home -> Lainnya -> Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga
20 September 2017 08:53

Alasan Mengapa Otot Terasa Nyeri Sehabis Olahraga

Oleh admin dalam Lainnya pada May 16, 2013

Seberapa sering begitu Anda selesai berolahraga, keesokan harinya Anda merasakan rasa nyeri yang luar biasa? Bahkan sesuatu yang sederhana seperti turun tangga dapat terasa menyiksa. Hal ini dikenal juga dengan nama nyeri otot tertunda atau DOMS. Berikut penyebab dari rasa nyeri tersebut dan cara mengatasinya.

PENYEBAB RASA NYERI SEHABIS BEROLAHRAGA

nyeri otot

Dikenal juga dengan nama Delayed Onset Muscle Soreness (nyeri otot tertunda) atau DOMS, yang dimana merupakan hasil dari aktivitas-aktivitas seperti melakukan suatu pekerjaan biasanya adalah olahraga. Khususnya jika:

  • Anda melakukan aktivitas yang baisa tidak anda lakukan (seperti biasa Anda hanya jogging, tahu-tahu sekarang Anda melakukan maraton)
  • Anda meningkatkan tingkat intensitas olahraga Anda atau memperpanjang waktu olahraga Anda
  • Melakukan olahraga yang esentrik, seperti turun gunung atau membentangkan tangan untuk melatih bicep.

Melakukan aktivitas-aktivitas seperti ini dapat menyebabkan luka yang tidak terlihat mata (microdamage atau microtear) ke serabut atau jaringan otot yang akan Anda rasakan sehari sampai dua hari kemudian. Besarnya luka ini tergantung dari intensitas dan berapa lama aktivitas yang Anda lakukan.

SEBENARNYA HAL INI BAIK ATAU TIDAK?

no pain no gain

Sebelum kita mengatakan hal ini baik atau tidak, Anda mungkin harus mengetahui terlebih dahulu apa yang terjadi selama Anda dalam masa nyeri tersebut. Pada saat microdamage ini terjadi di jaringan otot, tubuhkita akan mulai memperbaiki dirinya sendiri dengan menciptakan jaringan otot yang lebih kuat dan membuatnya lebih tahan banting serta lebih baik dari sebelumnya. Rasa nyeri yang kita rasakan adalah selama siklus perbaikan ini.

Jadi, apakah hal ini baik? Jawabannya adalah ya. Hal ini dikenal dengan nama latihan ketahanan yang dimana intinya Anda menyebabkan microdamage di otot Anda dan menunggu tubuh kita menggantinya dengan otot yang lebih kuat dan lebih baik.

BEDAKAN NYERI OTOT DAN LUKA LAINNYA

nyeri otot atau luka

Tapi Anda harus memastikan bahwa yang Anda rasakan adalah DOMS atau nyeri otot bukan luka lainnya. Cara terbaik untuk mencari tahu hal tersebut adalah nyeri otot ini bersifat bilateral. Misalnya jika Anda merasakan nyeri yang berlebih di pundak satunya padahal Anda melakukan olahraga untuk kedua belah pundak, maka kemungkinan besar itu bukan DOMS melainkan luka persendian atau sejenisnya.

Anda juga harus mengetahui bahwa seperti namanya, nyeri otot itu terjadi di otot bukan di persendian. Jika Anda merasakan ada yang aneh di persendian Anda, kemungkinan besar itu merupakan tanda dari  luka sendi (osteoarthritis). Hal lain adalah nyeri otot tidak terjadi langsung secara tiba-tiba, biasanya terjadi beberapa lama setelah berolahraga, kebanyakan terjadi besoknya.

CARA MENGATASI NYERI OTOT SEHABIS BEROLAHRAGA

atasi nyeri otot

Jika Anda merasakan nyeri otot tersebut sangat menyiksa, cara-cara berikut ini dapat meringankan nyeri tersebut. Walaupun tidak semuanya didukung oleh riset nyata, para atlit mengatakan hal berikut ini terbukti efekfif.

  • Active Recovery, merupakan sebuah cara yang didukung riset nyata dimana mengatakan olahraga dengan intensitas rendah lebih baik daripada mengistirahatkan diri. Biasanya disebut dengan Pendinginan sehabis berolahraga.
  • Istirahat, ini merupakan cara yang paling banyak dibuktikan oleh para atlit, dimana rasa nyeri akan hilang sehabis 3 sampai 7 hari.
  • Pemijatan, jika Anda pernah menonton pertandingan olahraga, Anda mungkin pernah melihat beberapa atlit dipijat oleh pelatihnya. Hal ini untuk mengurangi rasa nyeri ini.
  • Air dingin atau Air Hangat, walaupun masih diperdebatkan, beberapa atlit mengatakan bahwa air dingin atau air hangat dapat meringankan rasa nyeri, tetapi jangan gunakan air hangat jika rasa nyeri baru dirasakan
  • Yoga, banyak yang mengatakan bahwa melakukan Yoga dapat meringankan rasa nyeri ini.

Biasanya rasa nyeri ini terjadi hanya dalam waktu 3 sampai 7 hari, dan hal itu tergantung dari olahraga yang dilakukan serta orang itu sendiri. Jika terjadi dalam jangka waktu lama, lebih baik Anda melakukan pemeriksaan ke dokter.

CARA MENGANTISIPASINYA

pemanasan

Walaupun nyeri otot tidak bisa diatasi secara penuh dan hanya bisa diringankan dengan tips-tips di atas, Anda dapat mengantisipasinya dengan cara-cara berikut ini. Antisipasi ini akan mengurangi intensitas rasa nyeri dan waktu dari rasa nyeri tersebut.

  • Lakukan Bertahap, Jika Anda memang ingin meningkatkan kebiasaan olahraga Anda dalam hal lama dan intensitasnya. Lebih baik tingkatkan secara perlahan daripada sekaligus.
  • Lakukan Pemanasan, Ini tentu merupakan cara terbaik dan pasti harus Anda lakukan sebelum berolahraga
  • Lakukan Pendinginan, Sama halnya seperti pemanasan, sesudah Anda berolahraga lakukanlah pendinginan dengan perengangan otot.
  • Mintalah bantuan Ahli atau Pelatih, Jika Anda tidak yakin bagaimana melakukan olahraga yang benar dan aman, lebih baik minta bantuan dari para ahli.
  • Jangan Tiba-tiba, Seperti yang disebutkan di tips pertama mengenai lakukan bertahap, jangan pernah melakukan perubahan yang tiba-tiba dalam kebiasaan olahraga Anda.

--

Rasa nyeri memang menyiksa dan menjengkelkan, tetapi seperti kata "No Pain No Gain", rasa nyeri ini akan memberikan Anda peforma yang lebih baik.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas