home -> Top -> 10 Perbedaan antara Pria dan Wanita
24 Oktober 2014 17:17

10 Perbedaan antara Pria dan Wanita

Oleh admin dalam Top pada May 05, 2013

Selain dari perbedaan anatomi fisik yang jelas, wanita dan pria memiliki perbedaannya tersendiri. Dalam hal sosial, intelektual, dan terlebih lagi kepribadian. Artikel berikut akan membahas mengenai 10 perbedaan yang mendasar antara pria dan wanita.

Berikut video singkat mengenai perbedaan wanita dan pria oleh Wah!Banana.

1. KOMUNIKASI

komunikasi

Biasanya, dalam berkomunikasi wanita lebih berhasil daripada pria. Hal ini disebabkan karena mereka berusaha untuk mencari solusi yang bekerja bagi semua orang, membicarakan setiap isu terkait dan berusaha menangkap tanda-tanda non-verbal seperti nada, emosi dan empati.

Di sisi lain, pria lebih berorientasi tindakan, sedikit berbicara dan agak lebih menyendiri. Pria memiliki kesulitan dalam hal emosi yang tidak dibicarakan. Jadi, pada saat seorang pria menanyakan seorang wanita apakah ada yang salah dan wanita itu menjawab "Tidak ada," maka ia akan menganggapnya benar-benar tidak ada.

2. EMOSI

emosi

Salah satu hal paling jelas mengenai perbedaan antara pria dan wanita adalah emosi. Wanita mempunyai sistem limbik (struktur neural di otak terkait emosi) yang lebih besar daripada pria, hal ini memperbolehkan mereka untuk lebih "mendalami" perasaan mereka dan lebih baik mengekspresikan diri mereka.

Mungkin karena inilah wanita lebih baik dalam menangani anak-anak. Ironisnya, semakin besar sistem limbik maka semakin besar peluang depresi, apalagi jika sedang dalam siklus menstruasi atau perubahan hormon sehabis melahirkan.

3. RASA SAKIT

rasa sakit

Wanita dan pria mempersepsikan rasa sakit dalam arti yang berbeda. Studi menunjukkan bahwa wanita lebih membutuhkan morfin lebih banyak daripada pria untuk mengurangi rasa sakit dalam tingkat yang sama. Studi juga membuktikan bahwa wanita menunjukkan rasa sakit tersebut dengan suara dan mencari tindakan penyembuhan lebih cepat dibanding pria.

Pada saat rasa sakit terjadi, riset menunjukkan bahwa pria mengaktifkan amygdala kanan (terkait dengan fungsi eksternal) sedangkan wanita amygdala kiri (fungsi internal). Hal ini-lah yang menyebabkan wanita merasakan sakit melebihi pria, walaupun mereka dapat menangani rasa sakit lebih baik (sebagai contoh saat melahirkan).

4. MAKANAN

makan

Pada saat pria pergi membeli makanan, biasanya mereka akan lebih mencari daging dan daging serta apapun yang membantu meningkatkan rasa dari daging tersebut. Tapi pada dasarnya mereka tidak merasakan ada yang salah dengan memakan makanan yang sama setiap harinya. Hal ini disebabkan pria memikirkan makanan hanyalah makanan.

Di sisi lain, wanita ingin memakan sesuatu yang terlihat 'cantik' daripada hanya sekedar makanan. Mereka juga tidak menginginkan makanan yang sama setiap harinya. Mungkin ini-lah salah satu hal yang menyebabkan mereka dapat makan hanya sedikit.

5. INGATAN

ingatan

Pria mempunyai ingatan yang lebih pendek dibandingkan wanita. Hal inilah biasa yang membuat pria terkadang berada di pihak yang salah karena telah merupakan kejadian-kejadian penting  seperti ulang tahun dan sebagainya. Sedangkan wanita akan mengingat 'segalanya', dan mereka tidak akan membiarkan suatu isu 'terlupakan' hingga isu itu benar-benar selesai. Bahkan walaupun isu itu telah selesai, mereka tetap akan mengingatnya.

Tetapi uniknya, ada perkataan yang mengatakan bahwa terkait atas melupakan pacar atau pasangannya, pria memang cepat melupakan pasangannya, tetapi secara emosional mereka masih mengingatnya. Sedangkan jika wanita memutuskan untuk melupakan pasangannya maka mereka benar-benar akan melupakannya. Ada perkataan ibarat wanita me-klik tombol "delete" sedangkan pria "save as...".

6. KINERJA OTAK

kinerja otak

Seperti yang Anda ketahui, otak manusia dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni otak kiri dan otak kanan. Dimana otak kiri terkait dengan fungsi logika dan perhitungan sedangkan otak kanan terkait dengan fungsi kreativitas dan emosi. 

Mungkin melalui penjelasan di atas, Anda telah mengira-ngira bahwa pria lebih kuat terkait dengan penggunaan otak kiri sedangkan wanita lebih mengarah ke otak kanan. Ya, itu benar, hal inilah kenapa pria lebih berorientasi tugas dalam memecahkan masalah, sedangkan wanita lebih memecahkannya secara kreatif.

7. BAHASA

bahasa

Dua bagian di otak yang bertanggungjawab dalam fungsional bahasa (linguistik) ditemukan bahwa pada wanita lebih besar daripada pria. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa wanita lebih cepat beradapatasi dalam subjek berbasis bahasa dan pemikiran terkait bahasa.

Pria hanya melakukan pemrosesan bahasa hanya pada satu sisi otak saja sedangkan wanita melakukannya pada kedua sisi.

8. PENGLIHATAN

penglihatan

Terkait atas indra penglihatan, ada perbedaan yang cukup jelas antara pria dan wanita. Pria dapat melihat tulisan lebih baik dan dapat melihat lebih baik dalam kegelapan, sedangkan wanita dapat melihat warna lebih baik, dengan jangkauan penglihatan yang lebih luas.

Mungkin terkait atas penglihatan warna yang lebih baik, disebabkan karena wanita lebih mempunyai kekebalan yang lebih baik terkait buta warna. Hal ini karena agar seorang wanita menderita buta warna, kedua orang tuanya harus menderita buta warna juga baik hanya sebagai bawaan (carrier) atau penderita. Sedangkan pria cukup salah satu orang tuanya yang menderita buta warna baik carrier atau tidak.

9. KEBERSIHAN

kebersihan

Terkait atas kebersihan, Anda dapat melihatnya di bawaan wanita dimana wanita lebih terbiasa menyediakan segala sesuatu sebelum hal tersebut terjadi. Seperti mereka akan membawa tisu, sisir, kaca atau bahkan gunting kuku. Sedangkan pria hanya membawa diri, dompet dan handphone. Inilah yang menyebabkan wanita lebih bersih dibandingkan pria, karena mereka telah memiliki 'perlengkapannya' sendiri.

Hal ini mungkin disebabkan karena wanita memiliki penciuman yang lebih baik dibandingkan pria. Penelitian menunjukkan bahwa terkait atas penciuman, wanita mengaktifkan wilayah otaknya lebih banyak dibandingkan pria.

10. PENUAAN

penuaan

Dalam hal ini, pria dapat dikatakan lebih baik. Wanita tidak mengalami penuaan yang sama dengan pria, mereka lebih memiliki kemungkinan untuk menderita dementia (kehilangan kemampuan kognitif yang lebih cepat daripada penuaan umumnya) lebih besar daripada pria. Kulit mereka juga lebih cepat menunjukkan keriput dibandingkan dnegan pria.

Di sisi lain, pria lebih cepat mengalami penurunan jaringan otak karena aliran darah ke otak pada wanita lebih cepat, dan kemungkinan pria mengalami kebotakan lebih tinggi dibandingkan wanita. Hal ini terkait atas kromosom X.

--

10 perbedaan dasar di atas menjelaskan perbedaan wanita dan pria secara umum, dan bukan sesuatu yang dapat digunakan sebagai patokan spesifik diri Anda maupun orang lain, hanya patokan umum. Karena Anda itu unik, sama halnya seperti orang lain.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas