home -> Unik -> 10 Tanda Kamu Adalah Seorang Psikopat
20 September 2017 21:50

10 Tanda Kamu Adalah Seorang Psikopat

Oleh reagan dalam Unik pada August 29, 2017

Berbeda dengan orang gila yang tidak sadar dengan apa yang dilakukan, psikopat sadar betul apa yang mereka lakukan. Dan baik orang gila maupun psikopat, dua-duanya termasuk dalam masalah kejiwaan. Sebelum kalian menilai seseorang psikopat atau tidak, kenapa tidak cek diri kalian terlebih dahulu. Siapa tahu ternyata kalian juga termasuk orang psikopat.

10. Tidak Mengenal Rasa Menyesal

regret

Untuk mengetahui apakah seseorang itu termasuk psikopat atau tidak, caranya sangatlah mudah. Ada banyak ciri-ciri yang menandakan seseorang itu psikopat. Pertama adalah, coba kalian perhatikan tingkah laku orang yang kalian curigai psikopat. Apakah orang tersebut tidak pernah merasakan menyesal?

Jika orang tersebut tidak pernah merasakan rasa menyesal, itu tanda bahwa orang tersebut adalah seorang psikopat. Kebanyakan psikopat memang memiliki masalah terhadap dirinya, termasuk salah satunya adalah tidak pernah merasa bersalah atau menyesal. Psikopat tidak pernah merasa menyesal bila telah melakukan suatu hal yang buruk.

9. Narsis

Narcissists

Selfie, adalah suatu kebiasaan yang kini banyak dilakukan oleh anak-anak jaman sekarang. Dengan bermodalkan kamera handphone, seseorang bisa melakukan selfie, dimanapun dan kapanpun, terserah mau mereka. Boleh percaya atau tidak, selfie adalah salah satu perilaku yang banyak ditemukan pada psikopat.

Para psikopat dikenal sebagai orang yang sangat mencintai diri sendiri atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah narsis. Para psikopat sangat mencintai diri sendiri hingga menganggap bahwa mereka itu adalah orang yang tampan atau cantik. Apa kalian suka melakukan selfie? Mungkin kalian harus berhati-hati karena mungkin kalian termasuk psikopat.

8. Tidak Bertanggung Jawab

Irresponsible

Permasalahan lain yang dialami oleh seorang psikopat adalah mereka kurang bertanggung jawab atau bahkan tidak bertanggung jawab sama sekali. Misalkan saja kalian memberikan suatu pekerjaan kepada seseorang, maka orang tersebut belum tentu akan mengerjakan tugas tersebut sebagaimana mestinya.

Tidak bertanggung jawab dan tidak memiliki rasa menyesal adalah 2 hal yang sangat berhubungan. Seorang psikopat yang tidak tidak memiliki rasa tanggung jawab memiliki kecenderungan untuk menyalahkan orang lain atas kesalahan yang dibuat oleh diri mereka sendiri. Dan mereka tidak akan menyesal sama sekali telah melakukan kesalahan tersebut.

7. Anti Sosial

Anti Social

Membahas perilaku para psikopat memang sangat menarik. Ada banyak tanda yang menunjukkan bahwa seseorang adalah seorang psikopat. Salah satu tanda yang umum ditemukan pada psikopat adalah, mayoritas dari psikopat adalah orang yang anti sosial. Apabila kalian ada menemukan orang yang anti sosial, bisa jadi mereka adalah psikopat.

Perilaku anti sosial adalah perilaku orang yang tidak suka bergaul atau berkumpul dengan orang lain. Anti sosial ini juga biasa ditemukan pada orang yang dengan kepribadian introvert atau tertutup. Orang yang anti sosial sebisa mungkin menghindar bertemu dengan orang lain. Untuk penyebabnya bisa disebabkan oleh banyak hal.

6. Tidak Memiliki Empati dan Rasa Sayang


Empathy

Menurut hasil studi, kurangnya rasa empati dan sayang terhadap suatu hal termasuk dalam kelainan yang dapat ditemukan pada banyak orang. Nah, pada kasus psikopat, kebanyakan dari mereka kurang atau bahkan tidak memiliki rasa empati dan juga sayang. Pernahkah kalian menemukan orang yang tidak memiliki 2 hal tersebut?

Empati adalah kemampuan untuk mengerti hal yang dialami oleh orang lain. Bisa itu rasa senang atau rasa sedih dari seseorang, bisa dirasakan oleh mereka yang memiliki empati tinggi. Psikopat tidak mengenal apa itu empati dan sayang, yang psikopat pikirkan adalah hanya diri mereka sendiri atau bisa disebut dengan egois.

5. Pintar

intelligence

Memiliki teman yang pintar sangatlah berguna. Ketika ada kesulitan dalam suatu hal, pelajaan di sekolah misalnya, kita bisa minta tolong teman kita yang pintar tersebut untuk mengajari agar kita bisa mengerti. Tapi, perlu kalian ketahui bahwa salah satu tanda yang ditemukan pada psikopat adalah, mereka semua memiliki otak yang cemerlang alias cerdas.

Orang yang pintar dan psikopat memang sulit dibedakan. Biasanya orang yang pintar tidak begitu dicurigai. Atau mungkin saja itu karena mereka terlalu pintar untuk menyembunyikan sifat asli mereka. Bila kalian menonton sejumlah film yang bertemaka psikopat, kalian bisa melihat sendiri bahwa psikopat bisa membuat skenaria yang sangat rumit untuk menyiksa korban mereka.

4. Nekat

reckless

Jika boleh dikatakan, sifat nekat adalah salah satu bentuk gangguan kepribadian. Nekat adalah tindakan atau aksi yang tidak hanya membahayakan jiwa diri sendiri tapi juga orang lain yang berada di sekitar. Jika orang nekat tidak perduli dengan keselamatan mereka, bagaimana mereka bisa perduli dengan keselamatan orang lain. Oleh karena itu, ada baiknya kalian menjauhi orang yang memiliki sifat nekat.

Dan ternyata, nekat ini dapat ditemukan dalam diri psikopat. Mengejutkan? Tentu saja tidak. Senang kebut-kebutan, berjudi, menggunakan obat-obatan terlarang, dan juga selingkuh dengan pasangan adalah beberapa contoh sederhana dari sifat nekat. Psikopat dengan tingkat kecerdasan yang tinggi, mereka bisa melakukan tindakan nekat dengan lebih hati-hati, sebisa mungkin meminimalisir resiko yang bisa menimpa mereka.

3. Impulsif

Impulsive

Nekat bukanlah satu-satunya gangguan kepribadian yang dialami oleh seseorang, masih ada banyak sekali gangguan kepribadian, salah satunya adalah impulsif. Impulsif adalah gangguan kepribadian dimana seseorang memiliki reaksi yang sangat cepat terhadap sesuatu, dan biasanya reaksi tersebut bersifat spontan dan murni naluri.

Para psikopat biasanya memiliki sifat impulsif ini. Mereka memiliki reaksi yang cepat dalam merespon suatu hal. Respon tersebut sangat cepat dan biasanya tidak sempat dipikirkan terlebih dahulu resikonya (nekat). Misalkan saja, mereka sangat boros dalam menggunakan uang, tidak bertanggung jawab terhadap keuangan perusahaan, dan lagi tidak bisa mengontrol emosi.

2. Baik dan Mempesona

kind and charming

Sama dengan pintar, baik dan mempesona adalah salah satu tanda yang biasanya dimiliki oleh mereka psikopat, tapi sulit untuk ditebak manakah mereka yang benar-benar baik dengan mana yang psikopat. Tidak heran kenapa banyak psikopat yang bisa menjebak orang dengan kebaikan dan pesona yang mereka miliki.

Sifat baik dan mempesona dari psikopat inilah yang membuat banyak psikopat dalam film itu bisa begitu menarik. Para penonton atau bahkan kita sendiri ada yang terbuai dengan kebaikan dan pesona yang dimiliki oleh seseorang. Untuk menebak apakah orang baik adalah psikopat, kalian harus tahu lebih dalam lagi ciri lain dari seorang psikopat.

1. Pandai Memanipulasi

manipulate

Dari sembilan tanda psikopat yang sudah disebutkan di atas, ada satu tanda yang sangat jelas dimiliki oleh mereka yang memiliki jiwa psikopat. Semua psikopat memiliki sifat yang manipulatif atau pintar memanipulasi orang. Psikopat dengan mudah memanipulasi seseorang untuk bisa mencapai tujuan yang mereka inginkan.

Dengan kepintaran yang mereka miliki, para psikopat akan dengan sangat mudah untuk mempengaruhi orang. Setelah tujuan yang diinginkan tercapai, barulah psikopat akan merasakan suatu kepuasan tersendiri yang hanya bisa dirasakan oleh mereka. Seringkali psikopat memiliki hati yang dingin dan bersedia melakukan apapun agar keinginan mereka tercapai.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas