home -> Unik -> 10 Festival Unik Dan Seru Dari Berbagai Negara Di ...
18 November 2017 09:50

10 Festival Unik Dan Seru Dari Berbagai Negara Di Dunia

Oleh reagan dalam Unik pada September 04, 2017

Ada banyak negara di dunia, setiap negara tersebut memiliki berbagai macam festival unik dan seru yang berbeda dengan negara yang lain. Simak beberapa festival unik dan seru dari berbagai negara berikut ini. Tandai kalender kalian, manfaatkan jatah cuti, segera packing, dan segeralah pesan tiket pesawat. 

10. Night of The Witches, Meksiko

night of the witches

Meksiko masih percaya dengan hal-hal berbau sihir seperti penyihir. Bukan penyihir seperti di film Harry Potter, kepercayaan terhadap hal-hal yang berbau sihir sudah dimulai sejak tahun 1970an. Dimana pada saat itu, ada sejumlah penyihir lokal yang memiliki sebuah ide untuk mengadakan perkumpulan penyihir atau konvensi penyihir.

Ide gila itu akhirnya melekat pada diri orang-orang Meksiko, terutama bagi mereka yang memang dipercaya sebagai penyihir. Festival ini kemudian dirayakan setiap awal bulan Maret tiap tahunnya oleh para penyihir. Tujuannya adalah untuk pengobatan, pengusiran aura negatif. dan mengusir kesialan yang terjadi pada tahun lalu.

9. Holi, India

holi

India memiliki segudang fesitval yang menarik untuk diulik lebih dalam. Dari sekian banyak fesitval unik yang dilakukan oleh warga India, ada satu festival bernama festival Holi. Festival Holi dikenal juga dengan Festival of Colours atau Festival of Love. Festival yang begitu terkenal hingga di seluruh Asia tersebut dirayakan oleh orang-orang India asli.

Diadakan setiap tahunnya pada tanggal 13 Maret, festival ini diawali dengan menyalakan api unggun Holika. Malam sebelum dirayakannya Holi, para warga beramai-ramai menyanyikan lagu dan menari. Di hari H, orang-orang akan saling mewarnai tubuh satu sama lain dengan air bewarna. Bisa menggunakan ember,balon atau juga pistol air.

8. Saint Patrick's Day, Irlandia

Saint Patrick’s Day

Festival unik selanjutnya berasal dari negara Irlandia. Festival tersebut bernama Saint Patrick's Day. Di saat itulah orang-orang Irlandia akan mengenakan hal-hal yang berwarna hijau. Seperti baju hijau, celana hijau, topi hijau, dan bahkan mewarnai jenggot dengan warna hijau. Festival ini dirayakan setiap tanggal 17 Maret tiap tahunnya.

Saint Patrick adalah sosok relijius menurut kepercayaan orang Irlandia. Dirayakan sebagai datangnya kepercayaan Kristen di tanah Irlandia. Sekarang, bukan hanya orang Irlandia saja yang merayakan St. Patrick's Day, bahkan di negara luar Irlandia turut merayakan festival tersebut. Biasanya, orang Irlandia merayakan St. Patrick's Day dengan acara makan-makan. 

7. Octobersfest, Jerman

Octobersfest

Siapa di antara kalian yang suka minum bir? Jika ada, segeralah booking tiket ke Jerman pada pertengahan bulan September. Kenapa pertengahan September? Karena pada bulan itulah, di Jerman diadakan sebuah acara yang dinamakan Octoberfest. Dimana kalian bisa minum bir sebanyak yang kalian mau.

Bukan hanya bir yang bisa kalian nikmati, selama Octoberfest, kalian bisa menikmati sejumlah makanan seperti ayam panggang, babi panggang, dan ham. Kalian juga bisa menikmati wahana yang ada di kota Munich, Jerman. Awal sejarah festival ini dilakukan bermula pada tahun 1810. Dimana sang Raja Ludwig I menikah dengan Putri Therese of Saxe-Hildburghause pada tanggal 12 Oktober 1810. Untuk merayakannya, sang raja mengadakan festival yang dihadiri oleh rakyatnya.

6. Chinese New Year, Cina

chinese new year

Tahun Baru Cina atau Chinese New Year bukanlah hal baru di telinga kita. Yang tadinya festival ini hanya dirayakan oleh orang-orang asli Cina, kini hampir di seluruh dunia juga turut memeriahkan festival tahunan ini. Tahun Baru Cina adalah perayaan tradisional yang dirayakan tepat pada pergantian kalender Cina.

Untuk memeriahkannya, rakyat Cina akan mengenakan pakaian berwarna merah, mendekorasi rumah dengan tulisan Cina di atas kertas merah. Kenapa merah? Menurut kepercayaan orang Cina, merah melambangkan api dimana orang CIna jaman dahulu percaya bahwa api berguna untuk mengusir nasib sial.

5. Carnival of Venice, Italia

Carnival of Venice

Italia adalah negara di Eropa yang dikenal sebagai negara yang sangat romantis. Beberapa kota di Italia menjadi tempat tujuan wisata dan juga menjadi tempat tujuan bulan madu bagi pasangan yang baru menikah. Salah satu kotanya yakni Venice, ada satu festival yang sangat unik dan terkenal, bernama Carnival de Venezia atau Carnival of Venice.

Carnival Venice sudah ada sejak abad ke-13. Carnival ini identik dengan topeng, jadi, sejauh kalian memandang, kalian akan melihat banyak orang menggunakan topeng dengan berbagai rupa dan warna yang beraneka ragam. Carnival de Venezia dirayakan secara tahunan, tepat sebelum masa puasa bagi umat Kristiani.

4. Loi Krathong, Thailand

Loi Krathong

Loi Krathong adalah festival yang tidak akan bisa kalian temukan di negara lain kecuali bila kalian pergi ke Thailand. Di Thailand, Loi Krathong dianggap sebagai salah satu festival yang sangat indah dan juga romantis. Acara ini biasa dirayakan tepat pada bulan ke-12 dan pada saat bulan purnama atau bulan penuh.

Para muda-mudi Thailand berkumpul di danau, sungai, dan kanal terdekat. Krathong adalah tanaman lotus yang dibentuk sedemikian rupa agar bisa membawa lilin, bunga, dan koin. Perayaan ini dirayakan oleh warga Thailand sebagai bentuk penghormatan karena telah diberikan sungai, danau, dan kanal yang indah. Mereka juga berdoa agar dosa dihilangkan dan dijauhkan dari kesengsaraan.

3. Haro Wine Festival, Spanyol

Haro Wine Festival

Dinamakan Haro Wine Festival karena fesitval ini diadakan di kota Haro, Spanyol. Karena kota Haro adalah kota yang kecil, tidak banyak orang yang tahu bahwa di kota tersebut ada sebuah festival yang sangat seru bernama Batalla de Vino atau Perang Wine. Diadakan setiap tahunnya pada tanggal 28 sampai 30 Juni.

Tepat pada tanggal 28 Juni, para warga kota Haro akan berkumpul di bukit, membawa wine merah, dan mulai berperang satu dengan yang lain dengan menggunakan wine merah sebagai senjata. Wine merah dimasukkan ke dalam pistol air mainan, semprotan serangga, dan ember. Nah, wine merah tersebut akan dilemparkan atau disemprotkan pada tubuh orang lain.

2. Just for Laughs, Kanada

just for laughs

Just for Laughs sempat tayang di salah satu saluran televisi di Indonesia. Acara tersebut menampilkan sekelompok orang yang melakukan kejahilan pada orang-orang di sekitar mereka. Reaksi yang ditampilkan beragam, ada yang tertawa dan ada juga yang marah. Di akhir akan dirilis reaksi orang yang dikerjai begitu sadar bahwa mereka masuk dalam acara televisi.

Bukan hanya sekedar acara televisi, Just for Laughs adalah sebuah festival yang diadakan di Kanada. Bagi kalian yang suka dengan komedi, wajib datang ke Kanada pada pertengahan bulan Juli. Kalian bisa melihat sejumlah atau bahkan merasakan sendiri bagaimana rasanya dijahili oleh orang asing. Jika beruntung, kalian bisa berjumpa dengan beberapa selebriti terkenal seperti Jerry Seinfeld, John Cleese, dan Rowan Atkinson.

1. Rio Carnival, Rio de Janeiro

Rio Carnival

Brazil tidak hanya terkenal sebagai negeri sepakbola saja, di negara ini menjadi tempat diadakannya festival seru bernama Rio Carnival. Rio Carnival atau Carnaval Rio de Janeiro adalah karnival yang sangat terkenal di dunia, diselenggarakan di ibukota Brazil, Rio de Janeiro. Parade ini menjadi salah satu atraksi menarik yang mengundang banyak turis mancanegara.

Jika kalian ingin melihat tarian Samba yang terkenal, maka karnival ini adalah momen yang tepat untuk melihatnya. Rio Carnival diadakan 51 hari sebelum hari raya Paskah. Di festival ini, akan tampil banyak penari Samba yang menari di atas kendaraan besar. Setiap tahunnya, tidak hanya warga lokal, turis pun ikut serta dalam parade besar dan penuh warna-warni ini.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas