home -> Lainnya -> 10 Pemimpin Terkejam Sepanjang Sejarah Manusia
27 April 2018 00:22

10 Pemimpin Terkejam Sepanjang Sejarah Manusia

Oleh reagan dalam Lainnya pada May 29, 2017

Seorang pemimpin negara harusnya menjadi sosok yang bisa melindungi rakyatnya. Dengan itulah seorang pemimpin bisa dikenal dan dihormati oleh banyak orang. Berbicara soal terkenal, seorang pemimpin bukan hanya bisa terkenal karena kebaikannya tapi bisa juga karena kekejamannya. Inilah dia 10 pemimpin terkejam sepanjang sejarah manusia.

10. Attila The Hun

Attila The Hun

Attila The Hun sudah menjadi simbol dari pemimpin yang kejam. Dirinya merupakan pemimpin dari Kerajaan Hunnic dari tahun 434 sampai tahun 453. Orang-orang mengenal Attila sebagai sosok yang haus akan darah dan sangat keji. Karena serangan yang dilakukan oleh Attile terhadap Roma, dirinya dijuluki sebagai Scourge of God atau Bencana Dari Tuhan.

Attila menjajah banyak sekali wilayah di Eropa. Dirinya membuat sebuah kerajaan yang terbentang dari Eropa Tengah sampai Laut Hitam dan Sungai Danube sampai Baltic. Banyak orang yang berspekulasi bahwa Attila membunuh adiknya yang bernama Bleda dan anaknya sendiri, semua demi kursi kerajaan. Selama perjalanannya dari Perancis dan Itali, Attila telah menghabisi sebanyak puluhan ribu nyawa.

9. Tamerlane

Tamerlane

Pada tahun 1411 sampai tahun 1449, wilayah Asia Tengah dipimpin oleh seorang pemimpin bernama Tamerlane atau Timur. Tamerlane ini mempercayai bahwa dirinya merupakan keturunan dari Genghis Khan. Memiliki visi yang sama dengan Genghis Khan, Tamerlane memiliki keinginan untuk mengembalikan kejayaan bangsa Mongol.

Kekejaman dari Tamerlane sudah sangat terkenal di dunia, terutama oleh orang Muslim. Tamerlane ketika itu berhasil mengalahkan Mamluks, Kerajaan Ottoman, dan Sultan Delhi. Kekejaman yang dilakukan Tamerlane benar-benar tidak bisa dibayangkan. Dia tidak segan-segan untuk membunuh tentara dan juga rakyat biasa yang sudah menyerah. Tamerlane bahkan diketahui pernah memaksa penduduk kota untuk lompat ke jurang.

8. Pol Pot

Pol Pot

Pol Pot dikenal sebagai perdana menteri Kamboja pada tahun 1976 sampai 1979 dan juga pemimpin Khmer Rouge. Khmer Rouge merupakan sebuah organisasi komunis yang menentang pemerintahan Kamboja pada tahun 1960an, melancarkan perang sipil pada tahun 1970, dan mengambil alih kekuasaan pada tahun 1975.

Selama menjadi pemimpin, Pol Pot menjalankan sistem pemerintahan komunisnya tanpa belas kasihan. Semua penduduk kota direlokasi ke daerah pedesaan untuk bekerja di ladang. Kombinasi dari perbudakan, malnutrisi, kesehatan yang buruk, dan eksekusi membuat 2 juta nyawa penduduk Kamboja melayang. Rezim Pol Pot mendapatkan penghargaan spesial karena mendukung kaum intelektual dan musuh orang borjuis terhadap pembunuhan.

7. Leopold II

Leopold II

Di tahun 1865 sampai 1909, Belgia dipimpin oleh seorang raja yang bernama Leopold II. Dengan dana yang diberikan oleh pemerintah, Leopold II menciptakan Congo Free State, sebuah proyek pribadi untuk mengekstrak karet dan gading di Kongo, sebuah daerah di Afrika Tengah. Untuk menjalankan proyeknya tersebut, Leopold II memaksa sejumlah orang bekerja untuknya.

Congo Free State tersebut kemudian dikenal oleh dunia internasional sebagai salah satu skandal terbesar abad itu. Area di Kongo yang dijadikan proyek pribadi tersebut besarnya kira-kira 76 kali lebih besar daripada Belgia, dimana Leopold II diberi kebebasan untuk memerintah di area tersebut. Hasil perbudakan yang dilakukan Leopold II, sebanyak 3 juta orang Kongo tewas.

6. Vlad III

Vlad III

Vlad III atau yang dikenal dengan sebutan Vlad The Impaler merupakan seorang pangeran dari Wallachia. Berbicara soal pemimpin terkejam di dunia, Vlad III lah sosok yang tepat. Vlad III dikenal dengan metode hukumannya yang sangat mengerikan. Kekejaman dari Vlad III inilah yang menjadi inspirasi karakter Drakula.

Ada banyak metode penyiksaan yang dilakukan Vlad III terhadap musuh-musuhnya. Yang paling terkenal adalah dimana sang korban akan diikat dengan kuda, lalu kuda tersebut akan menarik tubuh sang korban ke arah sebuah kayu besar yang runcing. Kayu tersebut akan menancap di tubuh korban. Beberapa metode lainnya yang sering dilakukan vlad III adalah menancapkan kuku di kepala, mutilasi, membutakan mata, dan memasak manusia hidup-hidup.

5. Gengis Khan

Genghis Khan

Ketika membahas pemimping kejam bernama Tamerlane, sudah disebutkan nama Genghis Khan. Tamerlane sendiri mengatakan bahwa dirinya merupakan keturunan dari pemimpin kejam bernama Genghis Khan. Nah, giliran kali ini akan kita bahas seberapa kejam orang yang bernama Genghis Khan.

Genghis Khan atau Temujin adalah penemu Kerajaan Mongol. Meski dianggap sebagai pahlawan, ada pihak yang menganggap bahwa Genghis Khan adalah sosok pemimpin yang kejam dan intoleran. Genghis Khan diketahui membunuh adiknya sendiri ketika berumur 10 tahun. Khan juga menjadi pelaku utama pembunuhan sadis sejumlah desa. Diperkirakan sebanyak 1 juta orang meninggal dalam satu harinya akibat kepemimpinan Khan. Khan juga membunuh 3/4 penduduk di dataran tinggi Iran. Khan juga menghancurkan daerah Timur Tengah dan menghabisi semua kota besar di Eropa Timur.

4. Ivan IV

Ivan IV

Ivan IV mendapatkan julukan Ivan The Terrible atas kekejaman yang ia lakukan sepanjang hidupnya. Dirinya merupakan Grand Duke Moskow pada tahun 1533 sampai 1547. Grand Duke adalah sebutan raja di Moskow pada saat itu. Ivan IV ini merupakan raja pertama dan orang pertama yang memproklamirkan Rusia.

Ivan IV disebut sebagai pemimpin yang cerdas. Tapi, dirinya juga dikenal sebagai orang yang memiliki emosi tidak stabil dan memiliki gangguan jiwa. Tidak akan ada orang yang lupa bagaimana Ivan IV membakar ribuan orang dalam penggorengan raksasa, menusuk orang, dan dirinya membuat dinding pembatas agar penduduknya tidak melarikan diri ke luar.

3. Mao Zedong

Mao Zedong

Mao Zedong, begitulah nama pemimpin kejam asal Cina tersebut. Mao Zedong adalah seorang pemimpin komunis dan pendiri dari Republik Rakyat Cina. Setelah Mao Zedong mendirikan Red Army, Mao Zedong mengenalkan kebijakan sewa tanah terhadap negara-negara yang dirasakan sebagai musuh.

Demi membangun negara industri, Mao Zedong meluncurkan kampanye Great Leap Forward. Kampanye ini menyebabkan kematian sekitar 20 sampai 30 juta orang. Mao Zedong kemudian memprakarsai revolusi kebudayaan proletar. Dimana dirinya membersihkan semua budaya elitis dan kapitalis, membunuh jutaan orang , dan menghancurkan banyak artifak Cina. Selama kepemimpinan Mao Zedong, sebanyak 40 sampai 70 juta orang meninggal karena kelaparan, perbudakan, pembunuhan masal, dan eksekusi.

2. Adolf Hitler

Adolf Hitler

Membahas pemimpin terkejam di dunia? Tidak lengkap bila tidak memasukan nama Adolf Hitler ke dalam daftar. Adolf Hitler ini adalah seorang pemimpin asal Jerman yang sudah terkenal akan kekejamannya. Pria ini merupakan politisi asal Jerman dan ketua Nazi. Hitler menjabat sebagai kanselir Jerman tahun 1933 sampai 1945 dan diktator Nazi pada tahun 1934 sampai 1945.

Meski sudah lama meninggal, kekejaman dan nama Hitler tetap menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang. Bagaimana tidak? Karena kepemimpinannya, sebanyak jutaan orang meninggal dunia. Termasuk di dalamnya adalah pembantaian 6 juta orang Yahudi. Hitler meninggal dengan cara menembak kepalanya sendiri sembari menggigit kapsul sianida.

1. Joseph Stalin

joseph stalin

Sangat sulit menentukan siapa yang menjadi pemimpin terkejam pertama di dunia. Akhirnya diputuskan bahwa nama Joseph Stalin adalah sosok pemimpin yang tidak kekejamannya tidak ada yang bisa mengalahkan karena dirinya telah ada lebih dulu daripada Hitler. Jika di Jerman ada sosok Hitler, maka Uni Soviet ada sosok pemimpin kejam bernama Joseph Stalin.

Stalin aktif dalam revolusi Bolshevik pada tahun 1917 dan menjalankan kekuasaan politik sejak itu. Di tahun 1928, Stalin menjalankan rencana 5 tahun, sebuah rencana pembangunan industri dan agrikultur. Akibat rencana tersebut, sebanyak ratusan ribu orang miskin mengalami kelaparan dan kematian. Semua musuh politik Stalin disingkirkan melalui Great Purge (pembunuhan secara rahasia). Stalin sendiri diketahui menghabisi orang sebangsanya melalui pembantaian, kelaparan, eksekusi, kebijakan, dan kampanye militer.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas