home -> Lainnya -> 10 Hal Yang Menakutkan Bagi Anak Kecil
18 November 2017 09:52

10 Hal Yang Menakutkan Bagi Anak Kecil

Oleh reagan dalam Lainnya pada August 15, 2017

Setiap orang punya yang namanya rasa takut, apalagi anak kecil. Karena usianya yang masih kecil, anak-anak sangat mudah takut dengan suatu hal yang baru dan aneh bagi mereka. Bahkan ada yang sampai dewasa, ada beberapa hal yang membuat mereka takut. Ok, dari sekian banyak hal yang ditakuti oleh anak-anak, ada 10 hal yang ternyata menjadi hal yang paling ditakuti oleh anak-anak. Apa saja? Berikut daftarnya.

10. Nilai Jelek

bad score

Ujian atau ulangan adalah momen yang paling dibenci oleh anak-anak. Jangankan anak kecil, yang sudah mahasiswa saja cukup sebal bila keesokan hari ada ulangan atau ujian. Apalagi kalau itu ulangan mendadak. Bersyukur kalau dapat nilai ulangan yang bagus, bagaimana kalau dapatnya malah nilai jelek?

Yang namanya orang tua, pasti ingin anaknya selalu mendapatkan nilau yang bagus di sekolah. Jika anak dapat nilai jelek, pastinya anak akan langsung ditegur atau bahkan ada yang sampai diomeli dan diberi hukuman. Tidak jarang kenapa ada banyak anak kecil yang begitu takut mendapatkan nilai yang jelek di sekolah.

9. Anjing

dog

Anjing menjadi salah satu hewan peliharaan yang begitu populer. Karena memiliki sifat kesetiaanyang tinggi, anjing mendapatkan predikat sebagai sahabat terbaik manusia. Tidak hanya bisa menjadi teman bermain, anjing juga bisa dimanfaatkan sebagai penjaga rumah dan membantu tugas kepolisian.

Meski ada anjing yang kecil dan lucu, ada saja anak kecil yang takut melihat anjing. Contohnya anjing yang kecil seperti Beagle, Chihuahua, meski kecil, tapi tetap dipandang menakutkan oleh anak-anak. Yang ukuran kecil saja takut, apalagi yang berukuran besar seperti German Sheperd atau Pitbull.

8. Serangga

bugs

Ada banyak hal yang sangat ditakuti oleh anak kecil, dan salah satu hal tersebut adalah hewan serangga. Dunia serangga sangatlah luas, ada kupu-kupu, capung, kepik, belalang, lalat, dan bahkan nyamuk. Meski ukuran serangga kecil, tapi bentuk mereka yang menakutkan terkadang bisa menjadi mimpi buruk bagi sang buah hati.

Meski ada yang berwujud tidak menakutkan seperti kupu-kupu, capung, dan kepik, ada serangga yang memiliki bentuk cukup menakutkan, salah satunya adalah belalang, khususnya belalang sembah. Berada di dekat serangga tersebut bisa membuat anak kecil takut, takut akan gigitan serangga.

7. Petir

thunder

Yang namanya anak kecil, kalau belum sakit, belum akan tobat bermain hujan-hujanan. Ya, memang masa anak-anak harus dinikmati, termasuk bermain hujan-hujanan. Main hujan-hujanan memang menjadi aktivitas yang sangat seru apalagi bila dilakukan bersama teman. Tapi, selain hujan, ada pula hal yang patut diwaspadai yaitu petir.

Kita semua tahu apa akibat bila seseorang tersambar petir. Mengalami luka sampai yang paling parah meninggal dunia adalah akibat yang disebabkan bila tersambar petir. Tapi anak-anak mungkin belum sadar akan hal itu. Hal dari petir yang bisa membuat takut anak adalah kemunculannya yang mendadak dan suaranya yang menggelegar.

6. Dokter

doctor

"Ayo makan, kalau tidak mau makan nanti disuntik dokter". Hayo, siapa yang masih ingat dengan ucapan tersebut? Ucapan tersebut adalah satu dari sekian banyak trik yang digunakan orang tua agar anak menurut. Tapi, akibatnya adalah, anak-anak menjadi takut dengan dokter dan hal-hal yang berhubungan dengan dokter.

Karena gambaran dokter yang menakutkan sudah diberikan oleh orang tua sejak kecil, ini bisa berdampak hingga dewasa. Bukan hanya dokter, tapi jarum suntik, suster, dan rumah sakit pun menjadi hal yang menakutkan bagi anak-anak. Bagaimana anak bisa menjadi seorang dokter bila kecilnya sudah takut dengan dokter?

5. Monster

monster

Anak kecil memiliki imajinasi yang sangat luar biasa. Terkadang, imajinasi itulah yang membuat banyak orang tua bingung. Imajinasi tersebut bisa datang ketika anak kecil menonton tayangan di televisi. Maka dari itu, ketika anak sedang menonton televisi, orang tua harus mendampingi anaknya agar nantinya bisa menjelaskan bila ada suatu hal yang tidak dimengerti dari film yang ditonton.

Yang namanya anak-anak, pastinya yang ditonton tidak jauh dari acara kartun. Mungkin salah satunya adalah kartun yang berisikan monster. Monster ada banyak macamnya, ada yang lucu dan ada yang menakutkan. Imajinasi anak sulit untuk ditebak, monster yang lucu saja bisa membuat mereka takut, apalagi kalau monster yang mengerikan. Dan ketika waktunya tiba, anak tidak mau tidur sendiri karena takut nanti diculik monster.

4. Hantu

ghost

Beda tipis dengan monster, hantu juga merupakan salah satu hal yang bisa membuat anak kecil ketakutan hingga menangis. Bisa dimaklumi, bukan hanya anak kecil saja yang bisa takut dengan sosok makhluk tak kasat mata tersebut, yang sudah dewasa juga bisa dibuat lari tunggang langgang apabila melihat penampakan.

Menjadi PR tersendiri bagi orang tua untuk bisa mengurangi sedikit rasa takut anak terhadap hantu. Salah satu triknya adalah dengan tidak membahas apapun tentang hantu pada anak, apalagi jika anak kalian termasuk anak yang penakut. Menceritakan cerita seram atau menonton film horror sebelum tidur? Bukan keputusan yang bagus.

3. Tidur Sendiri

alone

Memiliki anak yang memiliki rasa takut yang tinggi tentu akan sangat merepotkan orang tua. Hal sederhana saja bisa membuat anak menjadi gugup bila memiliki rasa takut yang berlebihan. Namun, ada satu hal yang memang menakutkan bagi anak-anak pada umumnya yaitu tidur di kamar sendirian.

Orang tua adalah sosok yang sangat berarti bagi anak, dengan adanya orang tua, anak bisa merasa lebih aman. Ketika anak harus tidur tanpa kehadiran orang tua, jelas anak bisa merasa sedikit panik. Apa yang akan terjadi nanti ketika tidur? Siapa yang nanti akan menjaga bila ada kenapa-kenapa? Bagaimana nanti bila ada monster, hantu atau lain sebagainya?

2. Badut

clown

Kalian tahu dengan karakter Pennywise buatan penulis novel terkenal, Stephen King? Pennywise adalah sosok badut mengerikan yang dibuat dalam novel Stephen King pada tahun 1986 yang kemudian diangkat ke layar lebar pada tahun 1990. Kini, sosok badut mengerikan tersebut akan hadir kembali di tahun 2017 dengan judul It.

Memang tidak bisa sepenuhnya disalahkan pada Pennywise yang membuat anak-anak takut badut. Memang penampilan badut yang aneh yang sebenarnya ingin tampil lucu malah seringkali disalah artikan oleh anak-anak menjadi sosok yang menakutkan. Ketakutan berlebihan terhadap badut dinamakan coulrophobia. Ketakutan akan badut bukan hanya dialami oleh anak, orang dewasa juga bisa mengalaminya.

1. Gelap

dark

Jangan tertawa bila ada anak kecil yang takut akan gelap. Kalian yang sudah dewasa juga bisa mengalami rasa takut yang sama apabila dikurung dalam ruangan gelap dimana kalian tidak bisa melihat apa-apa. Bila orang dewasa saja bisa ketakutan dengan yang namanya kegelapan, jangan heran bila ada anak kecil yang juga takut dengan kegelapan. Bahkan ketakutan mereka bisa jauh lebih parah.

Bila kalian membaca poin-pon sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa anak-anak memiliki imajinasi yang tinggi. Berada di dalam ruangan yang gelap ditambah dengan imajinasi yang tinggi akan hal-hal seram seperti monster dan hantu, anak kecil mana sih yang tidak ketakutan? Apa kalian dulu juga takut dengan kegelapan?

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas