home -> Lainnya -> 10 Serangga Paling Menyebalkan Yang Ada Di Sekitar...
20 September 2017 21:50

10 Serangga Paling Menyebalkan Yang Ada Di Sekitar Kita

Oleh reagan dalam Lainnya pada September 06, 2017

Lupakan tentang kupu-kupu, capung, dan juga kepik karena hewan tersebut termasuk serangga yang cantik. Dunia serangga yang begitu besar tidak hanya diisi dengan kupu-kupu, capung, dan kepik, masih ada banyak sekali jenis serangga yang bertebaran di sekitar kita. Dan di antara mereka ada yang sangat mengganggu dan menyebalkan, Dijamin kalian pasti benci dengan serangga tersebut.

10. Rayap

termite

Bagi kalian yang memiliki perabotan dari kayu, maka serangga ini bisa menjadi musuh bebuyutan kalian. Dinamakan rayap, serangga satu ini sangat gemar memakan barang-barang yang terbuat dari kayu. Tidak semua kayu, hanya beberapa kayu saja yang tidak bisa dimakan rayap seperti kayu jati yang dikenal anti rayap.

Rayap memiliki ukuran dan bentuk yang mirip dengan semut, tidak heran kenapa banyak orang yang salah mengira rayap dengan semut. Sangat sulit untuk mendeteksi rayap di dalam rumah. Satu-satunya yang menjadi penanda bahwa ada rayap adalah adanya barang-barang yang terbuat dari kayu mulai keropos. Jika sudah demikian, pembasmi rayap adalah salah satunya opsi untuk mengusir serangga menyebalkan ini.

9. Hornet

Hornet

Banyak orang yang salah mengkategorikan hornet dengan lebah. Padahal, hornet tidaklah sama dengan lebah dan tawon. Lebah masih bermanfaat bagi manusia karena membantu penyerbukan bunga dan menghasilkan madu. Tapi kalau tawon dan hornet, itu lain ceritanya. Soal ukuran, hornet memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar daripada lebah dan tawon.

Pada umumnya, hornet bisa mencapai ukuran 5,5 cm. Kenapa hornet begitu menyebalkan? Itu dikarenakan hornet bisa menyengat berkali-kali sampai dia puas. Berbeda dengan lebah yang hanya bisa menyengat 1 kali. Populasi hornet terbesar ada di wilayah Asia. Jika kalian menemukan sarang hornet, lebih baik kalian jaga jarak, mengingat sengatan mereka sangat menyakitkan.

8. Stinkbugs

Stinkbugs

Serangga menyebalkan selanjutnya bisa membuat kalian benar-benar emosi. Emosi karena bau yang dikeluarkan olehnya sangat menyengat untuk hidung. Serangga tersebut bernama stinkbugs atau serangga bau. Bentuknya sangat aneh seperti serangga alien, wujudnya sama persis seperti pada gambar.

Stinkbugs merupakan serangga yang berasal dari benua Asia seperti Cina, Jepang, Korea, dan Taiwan. Di Amerika dan Eropa, serangga ini dianggap sebagai hama yang menyebalkan. Ketika stinkbugs merasa terancam, mereka akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jika dibunuh, serangga ini juga akan mengeluarkan bau tak sedap. Serangga ini banyak ditemukan di rumah pada saat musim dingin datang.

7. Jangkrik

Crickets

Pernahkah kalian mendengar suara. krik krik krik pada malam hari? Suara krik krik krik tersebut adalah suara khas yang dikeluarkan dari hewan yang disebut jangkrik. Suara yang dikeluarkan jangkrik tersebut biasa dikeluarkan pada musim kawin. Jangkrik jantan akan mengeluarkan bunyi khasnya tersebut untuk menarik perhatian jangkrik betina.

Tentunya menjadi hal yang menyebalkan ketika di malam hari dimana kita ingin tidur malah diganggu oleh suara jangkrik. Jangkrik ditemukan hampir di seluruh negara di dunia. Hewan yang berjalan dengan cara melompat ini tidak menyengat dan tidak juga menggigit. Tapi, jangkrik dianggap sebagai hama yang menyebalkan.

6. Semut

ants

Di antara semua serangga, mungkin yang paling menyebalkan adalah semut. Hampir di setiap sudut rumah selalu ada semut. Tidak ada makanan manis pun bisa muncul semut tanpa tahu darimana asalnya. Meski sudah disemprot serangga atau menaburkan kapur, semut bisa muncul lagi dari tempat lain. Sungguh luar biasa.

Serangga luar biasa ini merupakan organisme paling sukses yang bisa bertahan hidup sejak ratusan atau mungkin ribuan tahun yang lalu. Serangga kecil ini memiliki jenis dan jumlah yang sangat banyak. Khusus di daerah tropis seperti Amazon, populasi semut jauh lebih besar. Jenis semut yang terkenal adalah Bullet Ant atau semut peluru. Sengatan semut ini sangat menyakitkan bagaikan ditembak oleh peluru.

5. Belalang

locust

Sama-sama dianggap hama seperti semut, hanya saja belalang dianggap masih jauh lebih merugikan ketimbang semut. Jika hanya satu mungkin belalang tidaklah begitu mengganggu. Tapi tunggu bila mereka sudah terbang berkelompok. Mereka bisa memberikan kerugian yang sangat besar bagi petani.

Belalang adalah serangga pemakan tumbuhan, terutama tumbuhan hijau. Sudah bertahun-tahun lamanya serangga selalu mengganggu kehidupan manusia terutama para petani. Ketika mereka sudah terbang dalam kelompok, belalang dengan cepat akan memakan dan merusak tanaman hijau milik petani.

4. Kecoak

cockroach

Bukan cuma menyebalkan, tapi hewan kecoak merupakan hewan yang begitu menakutkan bagi orang banyak. Tidak perduli pria atau wanita, takut dengan serangga kecil ini. Momen menakutkan kecoak adalah pada saat binatang satu ini mulai terbang. Jika biasanya serangga akan terbang menjauh dari manusia, kecoak malah lebih seringnya terbang ke arah orang.

Kecoak adalah hewan yang sangat jorok, tidak perlu diragukan lagi. Hewan ini biasanya sering bersembunyi di bagian yang gelap dan kotor dari toilet. Sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan toilet. Bagi sebagian orang, kecoak bisa menyebabkan alergi dan menjadi pemicu munculnya asma.

3. Kutu

fleas

Selain nyamuk, ada satu lagi serangga yang hobinya menghisap darah manusia. Serangga tersebut adalah kutu. Kutu memiliki ukuran yang sangat kecil, panjangnya paling hanya 3 mm. Sangat kecil, tidak bisa terbang, dan parasit tidak hanya untuk manusia tapi juga hewan. Untuk bertahan hidup, kutu harus menghisap darah inangnya.

Kutu berpindah tempat dengan cara melompat, dan mereka adalah pelompat yang sangat handal. Ketika menghisap darah inangnya, kutu bisa sekalian menyebarkan penyakit. Bukan hanya penyakit ringan, tapi penyakit berat seperti Black Death. Di abad pertengahan, penyakit Black Death disebarkan oleh serangga kutu ini.

2. Lalat

flies

Jika kutu menu makanannya adalah darah, lalat tidak memiliki menu makanan khusus sama sekali. Semua bisa dimakan oleh serangga ini. Lalat makan dengan 2 cara, pertama dengan menghisap cairan yang terdapat pada makanan dengan menggunakan mulutnya yang seperti sedotan. Kedia dengan menggunakan cairan khusus untuk menghancurkan makanan.

Ada banyak jenis lalat di muka bumi, dan semuanya tidak ada yang menguntungkan. Lalat adalah sumber penyakit. Ada beberapa jenis lalat yang menyebarkan penyakit tersendiri. Lalat dapat ditemukan dimanapun kalian berada. Khusus pada musim panas, lalat yang muncul akan jauh lebih banyak.

1. Nyamuk

mosquito

Dari semua serangga yang sudah disebutkan di atas, tidak ada yang lebih menyebalkan daripada nyamuk. Nyamuk merupakan serangga paling menyebalkan, mengganggu, dan juga penyebar penyakit. Tubuhnya boleh kecil, tapi serangga ini adalah hewan yang paling banyak menjatuhkan banyak korban jiwa.

Nyamuk adalah penyebar penyakit. Nyamuk Aedes Aegypti penyebab penyakit demam berdarah. Dan nyamuk Anopheles penyebar penyakit malaria. Sama dengan kutu, nyamuk menggunakan darah untuk bertahan hidup. Hanya nyamuk betina yang menghisap darah. Darah tersebut digunakan untuk membantu mereka bertelur.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas