home -> Lainnya -> 10 Predator Jaman Purba Yang Sangat Ditakuti
24 November 2017 23:57

10 Predator Jaman Purba Yang Sangat Ditakuti

Oleh reagan dalam Lainnya pada October 23, 2017

Perlu kalian tahu, di era dinosaurus pun juga ada predator. Dinosaurus yang lemah akan menjadi mangsa dari predator yang lebih besar, kuat, dan cepat, itulah hukum alamnya. Beruntung para predator tersebut sudah punah sejak jutaan tahun yang lalu, coba bayangkan jika mereka masih hidup di jaman sekarang. Inilah para predator mengerikan yang hidup di masa dinosaurus atau jurassic.

10. Mapusaurus

Mapusaurus

Mengawali dalam daftar predator mengerikan di era Jurassic adalah Mapusaurus, hewan raksasa yang menjadi predator dengan julukan Earth Lizard. Karnivor raksasa ini diperkirakan hidup di jaman Cretaceous. Wilayah yang ditempati oleh predator besar ini adalah Argentina. Hewan purba ini memiliki kesamaan dimensi dengan Giganotosaurus yang akan dibahas selanjutnya.

Mapusaurus memiliki berat mencapai 6 ton dan mampu tumbuh sepanjang 12 meter, cukup berat dan panjang bukan? Ya, jika berandai-andai hewan ini masih hidup sampai sekarang, mungkin manusia bisa ditelannya tanpa susah. Oh iya, Mapusaurus juga memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari Tyrannosaurus Rex.

9. Majungasaurus

Majungasaurus

Salah satu nama dinosaurus yang tidak begitu familiar tapi cukup ditakuti oleh para dinosaurus lain pada jamannya. Majungasaurus atau biasa yang dikenal dengan nama Majungatholus telah dianggap sebagai predator mematikan di era Jurassic. Tidak hanya memangsa dinosaurus yang lebih lama, Majungasaurus tidak segan-segan memangsa sejenisnya atau dengan kata lain kanibal.

Arkeolog menilai, seekor Majungasaurus dapat mencapai berat hingga 1 ton dengan panjang antara 6 sampai 8 meter. Dari fosil Majungasaurus yang ditemukan, terdapat bekas gigitan dari Majungasaurus lain. Diperkirakan bahwa Majungasaurus saling menyerang satu sama lain bila tidak mendapatkan mangsa yang diincar.

8. Spinosaurus

Spinosaurus

Jika harus ada dinosaurus mengerikan yang harus ditakuti, sudah pasti Spinosaurus masuk ke dalam daftar. Di dalam golongan theropd, Spinosaurus adalah jenis yang terbesar. Spinosaurus memiliki ciri-ciri bertubuh besar, tinggi mencapai 15 meter atau setara dengan lantai 5 gedung bertingkat, dan berat mencapai 7 sampai 20 ton atau setara dengan 3 gajah jantan dewasa.

Yang paling mudah dilihat atau bagian tubuh paling mencolok dari Spinosaurus adalah bagian sirip yang berada di punggungnya. Tidak diketahui dengan jelas apa fungsi sirip pada Spinosaurus. Ada yang mengatakan untuk termoregulasi dan ada pula yang berpendapat sebagai tempat cadangan lemak. Bentuk kepala dari Spinosaurus mirip dengan buaya, hanya saja lebih panjang. Spinosaurus dipersenjatai dengan kuku tajam dan gigi kerucut yang runcing.

7. Carnotaurus

Carnotaurus

Setiap dinosaurus memiliki keunikan sendiri sehingga membuat orang mudah mengenali. Namun dari sekian banyak dinosaurus yang pernah menginjakkan kakinya di bumi, tidak ada yang lebih unik daripada Carnotaurus. Kenapa? Itu karena Carnotaurus memiliki dua buah tanduk kecil yang tumbuh dari tengkorak dan muncul di atas kedua matanya.

Carnotaurus memiliki cara berburu yang unik. Kepalanya yang besar seringkali digunakan sebagai kapak, momentum yang diciptakan kepalanya digunakan untuk menancapkan gigi mereka ke korbannya. Ketka Carnotaurus mampu menancapkan rahangnya di leher mangsa, dipastikan mangsanya akan mati tercekik.

6. Acrocanthosaurus

Acrocanthosaurus

Acrocanthosaurus merupakan dinosaurus yang menjadi dinosaurus ditakuti pada era Cretaceous. Alasannya sudah jelas, Acrocanthosaurus memiliki ukuran tubuh sangat besar, kuat, dan cepat. Oh iya, perlu ditambahkan pula bahwa Acrocanthosaurus memiliki ukuran yang sebanding dengan Tyrannosaurus.

Menurut para arkeolog, sebelum muncul era Tyrannosaurus, Acrocanthosaurus sudah lebih dulu ada dan meneror dinosaurus yang berukuran lebih kecil. Acrocanthosaurus banyak ditemukan di wilayah Amerika Utara. Dari kepala sampai ekor, Acrocanthosaurus dapat tumbuh hingga 11 meter dan tinggi mencapai hampir 4 meter.

5. Utahraptor

Utahraptor

Deinonychus dan Velociraptor memang lebih familiar di telinga orang-orang, mereka besar, cepat, dan juga cerdas. Tapi, soal kemampuan berburu, kedua dinosaurus tersebut masih kalah bila dibandingkan dengan Utahraptor. Utahraptor merupakan predator yang jauh lebih superior, lebih mengerikan, dan menakutkan.

Perlu kalian catat, Utahraptor dewasa bisa mencapai berat hingga 1 ton. Deinonychus sendiri hanya bisa mencapai berat 200 pounds atau 90 kg. Utahraptor masih memiliki kuku khas layaknya keluarga raptor. Sebuah kuku panjang dan melengkung yang siap mencabik mangsa. Utahraptor memiliki tinggi 1,7 meter dengan panjang 5 sampai 7 meter.

4. Giganotosaurus

Giganotosaurus

Kita pasti sudah tahu apabila apapun yang dinamakan giga pasti ukurannya tidaklah main-main, alias super besar. Itulah yang perlu kalian sadari mengenai dinosaurus yang bernama Giganotosaurus ini. Dinosaurus ini memiliki ukuran super besar yang bisa membuatnya dengan mudah mendapatkan mangsa.

Di tahun 1995, dinosaurus raksasa ini menjadi berita utama di media massa. Alasannya karena tubuh hewan purba ini diketahui jauh lebih besar daripada Tyrannosaurus. Giganotosarus memiliki panjang mencapai 12 meter, dengan tinggi mencapai 4 meter. Sebagai predator, Giganotosaurus memiliki susunan gigi yang cukup unik. Ketimbang menggigit untuk membunuh, gigitan dari Giganotosaurus justru tidak langsung membunuh korban, melainkan akan membuat korban kehabisan darah terlebih dahulu, baru tewas.

3. Allosaurus

Allosaurus

Di jaman Jurassic, keberadaan Allosaurus sangatlah ditakuti. Allosaurus sangat ditakuti karena mereka berukuran sangat besar, berkuku tajam, rahang kuat, dan cepat. Semua hal tersebut yang membuat Allosaurus menjadi pemuncak rantai makanan di era Jurassic. Allosaurus juga menjadu salah satu jenis theropod besar.

Salah satu sifat yang dimiliki Allosaurus adalah, hewan raksasa ini tidak kenal rasa takut. Allosaurus tidak takut untuk bertarung melawan dinosaurus lain yang berukuran sama dengannya tau lebih besar Ini terbukti karena beberapa fosil Allosaurus yang ditemukan, terdapat cidera pada otot tangannya. Diperkirakan Allosaurus sering terlibat perkelahian dengan dinosaurus besar seperti Stegosaurus.

2. Troodon

Troodon

Siapa bilang seekor predator harus memiliki tubuh super besar baru bisa ditakuti? Predator satu ini menjadi predator pembeda dari yang lain karena ukuran tubuhnya yang kecil. Troodon, begitulah dinosaurus ini dinamakan. Bila dibandingkan dengan predator sebelumnya, Troodon memang memiliki tubuh yang jauh lebih kecil, tapi ukuran kecil bukan berarti hewan ini tidak menakutkan.

Tubuhnya memang kecil, tapi ada poin lain yang membuat Troodon begitu ditakuti, dan itu adalah gigi. Troodon memiliki gigi kecil namun tajam. Gigitannya juga sangatlah kuat. Troodon sangatlah pintar, itu terlihat dari penelitian yang dilakukan terhadap otaknya. Bila Troodon masih hidup di era Cretaceous, dipastikan Troodon akan berevolusi menjadi makhluk hidup tercerdas di muka bumi.

1. Tyrannosaurus

Sudah pasti semua orang tahu siapa predator paling mengerikan di jaman Jurassic. Predator tersebut adalah Tyrannosaurus atau biasa yang disingkat dengan T-Rex. Termasuk dalam golongan theropod, era keemasan T-Rex berakhir akibat kepunahan massal yang terjadi di akhir era Cretaceous.

Meski bukan dinosaurus terbesar, Tyrannosaurus sangat ditakuti karena memiliki kekuatan gigitan yang sangat kuat di antara dinosaurus lainnya. Gigi T-Rex juga sangatlah tajam dan mampu menembus kulit serta tulang dari dinosaurus lain. Bila predator lain membutuhkan beberapa gigitan untuk melumpuhkan mangsanya, Tyrannosaurus hanya butuh satu kali.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas