home -> Entertainment -> 10 Karakter Kartun Yang Terinspirasi Dari Tokoh Ny...
18 Oktober 2017 16:22

10 Karakter Kartun Yang Terinspirasi Dari Tokoh Nyata

Oleh reagan dalam Entertainment pada September 22, 2017

Baik dari anak kecil sampai orang dewasa, semua suka dengan film kartun. Karakter dan jalan ceritanya yang lucu menjadi alasan kenapa kartun bisa begitu menarik. Untuk menciptakan sebuah karakter kartun, pastinya dibutuhkan inspirasi untuk menciptakannya. Beberapa karakter kartun terkenal ternyata ada yang diciptakan dari beberapa tokoh di kehidupan nyata.

10. Harris Glenn Milstead 'Divine'- Ursula

divine

Bagi kalian yang belum familiar dengan tokoh kartun Ursula, tokoh kartun ini adalah tokoh jahat dari kartun Disney, The Little Mermaid. Sosok jahat ini memiliki ciri-ciri bertubuh gemuk. rambut putih panjang. dan tentunya wajah yang memancarkan aura jahat. Tahukah kalian darimana sumber inspirasi tokoh kartun ini?

Tokoh Ursula dalam The Little Mermaid yang berkelamin perempuan ini ternyata terinspirasi dari aktor asal Amerika bernama Harris Glenn Milstead. Harry yang terkenal dengan julukan Divine, merupakan aktor yang terkenal di awal era 70an. Adalah berkat film John Waters yakni Mondo Trasho dan Pink Flamingos yang membuat nama Divine dikenal.

9. Robert Ripley - Elmer Fudd

Robert Ripley

Warner Bross adalah perusahaan besar asal Amerika yang telah menciptakan banyak karakter kartun. Salah satunya yang terkenal adalah Elmer Fudd. Seorang pemburu yang memiliki tubuh kecil, kepala bulat dan selalu membawa senapan. Elmer Fudd-lah yang menjadi musuh bebuyutan dari si kelinci usil, Bugs Bunny.

Terima kasihlah pada sosok Robert Ripley, karena bila tidak ada dirinya, mungkin Warner Bross akan kesulitan dalam mencari inspirasi dari sosok Elmer Fudd. Lahir dengan nama lengkap Robert LeRoy Ripley pada 25 Desember 1890. Robert dikenal sebagai kartunis, entrepreneur, dan antropologis. Dialah orang yang membuat acara Ripley's Believe It or Not!

8. Vikki Dougan - Jessica Rabbit

Vikki Dougan

Jika kalian yang hidup pada tahun 1950an, ini adalah era keemasan dari Vikki Dougan. Siapakah Vikki Dougan ini? Vikki Dougan adalah model sekaligus artis yang terkenal di era 50an. Wanita inilah yang menjadi kekasih dari Frank Sinatra. Tidak hanya cantik, Vikki memiliki tubuh yang dibilang seksi pada jaman itu.

Menjadi simbol wanita cantik di era 50an, Vikki Dougan adalah sosok yang menjadi inspirasi dari karakter kartun Jessica Rabbit. Jessica Rabbit yang diciptakan oleh Gary K. Wolf ini adalah karakter fiksi yang ada pada film kartun, Who Framed Roger Rabbit. Bila kalian penasaran dengan sosok Vikki Dougan, cukup lihat saja Jessica Rabbit. 

7. Alyssa Milano - Little Mermaid

Alyssa Milano

Sebelumnya sudah sempat menyinggung salah satu karakter kartun yang ada pada kartun Disney, The Little Mermaid yaitu Ursula. Jika Ursula adalah tokoh jahat, maka tokoh baiknya adalah Ariel. Ariel yang merupakan tokoh baik sekaligus utama dalam The Little Mermaid adalah tokoh kartun yang dibuat oleh 2 orang yaitu John Musker dan Ron Clements.

Sosok Ariel ini diduga oleh banyak orang merupakan sosok kartun yang terinpirasi dari Sherri Lynn Stoner, seorang aktris dan penulis asal Amerika. Padahal, sosok yang sebenarnya menjadi inspirator dari Ariel adalah Alyssa Milano. Gambaran Milano yang kala itu masih berumur belasan-lah yang dianggap sebagai inspirasi dari karakter Ariel. Kala itu Alyssa tengah bermain dalam sinetron komedi berjudul Who's The Boss. Mata besar, rambut merah, dan sifat Alyssa saat itu benar-benar mirip dengan Ariel.

6. Conrad Veidt - Joker

Conrad Veidt

Penggemar DC Comics terutama superhero Batman tentunya sudah tidak asing lagi dengan sosok Joker. Sosok Joker muncul dalam film Batman berjudul The Dark Knight, arahan sutradara Christopher Nolan. Sosok Joker yang gila, tidak kenal rasa takut, dan sulit ditebak ini dikenal tidak memiliki masa lalu.

Ok, itu sekilas info tentang karakter Joker. Apa dan siapa yang menjadi inspirator terbentuknya karakter Joker ini? Menurut pendapat banyak orang, karakter Joker di DC Comics ini diinspirasi oleh karakter Gwynplaine yang ada pada novel berjudul The Man Who Laughed, buatan Victor Hugo. Gwynplaine dalam novel The Man Who Laughed adalah anak dari seorang pria yang dihukum mati karena menyerang King James II. Gwynplaine yang harus menanggung dosa ayahnya tersebut mengalami kerusakan operasi pada wajahnya. Dengan bantuan seorang dokter, kerusakan tersebut diperbaiki dengan memutilasinya dan membentuk senyum permanen pada wajah Gwynplaine.

5. Maurice Tillet - Shrek

Maurice Tillet

Di tahun 2001, ditayangkan satu kartun berjudul Shrek. Kartun ini menggambarkan sosok Shrek sebagai sosok monster buruk rupa yang kasar, penyendiri, dan tidak suka keberadaan manusia. Film Shrek dibuat berdasarkan cerita dongeng buatan William Steig pada tahun 1990 dengan judul yang sama.

Jauh sebelum dibuatnya Shrek, yakni pada tahun 1940an, populerlah seorang pegulat yang bernama Maurice Tillet. Tillet adalah pegulat setinggi 1,7 meter yang lahir pada tanggal 23 Oktober 1903, Rusia. Tubuh Tillet, wajahnya juga jelek, sangat mirip bila kalian bandingkan dengan tokoh Shrek. Di atas ring, Tillet dikenal dengan nama The French Angel.

4. Helen Kane - Betty Boop

Helen Kane

Salah satu tokoh kartun yang terkenal pada jaman dulu, Betty Boop, dibuat oleh Max Fleischer. Dalam menciptakan karakter Betty Boop, Fleischer tidaklah sendirian, dirinya dibantu oleh seorang animator bernama Grim Natwick. Karakter kartun Betty Boop pertama kali muncul pada tahun 1930 dalam kartun berjudul Dizzy Dishes.

Karakter kartun ini dibuat oleh Fleischer dibantu dengan Natwick berdasarkan karakter dari Helen Kane. Kane sendiri adalah aktris sekaligus penyanyi yang populer di era 1920an. Hampir semua yang ada di diri Kane, sama persis dengan apa yang ada pada Betty Boop. Sayang, Kane tidak begitu suka dengan penggambaran dirinya dalam Betty Boop. Bahkan Kane kabarnya pernah menuntut sang kreator yakni Fleischer, bersama dengan Paramount Pictures di tahun 1932.

3. Paul Pfeiffer - Milhouse

Paul Pfeiffer

Kartun The Simpsons asal Amerika bisa dibilang sangat populer. Diisi oleh segudang karakter kartun, salah satu satunya yang akan kita bahas adalah Milhouse Van Houten. Milhouse adalah sosok anak laki-laki berambut biru dan mengenakan kacamata. Karakter Milhouse ini diciptakan oleh Matt Groening. Groening sendiri mengatakan bahwa nama Milhouse diambil dari nama tengah Presiden Richard Nixon.

Milhouse ini mirip sekali dengan sosok Paul Pfeiffer yang bermain dalam film The Wonder Years. Pfeiffer sendiri diperankan oleh Josh Saviano. Saviano yang memerankan Paul Pfeiffer ini adalah bekas artis cilik yang sekarang telah menjadi pengacara asal Amerika. Minus rambut biru, karakter Paul Pfeiffer ini memang mirip sekali dengan Milhouse.

2. Tom Cruise - Aladdin

Tom Cruise

Sesuai dengan namanya, Aladdin adalah karakter pria miskin yang menjadi tokoh utama dalam kartun berjudul Aladdin. Dengan bantuan jin yang terdapat pada lampu yang ia temukan, Aladdin bisa meminta banyak hal dari jin tersebut. Karakter Aladdin dan filmnya dibuat oleh Walt Disney Pictures.

Bila disimak dengan seksama, Aladdin memiliki karakter sombong dan alis hitam yang tebal. Bisakah kalian menebak terinspirasi darimanakah sosok Aladdin ini? Ya, Aladdin adalah karakter yang terinspirasi dari aktor Hollywood Tom Cruise. Sebelum menciptakan karakter Aladdin, awalnya Disney melihat sosok Michael J. Fox, tapi akhirnya mereka memalingkan pilihan pada Tom Cruise muda yang dilihat lebih menarik. 

1. Frank Fiegel - Popeye

Frank Fiegel

Popeye adalah karakter kartun yang sangat terkenal. Sang pencipta Popeye adalah Elzie Crisler Segar. Yang melekat di ingatan orang-orang adalah, ketika Popeye memakan bayam, maka kekuatannya akan naik berkali-kali lipat. Dan setelah itulah Popeye bisa menghajar lawannya yaitu Brutus.

Elzie Crisler Segar tidak membuat karakter Popeye secara tiba-tiba. Dirinya terinspirasi dari seorang aktor bernama Frank 'Rocky' Fiegel. Pria kelahiran 27 Januari 1868 inilah yang menjadi inspirator Elzie dalam menciptakan karakter Popeye. Fiegel kuat, sering terlibat perkelahian, perokok, tidak punya gigi, dan terakhir adalah, Fiegel merupakan sosok penyayang anak. Sangat mirip dengan Popeye.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Entertainment
  2. 2
    oleh reagan dalam Entertainment
  3. 3
    oleh reagan dalam Entertainment
  4. 4
    oleh reagan dalam Entertainment
  5. 5
    oleh reagan dalam Entertainment
  6. 6
    oleh reagan dalam Entertainment
  7. 7
    oleh reagan dalam Entertainment
  8. 8
    oleh reagan dalam Entertainment
  9. 9
    oleh reagan dalam Entertainment
  10. 10
    oleh reagan dalam Entertainment
  1. 1
    oleh reagan dalam Entertainment
  2. 2
    oleh reagan dalam Entertainment
  3. 3
    oleh reagan dalam Entertainment
  4. 4
    oleh reagan dalam Entertainment
  5. 5
    oleh reagan dalam Entertainment
  6. 6
    oleh reagan dalam Entertainment
  7. 7
    oleh reagan dalam Entertainment
  8. 8
    oleh reagan dalam Entertainment
  9. 9
    oleh reagan dalam Entertainment
  10. 10
    oleh reagan dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas