home -> Unik -> 10 Cara Mencontek Paling Kreatif Saat Ujian
20 September 2017 09:02

10 Cara Mencontek Paling Kreatif Saat Ujian

Oleh reagan dalam Unik pada July 14, 2017

Mencontek saat ujian memang merupakan tindakan curang yang tidak bisa dibenarkan. Bila ketahuan, kalian yang mencontek akan diberikan hukuman atau sanksi yang berat tergantung dari pengawas yang menentukan. Meski merupakan tindakan yang tercela, tetap saja ada yang mencontek. Intinya adalah, mau mencontek atau tidak, itu semua terserah kalian. Bukan untuk memotivasi, berikut adalah 10 cara unik untuk mencontek saat ujian.

10. Plester Luka

band aid

Ketika kita mengalami luka, ada 2 pilihan untuk menyembuhkan luka tersebut. Pertama adalah menggunakan obat yang dinamakan betadine dan kedua adalah dengan menggunakan plester luka. Plester luka ini selain bisa menutup luka yang terbuka, di tangan orang-orang yang kreatif bisa digunakan sebagai alat bantu untuk mencontek di kala ujian.

Bila kalian menggunakan metode ini untuk mencontek, kalian tidak perlu takut ketahuan. Pengawas yang menjaga juga akan mengira kalian hanya mengalami luka biasa. Caranya adalah dengan menulis bagian putih dari plester dengan tulisan-tulisan kecil. Tempel plester di bagian tubuh yang kira-kira mudah untuk dibuka.

9. Kalkulator

calculator

Kita semua tahu kan apa fungsi kalkulator? Ya, kalkulator digunakan sebagai alat bantu untuk menghitung. Jika angka yang hendak dihitung sudah semakin besar, daripada pusing-pusing langsung saja ambil kalkulator. Bukan cuma bisa digunakan sebagai alat bantu hitung, ada beberapa kalkulator yang bisa dimanfaatkan untuk alat mencontek.

Ada 2 jenis kalkulator yang umum dijual di toko-toko. Pertama adalah kalkulator ilmiah dan kedua adalah kalkulator biasa. Kalkulator biasa adalah kalkulator yang sering digunakan oleh penjual di pasar untuk menghitung. Sedangkan kalkulator ilmiah adalah kalkulator yang dilengkapi dengan fungsi dan rumus khusus. Ada kalkulator ilmiah yang memiliki memori penyimpanan. Memori penyimpanan inilah yang bisa digunakan untuk menyimpan sejumlah catatan kecil.

8. Tutup Kalkulator

calculator cover

Sudah dijelaskan bahwa ada 2 jenis kalkulator yakni kalkulator ilmiah dan kalkulator biasa. Kalkulator biasa yang sering digunakan oleh pedagang di pasar biasanya tidak memiliki penutup kalkulator. Berbeda dengan kalkulator ilmiah yang memiliki penutup. Bila memori penyimpan dalam kalkulator dirasa masih kurang cukup, tutup kalkulator bisa dimanfaatkan untuk mencontek juga.

Caranya? Tutup kalkulator itu mudah untuk dicoret-coret. Daripada menggunakan pulpen, kalian bisa menggunakan pensil untuk menuliskan catatan kecil di balik tutup kalkulator kalian. Menggunakan pensil selain tulisannya lebih mengkilap dan mudah dibaca, kalian juga bisa menghapus tulisan tersebut untuk menghindari kecurigaan dari pengawas.

7. Botol Air Minum

water bottle

Kreatif itu bisa dilatih. Dengan kreativitas tersebut, segala benda yang ada di sekitar kalian, bisa kalian manfaatkan sebagai alat bantu mencontek di saat ujian. Botol air minum yang dikira tidak berguna, ternyata bisa diubah menjadi alat mencontek yang ampuh. Pengawas juga tidak akan mencurigai kalian.

Yang kalian butuhkan adalah gunting, lem/selotip, kertas, dan pulpen. Gunting plastik pembungkus botol, ambil kertas dan tuliskan beberapa poin penting yang dikiranya akan keluar di ujian, lalu tempel menggunakan selotip atau lem di balik plastik botol. Tutup kembali plastik di botol dengan menggunakan lem atau selotip.

6. Smartwatch

smartwatch

Anak-anak sekarang patut berterima kasih pada teknologi jaman sekarang. Sekarang ini, teknologi sudah sangat canggih, berbeda dengan jaman dulu. Anak jaman dulu yang mainnya hanya gimbot, sekarang anak-anak mainnya sudah tablet. Kemajuan teknologi ini juga yang membuat cara mencontek semakin canggih.

Kalian tau yang namanya smartwatch kan? Dengan smartwatch, kita bisa terkoneksi dengan smartphone dan memeriksa notifikasi apa saja yang masuk. Mulai dari membaca email, sms, dan bahkan notifikasi telepon. Smartwatch ini pula yang bisa dimanfaatkan untuk mencontek ketika sedang kepepet saat ujian.

5. Menyelipkan Contekan Di Dalam Pulpen

ballpoint

Kembali jaman dulu dimana teknologi masih belum secanggih sekarang. Dulu, ketika mengalami kesulitan dalam ujian, para siswa biasanya akan menyiapkan sejumlah contekan di malam hari. Contekan kecil tersebut yang nantinya diselipkan di kantong atau di bagian lain yang tidak diketahui oleh pengawas.

Tempat yang paling tidak dicurigai oleh pengawas adalah pulpen. Kalian bisa menuliskan contekan di kertas kecil, lalu gulung dan masukkan kertas kecil tersebut ke dalam pulpen. Dijamin tidak ada pengawas yang curiga dengan trik satu ini.

4. Membuat Contekan Di Paha

thighs

Trik menyontek berikutnya biasa dipraktekan oleh para wanita. Caranya adalah dengan menulis di paha. Jika tidak mau paha kotor dengan tinta pulpen, kalian para wanita bisa mengakalinya dengan menggunakan kertas. Tempel kertas di paha dan tutupi dengan rok atau celana panjang. Atau cara lainnya adalah dengan menyelipkan contekan di balik pakaian dalam (bra).

Trik ini sangat sulit dideteksi oleh pengawas, apalagi jika pengawasnya pria. Pengawas pria biasanya enggan memeriksa area tersebut. Beda cerita jika pengawas ujiannya adalah seorang wanita. Kuncinya adalah ketahui terlebih dahulu jenis kelamin dari pengawas ujian.

3. Melirik Jawaban Teman

melirik kertas teman

Jika takut menggunakan kalkulator atau takut membuat contekan atau takut cara-cara lainnya yang telah disebutkan di atas, ada satu cara yang bisa kalian gunakan di saat ujian. Cara tersebut adalah melirik jawaban dari teman sebelah. Ini adalah cara mencontek paling konvensional yang sampai sekarang banyak orang pakai.

Tapi, tiap trik menyontek pastinya ada resiko. Lagipula, sebelum melirik jawaban teman, ada baiknya kalian kenali terlebih dahulu siapa teman di samping kalian. Pastikan teman kalian adalah teman yang pintar. Karena jika teman di samping kalian tidak mengerti apa-apa, buat apa kalian menconteknya?

2. Rekaman Suara

earphone

Earphone juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu di saat ujian. Yah, bukan earphonenya doang yang pasti, kalian juga butuh setidaknya handphone atau mp3 player untuk mencolok earphone tersebut. Mp3 player tersebut atau handphone kalian gunakan untuk merekam suara kalian atau guru ketika sedang mengajar.

Trik ini bisa dilakukan bila kalian memiliki rambut yang panjang ditambah dengan menggunakan jaket lengan panjang. Colok earphone ke mp3 player atau handphone lalu masukkan mp3 player atau handphone dimasukkan ke dalam saku. Selipkan kabel earphone ke dalam lengan baju atau punggung lalu masukkan ke telinga.

1. Handphone

handphone

Kembali kita harus berterima kasih pada perkembangan teknologi masa kini. Berkat kemajuan teknologi, sekarang ujian menjadi lebih mudah. Dari kalkulator, mp3 player, dan smartwatch, satu alat lagi yang bisa digunakan sebagai alat bantu ketika terjepit saat ujian adalah handphone. Lagipula tidak ada anak jaman sekarang yang tidak punya handphone.

Hanya yang jadi masalah adalah, ukuran handphone jaman sekarang sudah berlayar lebar. Tidak seperti jaman dulu yang layarnya masih minimalis jadi mudah untuk dibuka di atas meja. Semakin besar handphone, semakin besar pula resiko untuk ketahuan. Diperlukan tempat untuk menyembunyikan, menutup handphone, dan tempat duduk yang strategis agar tidak ketahuan oleh pengawas ujian.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas