home -> Lainnya -> 10 Kejadian Yang Andaikan Terjadi Di Bumi Dan Akib...
24 November 2017 23:56

10 Kejadian Yang Andaikan Terjadi Di Bumi Dan Akibatnya

Oleh reagan dalam Lainnya pada November 03, 2017

Kalian semua pasti pernah bermimpi atau berandai-andai. Andaikan Saya kaya, andaikan dia menjadi presiden atau andaikan artis itu menjadi kekasih Saya. Masih ada lagi andai-andai lain yang mungkin bisa terjadi. Di bawah ini ada hal atau kejadian yang seandainya terjadi pada bumi, efek apa yang akan terjadi pada Bumi dan isinya?

10. Apa Yang Akan Terjadi Apabila Oksigen Menghilang?

oxygen

Tanpa oksigen, tumbuhan tidak bisa berfotosintesis, hewan dan manusia tidak bisa hidup. Ini membuktikan betapa pentingnya oksigen bagi makhluk hidup. Apa yang akan terjadi pada Bumi bila oksigen menghilang. Kita tahu apa yang akan terjadi pada makhluk hidup bila oksigen menghilang, bagaimana dengan benda mati?

Ambil contohnya saja oksigen menghilang dalam 5 detik, apa dampaknya? Semua barang yang terbuat dari besi akan menyatu karena efek oksidasi. Langit akan berubah menjadi bila oksigen menghilang. Bangunan akan hancur karena oksigen berperan sebagai perekat. Sedangkan manusia, manusia akan terpapar langsung dengan sinar ultraviolet dan kulit akan terbakar. Gendang telinga juga akan meledak karena tidak keseimbangan tekanan udara.

9. Apa Yang Akan Terjadi Apabila Semua Nyamuk Musnah?

mosquito

Nyamuk merupakan serangga yang menyebalkan. Keberadaan mereka hanya mendatangkan masalah, dan beberapa nyamuk diketahui membawa jenis penyakit yang berbeda. Makhluk penghisap darah ini selalu diharapkan lenyap dari muka Bumi. Apa yang terjadi seandainya hal tersebut mungkin terjadi?

Dalam berbagai kasus, hilangnya satu spesies bisa berdampak pada ekosistem. Satu rantai makanan putus, maka akan berdampak pada langsung pada ekosistem. Contohnya, apabila katak mati, maka hewan yang dimangsa oleh katak akan mengalami ledakan populasi. Untungnya, jika semua nyamuk di muka Bumi lenyap, ini tidak akan berdampak besar pada ekosistem. Hewan seperti katak dan ikan yang menjadi predator dari larva nyamuk akan mencari sumber makanan lain dengan mudah.

8. Apa Yang Akan Terjadi Bila Manusia Melompat Ke Dalam Gunung Berapi?

volcano

Satu hal yang pasti akan terjadi bila manusia lompat ke dalam gunung berapi adalah mati. Tapi, apa kita langsung mati atau kita mati secara perlahan? Kita tidak tahu dan tentu tidak mau mencoba hal tersebut. Berikut adalah yang terjadi pada manusia secara bertahap apabila melompat ke dalam gunung.

Ketika kalian melompat ke dalam gunung berapi, disana akan terdapat kolam magma. Magma memiliki kepadatan sekitar 2 sampai 3 kali lebih padat daripada air. Andaikan seperti kalian menginjak semen basah. Umumnya manusia langsung mati sebelum menyentuh magma, itu karena disebabkan paru-paru terbakar. Andaikan masi hhidup, mendarat di magma dalam kecepatan tinggi bisa mematahkan leher atau tengkorak. Andaikan lagi masih hidup, tubuh akan terbakar begitu menyentuh magma dan perlahan-lahan mulai meleleh dan berubah menjadi abu.

7. Apa Yang Akan Terjadi Apabila Matahari Mati?

sun

Selama ini manusia selalu berprediksi bahwa tahun ini, matahari akan mati. Tapi mungkinkah matahari bisa mati? Apa yang akan terjadi pada Bumi, manusia, dan alam semesta apabila matahari berhenti bersinar? Bila benar matahari bisa mati, maka berita buruk bagi kita manusia yang tinggal di Bumi.

Di tahun 2015, rata-rata suhu Bumi adalah 140C. Jika matahari mati, hanya dalam seminggu, temperatur Bumi bisa langsung turun drastis sampai 00C. Dalam waktu satu tahun, suhu bisa semakin turun hingga -1000C. Suhu serendah itu bisa membunuh hampir semua tumbuhan dan membekukan air. Masih ada kemungkinan manusia untuk hidup apabila manusia tinggal di bagian terdalam Bumi dimana terdapat sumber panas. Tapi tentunya dengan stok makanan yang minim.

6. Apa Yang Akan Terjadi Apabila Dinosaurus Masih Hidup?

dinosaurs

Sebelum era manusia hadir di Bumi, para hewan purba alias dinosaurus sudah lebih dahulu menginjakkan kaki dan menguasai Bumi. Ukuran mereka bervariasi, ada yang kecil, ada juga yang sangat besar. Apa yang akan terjadi seandainya dinosaurus yang punah sekitar puluhan juta tahun lalu, masih hidup berdampingan dengan manusia hingga sekarang?

Bila para dinosaurus masih hidup sampai sekarang, ada kemungkinan mereka akan turut berkembang seiring berjalannya waktu. Ada kemungkinan besar bahwa otak dinosaurus akan berevolusi dan semakin pintar. Efeknya pada manusia, manusia justru tidak akan berevolusi layaknya dinosaurus. Ukuran manusia diperkirakan tidak lebih besar dari ukuran tikus. Lagipula, manusia bisa berevolusi dikarenakan era dinosaurus punah, pasokan makanan yang melimpah, minimnya kompetisi, dan lebih sedikit predator.

5. Apabila Internet Mati Dalam Satu Hari

internet

Keberadaan internet saat ini tidak bisa dipisahkan dengan manusia. Baru bangun tidur saja, orang langsung mengecek handphonenya untuk melihat ada pesan baru dan berita terhangat. Sebelum tidur, orang masih mengecek timeline Facebook mantan (mungkin). Andaikan saja internet tidak ada atau mati dalam satu hari.

Kacau! itulah gambaran banyak orang bila internetnya mati meski hanya dalam satu hari. Tidak bisa mengecek email, berita, bermain games, dan lain-lain. Tapi, internet mati tidak begitu membuat aktivitas benar-benar mati. Masih ada orang yang tetap bisa beraktivitas seperti normal. Hanya beberapa perusahaan raksasa yang memiliki ketergantungan tinggi pada internet seperti Facebook dan Google yang akan terkena dampak paling besar.

4. Apa Yang Akan Terjadi Apabila Ukuran Bumi Bertambah 2 Kali Lipat?

earth

Bumi tempat kita tinggal adalah tempat yang sangat luas. Butuh waktu yang cukup lama apabila kalian mau coba untuk berkeliling bumi. Meski kita tahu Bumi adalah tempat yang luas, ada orang yang berandai-andai tentang besar Bumi bertambah 2 kali lipat. Bukan hanya ukuran, tapi juga massanya.

Bila hal ini benar terjadi, hal pertama yang pasti akan langsung terasa adalah, kalian merasa tubuh kalian sangat berat. Bertambahnya massa Bumi menjadi 2 kali lipat juga berdampak pada gaya gravitasi. Gaya gravitasi Bumi yang otomatis bertambah membuat kita serasa berjalan dengan baju perang yang sangat berat. Positifnya, manusia akan berevolusi menjadi lebih kuat lagi untuk beradaptasi.

3. Seandainya Pangaea Tidak Terpisah

pangaea

Kembali mengingat pelajaran sejarah dan geografi ketika sekolah dulu, Pangea atau Pangaea adalah benua super yang ada pada akhir jaman Paleozoikum dan awal Mesozoikum. Benua ini terbentuk sekitar 300 juta tahun yang lalu sebelum komponen benua dipisah menjadi Eurasia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, India, Antartika, dan Australia.

Apa yang akan terjadi bila Pangaea tidak pernah terpisah? Itu merupakan kabar buruk bagi manusia. Bila Pangaea tidak pernah terpisah, maka manusia tidak akan pernah berevolusi seperti sekarang. Beberapa spesies baru bisa terbentuk karena adanya perubahan geografi. Ketika suatu benua terpisah atau terisolasi, maka hal tersebut bisa mendorong ekosistem di benua tersebut untuk berkembang dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

2. Apa Yang Akan Terjadi Ketika Kita Menembakkan Peluru Di Luar Angkasa?

gunshot

Lain dengan manusia yang membutuhkan oksigen untuk bernapas, senjata api jaman sekarang tidak butuh oksigen sama sekali. Ketika berada di luar angkasa, tentunya manusia menggunakan tabung oksigen dan pakaian khusus, apa yang akan terjadi apabila kita menembakkan pistol di ruang yang kedap udara?

Karena pistol tidak membutuhkan udara, maka peluru yang ditembakkan di luar angkasa akan terbang selama dikarenakan alam semesta sangatlah luas. Sementara itu, kita yang menembakkan pistol akan terpental ke belakang karena daya dorong yang dikeluarkan oleh pistol. Bila di belakang kalian tidak ada penahan sama sekali, kalian juga akan terus terdorong ke belakang.

1. Apa Yang Akan Terjadi Apabila Kedua Kutub Bertukar Posisi?

north pole and south pole

Mungkin bisa terjadi di masa depan, mungkin juga tidak. Apabila terjadi, kira-kira apa yang akan terjadi pada bumi dan isinya ketika 2 kutub, Kutub Utara dan Kutub Selatan berpindah posisi? Kutub Utara menjadi Kutub Selatan dan Kutub Selatan menjadi Kutub Utara. Tentu hal ini membuat banyak orang penasaran.

Bertukatnya Kutub Utara menjadi Kutub Selatan dan sebaliknya, ternyata sudah pernah terjadi sekitar 780.000 tahun yang lalu. Untuk terjadi lagi, dibutuhkan waktu kira-kira 1.000 sampai 10.000 tahun kemudian. Ketika kedua Kutub saling bertukar, satu hal yang pasti akan terjadi adalah melemahnya medan listrik di bumi. Medan listrik ini berguna untuk mengurangi radiasi dari sinar matahari. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya lubang di lapisan ozon sehingga bisa meningkatkan resiko kanker kulit.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas