home -> Lainnya -> Atur Pernapasan Untuk Peforma Yang Lebih Baik
18 Juli 2018 17:45

Atur Pernapasan Untuk Peforma Yang Lebih Baik

Oleh admin dalam Lainnya pada April 29, 2013

Pada saat olahraga, kebanyakan orang tidak memikirkan mengenai napasnya sampai ia benar-benar membutuhkannya. Tetapi sebenarnya, mengatur pernapasan sangatlah penting, bahkan para olahragawan juga mempraktikkan hal ini.

TEORINYA

Mungkin kebanyakan dari Anda sudah tahu bahwa kita membutuhkan oksigen untuk berolahraga karena oksigen dalam darah membuat otot Anda lebih baik saat mengeluarkan energi. Tetapi begitu otot Anda tidak mendapatkan oksigen yang cukup, kelelahan akan datang dengan cepat dan semuanya berantakan.

Video berikut akan menjelaskan cara kerja paru-paru Anda, hubungannya dengan oksigen dan mengapa mengatur pernapasan dapat membuat semuanya lebih baik.

Jadi, pada saat diafragma dan otot antar tulang rusuk bergerak menjauhi paru-paru, selaput rongga dada menarik satu sama lain sehingga paru-paru melebar memenuhi rongga atau ruang kosong yang ada. Karena paru-paru sangatlah fleksibel, jadi yang dibicarakan di sini adalah seberapa jauh Anda dapat mengembangkan rongga atau ruang kosong yang ada dan bagaimana kita dapat menghirup oksigen lebih banyak.

perenang

Kasus ini dapat dilihat secara nyata pada saat seseorang sedang lomba renang, begitu kepala si perenang keluar dari air, ia harus menghirup udara sebanyak mungkin dan secepat mungkin, hal ini juga dapat dilihat dalam memanjat tebing, mengurangi oksigen yang masuk akan membuat kemampuan Anda untuk bereaksi terbatas. Tetapi jika Anda bernapas lebih mendalam, tubuh Anda akan lebih siap untuk bergerak.

Sama halnya pada saat Anda mengangkat beban, menarik napas dalam-dalam dan mengatur pengeluarannya akan meningkatkan seberapa jauh upaya yang Anda berikan.

CARANYA

Salah satu cara terbaik untuk mengatur pernapasan adalah mulailah bernapas melalui hidung Anda, bukan mulut. Bernapas melalui hidung Anda, memperbolehkan udara masuk lebih banyak ke diafragma Anda. Hal ini juga akan mebuat tekanan ke dalam paru-par Anda dan meningkatkan aliran darah dari jantung Anda. Bahkan jika Anda pernah mengikuti kelas yoga, hal ini juga dipraktikkan karena memberikan rasa lebih relaks.

napas melalui hidung

Jika Anda fokus hanya kepada pernapasan mulut, udara yang Anda hirup hanya akan melebarkan tulang rusuk atau dada Anda saja, kecuali jika Anda benar-benar fokus untuk mengambil napas mendalam. Anda dapat melihat implementasi hal ini dimana pada saat seorang petinju mulai bernapas melalui mulutnya saat bertarung, orang-orang akan mengatakan, "Ia sudah pasti kalah." Karena pada saat seseorang mulai bernapas dengan mulut, itu menandakan ia haus akan oksigen.

Anda harus melatih pernapasan hidung untuk membuatnya menjadi sebuah kebiasaan. Adapun beberapa cara untuk membuat pernapasan lebih baik.

CARA-CARA MEMBUAT PERNAPASAN LEBIH BAIK

Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk melatih pernapasan Anda dan membuatnya lebih baik.

INTERVAL BREATHE

lari di pantai

Tahanlah napas Anda selagi Anda berolahraga. Sebagai contoh, Anda dapat berlari di pantai dan bernapas secara normal sampai titik tertentu, lalu tahan napas Anda dan lari kembali. Ini akan membuat Anda lebih fokus pada pernapasan Anda daripada olahraga itu sendiri, jadi olahraga itu terkesan lebih mudah.

BREATHE FOR 100

breathe for 100

Hirup udara 100 kali melalui hidung Anda, keluarkan melalui mulut Anda. Lalu hirup kembali 100 kali melalui satu sisi lubang hidung, dan keluarkan melalui sisi sebelahnya. Lakukan secara berkala dan tingkatkan kesulitan dengan menahan napas baik sesudah menghirup atau mengeluarkan napas tersebut.

--

Jika Anda bingung apa keuntungan bagi Anda dengan latihan ini, jawabannya mudah. Semua aktivitas fisik membutuhkan oksigen lebih dan semuanya akan mendapatkan keuntungan dari ini. Di sinilah latihan di atas berguna, yaitu meningkatkan jumlah oksigen yang dapat Anda hirup.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas