home -> Lainnya -> 10 Jembatan Paling Berbahaya Di Dunia
24 April 2017 02:40

10 Jembatan Paling Berbahaya Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada April 13, 2017

Jembatan digunakan sebagai alat penghubung antara 2 tempat. Entah itu untuk pejalan kaki atau untuk kendaraan, sebuah jembatan harusnya dibangun dengan memperhatikan segi keamanan dan keselamatan. Apa yang akan terjadi apabila fisik dari jembatan tersebut terlihat meragukan alias berbahaya? Inilah penampakan 10 jembatan paling menyeramkan yang ada di dunia. Hanya orang-orang berani saja yang mampu melewatinya.

10. Carrick A Rede Rope Bridge, Irlandia Utara

Carrick A Rede Rope Bridge

Jika kalian ingin merasakan bagaiman rasanya jantung berdebar hebat, cobalah kalian pergi ke kota Antrim yang berada di Irlandia Utara. Di sana, kalian akan menemukan sebuah jembatan indah namun berbahaya bernama Carrick a rede rope bridge. Jika kalian masih bisa berjalan tenang di jembatan tersebut, berarti kalian memang pemberani.

Carrick a rede rope bridge adalah sebuah jembatan sepanjang 21 meter yang ada di kota Antrim. Jembatan tersebut dibuat di atas ketinggian 30 meter. Meski sudah dibuatkan tali untuk berpegangan, jembatan Carrick a rede rope bridge masih tetap bergoyang hebat. Dan hal tersebut jelas bukan hal yang menyenangkan.

9. The Monkey Bridge, Vietnam

The Monkey Bridge

Di Asia, terutama di Vietnam, ada sebuah jembatan yang melihatnya saja sudah bisa membuat kaki gemetar dan keringat dingin. Jembatan tersebut dinamakan Monkey bridge. Alasan kenapa dinamakan Monkey bridge adalah dikarenakan kalian harus berjalan di jembatan tersebut layaknya monyet.

Monkey bridge dapat kalian temukan di delta Sungai Mekong. Bagi kalian yang memiliki acrophobia atau takut akan ketinggian, jembatan ini sama sekali tidak tinggi, tapi resiko jatuh ke sungai sangatlah tinggi. Jembatan ini hanya dibuat dari 1 buah batang bambu yang panjang, ditambah dengan batang bambu di atasnya sebagai pegangan.

8. Puente de Ojuela, Meksiko

Puente de Ojuela

Di kota Torreon, sebelah Utara Meksiko, terdapat sebuah tambang yang sudah lama menjadi kota hantu alias tidak berpenghuni. Tambang tersebut bernama Ojuela. Mengunjungi Ojuela bukanlah satu-satunya uji nyali yang dapat kalian lakukan. Ada uji nyali lain yakni menyeberangi sebuah jembatan yang dinamakan Puente de Ojuela.

Puente de Ojuela memiliki panjang 317 meter dengan lebarnya tidak mencapai 1 meter. Masih kurang mengerikan? Jembatan Puente de Ojuela dibangun di ketinggian 109 meter di atas permukaan laut. Jembatan Puente de Ojuela dibuat dari kayu dan digantung menggunakan kabel suspensi dengan bantuan 2 menara.

7. Quepos Bridge, Kosta Rika

Quepos Bridge

Cobalah kalian cari Quepos bridge di Google dan apa yang kalian temukan? The bridge of death, itulah nama julukan yang akan kalian temui. Quepos bridge atau Bridge of death adalah jembatan berbahaya yang ada di negara Kosta Rika. Meski terlihat berbahaya, jembatan Quepos masih digunakan sampai sekarang.

Quepos bridge adalah jembatan penghubung antara Jaco dengan Quepos yang ada di Pantai Pasifik Tengah. Jika kalian lihat sekilas, nampak jembatan ini tidak layak untuk dilewati. Jangankan oleh mobil, sepeda pun nampaknya sangat diragukan bisa melewatinya. Ajaibnya, jembatan ini ternyata masih bisa dilalui oleh truk.

6. Canopy Walk, Ghana

Canopy Walk

Salah satu jembatan paling berbahaya di dunia terdapat di benua Afrika, tepatnya di dalam hutan Kakum National Park, Ghana. Kakum National Park adalah hutan hujan yang dilindungi oleh pemerintah kota Ghana. Hutan tersebut menjadi tempat tinggal dari beberapa hewan yang terancam punah seperti gajah, antilop, dan monyet.

Kakum National Park sendiri tidak pernah sepi dari pengunjung. Jembatan Canopy adalah jembatan yang cukup sering dilalui oleh turis. Jembatan sepanjang 23 meter ini hanya ditopang oleh batu yang ada di kedua belah sisi. Kayu yang digunakan sebagai jembatan juga sudah mulai rusak karena termakan usia.

5. Ghasa, Nepal

Ghasa

Jembatan berikut ini benar-benar hanya untuk mereka yang bernyali. Jembatan yang diberi nama Ghasa ini adalah sebuah jembatan yang ada di sebuah desa bernama Gus di Nepal. Di bawah jembatan Ghasa, kalian bisa melihat sungi Valley. Jembatan gantung yang terlihat rapuh ini tidak hanya dilewati oleh manusia tapi juga keledai.

Diketahui bahwa Ghasa adalah jembatan yang sangat kecil dan sempit, tapi orang-orang, hewan, bahkan anak kecil bisa melalui jembatan tersebut tanpa adanya rasa takut.  Setiap harinya, jembatan ini selalu ramai oleh para petani. Para petani tersebut membawa sejumlah hasil panennya untuk dijual di pasar.

4. Vine Footpaths, Jepang

Vine Footpaths

Jepang adalah salah satu negara di Asia yang tidak pernah kehabisan pengunjung. Ada banyak lokasi dan kebudayaan yang menarik untuk dipelajari. Nah, di Jepang, terutama di Lembah Ivy, terdapat sebuah jembatan yang bisa membuat siapapun bergidik melihatnya. Jembatan tersebut bernama Vine Footpaths.

Vine Footpaths berlikasi di Lembah Ivy, tepat di atas Sungai Iya. Bagian bawah jembatan dibuat dari papan kayu yang dipasang dengan jarak sekitar 13 inci. Jembatan setinggi 45 meter ini memungkinkan orang untuk melalui Sungai Iya. Setelah menyeberangi jembatan Vine Footpaths, kalian bisa sampai di Repovesi Nature Park.

3. Trift Bridge, Swiss

Trift Bridge

Memiliki panjang 180 meter dan memiliki ketinggian yang mencapai 110 meter, jembatan Trift bukanlah jembatan yang bisa dilalui oleh kalian yang takut akan ketinggian. Jembatan Trift berada di Pegunugan Alpen, Swiss. Jembatan ini dibangun pada tahun 2004 dengan tujuan untuk mencapai pondok Trift di Pegunungan Alpen.

Meski berbahaya, jembatan Trift menyajikan pemandangan yang bisa membuat kalian terkagum-kagum. Jembatan Trift dibuat melalui sebuah danau yang bernama Danau Triftsee. Setiap tahunnya, di lokasi ini bisa dipadati sebanyak 20.000 pengunjung. Para pengunjung datang untuk menikmati pemandangan gletser Trift.

2. Qeswachaka Bridge, Peru

Qeswachaka Bridge

Bagi kalian yang gila berpetualangan dan senang melakukan hal yang menantang, Peru adalah destinasi tujuan yang harus kalian kunjungi. Berlokasi tepat di di atas Sungai Apurimac, Peru, Qeswachaka adalah sebuah jembatan yang menjadi tempat tujuan wisata. Bahkan ada tur yang menyediakan jasa untuk memandu kalian melalui jembatan ini.

Jembatan yang terbuat dari rumput ini membentang dengan panjang yang mencapai 36 meter. Karena bukan menggunakan bahan yang kokoh seperti besi, jembatan ini harus diperbaharui setiap 1 atau 2 tahun sekali. Setiap selesai diperbaiki, para warga lokal akan mengadakan perayaan untuk merayakannya.

1. Hussaini Hanging Bridge, Pakistan

Hussaini Hanging Bridge

Berada di daerah pegunungan di sebelah Utara Pakistan, adalah sebuah jembatan bernama Hussaini yang menjadi jembatan paling berbahaya di dunia. Jembatan Hussaini ini telah berjasa dalam membantu para wisatawan untuk menyeberangi Danau Borit. Jembatan ini dibuat dengan bahan apa adanya seperti kabel dan papan kayu. Tiupan angin bisa langsung membuat jembatan ini bergoyang.

Jarak di tiap pijakan di jembatan Hussaini semua berbeda-beda. Ada yang dekat dan ada yang sangat jauh. Jembatan berbahaya ini benar-benar membutuhkan perbaikan karena di beberapa bagiannya telah mengalami kerusakan. Jika ada cuaca buruk dan Sungai Hunza meluap, melintasi jembatan ini sama saja dengan bertaruh nyawa.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas