kocokan telur tersebut ke atas kulit kepala. Pastikan kalian menyiapkan plastik atau penutup kepala agar kuning telur tidak berantakan kemana-mana. Setelah satu jam, barulah bilas dengan air.

1. Cuka Apel

apple cider vinegar

Ketika ketombe sudah benar-benar mengganggu, bahan yang paling ampuh untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan cuka apel. Cuka apel yang biasa digunakan untuk makanan, ternyata bisa digunakan juga untuk menghilangkan ketombe. Yang perlu kalian perhatikan adalah, jangan terlalu banyak menggunakan cuka.

Gunakan cuka apel secukupnya untuk mengusir ketombe. Kira-kira hanya 1 sendok teh, usapkan cuka apel secara merata pada kepala. Cuka apel yang tinggi tingkat asamnya, bisa mengontrol tingkat pH pada kulit kepala. Membuat jamur penyebab ketombe jadi sulit tumbuh. Atau kalian bisa gunakan juga spray untuk menyemprotkannya pada kepala. Setelahnya, cuci dengan air sampai bersih.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas