home -> Lainnya -> 10 Tips Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Ke...
22 Agustus 2017 16:14

10 Tips Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Kendaraan

Oleh reagan dalam Lainnya pada July 28, 2017

Membeli kendaraan baik itu mobil atau motor tidak bisa sembarangan. Salah membeli, menyesalpun tidak ada gunanya. Sebelum kalian salah membeli kendaraan, ada baiknya kalian mencari saran dari beberapa orang atau situs di internet. Ada sejumlah tips atau saran yang akan TahuPedia bagikan bagi kalian semua yang ingin membeli kendaraan.

10. Test Drive

test drive

Terkadang ada orang yang mau membeli kendaraan, baik itu mobil ataupun motor tapi tidak tahu harus membeli yang mana. Apa kalian pernah mengalami hal tersebut? Meski sudah keluar masuk sejumlah dealer mobil atau motor, tapi masih belum juga menentukan mobil atau motor apa yang seharusnya dibeli.

Salah satu tips yang sekiranya bisa membantu kalian yaitu, cobalah untuk tanyakan bisa melakukan test drive atau tidak dengan salah satu kendaraan yang ada di dealer. Dengan melakukan test drive, kalian bisa tahu secara jelas, mana kendaraan yang sekiranya cocok dengan selera. Nyaman atau tidak bisa diketahui dari test drive.

9. Bonus

bonus

Sebelum membeli mobil atau motor, kalian perlu menanyakan segala hal tentang kendaraan tersebut. Jangan sampai kalian salah membeli atau kurang sesuatu. Banyak orang memberikan tips bahwa ketika datang ke sebuah dealer motor atau mobil, adalah hal wajar jika kita bertanya, apakah ada bonus ketika membeli kendaraan.

Motor misalnya, banyak dealer yang biasanya sudah menyertakan bonus seperti helm, jaket atau beberapa toolkit sederhana. Kalau mobil, biasanya akan diberikan toolkit, karpet, sarung jok mobil atau lainnya. Beberapa dealer bisa saja memberikan bonus yang berbeda ketika kalian membeli suatu kendaraan. Nah, itu juga bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan kalian nantinya.

8. Asuransi

insurance

Jaman sekarang, asuransi adalah hal yang sangat penting. Bukan hanya manusia saja yang harus diasuransi, tapi kendaraan juga sudah mulai diasuransi. Tips berguna untuk kalian yang mau membeli motor atau mobil, tanyakan pada dealer, apakah dealer menyediakan asuransi kendaraan atau tidak.

Jika dealer yang bersangkutan sudah ada asuransi, itu bisa memudahkan kita daripada harus capek-capek mencari asuransi lagi. Tanyakan pula bagaimana sistem pembayarannya hingga sulit atau tidaknya mengklaim asuransi. Jika ternyata asuransi dari dealer dirasa kurang memuaskan atau tidak yakin, kalian bisa memilih asuransi lain yang lebih kalian percaya.

7. Service Dan Suku Cadang

service and spare part

Dalam membeli suatu kendaraan, ada banyak hal yang harus kalian perhatikan, salah satunya adalah masalah service dan suku cadang. Service dan suku cadang ini membuat seseorang jadi berpikir ulang ketika ingin membeli mobil atau motor. Tidak mau kan nantinya kalian kesulitan dalam melakukan service dan mencari suku cadang?

Beberapa mobil dan motor yang diimport dari Eropa biasanya memiliki beberapa kendala ketika mengurus service dan suku cadang. Dari yang tidak bisa mengservice di sembarang tempat dan lagi keterbatasan suku cadang. Lain cerita jika kalian membeli mobil atau motor yang memang diproduksi di Asia. Ambil contohnya, service mobil Toyota Innova dan suku cadangnya lebih mudah dilakukan daripada service dan mencari suku cadang BMW i8.

6. Desain

design

Membeli kendaraan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Salah membeli akan membuat kalian rugi uang dan tentunya waktu. Tidak mau kan kalian menyesal kemudian setelah salah membeli mobil atau motor? Hal lain yang menjadi pertimbangan ketika membeli suatu kendaraan adalah desain.

Pilihlah desain kendaraan yang sesuai dengan kesukaan kalian. Jika kalian sudah berkeluarga, coba pertimbangkan bersama dengan keluarga. Kira-kira, kendaraan dengan desain seperti yang sekiranya cocok untuk dibeli. 

5. Kenyamanan

comfort

Mencari pasangan saja butuh yang nyaman, begitu juga dengan kendaraan. Sebelum membeli kendaraan, baik itu mobil atau motor, carilah yang posisi berkendaranya yang memang nyaman dengan kalian. Jangan sampai kalian asal beli karena terburu-buru ingin memiliki sebuah kendaraan.

Bagaimana cara mengetahui sebuah kendaraan nyaman atau tidak? Pertama, kalian bisa datangi dealer dan coba untuk menaikinya. Kedua, akan lebih bagus lagi apabila dealer memperbolehkan kita untuk melakukan test drive. Biasanya, kita sedang ada pameran mobil, konsumsen akan diperbolehkan untuk melakukan test drive kendaraan. Nah, kalian bisa manfaatkan momen tersebut.

4. Rajin Keliling Dealer

dealer

Ada begitu banyak mobil dan motor baru yang muncul di pasaran seakan-akan ingin membuat konsumen mudah untuk membeli, nyatanya tidak. Semakin banyak mobil dan motor dengan desain yang menarik memang membuat kita jadi banyak pilihan. Tapi, semakin banyaknya pilihan malah membuat orang jadi bingung mau membeli yang mana.

Bagi kalian yang sedang kebingungan mau membeli mobil atau motor, saran kami adalah untuk rajin-rajin keluar masuk dealer. Setiap mobil atau motor yang dijual selain memilika keunikan sendiri, harga tiap dealer pun bisa berbeda. Misalnya, harga mobil Honda Brio di dealer X bisa saja berbeda dengan harga di dealer Y. Bonus yang diberikan tiap dealer juga bisa berbeda.

3. Pilih Merk

car brand

Kita tinggal di jaman yang benar-benar enak sekaligus rumit. Kenapa enak? Banyak pabrikan mobil atau motor yang bermunculan di Indonesia dengan desain kendaraan yang khas dan fitur-fitur kendaraan yang canggih. Yang rumitnya adalah, terlalu banyak merk mobil atau motor membuat kita bingung mau membeli yang mana.

Sebelum membeli, ketahui dulu merk mana yang mau kalian beli. Merk mobil sangat berpengaruh terhadap harga, service, dan pencarian suku cadang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa mobil Toyota Innova jauh lebih mudah untuk diservice dan suku cadangnya juga mudah untuk dicari. Beda dengan BMW i8 yang servicenya harus di dealer resmi karena mobilnya sudah elektronik. Belum lagi bila ada suku cadang yang rusak, mencarinya bisa memakan waktu.

2. Baru Atau Bekas

new car

Ingin membeli kendaraan? Apa kalian sudah menentukan harus membeli baru atau yang bekas? Baik membeli mobil baru atau bekas, masing-masing memiliki poin plus dan minusnya sendiri. Mobil ata motor bekas memang lebih murah, tapi kita harus lebih awas dalam membelinya. Ada banyak hal yang harus kita pastikan seperti kondisi kendaraan, sejarah pemakaian, jumlah kilometer, kelengkapan toolkit, dan tahun kendaraan.

Untuk kendaraan baru yang pastinya kita tidak perlu khawatir lagi karena kondisi kendaraan masih segar dari pabrik. Jika ada masalah, kita bisa langsung membawanya ke dealer untuk diservice. Cuma, harga kendaraan baru pastinya lebih mahal daripada kendaraan bekas. Semua pilihan kembali ke kalian sendiri. Apakah kalian mau membeli kendaraan baru atau kendaraan bekas.

1. Tentukan Budget

budget

Dari sekian banyak tips membeli kendaraan yang sudah disebutkan di atas, tips atau poin paling penting yang harus kalian tentukan adalah ketersediaan uang atau budget. Ketahui seberapa besar budget yang tersedia untuk membeli kendaraan, barulah kalian bisa tentukan langkah selanjutnya.

Jika kalian ingin harga yang murah, coba menghadiri sejumlah pameran otomotif. Biasanya, pameran otomotif akan menghadirkan sejumlah kendaraan baru dengan harga yang miring. Tidak jarang juga mereka akan memberikan bonus yang banyak apabila kalian membeli di saat itu.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas