home -> Lainnya -> Tips Menyelamatkan Diri pada saat Terjun Bebas dar...
16 Oktober 2018 04:23

Tips Menyelamatkan Diri pada saat Terjun Bebas dari Ketinggian

Oleh admin dalam Lainnya pada January 19, 2013

Mungkin Anda pernah memikirkan bagaimana jika Anda jatuh dari ketinggian yang saat tinggi atau mengapa orang-orang tidak selamat pada saat jatuh dari ketinggian? Berikut ini adalah cara-cara untuk selamat dari saat dimana seseorang harus terjun bebas dari ketinggian tersebut.

1. Gunakan posisi parasut untuk mengurangi kecepatan Anda

posisi parasut dari ketinggian

Cara ini hanya dapat digunakan bagi mereka yang jatuh dari pesawat, jika tidak maka Anda tidak mungkin punya waktu untuk ini. Posisi ini dilakukan dengan perut dan muka menghadap ke tanah, ulurkan atau lebarkan tangan dan kaki. Angkat kepala Anda ke belakang, buat tangan Anda saling berparallel satu sama lain mengarah lurus ke depan, tekuk kaki Anda sedikit, seperti contoh pada gambar di atas.

2. Coba untuk menemukan pendaratan yang optimal

Walaupun cara parasut adalah yang paling optimal untuk Anda jika Anda jatuh dari pesawat atau ketinggian serupa. Anda harus menghindari batu atau beton, beberapa kondisi terbaik untuk mendarat adalah menggunakan salju yang tinggi, air yang dalam, rumput bergelombang. Hutan atau daerah-daerah dengan tumbuhan yang tebal juga menguntungkan, walaupun resiko tertusuk lebih tinggi.

3. Atur tempat mendarat Anda

tempat mendarat posisi parasut

Jika jatuh dari pesawat, Anda akan mempunyai waktu sekitar 1 sampai dengan 3 menit sebelum jatuh ke tanah. Anda juga mempunyai waktu untuk bergerak 1,8 mil (sekitar 1 kilometer).

Dari posisi parasut yang dideskripsikan di atas, Anda dapat menggerakkan badan Anda ke depan dengan mengulurkan kaki Anda dan menekuk lengan dan bahu ke belakang. Anda juga dapat bergerak mundur dengan mengulurkan tangan Anda dan menekuk kaki Anda. Untuk bergerak ke kiri, tekuk badan Anda ke kanan dan tekan bahu kanan. Untuk bergerak ke kanan lakukan sebaliknya.

4. Daratkan kaki terlebih dahulu, dan tekuk lutut Anda

posisi pada saat mendarat

Kemungkinan untuk selamat meningkat jika Anda mendarat dengan kaki terlebih dahulu. Kaki dan lutut akan terkena dampak paling buruk, kemudian badan dan barulah kepala. Berdasarkan penelitian, dampak akan berkurang jika tubrukan dengan tanah dimulai dengan lutut menekuk seperti pada gambar di atas.

5. Relax

fall-but-relax

Walaupun pada saat Anda mengalami hal ini, sangatlah sulit dan tidak mungkin untuk relax karena ini adlaah situsasi dimana Anda melihat 'kematian mendekati' Anda. Jika Anda tegang, otot-otot di tubuh Anda pun akan tegang dan dampak dari saat Anda bertubrukan akan sangat mudah berpindah ke organ-organ penting di dalam tubuh Anda daripada pada saat Anda relax dan santai.

6. Cobalah untuk berputar pada saat Mendarat

berputar pada saat mendarat

Daripada benar-benar langsung mendarat ke tanah, sangatlah jauh lebih baik untuk berputar pada saat mendarat. Hal inilah yang dilakukan oleh para profesional di film-film pada saat mereka melompat dari ketinggian yang cukup tinggi, untuk mengurangi dampak dari tubrukan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas