home -> Lainnya -> 10 Sungai Terpanjang Di Dunia
17 Desember 2017 07:09

10 Sungai Terpanjang Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada July 20, 2017

Sungai memiliki peran penting dalam membentuk bumi kita. Saking pentingnya, ada beberapa negara yang sangat tergantung dengan keberadaan sungai. Sungai sendiri ada yang panjang dan ada juga yang pendek. Pada artikel berikut ini, akan kami bahas 10 sungai yang memiliki panjang jauh di antara sungai-sungai lainnya yang ada di bumi.

10. Sungai Amur, Argun - 4.444 km

amur river

Di urutan 10 atau buncit dalam daftar ini adalah sungai Amur. Sungai Amur adalah sungai terpanjang 10 di dunia dengan panjang yang mencapai 4.444 km. Dimanakah letak sungai ini berada? Sungai Amur terletak di Argun, Rusia, salah satu negara super power di dunia. Sungai inilah yang menjadi pembatas antara Rusia dengan Cina.

Sebenarnya sungai Amur yang ada di Argun ini memiliki ratusan anak sungai atau cabang. Anak sungai utama dari sungai Amur adalah Bureya, Zeya, Amgen, Shilka, Ergune, Huma, Songhua, dan Ussuri. Sungai ini menjadi surganya ratusan jenis burung, termasuk di dalamnya adalah Oriental White Stalks. Sungai juga dihuni oleh 120 jenis ikan.

9. Sungai Congo, Afrika - 4.700 km

congo river

Di atas sungai Amur adalah sungai Congo yang menjadi sungai terpanjang dunia urutan 9. Sungai yang berada di Afrika ini memiliki panjang yang mencapai 4.700 km. Selain panjang, sungai Congo diketahui memiliki kedalaman yang sangat dalam. Diperkiran bahwa sungai Congo memiliki kedalaman hingga 220 m.

Di Afrika, sungai Congo juga dikenal dengan nama sungai Zaire. Sungai ini memiliki saluran pembuangan air yang seluas 3.680.000 km2. Oh iya, sungai Congo ini juga melewati daerah hutan hujan yang ada di Afrika. Hutan hujan ini adalah hutan hujan terbesar kedua yang ada di dunia.

8. Sungai Parana, Amerika Selatan - 4.880 km

parana river

Sungai terbesar ke-8 sekaligus sungai terpanjang kedua di Amerika Selatan setelah sungai Amazon. Sungai Parana berada tepat di tengah Amerika Selatan dengan panjangnya yang mencapai 4.880 km. Sungai ini mengaliri sejumlah negara di Amerika Selatan antara lain seperti Brazil, Paraguay, dan Argentina.

Sungai terpanjang kedua di Amerika Selatan ini meliputi saluran pembuangan air yang sangat besar. Besar saluran pembuangan air tersebut mencapai 2.582.672 km2. Nama Parana ini berasal dari bahasa Tupi yang berarti "seperti laut". Air yang mengalir si sungai Parana ini akan bermuara tepat di Samudra Atlantik.

7. Sungai Ob, Asia - 5.410 km

ob river

Dengan panjang yang mencapai 5.410 km, sungai yang berada di Ob ini menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia. Meliputi saluran pembuangan air seluas 2.990.000 km2, sungai ini ternyata masih merupakan bagian dari Sungai Siberian. Sungai Ob akan mengalirkan air sampai bermuara di Laut Arctic.

Dengan panjang 5.410 km, sungai Ob melalui beberapa negara besar di Asia antara lain seperti Rusia, Kazakhstan, Cina, dan Mongolia. Sungai yang disebut dengan nama Obi ini adlaah salah satu dari 2 Sungai Siberian yang bermuara di Lautan Arctic. Kedua sungai sisanya adalah Sungai Yenisei dan Sungai Lena.

6. Sungai Yellow, Cina - 5.464 km

yellow river

Di negara asal tempat sungai berada, sungai Yellow atau sungai Kuning, disebut juga dengan nama Huang He. Di dunia, sungai Yellow ini menempati posisi 6 sungai terpanjang dunia. Tapi, di Cinanya sendiri, sungai Yellow ini adalah sungai terpanjang ketiga. Sungai Yellow atau sungai Huang He memiliki panjang mencapai 5.464 km.

Sungai Yellow meliputi saluran pembuangan air seluas 745.000 km2. Hulu sungai Yeloow berada di Pegunungan Kunlun yang terletak di propinsi Qinghai. Sungai Yellow yang mengalir hingga Hekouzhen ini, oleh warga sekitar, digunakan sebagai sarana irigasi. Memiliki hulu di Pegunungan Kunlun, sungai Yellow memiliki muara di Laut Bohai.

5. Sungai Yenisei, Asia - 5.539 km

yenisei river

Sungai Huang He memang hanya sungai terpanjang ketiga di Cina. Lalu, sungai apa yang lebih panjang dari Huang He? Jawabannya adalah sungai Yenisei. Yenisei yang merupakan sungai terpanjang kedua di Cina sekaligus sungai terpanjang kelima di dunia ini memiliki panjang yang mencapai 5.539 km.

Saluran pembuangan air dari sungai Yenisei ini seluas 2.580.000 km2. Sungai Yenisei ini diketahui masih merupakan bagian dari sungai Yellow. Ada alasan kenapa dinamakan sungai Kuning. Itu karena air di sungai Kuning mengandung lumpur yang berwarna kuning. Endapan lumpu ini sangatlah subur dan turut mendukung setengah produksi kapas dan gandum.

4. Sungai Mississippi, Amerika Utara - 6.275 km

mississippi river

Di Amerika Utara mengalir sebuah sungai besar dan panjang yang bernama sungai Mississippi. Sungai Mississippi ini memiliki panjang sekitar 6.275 km. inilah dia sungai terbesar keempat di dunia yang mengaliri hampir seluruh Amerika Serikat. Sungai Mississippi memiliki hulu di Danau Itasca di Meksiko dan berakhir di Teluk Meksiko.

Sungai ini melewati sebanyak 31 negara bagian di Amerika Serikat dan 2 propinsi di Kanada. Sungai ini sering sekali masuk ke dalam iklan televisi di Amerika.Air di sungai Mississippi memiliki arus yang cukup deras. Maka dari itu, para warga yang tinggal di dekat aliran sungai diperingatkan untuk selalu berhati-hati.

3. Sungai Yangtze, Cina - 6.418 km

yangtze river

Cina memiliki 3 sungai yang berhasil masuk ke dalam daftar sungai terpanjang dunia. Sungai Yellow yang berada di urutan 6 dan sungai Yenisei di urutan 5. Kedua sungai itu termasuk dalam 3 sungai terpanjang di Cina. Lalu, sungai yang mampu mengalahkan panjang dari kedua sungai itu, tidak lain adalah sungai Yangtze.

Sungai Yangtze menjadi sungai terpanjang ketiga di dunia dengan panjang yang mencapai 6.418 km. Sungai ini adalah salah satu magnet bagi para turis baik itu turis dalam negeri atau mancanegara. Sungai Yangtze memiliki hulu di Tanggula dan di Cina sebelah Barat, propinsi Qinghai. Sungai Yangtze melalui 11 area antara lain Shanghai, Chongqing, Yunnan, Hunan, Tibet, Jiangsu, Sichuan, Hubei, Qinghai, dan Anhui. Bermuara di Laut Cina Timur.

2. Sungai Amazon, Amerika Selatan - 6.400 km

amazon river

Nama sungai Amazon sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Sungai yang menjadi tempat tinggal bagi sejumlah spesies hewan eksotis, sungai paling berbahaya, sungai yang melalui hutan hujan terbesar di dunia, dan sekaligus sungai terpanjang kedua yang ada di dunia. Panjang sungai Amazon mencapai 6.400 km.

Jika kalian tahu ikan piranha, ular anakonda yang super panjang dan besar, itu hanya beberapa hewan eksotis yang tinggal di sungai ini. Masih ada banyak lagi hewan yang butuh dieksplorasi dari sungai Amazon. Seiring berjalannya waktu dan perubahan iklim, membuat volume air sungai Amazon semakin lama semakin berkurang. Tidak heran kenapa pemerintah Amerika kini tengaj berusaha keras untuk menjaga sungai Amazon ini agar tidak rusak.

1. Sungai Nil, Afrika Timur - 6.650 km

nile river

Dan, sungai yang mengalahkan sembilan sungai yang telah disebutkan di atas adalah sungai Nile. Sungai Nile yang berada di Afrika Timur ini memiliki panjang sungai yang mencapai 6.650 km. Termasuk di dalamnya ada saluran pembuangan air seluas 3.254.555 km2. Sunagi Nile mengalir melalui Gurun Sahara dan bermuara di Laut Mediterania. 

Ada 11 negara di Afrika yang ternyata memiliki ketergantungan pada sungai Nile. Kesebelas negara tersebut adalah Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan, dan Mesir. Khusus Mesir dan Sudan, kedua negara tersebut adalah negara yang benar-benar bergantung pada keberadaan sungai Nile. Di tahun 2007, muncul perdebatan antara mana yang lebih panjang antara sungai Nile atau Amazon. Dan, akhirnya dimenangkan oleh sungai Nile.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas