home -> Unik -> 10 Fakta dan Cerita Mencengangkan Dari Sejumlah To...
17 Desember 2017 07:25

10 Fakta dan Cerita Mencengangkan Dari Sejumlah Tokoh Terkenal

Oleh reagan dalam Unik pada November 20, 2017

Setiap orang memiliki kisahnya sendiri dan kita tidak bisa menjudge seseorang atas perjalanan hidup yang telah mereka jalani. Bahkan tokoh sejarah sampai selebriti terkenal pun pasti memiliki cerita masa lalu yang ingin mereka tutupi dan lupakan. Mari kita simak sejumlah fakta menarik serta cerita dari beberapa tokoh terkenal dunia di bawah ini.

10. Walt Disney

Walt Disney

Tanpa sosok Walt Disney, mungkin kita tidak akan pernah mengenal tokoh kartun seperti Mickey Mouse, Minnie Mouse, Winnie The Pooh, dan lain sebagainya. Walter Elias Disney, begitulah nama lengkap dari pria Amerika yang berjasa besar sebagai seorang entreprenue, animator, pengisi suara, dan produser.

Dulu, Walt Disney memiliki kesulitan dalam mencari pembantu rumah tangga yang pas dan bisa akrab dengan dua anak perempuannya. Sampai akhirnya Walt Disney menemukan Thelma Howard. Kecintaan Thelma terhadap kedua anak Walt Disney sangatlah besar hingga dirinya dijuluki Mary Poppins. Disney benar-benar menghargai apa yang dilakukan oleh Thelma hingga dirinya memberikan sebagian saham perusahaan Disney. Di akhir hayatnya, Thelma memberikan semua kekayaannya kepada mereka yang membutuhkan.

9. Abraham Lincoln

Abraham Lincoln

Setiap orang memiliki cerita masa lalu yang kelam. Bagaimana cara mereka menghadapinya, itulah yang menentukan masa depan mereka. Abraham Lincoln, presiden Amerika Serikat ke-16, memiliki masa lalu yang kelam. Lahir di jaman keras yang memaksanya untuk menjadi pekerja kasar, Lincoln harus kehilangan ibunya karena milik sickness, sebuah kondisi dimana makanan olahan susu mengandung semacam zat beracun.

Apakah hanya sampai di situ saja penderitaan Lincoln? Tidak. Setelah meninggal dunia, jasad Lincoln tidak dibiarkan beristirahat dengan tenang di makamnya. Di tahun 1876, sebuah grup pemeras, mencuri jenazah Lincoln dan meminta uang tebusan yang besar, ditambah dengan dibebaskannya salah satu rekan mereka yang ditangkap. Akhirnya, para pemeras tersebut berhasil ditangkap semua dan dihukum penjara.

8. Wolfgang Amadeus Mozart

Wolfgang Amadeus Mozart

Mozar merupakan seorang komposer lagu di era klasik, tepatnya di tahun 1730 dan 1820. Lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 dengan nama lengkap, Wolfgang Amadeus Mozart dan dibaptis dengan nama Johannes Chrysostomus Wolfgangus Theophilus Mozart. Sebagai komposer, banyak karya Mozart yang dianggap sebagai karya original, padahal tidak juga.

Bagi seorang komposer, menciptakan musik yang original adalah suatu kewajiban. Mozart, banyak orang yang tidak tahu bahwa dirinya pernah "mencuri" sebuah lagu ketika berada di Sistine Chapel. Saat itu, Mozart mendengarkan lagu berjudul Miserere yang telah dirahasiakan selama ratusan tahun. Setelah mendengarkan sebanyak 2 kali, Mozart mengtranskip di otaknya, dan membuat salinannya pertama secara tidak sah.

7. Alexander Graham Bell

Alexander Graham Bell

Alexander Graham Bell menjadi orang paling berjasa dan mendapatkan banyak terima kasih atas penemuannya, telepon. Bila membaca dari beberapa sumber, memang Bell lah yang dianggap sebagai penemu dari telepon. Istrinya tuli dan ibunya juga tuli, mungkin inilah yang membuat Bell terobsesi untuk menciptakan telepon. Tapi, benarkan Bell yang menciptakan telepon?

Banyak bukti yang ditemukan bahwa Bell mencuri ide telepon dari seorang inventor bernama Antonio Meucci. Siapakah Meucci? Meucci adalah orang yang dikenal karena inovasinya, electrophone. Meucci menjadi salah satu korban dari ledakan yang membuatnya menderita luka serius. Sang istri menjual semua yang ada di labnya untuk biasa medikasi, dan salah satunya adalah teleponnya. Meucci kemudian membuat sebuah telepon lain untuk Western Union Telegraph. Namun, Western Union Telegraph mengaku bahwa telepon buatan Meucci hilang. Dua tahun kemudian, Bell mendapatkan paten atas penemuan telepon. Meucci menuntut, tapi sketsa yang ia miliki telah hilang. Tuntutan Meucci terhadap Bell akhirnya tidak pernah terjadi.

6. Michael Jackson

Michael Jackson

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Michael Jackson adalah penggemar berat dari superhero Marvel, Spider Man. Michael yang fanboy Spider Man, pernah menemui direktur sekaligus pencipta karakter Spider Man, Stan Lee. MJ dan Stan Lee membicarakan perihal dirinya untuk membeli karakter Spider Man.

Di tahun 1990, MJ sangat tertarik untuk membeli perusahaan Marvel demi bisa bermain sebagai Peter Parker. Namun, peran Peter Parker akhirnya jatuh pada Tobey Maguire. Kecintaan MJ tidak berakhir disana. Produser X-Men bercerita, MJ sempat mendatanginya untuk menawarkan diri berperan sebagai Profesor X.

5. Muhammad Ali

Muhammad-Ali

Muhammad Ali, seorang petinju Amerika yang sangat terkenal. Dirinya bukan hanya ditakuti karena kemampuan bertinjunya, Ali juga sangat dihormati oleh lawan-lawannya. Ali sebelumnya tidak pernah mengira bahwa dirinya akan menjadi petinju sukses seperti sekarang. Sampai suatu insiden, memaksanya untuk berubah.

Ketika kecil, Ali pernah kehilangan sebuah sepeda, sepeda yang sangat berarti baginya. Ali melapor pada polisi bahwa dirinya ingin menghajar sang pencuri. Sang polisi yang kebetulan pelatih tinju, mengajari Ali untuk bertinju. Ali mulai berlatih di gym bersama sang polisi yang bernama Jack Martin. Mulai dari sanalah, minat bertinju Ali mulai tumbuh.

4. Martin Luther King

Martin Luther King

Plagiarisme ternyata bukan ada baru-baru ini saja, melainkan sudah dari puluhan tahun yang lalu, plagiarisme sudah dimulai. Salah satu bentuk plagiarisme pernah dilakukan oleh Martin Luther King. Ya, sosok penting seperti Martin Luther King yang notabene adalah pembela HAM, pernah melakukan plagirisme.

Plagiarisme yang dilakukan oleh Martin Luther King adalah, pidatonya yang terkenal, "I Have A Dream". Pidato terkenal "I Have A Dream" diambil dari ucapan Archibald J. Carey Jr, seorang pengaraca kelahiran Afrika-Amerika. Archibald J. Carey Jr. saat itu berpidato di Republican Convention pada tahun 1952. Beberapa tahun setelah kematian Martin Luther King, University of Stanford menemukan fakta mengejutkan lain bahwa MLK memplagiat gelar doktornya tentang Konsep Ketuhanan.

3. Blackbeard

Blackbeard

Bukan, bukan Blackbeard yang ada di anime Jepang, One Piece. Memiliki nama dan karakteristik yang sama, banyak orang beranggapan bahwa sosok Blackbeard di One Piece memang terinspirasi dari sosok Edward Teach atau Edward Thatch yang merupakan perompak asal Inggris yang diberi julukan Blackbeard.

Blackbeard, sebelum perang, selalu menyiapkan banyak hal. Contohnya seperti pakaian hitam, menaruh sejumlah pistol di dada, dan menggunakan topi perompak hitam. Sosok Blackbeard begitu ditakuti di lautan. Penampilan dan aksi kejamnya bagaikan iblis. Cukup mendengar namanya saja, para musuhnya langsung merasa takut. Penampilan sangar yang ditampilkan Blackbeard bertujuan untuk membuat lawan takut dan langsung menyerah. Ini bagus karena Blackbeard bisa mengambil kapal lawannya tanpa harus bertempur dan kehilangan krunya.

2. Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte

Siapa tak kenal dengan sosok Napoleon Bonaparte? Bonaparte adalah pria Perancis yang terkenal sebagai penakluk benua Eropa. Banyak orang di dunia yang percaya bahwa Bonaparte adalah pria asal Perancis yang pendek, benarkah demikian? Faktanya, Bonaparte tidaklah pendek, dirinya memiliki tinggi sekitar 170 cm, cocok dengan rata-rata tinggi orang Perancis pada masanya.

Bonaparte memiliki sejarah kelam yang tidak banyak orang tahu. Ayahnya, Carlo Buonaparte, adalah seorang penjudi berat. Dirinya meninggal karena kanker perut dan tidak meninggalkan sepeser uangpun untuk keluarganya. Di sekolah, Bonaparte menjadi sasaran bully. Karena sifat rajin dan aksen bahasanya yang kental, teman-temannya selalu mengejeknya.

1. Charlie Chaplin

Charlie Chaplin

Sosok pelawak ikonik di abad ke-19 yang terkenal dengan kumisnya yang unik, Charlie Chaplin. Ada sejuta kisah menarik yang bisa diceritakan sosok Chaplin. Orangtua Chaplin, bukanlah contoh orang tua yang baik di masa kini. Ibunya memiliki 2 anak hasil hubungan gelap. Ayahnya, pergi meninggalkan Chaplin ketika dirinya masih kecil. Ibunda Chaplin meninggal dunia akibat memiliki masalah dengan hati, kekurangan nutrisi, dan sipilis.

Kehidupan Chaplin ketika terkenal juga tak begitu berubah banyak, masih saja ada beberapa masalah yang menghampirinya. Chaplin dipaksa untuk membiayai hidup dari anak yang bukan anak aslinya. Meski sudah terbukti dengan tes darah, hakim pengadilan tetap memutuskan Chaplin untuk membiayai hidup dari sang anak. Di tahun 1977, jenazah Chaplin dicuri oleh orang tak bertanggung jawab. Dua bulan kemudian, jenazahnya berhasil ditemukan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas