home -> Entertainment -> 10 Film Yang Membuat Penonton Harus Berpikir Keras
18 Oktober 2017 16:03

10 Film Yang Membuat Penonton Harus Berpikir Keras

Oleh reagan dalam Entertainment pada August 16, 2017

Film yang terlalu ribet biasanya tidak menarik bagi kebanyakan orang untuk ditonton. Tapi, tidak jarang ada orang yang suka dengan film yang memiliki alur cerita yang bisa membuat pusing kepala. Saking ribetnya alur ceritanya, membuat orang harus berpikir keras dan menonton filmnya berkali-kali baru bisa mengerti jalan ceritanya. Inilah 10 film paling memusingkan kepala yang cocok bagi kalian suka berpikir.

10. Pi 1998

Pi

Film Black Swan dan Requiem for A Dream disutradarai oleh orang yang sama yakni Darren Afonofsky. Darren Afonofsky telah dikenal sebagai salah seorang sutradara yang suka membuat film yang rumit. Film yang dibuat oleh Afonofsky seringkali membuat penonton harus berputar keras, apa maksud yang ingin disampaikan oleh sang sutradara.

Salah satu film yang cukup membuat orang pusing adalah film berjudul Pi. Tayang pada tahun 1998, film bergenre thriller misteri ini menceritakan seorang ahli matematika yang paranoid, Max Cohen. Max Cohen percaya bahwa ada satu kunci yang bisa mengontrol alam semesta dan ia berusaha mencarinya. Max Cohen ini dikethaui merupakan orang yang suka berdelusi dan memiliki masalah sosial.

9. Donnie Darko 2001

Donnie Darko

Semenjak rilisnya film Donnie Darko di tahun 2001, total sudah 16 tahun film ini membuat para penonton berusaha menerka tentang apa sih yang dimaksud dengan film ini. Disutradarai oleh Richard Kelly, film ini dianggap sebagai film paling memusingkan dan mengacaukan pikiran penonton yang pernah dibuat oleh Kelly.

Diperankan oleh Jake Gyllenhaal sebagai seorang remaja bernama Donnie Darko. Darko adalah seorang remaja yang berhalusinasi tentang kelinci iblis yang bernama Frank. Frank ini yang membuat Donnie melakukan hal-hal kriminal. Frank juga mengatakan bahwa bumi akan segera hancur. Sang sutradara sebenarnya sudah membuat penonton pusing dengan jalan cerita Donnie Darko, ditambah lagi dengan teori lubang cacing yang misterius dan dimensi lain, membuat penonton semakin mengernyutkan dahi.

8. Inception 2010

Inception

Christopher Nolan sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menciptakan sebuah film. Semua film yang dibuat oleh Nolan pasti masuk dalam Box Office dan pastinya selalu bisa membuat penonton terkejut akan plot twist yang ada dalam film tersebut. Salah satu karya besar Nolan adalah Inception.

Rilis pada tahun 2010, film yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio ini sukses menjadi film favorit sekaligus film yang membuat otak penonton berpikir keras. Menceritakan kisah Dom Cobb yang diperankan Leonardo DiCaprio, merupakan seorang pencuri yang bisa masuk ke dalam mimpi seseorang dan mencuri rahasia mereka. Meski mengerti konsep cerita, entah kenapa ada saja hal yang mengganjal di pikiran. Sangat mengundang niat untuk ditonton berkali-kali.

7. Mulholland Drive 2001

Mulholland Drive

David Lynch adalah sutradara yang luar biasa. Dua film buatannya berhasil masuk dalam daftar film paling memusingkan penonton, kedua film tersebut adalah Eraserhead dan Mulholland Drive. Tapi, yang akan kita bahas pertama kali adalah film Mulholland Drive yang ditayangkan di bioskop pada tahun 2001.

Berkisah tentang seorang wanita yang menderita amnesia setelah mengalami kecelakaan mobil, Rita akhirnya bertemu dengan Betty Elms di apartemennya. Betty Elms adalah seorang aktris muda yang ingin menjadi bintang besar. Rita percaya bahwa dirinya hampir dibunuh, baik Rita dan Elms, keduanya mengalami ilusi yang membuat mereka tidak bisa membedakan mana dunia nyata, mana mimpi. Dengan akhir yang tidak terduga, membuat penonton semakin penasaran. Sang sutradara, Lynch, dirinya tidak mengungkapkan maksud dari film buatannya, membiarkan penonton berimajinasi tentang apa yang sebenarnya terjadi dalam film tersebut.

6. Primer 2004

Primer

Film dengan teman time travel memang sepertinya akan terus menarik untuk disimak. Bukan Back to The Future, melainkan film arahan sutradara Shane Carruth yang berjudul Primer. Primer adalah film berbudget minim arahan Carruth yang rilis pada tahun 2004. Meski dengan budget minim, film tersebut cukup bisa membuat penonton harus menontonnya lebih dari satu kali.

Bertahun-tahun setelah penayangan film Primer, banyak orang yang mencoba untuk membahas berbagai macam paradoks yang ada dalam film tersebut. Mengisahkan 2 orang insinyur jenius yang secara tidak sengaja menciptakan sebuah mesin waktu. Terobsesi dengan mesin waktu tersebut, dua insinyur tersebut mulai menjelajah waktu. Terlalu asyik bermain-main dengan waktu, kedua insinyur tersebut secara tidak sadar sudah merusak waktu dan harus bersiap menanggung resiko atas aksi mereka.

5. Eraserhead 1977

Eraserhead

Sebelumnya sudah dibahas film Mulholland Drive arahan sutradara David Lynch, kini saatnya membahas film buatan Lynch lainnya yakni Eraserhead. Tayang lebih dulu ketimbang Mulholland Drive yakni 1977, Eraserhead jauh lebih memusingkan dan membuat kalian yang menontonnya harus berpikir keras.

Eraserhead menceritakan seorang pria bernama Harry Spencer yang menikah dengan seorang perempuan yang dicampakkan dalam kondisi hamil. Sang istri kemudian melahirkan seorang bayi mutan, campuran manusia dan reptil yang misterius. Untuk menambah sakit kepala penonton, Eraserhead menampilkan beberapa keanehan lain seperti ayam yang bisa menyemburkan darahm sel sperma raksasa, dan seorang perempuan yang tinggal di sebuah radiator.

4. Memento 2000

Memento

Jauh sebelum film Inception, Christopher Nolan sempat membuat satu film yang bisa dikatakan sebagai film terbaiknya. Sama-sama membuat pusing kepala seperti Inception, film yang diciptakan oleh Nolan pada tahun 2000 ini diberi judul Memento. Dimainkan oleh Guy Pearce dan Carrie Anne Moss.

Guy Pearce memerankan seorang pria bernama Leonard Shelby, seorang pria yang berkeinginan untuk menangkap pembunuh istrinya. Yang jadi permasalahan adalah, Leonard Shelby menderita amnesia yang cukup parah dimana dirinya tidak bisa mengingat apa yang baru saja terjadi. Ada banyak plot yang terjadi begitu tahu bahwa Leonard menderita amnesia. Benarkah istrinya dibunuh oleh orang lain? Mungkin Leonard sendiri pembunuhnya. Atau, Leonard sudah menangkap pelaku dan membunuhnya tapi dirinya lupa.

3. Solaris 1972

Solaris

Rusia memiliki seorang sutradara yang jago dalam membuat film rumit. Sutradara tersebut bernama Andrei Tarkovsky. Film-film yang diciptakan Takovsky diyakini bisa membuat penonton terbius dan merasakan masuk ke dalam dunia imajinasi yang tidak akan ada habisnya. Dan, salah satu karya masterpiecenya adalah Solaris.

Solaris arahan Tarkovsky bergenre fiksi ilmiah, menceritakan seorang psikolog yang diberi misi untuk menggantikan ilmuwan yang bekerja di sebuah stasiun luar angkasa. Sesampainya di stasiun, sang psikolog menemukan banyak ilmuwan yang menjadi gila. Tidak lama kemudian mereka mendapat kontak dari alien misterius dengan intelektual yang tinggi. Terdengar simpel, tapi Tarkovsky mengisyaratkan ada pesan tersembunyi dalam Solaris bila penontonnya jeli.

2. The Matrix Trilogy 1999&2003

The Matrix Trilogy

Film The Matrix bukanlah film biasa. Dibagi menjadi 3 yaitu The Matrix tahun 1999, The Matrix Reloaded tahun 2003, dan The Matrix Revolutions tahun 2003. Ketiga film yang disutradai oleh Lana Wachowski dan Lily Wachowski tersebut benar-benar sukses membuat kita yang menontonnya kesulitan menebak cerita sebenarnya dari The Matrix.

Diperankan oleh Keanu Reaves sebagai Thomas A. Anderson, seorang pria yang hidup di 2 dunia. Di siang hari bekerja sebagai seorang programmer, sedangkan malam harinya menjadi seorang peretas bernama Neo. Neo yang selalu mempertanyakan tentang kehidupan, bertemu dengan peretas legendaris, Morpheus. Sejak pertemuan tersebut, Morpheus membawa Neo ke dalam dunianya yang dianggapnya sebagai "Dunia Nyata". Di dalam dunia tersebut, Neo harus bertempur dengan super komputer yang memiliki misi untuk menguasai dunia. Benarkah dunia yang dijalani oleh Neo tersebut merupakan dunia nyata?

1. 2001: A Space Odyssey 1968

2001: A Space Odyssey

Film yang paling paling membuat penontonnya berpikir keras dan harus menontonnya berkali-kali adalah film yang disutradarai oleh Stanley Kubrick, 2001: A Space Odyssey. Film ini dibuat berdasarkan novel karangan Arthur C. Clarke. Film klasik, tapi dengan adegan dan visual yang luar biasa.

Mengisahkan sebuah perjalanan luar angkasa yang dilakukan oleh sejumlah astronot. Suatu ketika, pesawat yang mereka kendarai, komputernya mengalami keanehan. Sistem komputer yang diberi nama Hal tersebut mulai bertingkah aneh. Membuat kapal dan seisinya melakukan perjalanan menembus angkasa dan waktu.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Entertainment
  2. 2
    oleh reagan dalam Entertainment
  3. 3
    oleh reagan dalam Entertainment
  4. 4
    oleh reagan dalam Entertainment
  5. 5
    oleh reagan dalam Entertainment
  6. 6
    oleh reagan dalam Entertainment
  7. 7
    oleh reagan dalam Entertainment
  8. 8
    oleh reagan dalam Entertainment
  9. 9
    oleh reagan dalam Entertainment
  10. 10
    oleh reagan dalam Entertainment
  1. 1
    oleh reagan dalam Entertainment
  2. 2
    oleh reagan dalam Entertainment
  3. 3
    oleh reagan dalam Entertainment
  4. 4
    oleh reagan dalam Entertainment
  5. 5
    oleh reagan dalam Entertainment
  6. 6
    oleh reagan dalam Entertainment
  7. 7
    oleh reagan dalam Entertainment
  8. 8
    oleh reagan dalam Entertainment
  9. 9
    oleh reagan dalam Entertainment
  10. 10
    oleh reagan dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas