home -> Lainnya -> 10 Foto Terkenal Di Internet Yang Dikira Asli Tern...
26 Juli 2017 15:30

10 Foto Terkenal Di Internet Yang Dikira Asli Ternyata Hoax

Oleh reagan dalam Lainnya pada June 19, 2017

Jika sudah mulai mengenal dunia internet, kita sebaiknya mulai untuk meningkatkan kewaspadaan. Kenapa? Karena tidak semua hal yang kita temukan di internet adalah asli. Ada banyak hal palsu atau hoax yang sengaja disebar untuk membuat orang khawatir atau bingung. Sama halnya dengan foto. Di internet ada banyak foto yang dikira orang adalah asli tapi ternyata bukan. Berikut ini adalah 10 foto yang banyak orang kira asli tapi ternyata hanya hoax atau palsu.

10. Hercules, Anjing Terbesar Di Dunia

biggest dog

Anjing adalah sahabat terbaik manusia, tidak ada yang menyangkal hal tersebut. Jadi, tidak perlu heran jika anjing adalah hewan yang cukup sering dicari di dunia maya. Hal-hal seputar anjing yang dicari bisa dimulai dari anjing terlucu, anak anjing, harga anjing, sampai ukuran anjing. Siapa di antara kalian yang pernah mencari anjing terbesar di internet? Apakah kalian pernah menemukan foto anjing bernama Hercules?

Seperti yang tampak pada gambar di atas, ketika orang-orang mencari anjing terbesar di internet, mereka berharap bisa menemukan berita tentang ukuran anjing terbesar yang pernah ada, dan Hercules adalah foto yang muncul. Di dalam foto nampak ukuran Hercules yang hampir menyaingi ukuran kuda dewasa. Banyak orang yang percaya bahwa Hercules adalah anjing terbesar yang berhasil memecahkan rekor anjing terbesar di dunia. Sayang sekali, foto tersebut adalah hasil editan.

9. Pulau Kastil Irlandia

irish castle island

Di dunia ini ada banyak sekali tempat menakjubkan, ratusan mungkin bahkan bisa jutaan tempat mengagumkan yang mungkin belum pernah orang lihat. Adalah sebuah foto istana yang duduk dengan anggunnya di puncak sebuah tebing. Penampakan istana tersebut bisa kalian lihat pada foto di atas.

Foto istana tersebut adalah foto yang mengundang decak kagum dari banyak orang di dunia maya. Orang yang melihat foto tersebut mengatakan keinginan mereka untuk bisa pergi ke istana tersebut. Sayang, mereka tidak akan bisa menemukan pemandangan persis seperti pada foto. Foto tersebut adalah foto editan yang ditujukan untuk mengerjai orang di April Mop. Foto tersebut menggabungkan istana Lichtenstein yang ada di Jerman dengan tebing yang ada di Khao Phing Kan, Thailand.

8. Moonmelon

moonmelon

Ini adalah foto Moon Melon, memiliki nama ilmiah Asidus. Dikatakan bahwa buah semangka biru ini merupakan semangka yang berasal dari Jepang. Semangka asal Jepang ini membuat banyak orang penasaran dan ingin membelinya untuk dicicipi seperti apa rasanya. Menurut berita, semangka biru ini dijual dengan harga 16.000 Yen atau setara dengan 200 USD.

Kalian yang melihatnya harus bersiap untuk kecewa. Bukan karena semangka biru ini sudah habis terjual, melainkan karena foto semangka ini hanyalah hasil editan. Dikatakan bahwa tidak ada yang namanya semangka biru alias Moon Melon. Warna biru yang terlihat pada foto aslinya adalah warna merah yang sudah diubah.

7. Bayi Beruang Kutub

baby polar bear

Tidak bisa memeliharan beruang kutub karena ukurannya yang terlalu besar? Ok, tidak masalah, mari kita beli anak bayi beruang dan menjadikannya peliharaan yang lucu di rumah. Ide tersebut terdengar bagus, sampai beredar foto anak beruang kutub di internet. Melihat foto lucu anak beruang kutub pastinya membuat gemas siapapun yang melihat dan ingin mencoba memeliharanya juga.

Perlu kalian sadari bahwa foto anak beruang kutub yang menggemaskan tersebut bukanlah foto asli alias palsu. Bukan foto hasil editan, itu memang benar-benar anak beruang kutub, hanya saja itu adalah sebuah replika. Kalian bisa memiliki replika anak beruang kutub tersebut bila membelinya dari website etsy.com. Harganya pun cukup murah, hanya 25 USD.

6. Hiu vs Helikopter

shark vs helicopter

Entah kapan foto ini menjadi viral di sosial media, meski sudah diyakini hoax, tapi banyak orang yang percaya bahwa foto tersebut adalah asli. Foto tersebut adalah sebuah helikopter yang tengah terbang di atas lautan dan ada seseorang yang tengah menaiki tangga heli. Di bawahnya nampak seekor ikan hiu yang tengah melompat seperti akan memakan orang yang tengah bergantungan di tangga heli.

Ya, jelas sudah bahwa itu adalah sebuah foto palsu. Helicopter Shark, begitulah foto yang menampakan hiu putih besar yang tengah menyerang orang yang sedang menaiki tangga helikopter. Foto helikopter tersebut diambil oleh Lance Cheung untuk United States Air Force ketika heli sedang terbang di Golden Gate Bridge, San Francisko dan foto hiu diambil di False Bay, Afrika Selatan oleh Charles Maxwell.

5. Tsunami Samudra Hindia

indian ocean

Di tahun 2004 terjadi sebuah bencana alam yang tidak akan pernah dilupakan oleh dunia, khususnya Indonesia. Sebuah tsunami besar menyerang Aceh kala itu. Gelombang besar tersebut diakibatkan adanya pergeseran lapisan bumi yang mengakibatkan gempa berkekuatan 9,1 sampai 9,3 SR.

Segera setelah bencana itu, munculah foto yang mengabadikan momen terakhir di saat air laut melahap kota Aceh, fotonya bisa kalian lihat di atas. Khusus untuk foto di atas, sudah diyakini bahwa itu adalah foto palsu. Kota yang terdapat di foto adalah kota Antofagasta yang berada di Chili. Digabungkan dengan foto ombak menggunakan Photosop, disebarkan dan dikatakanlah bahwa itu adalah momen terakhir sebelum Aceh dilanda tsunami.

4. Air France Flight 447 2009

Air France Flight 447

Maskapai penerbangan Air France Flight 447 dijadwalkan untuk membawa penumpang dari Rio de Janeiro, Brazil menuju Paris, Perancis. Pesawat tersebut mengalami kecelakaan tragis pada tanggal 1 Juni 2009. Setelah kecealakaan tersebut, banyak foto yang menampilkan detik-detik terakhir sebelum kecelakaan, termasuk dengan foto di atas.

Menurut keterangan dari foto di atas tersebut, dikatakan bahwa itu merupakan foto penumpang pesawat Air France Flight 447 sesaat sebelum jatuh di Samudra Atlantik. Foto yang sempat diakui asli tersebut aslinya adalah foto adegan dari sebuah tv series Amerika berjudul Lost.

3. Foto Kucing Raksasa

monster cat

Sebelas dua belas dengan anjing, kucing juga dianggap sebagai hewan peliharaan terbaik bagi manusia. Di poin 10 adalah sebuah foto anjing bernama Hercules yang sempat membuat heboh dunia maya yang dianggap sebagai anjing terbesar di dunia. Nah, di poin ini justru giliran sebuah foto kucing raksasa yang membuat heboh banyak orang.

Dianggap sebagai kucing terbesar, foto kucing yang dinamakan Snowball ini mendadak viral di dunia maya pada tahun 2000. Snowball dianggap sebagai kucing terbesar di dunia dan berhasil membuat banyak orang percaya. Setahun kemudian, pemilik Snowball mengakui bahwa dirinya menggunakan aplikasi edit foto dan mengubah kucingnya menjadi terlihat besar. Diakuinya bahwa itu hanyalah untuk iseng semata.

2. Foto George W. Bush Memegang Buku Terbalik

george w bush

Di tahun 2002 beredar foto dimana George W. Bush sedang memegang buku dengan terbalik. George W. Bush adalah presiden ke-43 yang memimpin Amerika Serikat. Foto Bush yang tengah memegang buku terbaik tersebut jelas saja membuat heboh dunia maya. Masa sih seorang presiden tidak sadar bahwa dirinya sedang memegang buku terbalik?

Melihat foto tersebut, pihak Bush langsung mengklarifikasi bahwa foto tersebut adalah hoax alias palsu. Tidak mungkin Bush memegang buku secara terbalik. Jelas itu adalah ulah orang yang melakukan editing terhadap foto Bush. Tapi, kemunculan foto kontroversial tersebut sempat dipercaya oleh banyak orang. Apakah kalian juga percaya dengan foto tersebut?

1. Foto Iceberg

iceberg

Sebuah kata motviasi sangat berguna bagi mereka untuk dijadikan sumber inspirasi dalam menjalani hidup di dunia yang keras. Dari sekian banyak kata motivasi, ada sebuah motivasi yang menuliskan bahwa kesuksesan itu seperti iceberg. Orang-orang hanya melihat kita ketika telah meraih sukses, tapi mereka tidak tahu seberapa keras usaha orang untuk meraih kesuksesan tersebut. Kalimat motivasi tersebut semakin diperkuat dengan foto iceberg.

Motivasi yang terkesan menarik tersebut tentu saja langsung dipercaya oleh banyak orang. Namun mereka tidak tahu sama sekali bahwa foto iceberg tersebut sebenarnya hanyalah hasil editan. Foto iceberg tersebut menggunakan 4 foto berbeda, foto iceberg bagian atasdiambil di Alaska sedangkan yang bagian di bawah air diambil dari Antartika. Langit dan bawah air diambil dari tepi pantai California.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas