home -> Unik -> Sering Dilihat, Inilah Arti Sebenarnya Dari 10 Sim...
11 Desember 2017 16:26

Sering Dilihat, Inilah Arti Sebenarnya Dari 10 Simbol Populer Yang Ada Di Dunia

Oleh reagan dalam Unik pada July 18, 2017

Simbol digunakan oleh manusia untuk mempresentasikan suatu hal. Di dunia, ada ratusan atau bahkan mungkin ada jutaan simbol yang ada. Coba kalian ingat, ada berapa simbol yang pernah kalian lihat? Tahukah kalian arti dari simbol tersebut? Berikut adalah 10 simbol yang sering kita lihat beserta makna dibalik simbol tersebut.

10. Tanduk Iblis/Metal

devil horns

Kalian yang anak metal pasti tahu dengan simbol tangan yang mengangkat jari telunjuk dan kelingking yang diangkat ke atas. Selain menjadi simbol anak metal, simbol jari ini juga bisa dikatakan menyerupai tanduk iblis. Lalu, apa sebenarnya makna dari simbol tanduk iblis atau anak metal ini?

Simbol tanduk iblis atau anak metal ini aslinya dinamakan Corna. Corna ini melambangkan mudra-karana dalam kepercayaan Hindu dan Buddha. Di agama Hindu atau Buddha, simbol ini berarti sebagai tanda untuk mengusir roh jahat. Tapi, kalian perlu berhati-hati dalam menunjukkan simbol ini. Bagi orang-orang di Baltic, tanda ini berarti kalian ingin melakukan hubungan intim dengan pasangan orang.

9. Tengkorak Dan Tulang

The Skull And Crossbones

Seberapa sering kalian melihat simbol tulang dan tengkorak? Harusnya sih sudah sering ya, baik itu di kehidupan nyata atau di dalam kartun. Sekarang, tanda ini sering digunakan untuk menandakan tanda bahaya atau beracun. Kalian yang belajar di kimia akan sering menemukan tanda ini di botol yang berisikan cariran berbahaya.

Bila menilik sejarah masa lalu, tanda ini juga sudah sering terlihat dan digunakan oleh banyak orang, hanya saja dalam konteks yang berbeda. Bangsa Spanyol jaman dulu menggunkan simbol tulang dan tengkorang ini sebagai simbol untuk menandakan kuburan. Jika kalian pergi ke Spanyol dan menemukan sejumlah tempat dengan simbol ini, itu tandanya ada kuburan di tempat tersebut.

8. Pentagram

The Pentagram

Makna lambang bintang di jaman sekarang ternyata sudah bergeser begitu jauh dari jaman dahulu. Sekarang, orang-orang tahu bahwa gambar bintang atau yang biasa disebut dengan pentagram ini adalah simbol dari setan dan hal-hal yang berbau sihir. Makna ini jelas sudah sangat bergeser dari jaman kuno.

Simbol pentagram ini pertama kali ditemukan di dalam dinding goa di Babylonia. Bagi orang Yunani, tanda ini dipercaya memiliki kekuatan magic. Pentagram memiliki makna asli sebagai jalur dari planet Venus yang harus ditempuh untuk mengelilingi bumi, diperkirakan memiliki siklus 8 tahun sekali. Di Jerusalem, tanda ini adalah simbol untuk melambangkan 5 luka yang ada pada tubuh Yesus ketika disalib. Barulah di abad ke-20, pentagram ini mulai bergeser maknanya menjadi simbol setan.

7. Bintang David

The Star Of David

Star of David atau Bintang David sering dihubungkan dengan agama Yahudi. Ternyata, bila ditelusuri lebih dalam, Bintang David ini bukanlah asli dari orang Yahudi. Memang simbol ini sering digunakan oleh orang Yahudi, tapi, Bintang David baru diakui sebagai simbol pada tahun 1897. Ok, jika bukan merupakan simbol dari agama Yahudi, simbol apakah ini sebenarnya?

Sebelum diakui sebagai simbol agama Yahudi, simbol Bintang David pernah muncul di agama Buddha, Hindu, dan Jainisme (kepercayaan orang India jaman dulu). Adalah agama Hindu yang menggunakan simbol ini lebih lama ketimbang agama lainnya. Di kepercayaan Hindu, simbol Bintang David ini melambangkan Anahata. Anahata adalah 4 cakra utama yang ada di tubuh manusia.

6. Barber

Barber Poles

Adalah salah satu hobi wanita untuk pergi ke salon untuk mencukur rambut. Jika salon adalah tempat biasa wanita memotong rambut, lalu apakah sebutan tempat pria memotong rambut? Tempat pria memotong rambut disebut dengan barber. Untuk mengenali tempat tersebut adalah sebuah barber, biasanya digunakan sebuah simbol yakni barber pole yang diberi warna merah-putih-biru.

Berdasarkan sejarah masa lalu, para barber atau tukang cukur diharapkan bisa melakukan hal lain daripada sekedar memotong rambut dan jenggot. Banyak di antara tukang cukur yang ternyata merupakan ahli bedah, dan tugas mereka adalah menjahit kembali luka dan membersihkan darah. Darah dibersihkan menggunakan handung dan digantung di luar sebagai salah satu bentuk iklan. Jika angin berhembus, handuk akan tergulung di tiang. Dan itulah asal muasal simbol barber.

5. Ok

Okay Sign

Bagi sejumlah negara di Eropa, mengeluarkan gestur tangan yang terlihat seperti gambar di atas adalah sebuah tanda ok atau saya tidak apa-apa. Namun, kalian harus berhati-hati untuk tidak melakukan gestur ini ketika berada di Brazil atau negara Mediterania lain karena simbol ini menandakan anus atau pecinta sesama jenis.

Gestur ok ini ternyata dapat kita temukan juga di kepercayaan Buddha dan Hindu. Simbol ok dalam agama Buddha diberi nama Vitarka mudra, artinya adalah mengajar dan alasan. Ada banyak artifak agama Buddha yang menggambarkan Buddha menunjukkan gesture Vitarka mudra.

4. Tongkat Dan Ular

Caduceus

Jika kalian berkunjung ke apotek, kalian pasti menemukan simbol bergambar ular dan tongkat. Meski penasaran dengan artinya, banyak orang yang cuek saja dan melenggang santainya ke apotek dan membeli obat. Padahal, sebuah simbol itu ada pasti karena ada alasannya, begitu pula dengan simbol yang biasa ditemukan di apotek ini.

Simbol ular dan tongkat ini disebut dengan caduceus. Caduceus adalah sebuah tongkat milik Hermes, seorang dewa mitologi orang Yunani. Caduceus ini adalah sebuah simbol yang sering digunakan untuk kepentingan medis atau simbol organisasi kesehatan. 

3. Simbol Perdamaian

Peace Symbol

Di tahun 1960, ada sebuah simbol yang sangat terkenal, mirip seperti simbol salib terbalik yang patah, penampakannya bisa kalian lihat pada gambar di atas. Simbol tersebut, sekarang menjadi simbol yang menandakan perdamaian. Tidak seperti simbol pada kebanyakan yang memiliki sejarah kuno, simbol perdamaian ini dulu dirancang oleh seorang pria bernama Gerarld Holtom.

Holtom menciptakan simbol ini sebagai pelucutan senjata nuklir milik Inggris. Menurut Holtom sendiri, simbol tersebut melambangkan pria yang menggerakan tangan ke atas dan ke bawah. Gestur menggerakan tangan ke atas dan ke bawah, mengikuti gerakan orang Goya sebelum ditembak. Karena simbol tersebut belum mendapatkan hak cipta atas nama Holtom, kini, simbol tersebut dijadikan simbol damai.

2. Yin-Yang

Yin-Yang

Jika ditelusuri lebih dalam, simbol Yin-Yang adalah sebuah filosofi yang sudah sangat berakar di Cina, lebih khususnya di dalam kepercayaan Tao. Simbol yang populer ini bisa kalian temukan dimana-mana seperti di kaos, gantungan kunci, tato, dan masih banyak lagi lainnya. Simbol ini diartikan oleh banyak orang sebagai baik dan jahat, padahal sebenarnya tidak.

Konsep simbol Yin-Yang sudah ada sejak jaman dahulu kala, jauh sebelum Masehi. Bukan disimbolkan sebagai baik dan jahat. Yin bisa berganti menjadi Yang dan begitu pula sebaliknya. Yin melambangkan sisi feminim, ditunjukkan dengan warna hitam, utara, air, transformasi, bulan, dingin, kelembutan, kepasifan, introspeksi, lembah, dan segala hal yang bisa memberikan semangat pada jiwa. Yang melambangkan cahaya, api, gunung, kehangatan, matahari, aksi, pergerakan, dan bentuk lainnya. Kepercayaan Tao percaya bahwa simbol Yin-Yang ini mendorong manusia untuk hidup seimbang, menghargai semua aspek kehidupan yang ada di bumi.

1. Swastika

Swastika

Banyak orang di beberapa negara yang mengartikan simbol swastika sebagai simbol yang berkaitan dengan Nazi. Menunjukkan simbol ini sama saja kalian mencari masalah. Kalian dianggap sebagai salah satu dari pengikut Nazi. Mengingat apa yang sudah dilakukan oleh tentara Nazi, tidak heran kenapa orang jaman sekarang begitu takut apabila ada orang yang mengikuti Nazi.

Sayangnya, simbol swastika ini bukanlah simbol yang semenakutkan itu. Simbol ini adalah salah satu simbol tertua yang ada di dunia.Kalian bisa menemukan simbol ini dalam agama Buddha, Hindu, dan Jainisme. Di agama Hindu, simbol swastika adalah simbol dari Dewa Vishnu. Di agama Hindu, Dewa Vishnu adalah dewa yang bertugas untuk memelihara dan melindungi segala ciptaan Dewa Brahma.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas