home -> Lainnya -> 10 Tempat Terbaik Untuk Melihat Bintang Di Langit
26 Juli 2017 15:31

10 Tempat Terbaik Untuk Melihat Bintang Di Langit

Oleh reagan dalam Lainnya pada June 09, 2017

Milky Way atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Bima Sakti adalah kumpulan bintang berukuran besar dan kecil yang membentang dan membentuk sebuah galaksi. Bisa melihat gugus Bima Sakti adalah suatu pengalaman yang pastinya tidak akan terlupakan. Sayangnya, kita tidak bisa setiap hari menyaksikan bintang yang ada di angkasa. Hanya di beberapa tempat dengan langit yang cerah maka kita bisa melihat bintang dengan jelas. Jika kalian sedang mencari tempat yang tepat untuk menikmati bintang di langit, berikut daftarnya.

10. Tenerife, Spanyol

tenerife

Tenerife adalah sebuah pulau terbesar yang ada di Kepulauan Canary. Di Tenerife terdapat sebuah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Pulau Tenerife begitu diminati oleh wisatawan karena 2 hal yaitu pantainya yang masih asli dan kehidupan malamnya yang tidak pernah mati. Tidak hanya itu, ada satu tempat di Tenerife yang menjadi lokasi sempurna untuk memandang bintang di langit.

Tempat yang dimaksud adalah Teide National Park. Taman nasional tersebut memiliki daya tarik yang sungguh luar biasa bagi mereka yang ingin melihat jutaan bintang di langit. Beruntungnya Taman Nasional Teide karena memiliki tingkat polusi yang sangat rendah. Jika tidak, maka bintang-bintang pasti tidak akan terlihat.

9. Wiruna, New South Wales

wiruna

New South Wales merupakan negara yang masih bagian dari Australia. Jika Australia terkenal karena hewan-hewan yang berbahaya, maka New South Wales bisa dibilang jauh lebih aman. Di sana, kalian bisa melihat pemandangan bintang di langit dengan sangat jelas. Sepertinya memang tempat ini sudah tercipta sebagai tempat untuk mengamati bintang.

Di kerumuni dengan tanaman eucalyptus, setiap tahunnya, par astronom datang ke New South Wales untuk meluangkan waktu menikmati indahnya langit New South Wales yang dipenuhi dengan bintang. Di tahun 2015, di New South Wales diadakan acara South Pacific Star Party. Acara tersebut menjadi ajang untuk melihat bintang yang ada di angkasa. 

8. Connemara, Irlandia

connemara

Salah satu negara di Eropa Barat yang memiliki daya tarik wisata alam yang menarik dan bangunan bersejarah adalah Irlandia. Oh iya, langit di Irlandia sangatlah bersih, jauh dari polusi sehingga membuat bintang di langit atau Milky Way bisa terlihat dengan jelas. Jika ada kesempatan, mengunjungi Irlandia adalah suatu keharusan.

Di Irlandia, tempat yang paling sempurna untuk mengamati bintang di langit adalah Connemara. Connemara adalah sebuah distrik yang ada di Irlandia Barat, menghadap Atlantik. Di sana terdapat Taman Nasional Connemara yang berisikan gunung, rawa-rawa, padang rumput, dan danau. Connemara menjadi lokasi yang rutin dikunjungi oleh para astronomer muda. Di sana juga kalian akan mendapatkan desa kecil dengan penduduknya yang ramah.

7. Cherry Spring State Park, Pennsylvania

Cherry Spring State Park

Sudah ditetapkan oleh banyak astronomer bahwa Cherry Spring State Park adalah tempat yang paling cocok untuk menikmati gugus bintang atau Milky Way. Taman negara dengan luas 33 hektar ini dikelilingi oleh Hutan Susquehannock. Ketika malam hari tiba, pemandangan menakjubkan di taman negara tersebut barulah tampak.

Di Cherry Spring State Park, terdapat area khusus yang ditujukan untuk mengamati bintang di langit yaitu Night Sky Viewing Area. Di saat langit sudah gelap, cahaya terang matahari langsung digantikan oleh gemerlap jutaan bintang yang bertebaran di langit. Cherry Spring State Park juga sering mengadakan acara spesial seperti menyaksikan hujan meteor Perseids di bulang Agustus.

6. Yosemite National Park, California

Yosemite National Park

Dengan luas sebesar 3.027 km2, Yosemite National Park adalah sebuah taman besar yang berada di California, Amerika Serikat. Terbuka untuk umum pada 1 Oktober 1890, orang-orang bebas mengunjungi taman nasional ini baik itu di siang ataupun  malam hari. Khusus di malam hari, kalian akan berkesempatan melihat pemandangan indah yang belum tentu bisa kalian lupakan seumur hidup.

Ya, Yosemite National Park adalah tempat yang cocok untuk menikmati bintang yang ada di angkasa. Malam hari, di bawah langit yang luas, mata kalian akan melihat betapa indahnya taburan bintang yang ada di angkasa. Ada tur khusus yang disediakan di Taman Nasional Yosemite untuk bisa menikmati bintang di angkasa pada musim panas.

5. Atacama Desert, Chili

Atacama Desert

Sebuah padang pasir yang ada di sebelah utara Chili menjadi tempat favorit para turis dan para ahli bintang untuk melamun di malam hari. Padang pasir tersebut bernama Atacama Dessert. Pada pasir yang membentang sejauh 600 mil di Utara Chili ini memiliki langit yang super bersih. Tidak heran kenapa mudah sekali melihat bintang di area tersebut.

Dengan keuntungan tersebut, jelas saja membuat sejumlah orang membuka usaha jasa tur. Para turis akan semakin dimanjakan dengan kehadiran sejumlah hotel berbintang. Tidak cuma melihat bintang, kalian juga akan mendapat kesempatan untuk melihat hujan bintang di tiap tahunnya. Jika ingin tahu kapan waktu yang tepat untuk menikmati bintang, sewalah tur.

4. Death Valley National Park, California

Death Valley National Park

Jika kalian berpikir bahwa tempat yang kering dan panas tidak menarik untuk dikunjungi, mungkin kalian benar. Tapi, anggapan tersebut tidak bisa dialamatkan pada Death Valley National Park. Memiliki suhu yang panas dan juga kering, justru lembah yang berada di California sangat menarik untuk diamati.

Ada 2 hal kenapa lembah panas ini bisa begitu menarik. Pertama, Death Valley National Park adalah tempat yang bagus untuk menjadi jalur sepeda. Kedua, lembah ini menjadi tempat sempurna untuk mengamati bintang di langit. Ketika matahari mulai pergi, langit Death Valley akan langsung dihias dengan gugusan bintang Milky Way.

3. Rhon, Jerman

Rhon Mountains

Pegunungan Rhon di Jerman sempat dideklarasi oleh UNESCO sebagai dataran tinggi yang memiliki ekosistem yang sangat beragam. Hal tersebut terjadi pada tahun 1991. Dengan puncak tertinggi bernama Wasserkupper, Pegunungan Rhon memiliki luas 1.860 km2. Jika kalian ingin melihat gugus bintang, Pegunungan Rhon adalah tempat yang tepat.

Area super besar di sentral Jerman ini telah ditetapkan sebagai cagar biosfer. Pegunungan Rhon yang besar juga mencakup Hohe Geba di sebelah Timur Laut Pegunugan Rhon. Dengan kondisi langit yang super gelap di malam hari, sangat mudah bagi kalian yang ingin melihat bintang di langit Jerman.

2. Big Bend National Park, Texas

Big Bend National Park

Jika kalian ingin tahu kenapa Texas begitu populer, jawabannya dapat kalian temukan di Big Bend National Park. Di sana, kalian bisa menyaksikan sendiri indahnya taburan bintang di angkasa di langit Texas. Taman nasional Big Bend tersebut adalah salah satu dari sekian banyak tempat di dunia, untuk menikmati indahnya Milky Way.

Kalian bisa menemukan Big Bend National Park di sebelah Barat Daya dari Texas. Di taman nasional tersebut terdapat Pegunungan Chisos dan Padang Chihuahuan. Area seluas 3.242 km2 tersebut pertama kali dibuka pada 12 Juni 1944. Hingga sekarang, taman nasional tersebut selalu ramai di malam hari oleh orang-orang yang ingin melihat bintang di langit.

1. Mont-Megantic, Quebec

Mont-Megantic

Mont-Megantic sudah menjadi tempat yang paling populer untuk mengamati bintang di langit. Tempat ini menjadi tempat mengamati bintang pertama di tahun 2007. Semenjak saat itu, Mont-Megantic menjadi penggagas beberapa negara di dunia untuk membuat tempat khusus untuk mengamati bintang di langit.

Mont-Megantic adalah sebuah taman nasional yang ada di Quebec, Kanada. Mont-Megantic dibuka untuk umum pada tahun 1994. Di taman itu terdapat tempat observatori yang menjadi tempat penting di Timur Kanada untuk mengamati bintang di langit. Tidak hanya bisa mengamati bintang, Taman Nasional Mont-Megantic juga menjadi area konservasi untuk burung.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas