home -> Lainnya -> 10 Kota Hantu Paling Terkenal Di Dunia
26 Juli 2017 15:32

10 Kota Hantu Paling Terkenal Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada June 20, 2017

Karena berbagai alasan, ada banyak kota di dunia yang ditinggalkan oleh seluruh penduduknya. Dengan tidak adanya penduduk di suatu kota membuat kota tersebut dijuluki sebagai kota hantu. Seram tapi masih menarik untuk dibahas. Berikut adalah 10 kota hantu paling terkenal yang ada di dunia. Tertarik untuk menginap disana?

10. Centralia, Pennsylvania

centralia

Kota hantu ini bisa dibilang merupakan inspirasi dibuatnya film Silent Hill. Adalah kota tambang batu bara bernama Centralia yang terletak di Pennsylvania. Kota batu bara tersebut ditinggalkan oleh penduduknya semenjak 1962. Alasannya adalah karena tambang batu bara yang berada di bawah kota Centralia terus menerus terbakar.

Melihat kondisi kota yang tidak kondusif, pemerintah Centralia memutuskan untuk memberikan instruksi pada warganya untuk segera meninggal kota pada tahun 1992. Ajaibnya, di tahun 2010 masih ada beberapa orang yang menolak untuk pindah. Sampai saat ini, panas dari tambang batu bara di Centralia terus bertambah, mengakibatkan retaknya jalanan dan mengeluarkan asap beracun dari bawah tanah.

9. Epecuen, Argentina

Epecuen

Di Buenos Aires, Argentina, terdapat sebuah desa yang menjadi tujuan destinasi turis. Ditemukan di abad ke-20, kota tersebut berkembang dengan sangat cepat. Tidak menunggu waktu lama, langsung dibangun rel kereta dan jumlah penduduk di desa tersebut langsung meningkat sebanyak lebih dari 5.000 penduduk.

Sebuah bencana yang terjadi pada tahun 1985 langsung merubah desa Epecuen tersebut yang tadinya indah menjadi hancur berantakan. Hujan deras yang turun mengakibatkan air danau dekat desa menjadi meluap. Ditambah dengan kegagalan pemerintah dalam mengatur sistem irigasi air pada tahun 1976-1983 turut ambil bagian dalam hancurnya desa Epecuen. Desa tersebut harus tenggelam 9 meter di bawah air. Barulah di tahun 2009 air mulai menyusut dan desa Epecuen kembali ke permukaan.

8. Oradour-sur-Glane, Perancis

Oradour-sur-Glane

Sebuah desa menjadi saksi bisu terjadinya pembantaian kejam di masa Perang Dunia II. Desa tersebut adalah Oradour-sur-Glane, sebuah desa yang ada di Perancis. Selama Perang Dunia II terjadi, penduduk Perancis yang tinggal di desa tersebut dibantai dengan sadis oleh tentara Nazi. Sebanyak 642 penduduk dan rumah di desa tersebut dibakar.

Tidak hanya pria, wanita dan anak-anak juga tidak mendapatkan belas kasihan. Siapapun warga desa Perancis yang terlihat oleh tentara Nazi, semuanya akan langsung dibantai. Desa Oradour-sur-Glane sempat dibangun kembali, berdekatan dengan lokasi terjadinya pembantaian. Pemerintah Perancis kemudian memutuskan untuk mengosongkan desa tersebut sebagai monumen bagi mereka para korban kekejaman Perang Dunia II.

7. San Zhi, Taiwan

San Zhi

Ternyata di Asia juga ada loh kota yang dijuluki kota hantu. Kota hantu yang dimaksud adalah kota San Zhi. San Zhi ini merupakan sebuah kota yang ada di Utara Taiwan. Sebelum ditinggalkan oleh penduduknya seperti sekarang, dulunya kota tersebut adalah kota yang memiliki tempat penginapan yang unik.

Tempat penginapan di kota San Zhi dibangun menyerupai pesawat alien. Diharapakan nantinya dengan tempat penginapan layaknya pesawat UFO tersebut bisa meningkatkan jumlah turis di Taiwan. Sayang, karena terlalu banyak terjadi kecelakaan ketika pembangunan dan kurangnya dana, pembangunan tempat penginapan tersebut akhirnya terhenti.

6. Pegrema, Rusia

Pegrema

Rusia yang merupakan salah satu dari negara adidaya di dunia ternyata memiliki banyak hal yang sangat menarik untuk dibahas. Salah satu hal menarik dari Rusia adalah sebuah desa yang bernama Pegrema. Desa ini adalah desa yang berada di Medvezhyegorsky, sebuah distrik dari Republik Karelia, berlokasi dekat dengan Danau Onega.

Pegrema yang menjadi bukti nyata indahnya arsitektur bangunan yang terbuat dari kayu ternyata adalah sebuah desa yang tidak berpenghuni. Dulu, kota Pegrema adalah sebuah kota yang indah, sejak terjadinya Revolusi Rusia, kota tersebut langsung ditinggalkan oleh penduduknya tanpa menyisakan apapun.

5. Craco, Italia

Craco

Italia memiliki banyak kota dan tempat menarik, jadi sangat dimengerti kenapa Italia selalu kebanjiran turis mancanegara. Banyak pasangan pengantin yang menjadikan Italia sebagai salah satu destinasi untuk berbulan madu. Yang tidak banyak orang tahu adalah, selain memiliki banyak kota romantis, Italia ternyata memiliki satu kota yang tidak berpenghuni yaitu Craco.

Craco adalah sebuah kota hantu yang berada di provinsi Matera, Selatan Italia. Penyebab kenapa kota Craco menjadi kota hantu adalah karena banyaknya bencana alam yang menimpa kota tersebut. Mulai dari gempa bumi, banjir, dan tanah longsor sering mengganggu penduduk kota Craco. Kini, kota tersebut sudah tidak berpenghuni lagi dan Craco sekarang hanya menjadi sebuah destinasi wisata dan tempat syuting film.

4. St. Thomas, Nevada

st. thomas

Berbatasan dengan danau indah pasti membuat daerah sekitar danau akan ramai oleh penduduk. Tapi pernyataan tersebut tidak berlaku untuk kota St. Thomas. St. Thomas adalah sebuah kota di Nevada, Amerika yang berbatasan langsung dengan Danau Mead atau yang memiliki nama lain Danau Mohave.

Kota St. Thomas mulai ditinggali penduduknya pada tahun 1930an. Para penduduk mulai pindah karena pembangunan Dam Hoover membuat air Sungai Colorado jadi naik. Naiknya air sungai Colorado membuat kota St. Thomas tertutup air setinggi 18 meter. Kekeringan panas yang melanda Amerika Serikat bagian Barat mengakibatkan menurunnya ketinggian air Danau Mead. Penurunan air tersebut membuat kota St. Thomas muncul kembali.

3. Pripyat, Ukraina

Pripyat

Tidak ada seorangpun warga Ukraina yang bisa lupa dengan tragedi Chernobyl. Tragedi Chernobyl yang melanda kota Pripyat adalah bukti nyata betapa mengerikannya efek dari nuklir. Tragedi Chernobyl tersebut terjadi pada tahun 1986 dimana saat itu terjadi karena adanya ledakan pada reaktor nuklir Chernobyl.

Akibat ledakan tersebut, banyak jatuh korban jiwa akibat radiasi nuklir Chernobyl. Tidak hanya manusia, bangunan yang ada di kota Pripyat juga mengalami rusak parah. Beberapa penduduk sempat diungsikan oleh pemerintah ke kota terdekat yang jauh lebih aman. Sekarang, kota Pripyat menjadi sebuah kota hantu yang tidak berpenghuni. Tidak ada yang berani ke kota tersebut karena takut terkena efek radiasi nuklir.

2. Pomona, Namibia

Pomona

Di sebelah Barat Daya Afrika terdapat sebuah negara bernama Namibia. Namibia ini terkenal akan Gurun Namibianya yang luas. Membahas lebih jauh soal Namibia, di negara tersebut ada sebuah kota yang bernama Pomona. Kota tersebut adalah kota yang terkenal akan tambang berlian sekaligus sebagai salah satu kota Hantu yang ada di Namibia setelah Kolmanskop.

Dulu, ada banyak penggali berlian yang pergi ke Pomona untuk mencari berlian. Saking banyaknya berlian di kota tersebut, andaikan kalian menggali tanah dengan tanah, kalian pasti bisa menemukan berlian. Akibat penggalian berlian besar-besaran oleh para pemburu berlian di tahun 1990an, dikeluarkan larangan untuk datang ke Pomona. Kini, usaha penggalian berlian dikontrol oleh pemerintah Namibia. Tapi, pencarian berlian nampaknya sudah tidak bisa dilakukan lagi karena secara perlahan-lahan, kota Pomona semakin tenggelam oleh pasir.

1. Kayakoy, Turki

Kayakoy

Di Turki terdapat sebuah kota yang bernama Kayakov. Kota tersebut pernah muncul dalam film berjudul The Water Diviner yang diperankan oleh Russel Crowe, ternyata kota ini adalah kota yang tak berpenghuni alias kota hantu. Kota mengagumkan tersebut terpaksa ditinggalkan oleh penduduknya karena kondisi kota yang tidak memungkinkan untuk ditinggali.

Di tahun 1923, kota Kayakov ditinggalkan karena menjadi bukti nyata dari aksi vandalisme. Di tahun 2014 ada sebuah rencana untuk membangun kembali kota Kayakov. Seorang penulis novel bernama Louis de Bernieres menanggapi hal tersebut sebagai hal positif sekaligus hal yang mustahil untuk dilakukan. Untuk menuju Kayakov harus melalui jalanan yang sempit, yang bahkan kendaraan saja tidak bisa lewat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas