home -> Unik -> 10 Bangunan Di Dunia Dengan Arsitektur Unik
17 Desember 2017 07:26

10 Bangunan Di Dunia Dengan Arsitektur Unik

Oleh reagan dalam Unik pada November 17, 2017

Jika pelukis menuangkan apa yang ada di kepalanya ke atas kanvas, maka arsitek menuangkan apa yang ada di kepalanya ke dalam bentuk sebuah bangunan. Sebuah bangunan tercipta tidak lepas dari peran seorang arsitek. Untuk membuat suatu bangunan agar terlihat berbeda, tentunya harus dipikirkan bentuk dan segala aspeknya. Semakin unik suatu bentuk bangunan, maka akan semakin terkenal juga bangunan tersebut. Menurut kalian, 10 bangunan di bawah ini adalah bangunan unik atau bangunan yang aneh.

10. The Hashtag Tower, Korea Selatan

The Hashtag Tower

Berdasarkan foto di atas, bentuk apa yang kalian lihat? Apakah itu huruf H atau lambang hashtag(#)? The Cross Tower atau Hashtag Tower, itulah nama bangunan yang berada di kota Seoul, Korea Selatan. Gedung berbentuk hashtag dari Negeri K-Pop ini begitu terkenal di Korea Selatan dan menjadi salah satu bangunan dengan arsitektur unik yang ada di dunia.

Hashtag Tower adalah sebuah bangunan 3 dimensi dengan menara horizontal dan vertical. Tiga buah jembatan dibuat sebagai penghubung antar 2 tower yang menjulang tinggi. Gedung yang sangat impresif tersebut terdiri dari 600 apartemen, perpustakaan, dan galeri. Di puncaknya ditutup dengan taman. Hashtag Tower menjadi simbol dari Yongsan Business District.

9. Forest Spiral, Jerman

Forest Spiral

Dinamakan Forest Spiral karena bagian atap dari bangunan ini ditanamani dengan sejumlah pohon dan bila kalian lihat dari sisi yang berbeda, bangunan ini memang tampak seperti spiral. Sebenarnya Forest Spiral atau yang disebut dengan Waldspirale ini bukanlah sebuah gedung kantor atau museum, ini hanyalah sebuah bangunan tempat tinggal.

Waldspirale merupakan bangunan tempat tinggal yang berlokasi di Darmstadt, sebuah kota yang ada di Jerman. Bangunan dengan arsitektur unik tersebut merupakan bangunan yang dirancang oleh orang Austria, Friedensreich Hundertwasser dan diimplementasikan oleh insinyur Heinz M. Springmann. Dibangun pada tahun 1990an dan selesai di tahun 2000.

8. Wonderworks, Amerika

Wonderworks

Sebuah bangunan entertainment yang sangat unik berada di Tennessee menjadi pusat atraksi bagi para pengunjung. Bangunan terbalik yang berada di kota Tennessee tersebut bernama WonderWorks. WonderWorks memang sengaja membuat desain bangunan terbalik agar lebih menggoda pengunjung.

Ternyata, bangunan WonderWorks yang ada di Tennessee tersebut hanyalah salah satu dari 4 bangunan unik yang termasuk dalam WonderWorks Family Atrractions yang berada di Amerika. Masih ada 3 bangunan serupa lainnya selain di Tennessee, mereka ada di Orlando, Panama City, Myrtle Beach, Syracuse, dan West Nyack.

7. Nautilus House, Meksiko

Nautilus-House

Di saat bangunan pada umumnya dibuat menggunakan bahan seperti semen, besi atau batu bata, di Meksiko terdapat sebuah bangunan yang bukan cuma bentuknya saja yang unik, tapi bahan pembuatnya juga. Nautilus House, begitulah nama dari bangunan tersebut. Bangunan tersebut ternyata menggunakan bahan kulit kerang sebagai bahan utama.

Pembuat dari Nautilus House adalah arsitek bernama Javier Senosiain. Bangunan yang sangat indah untuk dilihat ini dibuat dari kulit kerang pilihan. Struktur bangunan sangat halus dan memiliki tangga yang berbentuk spiral. Javier Senosiain membangun Nautilus House dengan maksud untuk membawa kehidupan yang ada di air menjadi sebuah arsitektur.

6. Dancing Building, Republik Ceko

Dancing Building

Dua buah bangunan di kota Prague, Republik Ceko berhasil mencuri perhatian banyak orang. Bukan hanya dalam negeri, melainkan negara lain di luar Republik Ceko juga tertarik melihatnya. Bentuk bangunan yang meliuk bagaikan seorang penari tersebut, membuatnya diberi nama Dancing Building.

Dancing Building adalah sebuah karya yang sangat masterpiece. Nuansa romantis tampak dari gedung tersebut. Vlado Milunic dan Frank Gehry adalah 2 orang yang bekerja sama menciptakan 2 buah bangunan yang tampak seperti menari tersebut. Kala itu, desain Dancing Building dianggap sebagai bangunan yang kontroversial. Sekarang, Dancing Building berubah menjadi pusat budaya karena stylenya yang unik dan dijadikan simbol dari kota Prague.

5. Crazy House, Vietnam

Crazy House

Tidak jauh dari Indonesia, ada sebuah negara yang memiliki bangunan dengan arsitektur unik. Negara yang dimaksud adalah Vietnam. Bangunan yang sangat unik tersebut bernama Crazy House. Di Vietnam, negara asal Crazy House berasal, bangunan tersebut lebih dikenal dengan nama Hang Nga Guesthouse.

Berada di kota Da Lat, bangunan tak biasa tersebut dirancang dan dibangun oleh seorang arsitek asal Vietnam yakni Dang Viet Nga. Sang arsitek mengatakan, bangunan yang ia bangun digambarkan sebagai rumah dongeng. Dirinya juga mengaku bahwa bentuk bangunan tersebut terinpirasi dari struktur alam dan lingkungan sekitarnya.

4. Kunsthaus, Swiss

Kunsthaus

Bila kalian berkesempatan untuk pergi ke Swiss, mungkin kalian bisa melihat salah satu bangunan terunik di dunia yaitu Kunsthaus. Kunsthaus memiliki bentuk yang sangat unik, yang mungkin tidak akan kalian temui sebelumnya. Bentuknya tersebut seperti bangunan yang dibuat oleh alien, bukan manusia.

Apa bangunan tersebut bisa kita masuki? Jawabannya adalah bisa. Kunsthaus adalah sebuah museum seni kontemporer yang memiliki bentuk "biomorphic". Bentuk biomorphicnya tersebut sangat menonjol sendiri, sangat jauh berbeda dengan arsitektur bangunan yang berada di sekitar Kunsthaus.

3. Turning Torso, Swedia

Turning Torso

Entah apa yang ada dalam pikiran orang yang membuat bangunan ini. Yang pasti, ide tak biasa tersebut berhasil menciptakan sebuah bangunan luar biasa yang berdiri tegak dan mengagumkan seperti yang tampak pada foto. Turning Torso itulah nama yang diberikan untuk gedung yang tampak seperti meliuk atau berputar ini.

Adalah Santiago Calatrava yang memiliki ide gila untuk membangun sebuah gedung tinggi yang berputar. Sebagai catatan, tidak hanya berbeda dari bangunan biasa, Turning Torso menjadi bangunan tempat tinggal yang tertinggi di seluruh Swedia. Dari bawah sampai ke atas, Turning Torso dibuat memutar 900.

2. Dynamic Tower, Dubai

Dynamic Tower

Dubai selalu memiliki cara untuk menciptakan hal yang bisa membuat orang geleng-geleng kepala. Selain Dubai Fountain, mesin atm emas, dan kini adalah sebuah bangunan tinggi yang berkelok, bernama Dynamic Tower. Melihat fotonya membuat kita bertanya-tanya, seperti apa isi dalam gedung tersebut.

Dynamic Tower atau Da Vinci Tower ini adalah gedung pencakar langit yang dirancang oleh David Fisher. Dengan total 80 lantai, tiap lantainya memiliki kemampuan untuk berputar hingga 6 meter tiap menitnya, dan untuk melakukan rotasi penuh, membutuhkan waktu sekitar 90 menit. Biaya yang diperkiran untuk menciptakan pencakar langit ini juga sungguh sangat gila, 330 juta USD.

1. The Crooked House, Polandia

The Crooked House

Bentuknya yang seram mengingatkan kita dengan rumah yang ada di cerita-cerita horror. The Crooked House atau yang diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Rumah Bengkok. Bangunan yang memiliki desain unik tersebut ternyata adalah sebuah tempat perbelanjaan yang berada di downtown kota Sopot. Polandia.

The Crooked House pertama kali dibangun pada tahun 2004, dengan luas mencapai 4.000 meter persegi. Perancang bangunan tersebut adalah Szotynscy dan Zaleski. The Crooked House sendiri adalah salah satu bagian dari Rezydent Shopping Center. Oleh pembuatnya, sumber inspirasi dari The Crooked House adalah gambar dari dongeng dari Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas