home -> Unik -> 10 Hewan Peliharaan Eksotis Namun Ilegal
17 Desember 2017 07:14

10 Hewan Peliharaan Eksotis Namun Ilegal

Oleh reagan dalam Unik pada November 15, 2017

Hewan eksotis memang menarik untuk dijadikan peliharaan. Tapi, perlu diketahui bahwa tidak semau hewan eksotis itu bisa kalian jadikan hewan peliharaan atau ilegal. Dikarenakan beberapa alasan, hewan eksotis diharuskan untuk tetap tinggal di habitat aslinya ataupun di penangkaran. Berikut adalah 10 hewan eksotis namun yang tidak bisa kalian jadikan peliharaan.

10. Sigung

skunk

Ada yang berpendapat sigung adalah hewan yang menyebalkan, namun ada juga yang menganggap mereka adalah hewan yang lucu. Banyak orang membenci sigung karena mereka mengeluarkan bau yang sangat tidak sedap. Namun, sigung mengeluarkan bau tak sedap hanya ketika mereka merasa terancam. Lagipula, kelenjar bau mereka bisa kok dihilangkan.

Ada beberapa negara yang memperbolehkan warganya memelihara sigung dan ada negara yang tidak. Ada banyak alasan yang sulit diungkap kenapa memelihara sigung dilarang. Bahkan di negara yang memperbolehkan, mereka yang ingin memelihara sigung terlebih dahulu harus memastikan kelenjar baunya sudah dihilangkan.

9. Sugar Glider

Sugar Glider

Sugar glider adalah salah satu hewan berkantung yang kini menjadi tren. Memiliki tubuh kecil seperti hamster dengan kemampuan melompat atau terbang yang top. Bentuknya yang lucu inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk memelihara sugar glider. Tapi, selayaknya hewna marsupial, hewan ini butuh perhatian ekstra.

Sebenarnya, sugar glider bukanlah hewan peliharaan yang legal. Butuh persyaratan khusus untuk merawatnya. Sugar glider tidak bisa hidup sendiri, jadi kalian harus membelinya berpasangan untuk mencegahnya merasa depresi. Sugar glider memiliki menu makanan yang ketat seperti larva dan serangga. Dan yang pasti, mereka butuh ruangan yang besar agar bisa bahagia layaknya di alam lepas.

8. Wallaby

Wallaby

Memelihara kangguru jelas tidak bisa dilakukan, lalu bagaimana dengan wallaby? Wallaby adalah hewan yang sangat dekat dengan kangguru. Bahkan mereka sering disebut sebagai kangguru mini. Di Australia, kalian bisa menemukan hewan ini dengan sangat mudah. Di Amerika, jumlah wallaby lebih sedikit dan mereka dijadikan sebagai salah satu hewan peliharaan.

Bisakah kita memelihara wallaby? Jawabannya bisa ya dan tidak. Mereka adalah hewan eksotis, itu membuat mereka sulit untuk dipelihara. Sebelum membawa pulang wallaby, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan negara tempat kalian tinggal memang mengijinkan. Kedua, wallabu membutuhkan ruangan outdoor yang sangat luas untuk tinggal. Dan terakhir, surat ijin.

7. Blue Macaws

Blue Macaws

Apa ada di antara kalian yang belum menonton film animasi berjudul Rio? Film tersebut mengisahkan cerita tentang penyelundupan burung Blue Macaw. Burung Blue Macaw merupakan hewan asli dari Amerika Selatan. Hewan ini sangat populer karena memiliki warna biru yang indah. Banyak orang yang membeli Blue Macaw untuk dijadikan peliharaan.

Blue Macaw memang cantik, tapi hewan ini tidka bisa dijadikan hewan peliharaan. Kenapa? Itu karena Blue Macaw sangat sulit untuk dirawat. Mereka memang jinak dan pintar, tapi kebanyakan orang enggan membeli 2 burung sekaligus. Padahal, Blue Macaw membutuhkan pasangan agar mereka tidak merasa depresi.

6. Kucing Besar

big cats

Mungkin kalian ada yang merasa iri melihat ada orang yang bisa memelihara kucing-kucing besar seperti singa, macan, leopard, dan lain sebagainya. Meski ada embel-embel kucing, mereka tidaklah sama seperti kucing rumahan. Mereka liar dan juga buas, lengah sedikit, bisa-bisa kalian berakhir di dalam perut mereka.

Karena kucing besar termasuk hewan yang berbahaya, kepemilikan mereka di rumah juga dilarang. Tidak hanya bisa membahayakan anggota keluarga, bisa juga membahayakan orang lain. Banyak negara yang sudah menerbitkan larangan untuk memelihara kucing besar. Hanya dengan ijin khusus yang rumit demi kepentingan komersial barulah kepemilikan kucing besar diperbolehkan.

5. Serval

Serval

Dibandingkan dengan kucing pada umumnya, serval memang tampak berbeda. Terutama di bagian telinganya yang berdiri tegak. Ya, serval adalah salah satu keluarga kucing yang tidak diragukan lagi cantiknya. Kucing eksotis ini merupakan kucing yang berasal dari wilayah Afrika. Memelihara serval tidaklah sama seperti memelihara kucing biasa.

Serval memang bukan kucing yang agresif, tapi serval tergolong dalam jenis kucing liar, itulah yang membuat mereka sulit ditebak. Insting liar merekalah yang membuat serval sulit untuk dikontrol. Di beberapa wilayah di Amerika, memelihara serval membutuhkan surat ijin khusus. Tapi, ada beberapa negara yang masih melegalkan serval.

4. Kinkajou

Kinkajou

Siapa yang tidak kenal Paris Hilton? Seorang pebisnis, sosialita, model, artis, penyanyi, DJ, dan yang paling utama adalah, Paris Hilton merupakan cucu dari Conrad Hilton yang merupakan pendiri dari Hilton Hotels. Dari banyak peliharaan yang dimiliki Paris Hilton, tidak ada yang seeksotis daripada kinkajou.

Kepopuleran kinkajou meningkat berkat Paris Hilton, terima kasih karenanya. Tapi, penting untuk kalian ketahui, untuk memelihara kinkajou tidaklah mudah. Kinkajou memiliki rentang usia antara 23 sampai 40 tahun. Untuk bisa bertahan hidup selama itu, kinkajou haruslah hidup di alamnya, tempat dimana dia bisa bergerak dengan bebas.

3. Sloth

Sloth

Wajah sloth yang lucu membuat banyak orang tertarik. Sloth memang sering disebut sebagai beruang versi kecil. Usia sloth terbilang cukup lama yakni 30 sampai 40 tahun. Ciri-ciri sloth yang umum diketahui orang adalah kukunya yang panjang dan mereka adalah hewan yang sangat-sangat lamban.

Memelihara mereka memang menarik, tapi perlu diingat bahwa hewan ini adalah hewan yang ilegal. Sloth dinyatakan ilegal untuk dijadikan hewan peliharaan karena populasinya mereka yang semakin lama semakin sedikit dan mereka sudah diambang kepunahan. Jika kalian sayang dengan hewan eksotis ini, maka biarkanlah mereka hidup di alam bebas.

2. Capybara

Capybara

Nama capybara memang jarang terdengar apalagi ditemukan di Indonesia. Namun hewan yang termasuk hewan pengerat ini termasuk salah satu hewan eksotis yang sering dijadikan hewan peliharaan di beberapa negara. Capybara adalah hewan pengerat terbesar yang bisa mencapai berat hingga 63,5 kg.

Mereka besar lucu dan semi-aquatic. Memelihara mereka, kalian butuh akses kolam agar mereka bisa berenang. Meski sangat lucu dan manis, memelihara capybara sangatlah sulit. Capybara terbiasa hidup berkelompok. Sebelum membeli capybara, ada beberapa persyaratan yang cukup rumit untuk diselesaikan.

1. Burung Hantu

owl

Kemunculan Hedwid si burung hantu peliharaan Harry dalam film Harry Potter membuat hewan ini mulai diperhitungkan untuk dijadikan hewan peliharaan. Tatapan mata yang tajam serta bentuk kepala yang seperti hati membuat orang-orang jatuh hati pada pandangan pertama. Apalagi mengingat burung hantu memiliki kesan misterius, apalagi yang kurang dari burung satu ini?

Burung hantu termasuk hewan yang ilegal dikarenakan mereka butuh penanganan spesial. Mereka sangat soliter dan teritorial. Ditambah lagi mereka adalah predator. Berada di sangkar bukanlah tempat yang tepat bagi burung hantu. Burung hantu yang berukuran kecil bisa hidup hingga 20 tahun, sedangkan yang besar bisa hidup sampai 50 tahun.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas