home -> Lainnya -> 10 Insiden Hilang Yang Terjadi Di Segitiga Bermuda
24 November 2017 23:56

10 Insiden Hilang Yang Terjadi Di Segitiga Bermuda

Oleh reagan dalam Lainnya pada November 02, 2017

Segitiga bermuda adalah salah satu tempat paling misterius di dunia. Telah ada ratusan pesawat dan kapal lenyap begitu saja begitu mereka memasuki tempat ini tanpa diketahui secara pasti apa sebenarnya penyebab dari kemisteriusan tersebut. Berikut akan kami ulas sejumlah peristiwa hilangnya orang, pesawat, dan kapal yang terjadi di Segitiga Bermuda.

10. Douglas C-54 Skymaster, 26 Januari 1950

B-29 Superfortress

Kita tahu bahwa perairan Segitiga Bermuda adalah perairan yang berbahaya. Kapal apapun yang masuk wilayah tersebut dipastikan akan mengalami kejadian naas, kemudian hilang tanpa jejak. Bukan hanya kapal, bahkan pesawat terbang yang melintas di atas perairan Segitiga Bermuda pun juga bisa lenyap tanpa jejak.

Sebelumnya pernah diberitakan bahwa yang hilang saat itu adalah pesawat B-29 Superfortress, tapi setelah dilakukan investigasi oleh Lawrence Kunsche, dinyatakan bahwa pesawat yang hilang adalah Douglas C-54 Skymaster. Pesawat tersebut dinyatakan hilang ketika melakukan penerbangan dengan rute Alaska menuju Montana.

9. Avro Tudor G-AGRE Star Ariel, 17 Januari 1949

Tudor IV

Ada 2 buah pesawat Tudor IV yang hilang secara misterius di Segitiga Bermuda. Yang satu adalah Star Tiger dan satunya lagi adalah Star Ariel. Yang akan dibahas pertama kali dalam daftar ini adalah Star Ariel. Avro Tudor G-AGRE Star Ariel, baik itu kru pesawat serta penumpangnya, hilang pada tanggal 17 Januari 1949.

Total korban hilang dari Avro Tudor G-AGRE adalah sebanyak 20 orang. Dimana kru pesawat sebanyak 7 dan 13 sisanya adalah penumpang. Pesawat Star Ariel dinyatakan hilang di daerah Bermuda ketika melakukan penerbangan dari Kindley Field menuju Kingston Airport yang berada di Jamaika. Sebelum hilang, pilot Star Ariel yakni Capt. J. C. McPhee mengirim sebuah pesan bahwa dirinya hendak mengganti frekuensi. Setelah itu, tidak terdengar lagi berita dari Star Ariel. Setelah terjadi 2 kali kehilangan Tudor IV, pihak British South American Airways menghentikan produksi dari pesawat Tudor IV.

8. Flight 201, 31 Maret 1984

Flight 201

Satu pesawat dinyatakan hilang secara misterius, Flight 201. Flight 201 yang saat itu sedang terbang dengan rute Bimini Island di Kepulauan Bahama hilang pada tanggal 31 Maret 1984. Kehilangan pesawat Flight 201 membuat banyak orang bertanya-tanya dan berusaha melakukan pencarian untuk mencari keberadaan pesawat serta penumpangnya.

Pesawat yang ditargetkan mendarat di Bimini Island tersebut hilang dengan misterius. Menurut pantauan, pesawat Flight 201 sempat menurunkan kecepatan secara signifikan. Melalui sinyal radio, sama sekali tidak ditemukan indikasi masalah pada pesawat. Secara tiba-tiba, pesawat jatuh dan menghilang dari radar. Seorang saksi mata di Bimini Island mengatakan melihat sebuah pesawat jatuh ke dalam laut tapi tidak ditemukan satupun puing pesawat. 

7. Piper Navajo, 3 November 1978

piper navajo

Dibawa oleh pilot yang berpengalaman tentu membuat penumpang merasa aman selama terbang menuju tempat tujuan. Tapi yang namanya nasib tidak ada yang bisa menduga. Seperti yang dialami oleh pesawat Eastern Caribbean Airways. Meski dikendalikan oleh pilot berpengalaman, pesawat tersebut harus hilang secara misterius pada 3 November 1978.

Adalah pilot berpengalaman Irving Rivers yang mendapatkan tugas untuk menerbangkan pesawat secara solo dari St. Croix menuju St. Thomas untuk menjemput penumpang.  Baik kondisi pesawat dan cuaca kala itu sedang dalam kondisi bagus. Ketika hendak mendarat di St. Thomas, pesawat yang dibawa Rivers harus terbang sedikit lebih lama karena ada pesawat yang hendak lepas landas. Setelah pesawat lepas landas, pesawat yang dikemudian Rivers malah hilang dari radar. Pencarian darurat dilakukan tetap tidak ditemukan Rivers.

6. USS Cyclops, 4 Maret 1918

USS Cyclops

Untuk mengangkut batu bara pada masa Perang Dunia I, Lt. G. W. Worley membutuhkan sebuah kapal raksasa. Kapal raksasa tersebut bernama USS Cyclops.Di tahun 1918, USS Cyclops yang biasanya tinggal di East Coast, Amerika Serikat, dikirim ke Rio de Janeiro pada bulan Februari untuk mengisi bahan bakar kapal sekutu.

USS Cyclops melakukan perjalanan dengan membawa orang sebanyak 309 dan ulai bergerak meninggalkan Rio de Janeiro menuju Barbados. USS Cyclops tiba di Barbados pada bulan Maret dengan selamat. Setelah itu, kapal USS Cyclops pergi meninggalkan Barbados menuju Baltimore, Maryland pada 4 Maret 1918. Di saat itulah kapal USS Cyclops menghilang secara misterius beserta awak kapalnya di Samudra Atlantik.

5. USS Proteus, 23 November 1941 dan USS Nereus, 10 Desember 1941

USS Proteus and USS Nereus

Kapal raksasa yang hilang pada 4 Maret 1918 yaitu USS Cyclops ternyata memiliki 2 saudara yakni USS Proteus dan USS Nereus. Entah karena sial atau memang ada kutukan, USS Proteus dan USS Nereus bernasib sama dengan sang kakak, USS Cyclops yang telah hilang lebih dulu di Segitiga Bermuda.

USS Proteus hilang pada tanggal 23 November 1941. Kapal tersebut hilang lenyap di lautan lepas dengan total korban jiwa sebanyak 58 orang. Kapal tersebut direncanakan membawa bauksit dari St. Thomas. USS Nereus hilang pada tanggal 10 Desember 1941, sebulan setelah USS Proteus. USS Nereus hilang beserta 61 orang yang berada di dalam kapal. Kapal tersebut juga hilang ketika pergi dari St. Thomas dengan muatan bauksit.

4. Douglas DC-3NC16002, 28 Desember 1948

Douglas DC-3NC16002

Sebuah pesawat transport yang direncakan terbang dari San Juan, Puerto Rico menuju Miami diberitakan hilang tepat pada 28 Desember 1948. Penyebab hilangnya pesawat Douglas DC-3NC16002 ini tidak ada yang tahu sampai sekarang. Pesawat yang dijadwalkan mendarat di Miami tersebut tengah membawa 29 penumpang dan 3 kru.

Robert Linquist, sang pilot pesawat sempat memberitahu pada petugas bandara bahwa lampu tanda peringatan tidak berfungsi serta baterai pesawat hampir habis. Tapi Linquist tidak berniat untuk melakukan penundaan takeoff. Penjawa traffic di Miami masih sempat mendapatkan transmisi dari pesawat yang saat itu tengah berada di New Orleans. Setelah itu, tidak terdengar lagi sinyal dari pesawat dan pesawat dinyatakan hilang.

3. Avro Tudor G-AHNP Star Tiger, 30 Januari 1948.

Avro Tudor G-AHNP Star Tiger

Sebuah pesawat berjenis Avro Tudor G-AHNP Star Tiger dinyatakan hilang secara misterius. Pesawat besar ini dinyatakan hilang pada 30 Januari 1948. Ketika itu, Avro Tudor G-AHNP tengah melakukan perjalanan dengan rute dari Santa Maria Airport di Azores menuju Kindley Field, Bermuda.

Star Tiger, begitulah nama yang diregistrasikan untuk pesawat Avro Tudor G-AHNP. Star Tiger hilang dengan membawa 6 kru pesawat dan 25 penumpang. Star Tiger mulai hilang dari kontak ketika pesawat terbang di atas Samudra Atlantik. Penyebab hilangnya pesawat Avro Tudor G-AHNP masih dicari hingga sekarang.

2. Theodosia Burr Alston, 30 Desember 1812

theodosia burr alston

Tidak ada kasus hilang yang lebih menggemparkan dunai khususnya Amerika selain hilangnya Theodosia Burr Alston. Kenapa berita hilangnya perempuan satu ini begitu heboh? Itu karena Theodosia Burr Alston adalah putri dari mantan wakil presiden Amerika Serikat, Aaron Burr. Theodosia diberitakan hilang pada 20 Desember 1812.

Tidak ada kabar berita mengenai apa penyebab dari hilangnya putri mantan wakil presiden Amerika Serikat tersebut. Namun, banyak orang yang menghubungkan hilangnya Theodosia dengan Segitiga Bermuda. Theodosia hilang ketika menaiki kapal Patriot. Kapal Patriot dijadwalkan berlayar dari Charleston, Selatan Caroline menuju New York pada 30 Desember 1812.. Setelahnya, berita dari kapal yang ditumpangi Theodosia tidak pernah terdengar lagi.

1. Flight 19, 5 Desember 1945

Flight 19

Penerbangan Flight 19 yang dilakukan pada tanggal 5 Desember 1945 mengalami musibah dengan menghilang secara misterius. Penerbangan Flight 19 tersebut dilakukan oleh 5 pesawat bom torpedo Avenger. Pesawat meninggalkan Naval Air Station di Fort Lauderdale dengan dipimpin oleh pilot Lt. Charles Taylor.

Karena pengalamannya, Lt. Charles Taylor mendapatkan mandat untuk memimpin sebanyak 13 pilot pemula untuk melakukan penerbangan. Taylor melapor pada markas bahwa kompasnya tidak berfungsi dan oleh karenanya, Taylor diarahkan menuju Utara Miami dari Florida Keys. Meski Taylor merupakan pilot berpengalaman, Taylor malah berputar arah, mencoba keluar dari Florida Keys, dan malah semakin jauh dari tujuan. Akhirnya, Taylor beserta 13 pilot pemula lain tersesat dan menghilang dari radar.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas