home -> Top -> 10 Iblis Paling Terkenal di Dunia
01 Oktober 2014 10:56

10 Iblis Paling Terkenal di Dunia

Oleh admin dalam Top pada May 06, 2013

Sepanjang sejarah manusia, keberadaan dari iblis dan mahluk-mahluk sejenisnya terus disebut-sebut dan beberapa di antaranya sering muncul di literatur dan film-film. Bahkan dikatakan di antara iblis-iblis tersebut, ada beberapa iblis yang menguasai neraka dan beberapa lainnya memiliki peringkat yang lebih tinggi. Berikut daftarnya.

Walaupun kita sedang membicarakan mengenai iblis, tetapi jika kita tidak melihat subjek dari kata 'iblis' tersebut melainkan melihat kisahnya seperti 'Ada 4 Raja yang menguasai Neraka' dan seterusnya, maka hal tersebut akan terlihat menarik. Hal inilah juga yang dilihat oleh para pembuat literatur dan film-film.

10. Abaddon

Abaddon

Jika Anda memainkan video game Defense of the Ancient (Dota), ada karakter bernama Abaddon. Abaddon atau Apollyon merupakan iblis yang memiliki arti "Kebinasaan" atau "Si Penghancur". Ia disebut-sebut merupakan raja dari lubang tanpa dasar (jurang maut) yang berisikan jiwa-jiwa yang tersesat dan raja dari musibah belalang (locust). Ia sering disetarakan dengan Asmodeus yang merupakan salah satu raja neraka serta dikatakan bahwa ia-lah yang pada akhirnya akan membawa kebinasaan ke dunia. 

Ada kisah lain yang menceritakan bahwa Abaddon dikatakan adalah malaikat yang bernama Muriel dan diberikan tugas oleh Tuhan untuk mengumpulkan tanah yang akan digunakan untuk menciptakan Adam, si manusia pertama. Sesudah tugasnya selesai, ia ditunjuk sebagai pelindung segalanya (guardian). Semua mahluk takut akannya, termasuk malaikat, iblis dan mahluk lainnya. Ada yang mengatakan bahwa ia adalah malaikat kematian.

9. Azazel (Shamash)

Azazel

Jika Anda pernah memainkan video game Tekken 6, tahukah Anda kalau bos Tekken 6 yang besar dan bercahaya juga bernama Azazel? Azazel dikatakan adalah salah satu dari 4 Raja Neraka selain Astaroth, Beelzebub dan Satan. Ia sering dikaitkan dengan kegelapan dan kekeringan di padang pasir, bahkan Azazel-lah yang dikatakan membuat kejahatan di dunia, hingga akhirnya Air Bah datang untuk membersihkan kejahatan tersebut.

Beberapa menyebutkan bahwa Azazel merupakan malaikat yang memberikan manusia pengetahuan, padahal itu bukan tugasnya dan seharusnya hal itu tidak boleh diajarkan, terlebih ia mengajarkan manusia untuk menanyakan mengenai hukum alam. Oleh karena itu, beberapa orang mengatakan bahwa ia merupakan ular yang menggoda Hawa untuk memakan buah pengetahuan. Hal ini membuatnya diusir dari Surga dan diikat di puncak bebatuan sampai Kiamat dan Hari Penghakiman tiba.

8. Astaroth (Inanna/Isis)

astaroth

Sama halnya dengan Azazel, ia merupakan salah satu dari 4 Raja Neraka. Tetapi versi lain mengatakan bahwa ia hanyalah Bangsawan Tingkat Satu di Neraka (Tingkatan di Neraka dapat dibagi dari tingkat satu sampai tiga dimana satu adalah yang paling kuat). Di zaman modern, bersamaan dengan Beelzebub, ia mewakilkan kemalasan dalam 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins).

Digambarkan sebagai sebuah iblis berwujud manusia dengan sayap , menggunakan mahkota, memegang ular di satu tangan serta menaiki sebuah mahluk yang memiliki sayap naga dan buntut ular. Sebagai iblis, ia akan menggoda dan menarik manusia ke siksaan tiada akhir, tetapi di sisi lain ada yang mengatakan bahwa ia-lah yang memberikan manusia kekuatan untuk menguasai ular..

7. Leviathan

leviathan

Mungkin Anda sudah sering mendengar nama Leviathan, baik di film atau Literatur dimana ia sering muncul sebagai sebuah mahluk dengan mulut besar mengerikan di laut yang akan memangsa segalanya. Leviathan sendiri merupakan perwakilan dari 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins), yakni iri (envy).

Mengapa ia sering dikaiktan dengan mulut besar mengerikan dan laut? Hal ini dikarenakan Leviathan merupakan penguasa lautan yang menyimbolkan air, bersamaan dengan Behemoth si penguasa daratan, dan Ziz si penguasa udara. Mulut besarnya disebabkan karena ia merupakan penjaga Neraka dimana mulutnya sering diasosiasikan dengan pintu neraka.

6. Asmodeus (Asmoday)

asmodeus

Dalam kisah 9 tingkatan neraka, Asmodeus muncul sebagai salah satu raja tingkatan tersebut. Walaupun begitu, dalam semua kisah, Asmodeus merupakan perwakilan dari 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins) yang mewakilkan nafsu birahi (Lust).

Ia sering diasosiasikan dengan wujud kuat, dan memiliki 3 kepala, yang pertama adalah banteng, kedua menyerupai manusia dan ketiga adalah domba jantan. Selain itu, ia memiliki ekor ular dan dari mulutnya muncul api dan berdudukkan di atas naga neraka. Manusia yang tergoda dalam godaan Asmodeus akan dihukum selamanya dalam neraka tingkat dua (neraka tingkat dua adalah tingkatan bagi mereka yang terkait dengan dosa seks dan pikiran kotor, hukumannya adalah berada dalam badai yang luar biasa mengerikan).

5. Belphegor

Beelphegor

Merupakan salah satu dari 7 Pangeran Neraka yang merupakan perwakilan dari kemalasan (sloth). 7 Pangeran Neraka sendiri merupakan sebutan untuk iblis yang mewakili 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins). Memiliki wujud sebagai iblis mengerikan yang berjenggot, memiliki tanduk dan berkuku tajam.

Ia akan memberikan seseorang kekayaan dengan cara apapun, biasanya melalui penemuan-penemuan yang luar biasa. Setelah orang itu kaya, maka biasanya ia akan bermalas-malasan, hal inilah yang diincar oleh Belphegor, karena ia bertugas menghasilkan kemalasan yang pada akhirnya berujung ke perpecahan di antara manusia.

4. Mammon

mammon

Jika Anda pernah menonton film Constantine, maka Anda mungkin melihat nama Mammon sebagai anak dari Lucifer. Ya, hal itu tidak salah, beberapa versi mengatakan bahwa Mammon adalah anak dari Satan yang merupakan salah satu dari 7 pangeran neraka dengan simbol keserakahan dan kekayaan (greed). 

Mammon sering diasosiasikan dengan wujud Iblis yang sangat rakus dengan uang, kaya dan juga pelit. Ia akan menambah kekayaannya dengan merampas kekayaan para penyembahnya. Uniknya, kata 'Mammon' di istilah non-formal Jerman, memiliki arti uang.

3. Beelzebub (Baal/Bael)

beelzebub

Pernah membaca manga Beelzebub? Ya, Beelzebub di sini sama dengan bayi bernama Beelzebub pada manga tersebut. Dikatakan bahwa namnaya sebagai Baal atau Bael merupakan Raja Pertama Neraka yang juga menyimbolkan "kerakusan", dimana ia akan mengajak manusia untuk memilih-milih makanan, makan makanan yang mahal, banyak dan secara rakus.

Ia juga sering diasosiasikan dengan wujud sebagai Dewa Lalat dan keberadaannya dikatakan merupakan musibah bagi manusia dan Surga sendiri. Hal ini mungkin disebabkan karena beberapa orang mengatakan sebenarnya ia adalah identitas lain dari Satan dan ia merupakan Raja Pertama dari Neraka yang mengajarkan seni menghilang.

2. Lucifer

Lucifer

Lucifer, dapat diartikan sebagai 'Bintang Kejora' atau 'Pembawa Cahaya', merupakan nama dari Satan sebelum ia diusir dari Surga karena telah menentang Tuhan dan menjadi malaikat yang jatuh (fallen archangel). Ia merupakan perwakilan dari 'kebanggaan' di 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins). Uniknya, jika Anda menonton Constantine, Lucifer membunuh Mammon, karena ia terlalu bangga akan dirinya dan tidak memperbolehkan anaknya sendiri untuk melebihi dirinya.

Pada awalnya dikatakan, Lucifer merupakan malaikat dengan peringkat tertinggi yang selalu dekat dengan Tuhan, dan oleh karena itu Tuhan meperbolehkannya untuk berkuasa atas bumi. Sayangnya, karena Lucifer sangat mencintai dirinya (kebanggaan) dan ingin berkuasa atas semuanya, begitu Tuhan meninggalkan tempat duduknya, ia menduduki tempat duduk tersebut. Hal ini membuat perperangan antara malaikat, dan malaikat Michael berhasil mengusir Lucifer dari Surga bersamaan dengan malaikat lain yang mendukungnya. Namanya-pun diubah menjadi Satan.

1. Satan

satan

Mungkin Anda bingung mengapa Satan disebutkan lagi? Padahal Lucifer merupakan Satan sendiri. Hal ini disebabkan karena beberapa versi membedakan Satan dan Lucifer, dimana Lucifer adalah perwakilan dari kebanggaan dan Satan adalah perwakilan dari kemarahan di 7 Dosa Mematikan.

Kepercayaan ini dipercaya salah, 'kebanggaan' dan 'kemarahan' sebenarnya disimbolkan oleh Satan secara bersamaan. Pada saat dirinya sebagai Lucifer, ia telah memiliki dosa 'kebanggaan' sedangkan begitu ia diusir dari Surga dan diubah namanya menjadi Satan, ia mewakili lagi 1 dosa, yakni 'kemarahan'.

Banyak orang juga mempercayai bahwa semua iblis lain, seperti Beelzebub, Leviathan, Mephistopheles dan seterusnya merupakan identitas lain dari Satan. Bersamaan dengan nama lainnya, Lucifer, ia dipercaya oleh semua manusia sebagai Iblis paling kuat dan berkuasa atas Neraka.

--

Masih banyak versi-versi lain yang menceritakan mengenai iblis-iblis di dunia. Kisah di atas adalah kisah yang mengatakan bahwa Satan, Beelzebub, Astaroth dan Azazel adalah 4 Raja Neraka. Ditambahkan dengan kisah mengenai 7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins). Untuk cerita lengkapnya, dapat dilihat di Wikipedia.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas