home -> Lainnya -> 10 Universitas Top Dunia 2017
17 Desember 2017 07:11

10 Universitas Top Dunia 2017

Oleh reagan dalam Lainnya pada June 05, 2017

Orang tua mana yang tidak ingin anaknya sukses? Kunci kesuksesan anak terletak dari pendidikan yang ia terima. Karena itulah orang tua akan berpikir ulang, kemanakah anak mereka harus disekolahkan. Nah, jika sudah lulus SMA, tahap selanjutnya adalah melanjutkan ke level universitas. Banyaknya universitas tentu membuat orang tua bingung mau memilih yang mana. Kini kami bagikan daftar 10 universitas top dunia tahun 2017.

10. University of Chicago, Amerika

University of Chicago

Setiap tahunnya, University of Chicago selalu masuk dalam daftar universitas top di dunia, sama dengan tahun 2017 ini. Untuk kesekian kalinya University of Chicago dipercaya oleh banyak orang untuk menjadi tempat menggali ilmu lebih dalam setelah lulus dari SMA. Universitas ini memiliki reputasi di bidang akademi yang baik, memiliki pengajar yang berkualitas, dan diakui sebagai universitas yang sering melakukan riset bermanfaat bagi dunia.

Universitas Chicago berlokasi di kota Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Baik di tingkat nasional ataupun internasional. Universitas Chicago memiliki reputasi yang tidak perlu diragukan lagi. Dirikan pada 1890, Universitas Chicago memiliki banyak program kejuruan yang bisa dipilih oleh mahasiswanya. Ada beberapa bidang yang menjadi unggulan Universitas Chicago seperti seni, ilmiah, obat-obatan, bisnis, hukum, dan administrasi.

9. Imperial College London, Inggris

Imperial College London

Dari namanya, kalian seharusnya sudah bisa menebak dimana lokasi dari universitas ini. Imperial College London adalah universitas top dunia yang terletak di kota London, Inggris. Bagi mereka yang memiliki ketertarikan besar terhadap sains dan teknik, mereka bisa belajar lebih dalam bila masuk ke universitas ini.

Berada di peringkat 9 dalam daftar universitas top dunia, Imperial College London didirikan pada tahun 1907. Dua tahun yang lalu yakni tahun 2015, Imperial College London mendapat penghargaan sebagai universitas yang paling inovatif di Eropa. Para staff pengajar di universitas ini sudah teruji dan banyak di antara mereka yang mendapatkan nobel dan medali.

8. ETH Zurich-Swiss Federal Institute of Technology, Swiss

Swiss Federal Institute of Technology

Secara perlahan namun pasti, ETH Zurich-Swiss Federal Institute of Technology mulai menjadi universitas yang patut diperhitungkan. Buktinya, di tahun 2017 ini, universitas tersebut masuk ke dalam jajaran universitas top dunia, menduduki peringkat 8. Jelas ini menjadi pencapaian yang memuaskan bagi pendiri universitas.

Berdiri pada tahun 1855 oleh pemerintah Swiss, ETH Zurich adalah sebuah universitas yang didirikan di kota Zurich, Swiss. Ada banyak bidang yang diajarkan di universitas ini seperti sains, teknologi, teknik, dan matematika. Terima kasih karena banyaknya bidang studi dan sering melakukan penelitian, ETH Zurich bisa menjadi universitas yang terkenal sekarang ini.

7. University College London (UCL), Inggris

University College London

Inggris mengirimkan wakil lain di dalam jajaran universitas top dunia. Setelah tadi Imperial College London yang berhasil menduduki peringkat 9, kini giliran University College London atau yang biasa disingkat UCL yang masuk ke dalam daftar. Universitas di London, Inggris ini berhasil duduk di peringkat 7.

University College London adalah universitas tempat dilakukannya sejumlah penelitian di London sekaligus universitas terbesar ketiga yang ada di United Kingdom. Universitas ini didirikan pada tahun 1826 dengan nama London University. Univeristas inilah yang menjadi universitas paling pertama yang ada di London dan universitas pertama yang mau menerima mahasiswa tanpa memandang agama.

6. University of Oxford, Inggris

University of Oxford

Satu lagi universitas di Inggris yang berhasil masuk ke dalam daftar universitas top dunia yaitu University of Oxford. Universitas Oxford ini selalu bersaing dalam perebutan universitas terkenal di Inggris maupun di dunia dengan Universitas Cambridge. Hanya saja, pada tahun, Universitas Oxford harus mengakui keunggulan Universitas Cambridge.

Universitas Oxford harus puas berada di peringkat 6, di bawah Universitas Cambridge. Universitas ini berlokasi di kota Oxford, Inggris. Tidak diketahui pasti kapan universitas ini didirikan, namun orang memperkirakan Universitas Oxford berdiri pada tahun 1096. Universitas ini menjadi universitas pilihan kebanyakan mahasiswa Inggris setelah raja Henry II melarang pelajar Inggris belajar di University of Paris.

5. California Institute of Technology (Caltech), Amerika

California Institute of Technology

Bila dibandingkan dengan universitas top lainnya, California Institute of Technology terbilang universitas yang cukup kecil. Tapi, kecilnya universitas tidak sebanding dengan apa yang diajarkan oleh universitas ini. Terkenal akan segi sains dan teknologi, California Institute of Technology atau Caltech ternyata menjadi salah satu universitas pilihan banyak orang.

Caltech didirikan pada tahun 1891, merupakan sebuah universitas yang berada di Pasadena, California, Amerika Serikat. Caltech memiliki 6 cabang akademi dengan penekanan yang tertuju pada sains, teknik, dan pengelolaan. Lulusan atau alumni dari Caltech sudah banyak yang mendapatkan hadiah nobel. Itu menandakan, betapa kerasnya usaha Caltech untuk mencetak mahasiswa unggulan.

4. University of Cambridge, Inggris

University of Cambridge

University of Cambridge mengalahkan ketiga universitas lain di Inggris yaitu Imperial College of London, University College London, dan University of Oxford di dalam daftar universitas top dunia. Universitas of Cambridge juga mematahkan dominasi universitas Amerika yang masuk dalam daftar ini.

Dirikan pada tahun 1209, University of Cambridge adalah universitas tertua kedua yang ada di Inggris setelah Oxford. Para mahasiswa yang tidak berhasil mendapatkan beasiswa di University of Oxford, biasanya akan memilih University of Cambridge sebagai tempat untuk menimba ilmu. Universitas Cambridge dilengkapi dengan museum, perpustakaan, dan taman botanik yang indah.

3. Harvard University, Amerika

Harvard University

Di tahun 2004 dan 2009, Harvard University menjadi universitas paling top di dunia. Sayang, di tahun 2017 ini, universitas tersebut harus merelakan posisinya diambil alih oleh universitas lain. Harvard University harus puas berada di peringkat ketiga dalam daftar universitas top dunia. Tapi, universitas masih tetap menjadi favorit banyak mahasiswa baik itu di Amerika ataupun di luar Amerika.

Harvard University adalah sebuah tempat riset private dari Ivy League yang ada di Cambridge, Massachusetts. Harvard University berdiri pada tahun 1636, dimana pada masa itu, universitas Harvard adalah universitas yang paling diakui. Universitas Harvard memiliki perpustakaan yang sangat lengkap. Total ada lebih dari 18 juta buku tersimpan di perpustakaan Harvard. Jelas ini akan mempermudah mahasiswa yang ingin mencari buku berisikan materi yang penting untuk kuliahnya.

2. Stanford University, Amerika

Stanford University

Stanford University adalah sebuah universitas yang ada di kota Stanford, California, Amerika Serikat. Stanford adalah salah satu kampus terbesar yang ada di Amerika. Stanford memiliki banyak lahan dan fasilitas yang tersebar dimana-mana. Kampus ini didirikan pada tahun 1885 dan menjadi universitas top kedua di dunia.

Pendiri universitas Stanford adalah Leland dan Jane Stanford. Mereka mendirikan universitas tersebut sebagai bentuk kenangan akan kematian anak semata wayangnya, Leland Stanford Jr. akibat demam typhoid di usia 15 tahun. Tepat pada tahun i Oktober 1891, universitas ini dibuka untuk umum.

1. Massachusetts Institute of Technology, Amerika

Massachusetts Institute of Technology

Sudah selama 5 tahun berturut-turut, Massachusetts Institute of Technology atau yang disingkat dengan MIT ini menjadi universitas paling top di dunia. Sulit rasanya mencari universitas lain yang bisa menyaingin universitas yang ada di Amerika ini. MIT bisa begitu terkenal berkat reputasi, jumlah penelitian, dan banyaknya mahasiswa yang belajar disana.

MIT dirikan pada tahun 1861 sebagai respon terhadap industrialisasi yang terjadi di Amerika. MIT mengadopsi cara mengajar dari universitas politeknik yang ada di Eropa. MIT ini memiliki bidang unggulan di sains dan teknologi. Beberapa bidang yang juga menjadi fokus MIT antara lain seperti biologi, ekonomi, manajemen, dan linguistik.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas