home -> Lainnya -> 10 Pertanyaan Yang Paling Sering Ditanyakan Oleh P...
22 Agustus 2017 16:16

10 Pertanyaan Yang Paling Sering Ditanyakan Oleh Petugas Imigrasi

Oleh reagan dalam Lainnya pada July 27, 2017

Ketika hendak liburan ke suatu tempat dan harus melalui petugas imigrasi, biasanya akan ada 1 atau 2 petugas yang bertugas untuk memberikan sejumlah pertanyaan pada Anda. Pertanyaan yang diajukan bisa berhubungan dengan tujuan perjalanan atau bisa juga hal lain. Intinya, petugas imigrasi akan mengajukan pertanyaan yang pastinya akan berhubungan dengan perjalanan kalian. Salah menjawab, jangan heran jika nantinya kalian tidak akan lolos imigrasi. Berikut adalah 10 pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh petugas imigrasi.

10. Sudah Bekerja Atau Masih Sekolah?

working

Salah satu pertanyaan yang wajar dan sering ditanyakan  oleh petugas imigrasi adalah, Apakah kamu sudah bekerja atau masih sekolah? Sederhana memang, tapi, pertanyaan ini bisa menjadi penentu pertanyaan berikutnya atau menjadi bahan pertimbangan apakah kamu lolos interview imigrasi atau tidak.

Lalu, apakah jawaban yang sebaiknya diberikan? Jika ditanya apakah sudah bekerja atau masih sekolah, jawablah sejujur-jujurnya. Jika kalian memang sudah bekerja, jawablah sudah bekerja. Misalnya bekerja di perusahaan X. Jika masih sekolah, katakan saja kalian sekolah dimana dan kelas berapa. Bohong hanya akan membuat kalian repot sendiri.

9. Apa Kamu Sudah Menikah Atau Punya Anak?

family

Ketika kalian tiba kantor imigrasi, kalian akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan sebelum paspor dibuat. Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh petugas adalah, apa kalian sudah menikah? Apakah sudah punya anak? Atau masih berstatus single? Atau status sekarang ini sudah bercerai?

Tidak perlu panik dan bingung. Katakan saja status kalian saat ini sesuai dengan yang tertara di kartu tanpa penduduk atau KTP. Apabila ternyata status yang di ktp tidak sesuai dengan yang sekarang, berikanlah alasan yang masuk akal supaya paspor kalian tetap bisa dibuat.

8. Punya Tabungan Sendiri?

savings

Jaman sekarang, penting bagi setiap orang untuk punya tabungan sendiri. Jika tidak, maka kalian harus segera membuatnya. Lain cerita jika kalian masih kecil, wajar jika tabungan masih digabung dengan orang tua. Membahas soal tabungan, oleh pihak imigrasi, kalian juga akan ditanyakan apakah kalian punya tabungan atau tidak.

Mudah jika kalian masih anak kecil, kalian tinggal menjawab bahwa tabungan masih digabung dengan orang tua. Jika kalian sudah dewasa, maka sudah seharusnya kalian mempunyai tabungan sendiri. Oleh pihak imigrasi, kalian hanya akan ditanya punya tabungan atau tidak, tapi jika ingin membuat visa, oleh pihak kedutaan, kalian akan ditanyakan berapa banyak tabungan kalian di bank.

7. Pernah Liburan Sebelumnya?

liburan

Pernah berlibur sebelumnya menjadi pertanyaan yang akan dilontarkan oleh petugas imigrasi pada setiap orang yang hendak mengurus paspor. Jika mereka sudah pernah atau yang sering bepergian, pastinya proses pengurusan paspor tidak akan seribet dengan orang yang belum pernah bepergian sama sekali.

Dan lagi-lagi, lebih baik kalian katakan saja yang sejujurnya perihal pengalaman kalian. Bila belum pernah bepergian, bilang saja belum. Bila sudah pernah, katakan saja sudah pernah. Jika kalian berbohong dengan mengatakan sudah pernah bepergian dan petugas menanyakan liburan kemana dan apa yang kalian, lalu kalian tidak tahu harus menjawab apa, celakalah kalian.

6. Bagaimana Kondisi Kalian?

health

Kesehatan adalah hal penting bagi manusia. Tidak ada manusia yang ingin sakit. Bagi petugas imigrasi, kesehatan juga menjadi hal penting yang pasti akan ditanyakan pada mereka yang hendak mengurus paspor. Karena itu, pastikan kalian mengurus paspor ketika kesehatan sedang bagus.

Ada kemungkinan jika kalian mengurus paspor di saat kondisi sedang sakit, maka petugas imigrasi akan memiliki 2 pilihan yaitu, pertama, kalian akan diminta datang kembali ketika kondisi sudah lebih baik, atau kedua, kalian akan tetap diperbolehkan mengurus paspor. Tidak hanya itu, mungkin saja petugas imigrasi akan menanyakan riwayat kesehatan dan apakah kalian punya penyakit khusus.

5. Adakah Teman Atau Keluarga Di Sana?

friends

Pihak imigrasi, dalam mempertimbangkan proses pengurusan paspor. akan menanyakan banyak hal pada kalian. Segala hal akan ditanya termasuk keluarga dan teman. Ketika kalian memang sengaja membuat paspor untuk pegi ke suatu negara, pihak imigrasi akan bertanya, apakah kalian punya relasi atau keluarga di sana?

Keluarga ataupun teman adalah salah satu bahan pertimbangan penting bagi pihak imigrasi. Jika ternyata teman atau keluarga kalian punya catatan buruk baik di negara asal atau negara tujuan kalian pergi, hal tersebut akan berpengaruh terhadap kelancaran proses paspor kalian. Catatan, jangan berusaha untuk sok kenal dengan teman yang adai di luar sana bila kalian tidak terlalu kenal dekat.

4. Pergi Bersama Siapa?

holiday with

Berniat liburan ke luar negeri? Apakah kalian sudah punya paspor? Jika belum, maka kalian harus mengurusnya di kantor imigrasi yang sesuai dengan wilayah kalian. Selain harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan, kalian juga harus mempersiapkan diri jika suatu saat nanti kalian akan ditanya oleh petugas imigrasi.

Pertanyaan yang pasti akan ditanyakan oleh petugas imigrasi adalah, kamu memiliki rencana untuk pergi bersama siapa? Apakah kalian ingin pergi bersama teman atau keluarga? Tidak masalah jika kalian menjawab ingin liburan sendiri atau bersama teman atau keluarga. Biasanya sih petugas imigrasi tidak terlalu memusingkan masalah ini.

3. Lama Waktu Liburan

calendar

Jangan emosi dulu jika kalian mendapatkan banyak pertanyaan dari petugas imigrasi ketika sedang mengurus paspor. Sudah menjadi tugas petugas imigrasi untuk bertanya secara lengkap perihal tujuan kalian memproses paspor. Dan bersiaplah kalian ketika kalian ditanyakan, berapa lama kamu ingin jalan-jalan?

Hal yang sebenarnya bersifat pribadi seperti ini sudah pasti akan ditanyakan oleh petugas imigrasi sebagai bagian dari tugasnya. Apa kalian ingin pergi dalam waktu lama, sebentar atau masih tidak jelas kapan waktu kembali.

2. Memiliki Rencana Menginap Dimana?

hotel

Di urutan 2 dalam daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh petugas imigrasi adalah, dimanakah rencana kalian tinggal atau menginap? Biasanya pertanyaan ini akan diberikan pada kalian setelah pertanyaan yang pertama yaitu, tujuan kalian pergi, sudah diberikan. Lalu, apakah jawaban yang harus diberikan?

Untuk pertanyaan satu ini, jika kalian masih belum memutuskan untuk tinggal dimana, katakan saja belum, Jika sudah ada, ya katakan saja kalian akan menginap di hotel atau tempat lain yang akan menjadi tempat kalian menginap.

1. Kemana Kamu Pergi?

destination

Akhirnya sampai di urutan pertama. Inilah pertanyaan yang paling sering ditanyakan dan sudah pasti harus kalian jawab. Ketika membuat paspor, sudah pasti tujuan kalian pasti akan pergi ke suatu negara. Petugas imigrasi pun pasti akan menanyakan pada kalian, kemanakan tujuan kalian akan pergi?

Kalian bisa saja menjawab negeri X atau menjawab tidak tahu akan pergi kemana. Apakah tidak bermasalah bila menjawab masih tidak tahu harus pergi kemana? Jawabannya adalah tidak apa-apa. Bilang saja memang kalian belum memiliki rencana untuk bepergian, namun memang sengaja membuat paspor sekarang ini untuk berjaga-jaga.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas