home -> Lainnya -> 10 Mainan Yang Ditarik Karena Berbahaya Bagi Anak
18 November 2017 09:50

10 Mainan Yang Ditarik Karena Berbahaya Bagi Anak

Oleh reagan dalam Lainnya pada August 14, 2017

Orang tua mana yang tidak senang melihat anaknya senang. Dan salah satu cara untuk membuat anak menjadi senang adalah dengan membelikannya mainan yang seru. Meski terlihat seru dan menarik, ada beberapa mainan yang ternyata malah berbahaya bagi anak. Nah, tugas kalian sebagai orang tualah yang harus pintar-pintar memilih mainan yang aman untuk dimainkan oleh anak. Tidak seperti mainan berikut ini, mainan anak berikut ini dianggap berbahaya dan sebaiknya kalian orang tua perllu mengawasai anak kalian ketika memainkannya.

10. Sky Dancers

Sky Dancers

Apa yang bisa membuat anak perempuan tersenyum bahagia? Jawabannya adalah boneka Barbie. Ya, boneka Barbie adalah salah satu mainan yang sangat populer untuk anak perempuan. Selain Barbie, hal-hal yang berhubungan dengan boneka cantik dan semacamnya juga menarik dimainkan oleh anak perempuan. Salah satunya adalah Sky Dancers.

Sky Dancers adalah mainan yang sangat populer bagi anak perempuan di era 90an. Mainan boneka ini bila ditaruh di lantai, akan terlontar ke atas sembari berputar. Menarik bukan? Kelihatannya menarik, tapi ternyata tidak juga. Menurut beberapa laporan, tidak sedikit anak yang mengalami luka-luka akibat bermain Sky Dancers. Penyebabnya, Sky Dancers terlontar ke atas tanpa arah yang jelas dan dalam kecepatan yang lumayan. Alhasil, mainan ini dilarang edar di tahun 2000.

9. Aqua Leisure Baby Boat

Aqua Leisure Baby Boat

Biar masih bayi, tetaplah mereka membutuhkan yang namanya hiburan berupa mainan. Tentunya sebagai orang tua harus berhati-hati dalam memilih mainan yang sekiranya aman untuk dimainkan oleh bayi. Ada 1 mainan yang memang sengaja diciptakan khusus untuk bayi. Mainan tersebut adalah Aqua Leisure Baby Boat.

Aqua Leisure Baby Boat merupakan semacam balon yang bisa dipakaikan pada anak agar bisa mengapung di permukaan kolam. Dikira aman, ternyata mainan ini memiliki satu masalah yang sangat fatal. Aqua Leisure Baby Boat memiliki bagian kaki yang mudah rusak. Bisa mengakibatkan kebocoran dan membuat bayi tenggelam. Setidaknya ada 30 kasus bayi tenggelam karena menggunakan mainan ini.

8. Pistol Mainan

toy gun

Bukan mobil-mobilan melainkan pistol yang menjadi mainan favorit bagi anak laki-laki. Ya, aneh ya jika ada anak laki-laki main Barbie. Di Amerika, mainan pistol yang dijual di pasaran, dibuat semirip mungkin seperti pistol sungguhan. Tentu saja ini membuat orang bingung, mana yang pistol asli, mana yang palsu.

Kebingungan ini akhirnya menjadi mimpi buruk yang menjadi nyata. Di tahun 2014, seorang polisi di Cleveland, terpaksa menembak dan menewaskan seorang bocah laki-laki berumur 12 tahun. Bocah laki-laki tersebut terlihat sedang bermain-main dengan pistol yang ternyata hanya mainan. Pembelaan sang polisi, dirinya mengira bahwa anak tersebut sedang bermain dengan pistol sungguhan dan membahayakan nyawa warga sekitar. Akhirnya, di tahun 1989 muncul peraturan bahwa pistol mainan di bagian ujungnya harus diberi warna oranye untuk membedakan dengan pistol asli.

7. Polly Pockets

Polly Pockets

Barbie bukanlah satu-satunya mainan yang populer di kalangan anak perempuan. Masih ada banyak mainan lain yang memang sengaja dibuat untuk membuat anak perempuan bahagia. Salah satu mainan yang cukup populer di tahun 2000an adalah maianan anak bernama Polly Pockets. Sayang, mainan ini umurnya tidak bisa bertahan lama.

Di tahun 2006, sang pembuat Polly Pockets yaitu Mattel, menarik ulang mainan produksinya sebanyak lebih dari 4 juta Polly Pockets. Kenapa? Karena banyak anak yang secara tidak sengaja menelan magnet yang terdapat pada Polly PocketsPolly Pockets adalah boneka yang pakaiannya bisa diganti sesuka hati. Untuk membuat pakaian tersebut menempel, digunakannyalah magnet.

6. Banzai Body Bumpers

Banzai Body Bumpers

Adu badan dengan orang lain tentunya hal yang berbahaya. Bagaimana jika adu badan menggunakan pelindung semacam balon? Ya, mainan tersebut benar-benar ada dan dijual dengan bebas, diberi nama Banzai Body Bumpers. Mainan dijual dan hanya bisa dimainkan oleh anak kecil saja.

Meski digunakan layaknya peralatan pelindung, masih ada beberapa bagian tubuh yang tidak tertutup dengan balon seperti tangan, kaki, dan kepala. Jadi, jika anak kecil saling menabrakan badan, Banzai Body Bumpers hanya melindungi beberapa bagian tubuh saja. Bagian tubuh lainnya bisa mengalami cidera serius.

5. Slime Ball Slinger

Slime Ball Slinger

Anak laki-laki biasanya terkenal akan kenakalannya. Jadi, mainan yang biasanya dibeli dan dimainkan adalah mainan yang fungsinya memang untuk menjahili orang. Nah, ada sebuah mainan unik yang menggabungkan antara ketapel dengan bola slime. Mainan tersebut adalah Slime Ball Slinger.

Ketapel ini bisa melontarkan bola slime sejauh 9 meter. Jelas mainan ini akan membuat anak kecil jadi senang. Satu hal yang anak kecil tidak paham adalah, dengan ketapel tersebut, mereka bisa membuat seseorang mengalami cidera. Bola slime memang terlihat tidak berbahaya, tapi, bola slime bisa diganti dengan hal lain. Bagaimana jika batu yang digunakan?

4. Gilbert  U-238 Atomic Energy Lab

Gilbert  U-238 Atomic Energy Lab

Di tahun 50an adalah era dimana banyak penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan. Menjadi ilmuwan, orang tua mana sih yang tidak mau anaknya menjadi seorang ilmuwan sukses? Beruntungnya, di tahun 1950, ada sebuah mainan yang dimana bisa membuat seorang anak merasa seperti seorang ilmuwan. Mainan itu adalah Gilbert U-238 Atomic Energy Lab.

Sungguh nama permainan yang keren ya? Mainan tersebut dibuat oleh A.C. Gilbert. Gilbert memiliki harapan bahwa mainan ciptaannya tersebut bisa laku keras di pasaran. Sayang, mainan ciptaannya tersebut dikategorikan sebagai salah satu mainan yang berbahaya. Mainan Gilbert U-238 Atomic Energy Lab ditengarai mengandung zat radioaktif, uranium.

3. Snacktime Cabbage Patch Doll

Snacktime Cabbage Patch Doll

Di luar negeri sepertinya banyak dijual mainan-mainan yang unik. Salah satu mainan unik yang dijual adalah Cabbage Patch Dolls. Boneka ini merupakan boneka yang sangat populer pada tahun 80an. Setiap anak pasti ingin memiliki boneka unik ini. Keunikan boneka ini adalah, boneka ini bisa mengunyah apapun yang kita masukkan ke mulutnya.

Cabbage Patch Dolls memiliki mulut mekanikal yang dirancang untuk meniru mulut manusia ketika mengunyah makanan. Dan anak-anak dipersilahkan memasukkan makanan yang terbuat dari plastik ke dalam mulut sang boneka. Tapi, mulut boneka ini tidak bisa membedakan yang mana makanan, yang mana jari manusia. Mainan ini dibuat oleh perusahaan Mattel.

2. Hannah Montana Pop Star Card Game

Hannah Montana Pop Star Card Game

Mainan anak yang dijual, terlebih dahulu harus melalui quality check. Selain memeriksa apakah mainan rusak atau tidak, quality check juga memeriksa apakah mainan yang dijual itu berbahaya atau tidak. Ada satu mainan yang kala itu lolos quality check yaitu Hannah Montana Pop Star Card Game. Padahal, setelah diteliti, mainan tersebut mengandung zat berbahaya yaitu arsenik.

Arsenik adalah salah satu racun paling berbahaya di dunia. Bisa mengakibatkan kematian apabila terkontaminasi. Oleh American Academy of Pediatrics, ada batasan tertentu dimana sebuah mainan tidak boleh mengandung zat berbahaya. Nah, Hannah Montana Pop Star Card Game ini dideteksi memiliki kandungan arsenik yang jauh melebihi batasan tersebut. Akhirnya, mainan tersebut ditarik dari pasaran.

1. CSI Fingerprint Examination Kit

CSI Fingerprint Examination Kit

Berlaku seperti polisi dan divisi yang berhubungan dengan polisi bukanlah hal yang baru lagi bagi anak-anak jaman sekarang. CSI Fingerprint Examination Kit adalah sebuah mainan yang membuat anak-anak bisa berlaku seperti seorang anggota polisi yang tengah menangangi sebuah kasus. Mainan ini dibuat karena terinspirasi oleh salah satu serial televisi yang tayang di channel CBS yaitu CSI: Crime Scene Investigation.

CSI Fingerprint Examination Kit membuat anak-anak bisa mencari sidik jari seseorang dengan bermodalkan bubuk khusus dan kuas. Seru ya jika dibayangkan? Tapi, bubuk yang digunakan dalam mainan ini diduga mengandung materi yang berbahaya. Materi berbahaya yang dimaksud adalah asbestos. Di tahun 2007, Asbestos Disease Awareness Organization memerintahkan untuk melarang mainan ini untuk dijual.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas